Advertisement
loading...

Membangun Kolom Aset dan Harta , Agar keuangan Anda dalam bisnis maupun karir berjalan baik diperlukan pemahaman tentang mendirikan aset dan harta. Pekerjaan yang selama ini Anda jalani tentu menyangkut soal pencapaian uang. Hal yang terbaik soal uang adalah ia bekerja 24 jam sehari dan dapat bekerja untuk beberapa generasi. Begitu rupiah masuk kedalam asset saya, ia menjadi karyawan saya dan tidak saya biarkan keluar. dan ini pilihan membangun kolom aset atau harta

Keterangan :
Yang dimaksud asset riil menurut Saya bukan kekayaan bersih seperti yang diajarkan dalam metoda akuntansi melainkan sesuatu hal yang menaruh/memasukkan uang kedalam saku kita.

Contoh asset :
1. Bisnis yang tidak menuntut kehadiran kita
2. Saham
3. Surat obligasi
4. Dana bersama
5. Real estate yang menghasilkan pemasukan
6. Surat utang
Percayakah Anda akan Ramalan Fengshui?
Percaya pada ramalan mungkin sudah menjadi kebiasaan Anda dalam menebak nasib. Ramalan fengshui boleh saja Anda percayai untuk merubah kehidupan Anda.

Menurut pengalaman saya, ramalan Feng Shui akan menjadi kenyataan bila kita fokus dan yakin (atau terpengaruh/ secara tidak sadar Sub-Concious Mind kita ). Dan cenderung akan tidak terjadi ramalan tersebut bila kita fokus dan yakin pada hal yang berlawanan dari ramalan tadi. Apalagi bila kita cenderung tidak peduli atau tertantang untuk membuat hal yang sebaliknya dari ramalan tadi. Kemudian mengenai Feng Shui itu sendiri, saya percaya seperti hal berikut, bahwa hal keberuntungan itu ada tiga:

Keberuntungan Langit, yang dimana segala sesuatu hal yang tidak kita bisa rubah itu namanya keberuntungan langit, dimana, anaknya siapa, yang dari Tuhan itu 100% haknya Tuhan. Kita tidak punya kewenangan atau hak apapun untuk merubahnya. Keberuntungan Bumi, adalah kalau menurut saya 50% hak manusia dan 50% lagi adalah hak Tuhan, maksudnya adalah Feng Shui itu sangat-sangat tergantung dari manusianya juga, tergantung dari buminya juga. Misalnya kita tinggal dimana dan kita tidak suka, kita bisa pindah rumah. Dan bila keberuntungan manusianya tinggi maka keberuntungan buminya juga akan terpengaruh.

Ada catatan dibukunya Daniel Goleman tentang Emotional Quotient, dimana pada waktu Hawaii dilanda badai, ternyata apa yang terjadi, orang-orang yang mempunyai kecerdasan emotional yang lebih tinggi, keberuntungan buminya pun ikut terpengaruh, seharusnya terkena badai dia hancur, tetapi setelah di survey orang-orang yang mempunyai kecerdasan emotional lebih tinggi mereka selamat, entah mungkin rumahnya rubuh, tetapi mereka sudah membuat suatu pertahanan di basement, sehingga mereka selamat, mungkin mereka sudah mengasuransikan, sehingga dapat ganti rugi. Ada juga yang sudah membangun pondasi yang lebih kuat, inilah yang membedakan orang yang naif mengandalkan nasib dan yang mengandalkan talenta yang diberikan oleh Tuhan. Salah satu contoh, ada rumah di Solo yang kalau dinilai secara Feng Shui sangat buruk ( tusuk sate, dibelakang rumah ada sungai, jalan yang tusuk sate tersebut, dari atas kebawah, mengarah ke rumah dibawah ). Tapi orang ini termasuk salah satu orang yang paling kaya di Solo saat itu. Ada orang bilang itu karena orangnya kuat. Inilah yang dimaksud keberuntungan manusianya bagus.

Keberuntungan Manusia itu adalah 100% haknya manusia. Tuhan sudah memberikan kita talenta melalui keberuntungan langitnya, boleh dikata kita masing-masing punya talenta / bakat / hal yang dahsyat seperti yang dikatakan dalam kitab suci. Jika dia diberikan talenta lima maka dia harus mengembangkan menjadi sepuluh atau lebih, dan bagi yang diberi talenta satu tapi tidak bisa mengembangkannya, masih tetap satu, maka talenta ini akan diambil dan diberikan pada yang memiliki sepuluh. Iman Kita Kepada Tuhan itu memberikan baik apa adanya, walau pun terjadi badai atau kebakaran hutan kita harus ada permohonan dalam hidup kita, itu hukum alam selalu ada naik dan ada turun, tapi dalam hidup ini kita harus percaya kita harus fokus punya iman bahwa akan terjadi suatu hal yang baik dan kita terus belajar kepada orang – orang yang sudah mencapai pada hal yang kita inginkan menjadi baik dan kita kerjasama dengan orang – orang yang terbaik dibidangnya jadi kita memberikan yang terbaik dari usaha kita, maka kita akan mencapai usaha yang kita ingin kan mungkin Tuhan menunda tapi bukan menolak. Saran saya, bila kita tidak percaya kepada Feng Shui maka kita tidak perlu bertanya, fokuslah untuk mengembangkan talenta kita sendiri untuk membuat nilai tambah yang baik untuk kita, orang banyak dan Tuhan maka kita akan sukses. Bila kita percaya atau sudah terlanjur tanya atau mendapat informasi yang tidak ada ruginya untuk kita jalankan atau bila informasi tadi, bila tidak kita jalankan, kita merasa terganggu di pikiran kita. Saran saya, jalankan apa yang di minta pakar Feng Shui tadi, sehingga kita bekerja lebih yakin dan mantap.

Kalau ramalan itu jelek tugas kita untuk membalikkan bahwa itu tidak terjadi karena kita percaya pada Tuhan bukan kepada ramalannya dan Tuhan telah memberikan baik adanya. Dan kalau yang terjadi yang jelek maka kita harus memberikan arti yang baik. Biasanya kita harus mengambil tindakan yang baik untuk kita, orang banyak dan yang baik untuk Tuhan itu sendiri, saya percaya bahwa ramalan itu salah. Bila ramalan itu baik tugas kita percaya bukan berarti kita naïf, tapi kita benar menyadari karunia yang diberikan Tuhan untuk mengembangkan talenta yang diberikan tadi baik. Karena semua itu adalah tergantung bagaimana kita memberi arti, semoga bermanfaat. Mengapa yang Kaya Semakin Kaya Penyebab seseorang yang kaya menjadi makin kaya raya harus Anda pelajari jika ingin meningkatkan penghasilan Anda. Kekayaan bisa Anda peroleh jika telah mempelajari perbedaan gaya hidup orang kaya.

Kenapa orang kaya semakin kaya, kelas menengah bergumul terus, dan yang miskin bablas miskin ?
Kenapa orang kaya semakin kaya ?, karena begitu orang kaya penghasilannya bertambah besar maka gaya hidupnya sementara tetap (menunda kesenangan). Penghasilan yang lebih ini diinvestasikan kedalam asset (beli saham yang menghasilkan deviden, rumah kost kost-an, ruko yang dikontrakkan, Mall yang disewakan, sarang walet, usaha-usaha yang menghasilkan, dll). Sedemikian sehingga penghasilan mereka bertambah besar. Dan ketika penghasilan mereka bertambah besar lagi, mereka investasikan lagi ke dalam asset tersebut diatas, sehingga semakin kaya dan semakin kaya lagi.

Kenapa orang menengah bergumul terus secara financial?
Ketika orang menengah penghasilannya bertambah besar maka dia mencicil rumah yang lebih besar, mobil yang lebih besar, handphone yang lebih canggih, komputer yang lebih modern, televisi yang lebih besar, audio yang lebih canggih dan banyak sekali uang untuk kewajiban sehingga masuk kedalam pengeluaran. Orang menengah ini bisa memiliki rumah yang besar, mobil yang besar tapi tidak mempunyai uang yang bekerja untuk dia. Dan seumur hidupnya menjadi budak uang karena membayar cicilan semakin besar seumur hidupnya.

Kenapa orang miskin bablas miskin ?
Orang miskin tidak perduli seberapa besar pun penghasilannya semua akan masuk ke pengeluaran.

Contoh :

Orang miskin begitu penghasilannya bertambah besar mereka beli TV yang belajar, beli jamnya yang mahal, beli hp yang lebih baru, beli baju mahal, makan di restoran mewah, ikut keanggotaan fitness, ikut asuransi yang tidak perlu, dll.

Silahkan dijawab dengan kejujuran masing-masing dibawah ini :
Bila penghasilan Anda bertambah besar, Anda belikan apa? Hal-hal yang menghasilkan uang lagi atau hal-hal yang menghabiskan uang. Saatnya Mensetting Goal Anda Merancang tujuan hidup dibutuhkan beberapa langkah yang tepat agar diri Anda bisa lebih sukses. Goal kehidupan Anda bisa Anda atur sekarang juga.

Bagaimana mensetting goal yang bisa membuat diri Anda jauh lebih dahsyat.
Goal atau tujuan. Setiap orang pasti punya goal termasuk Anda. Goal bisa dibuat setiap tahun, setiap bulan, bahkan setiap hari, dan setiap jam pun Anda bisa membuat goal Anda. Namun sudah pasti ada perbedaannya.

Goal pertahun, pastinya akan jauh lebih besar dan biasanya itu goal jangka panjang. Jika Anda sudah mempunyai goal jangka panjang Anda. Saya akan berikan tips untuk mempermudah Anda dalam mencapainya, misalnya si Amir mempunyai goal dalam setahun mendapatkan keuntungan 12 milyar dalam setahun, terlalu besar? Namun setahun ini dengan goal tersebut bisa kita bagi untuk menjadi goal bulanan. Jadi Amir dalam sebulan harus 1 milyar pemasukannya, terlalu besar? Bisa dibagi menjadi goal harian, dalam sehari Amir harus meperoleh 33 juta. Dengan demikian akan jauh lebih kecil untuk mencapai goal yang sama.
Pada umumnya saya selalu memberikan saran kepada member lainnya untuk membuat goal yang lebih besar dari apa yang mampu Anda capai, misalnya Anda bisa dan yakin mencapai 300juta, Anda set goal 500juta.

Berikut faktor-faktor apa saja yang harus Anda jadikan goal untuk Anda :
Sikap = Apa yang anda mau rubah dalam ide goal Anda
Public Service = Sosialisasi, targetkan berapa orang dahsyat yang harus Anda kenal
Physical
Financial = berapa income yang Anda targetkan dalam goal Anda?
Family
Education = dalam goal Anda, pembelajaran apa yang harus Anda kuasai
Career
Perbedaan Orang Kaya dan Orang Miskin
Orang yang memiliki banyak harta tentu tidak sama dengan orang miskin. Jika Anda ingin kaya pelajarilah hal-hal yang membedakan orang kaya dengan orang miskin

Apa perbedaan orang kaya dan orang miskin?
Salah satu perbedaan orang kaya dan orang miskin selain dari cara mereka mengatur uang (cashflow). Ada satu yang namanya gelombang. Ternyata antara orang kaya dengan orang miskin mempunyai gelombang yang berbeda.

Misalnya orang kaya itu memiliki gelombang diatas rata-rata dari gelombang orang miskin. Walaupun gelombangnya naik dan turun. Namun walaupun gelombangnya sedang turun, orang kaya mampu membalikan gelombangnya ke posisi normalnya, karena mempunyai cashflow atau cadangan yang bisa mendongkrak ketika sedang turun.

Lalu sekarang, kita akan belajar bagaimana cara kita merubah gelombang kita seperti gelombang orang kaya tersebut.
Belajar
Anda bisa belajar ilmu-ilmu dari orang lain. Karena pada dasarnya ilmu adalah pikiran, dan pikiran adalah gelombang. Sehingga dengan belajar dengan orang yang gelombangnya tinggi, maka gelombang kita akan meyesuaikan untuk menjadi lebih tinggi
Bergaullah
Ada istilah namanya aura, ketika Anda sedang bergaul dengan orang yang lebih dahsyat, maka secara ticak langsung Anda akan merasakan auranya. Karena pada dasarnya aura adalah gelombang, sehingga gelombang Anda akan menyesuaikan diri dengan gelombangnya.

Nah, sekarang Anda mulai belajar dan bergaul dengan orang lain yang menurut Anda ahli dibidangnya. Namun setelah gelombang Anda sudah sama dengan orang kaya, Anda perkuat frekuensi gelombang Anda, dengan cara terus belajar, dan terus inovasi untuk diri Anda.
Sudahkah Anda Memiliki Rencana Menjadi Kaya?
Menjadi kaya raya tentu impian hidup semua orang. Kerja keras bukanlah hal utama yang Anda butuhkan. Sebuah rencana hidup yang cepat dan tepat akan memudahkan Anda mencapai kekayaan.

Jika anda mau membangun rumah maka sebagian orang akan memanggil arsitek dan arsitek itu bersama anda membuat rencana. Tetapi ketika orang yang sama memulai membangun kekayaan mereka atau merencanakan masa depan, mereka tidak pernah mendesain rencana finansial untuk hidup mereka. Mereka tidak mempunyai garis besar rencana kerja untuk menjadi kaya. Bahkan banyak orang tidak mempunyai rencana, mereka hanya menjalani hidup saja dan hanya bermimpi sewaktu-waktu mereka akan menjadi kaya. Banyak juga orang yang menggunakan satu-satunya jurus andalan, yaitu merencanakan untuk bekerja keras dan mereka tidak pernah kaya. Karena apa yang mereka kerjakan sekeras apapun memang tidak memungkinkan mereka untuk menjadi kaya. Dan biasanya orang menyebut itu rencana menjadi kaya

Contoh, menjadi buruh pabrik atau kuli bangunan, walaupun sekeras apapun mereka bekerja akan sulit sekali untuk menjadi kaya. Ada juga orang yang mempunyai rencana yang lambat untuk menjadi kaya, rencana tersebut yaitu bekerja keras dan menabung. Dengan mengikuti rencana tersebut maka jutaan orang akan menghabiskan hidupnya dengan memandang keluar jendela dari kereta mereka yang lambat atau dari mobil mereka yang terjebak dari kemacetan lalu lintas menyaksikan limosin, helikopter, pesawat jet perusahaan, rumah- rumah mewah.

Dan yang paling menyedihkan ada juga orang yang mempunyai rencana untuk menjadi miskin. Begitu banyak orang mengucapkan kata-kata seperti ayah miskin Robert Kiyosaki “Ketika saya pensiun, maka penghasilan saya akan berkurang”. Dengan kata lain mereka merencanakan untuk bekerja keras seumur hidup hanya untuk menjadi miskin.

“Saya membutuhkan kecepatan.” Kata Tom Cruise dalam Film TopGun.

Ide bekerja seumur hidup, menabung, dan menaruh uang dalam rekening pensiun merupakan rencana yang sangat lambat. Rencana ini bagus dan masuk akal oleh 90% orang tetapi bukan rencana bagi orang yang ingin pensiun muda dan pensiun kaya.

Berikut adalah beberapa ide tentang cara untuk membangun rencana yang lebih cepat:

1. Pilih strategi keluar anda terlebih dahulu
Kita harus mulai dari yang akhir, seperti yang dikatakan oleh Steven R. Covey dalam bukunya Seven Habits. Jadi kita harus menentukan dulu umur berapa kita ingin pensiun, berapa banyak uang yang kita miliki saat itu, atau berapa banyak pasif income kita pada waktu kita pensiun. Kemudian dalam logika saya sendiri maka kita harus;

2. Cari bidang apa yang kita suka atau mungkin kita akan suka yang bisa menghasilkan seperti yang kita tentukan sebelumnya. Apabila apa yang kita kerjakan sekarang tidak memungkinkan kita mencapai impian tersebut, Let It Go!

3. Kita cari orang yang sudah berhasil mencapai impian kita untuk diajak kerja sama atau belajar kepada orang tersebut.

4. Gunakan faktor kali atau leverage. Maksudnya kita bisa menggunakan RICE (Resources, Ide, Contact,Expertise) dari orang lain. Sudahkah anda membuat rencana anda untuk menjadi kaya, dan seberapa cepatkah rencana anda?

Akhir kata, semoga Anda lebih cepat mencapai kekayaan yang Anda idamkan melalui rencana-rencana yang Anda bangun!

Bertindak Sekarang Juga
Dalam mencapai tujuan hidup diperlukan keberanian untuk bertindak dan memulai proses belajar. Resiko dari setiap tindakan pastilah ada, namun kapan Anda harus bertindak? tindakan seperti apa yang tepat?

Banyak orang belajar dan tidak pernah bertindak maka hasilnya Nol Besar. Banyak orang bertindak dan tidak pernah belajar maka hasilnya cuma begitu-begitu saja dan tidak berkembang. Seperti mangkuk rezeki, kalau kita tidak pernah belajar untuk memperbesar rezeki kita maka rezeki yang berlimpah terus tumpah karena mangkuk rezeki kita tidak bertambah besar. Dan yang paling parah, orang yang tidak belajar dan tidak bertindak. Mereka jadi pengangguran seumur hidup tertekan dan hidup menjadi beban orang lain.

Dan sekarang, tibalah saatnya anda untuk bertindak. Bertindak bukan berarti berhenti belajar. Jadi saran saya dan

Robert Kiyosaki :

1. Berhentilah melakukan apa yang sedang anda lakukan. Dengan kata lain, ambillah istirahat dan nilailah apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil. Definisi gila adalah melakukan hal-halyang sama dan mengharapkan hasil yang berbeda. Berhentilah melakukan apa yang tidak berhasil dan carilah sesuatu yang baru untuk dilakukan.

2. Carilah gagasan atau ide baru. Untuk gagasan investasi yang baru, saya pergi ke toko buku dan mencari buku-buku tentang topik yang berbeda dan unik. Saya menyebutnya formula. Saya membeli buku-buku praktis tentang formula yang sama sekali tidak saya ketahui.

3. Temukanlah seseorang yang telah melakukan apa yang ingin anda lakukan. Ajaklah mereka makan siang. Mintalah nasihat atau petunjuk dari mereka, trik-trik kecil perdagangan itu.

4. Ikutlah kursus dan seminar. Saya melihat koran untuk mencari kursus baru dan menarik. Banyak yang gratis atau dengan biaya yang murah. Saya juga menghadiri dan membayar seminar yang mahal mengenai apa yang ingin saya pelajari. Saya kaya dan bebas dari kebutuhan akan pekerjaan hanya karena kursus-kursus yang saya ambil. Saya mempunyai teman yang tidak mengikuti kursus-kursus itu dan memberitahu saya bahwa saya hanya membuang-buang uang. Dan ternyata mereka masih pada pekerjaan yang sama.

Akhir kata, semoga setelah membaca artikel ini Anda termotivasi untuk tidak lagi ragu bertindak untuk melangkah menuju pencapaian hidup yang memuaskan!
Pentingnya Management Dalam Hidup
Mengatur kehidupan diperlukan demi tercapainya tujuan hidup karir, bisnis maupun keuangan Anda. Management hidup berperan penting untuk membuat kehidupan Anda benar-benar berarti.

Arti hidup penting, tapi management hidup itu no.1.

Arti HIDUP itu apa? Dan biasanya kebanyakan orang tidak pernah memikirkannya! YA atau YA?
Nah, jika Anda Memanagement Hidup Anda dengan arti yang berbeda maka perasaan Anda juga akan ikut berbeda. Kalau perasaan Anda berbeda, maka tindakan Anda pun akan berbeda. Jika tindakan Anda berbeda, hasilnya juga berbeda. Dan jika hasilnya berbeda, maka nasibnya berbeda. Kalau nasibnya berbeda, maka hidupnya pun berbeda.

Jadi, di sini setiap orang mempunyai definisi hidup yang berbeda- beda. Jika Anda beranggapan hidup itu penuh dengan perjuangan, maka kehidupan Anda selamanya hanya berjuang. Memangnya enak kalau berjuang terus dan Anda tidak menikmati hidup? Disini Anda hanya berjuang terus menerus. Mungkin tidak ada yang salah dalam hal ini, namun definisi Anda menggambarkan kehidupan Anda untuk sekarang dan untuk kedepannya.

Oleh karena itu, berhati- hatilah terhadap definisi hidup tersebut. Anda memberikan arti hidup yang Anda inginkan. Dan jika Anda salah dalam memberikan arti hidup maka Management Nomor satu sudah Gagal Total. Yang paling pertama dalam mengatur hidup, Anda harus bisa memberikan arti hidup itu yang seperti apa dan hidup itu adalah… (Anda bisa menjawabnya dengan jawaban Anda sendiri).

Jika Anda sudah memberikan arti salah dalam hidup Anda, maka emosi Anda akan salah. Kalau emosinya salah, maka tindakan akan salah. Kalau tindakan Anda salah, hasilnya salah. Kalau hasilnya salah, maka nasibnya Salah. Dan jika nasib Anda salah, maka hidup Anda akan salah.

Jadi disini, Andalah yang menentukan hidup Anda akan seperti apa dan bagaimana. Jika Anda salah dalam memberikan arti, maka untuk kedepannya kehidupan Anda akan salah. Di sini, Anda juga yang menentukan definisi dari kehidupan Anda itu sendiri. Ini adalah langkah nomor satu dalam management hidup.

Akhir kata, semoga artikel ini membawa pemahaman bermanfaat untuk Anda dalam mengatur segala segi kehidupan Anda menuju perubahan hidup yang Anda harapkan.

Cara Mencari Mentor yang Tepat untuk Kesuksesan Kita
Mencapai kesuksesan hidup juga dipengaruhi kepada siapa kita berguru. Nasihat pelajaran hidup bisa Anda dapatkan dari mentor yang cocok untuk keberhasilan Anda.

Bagaimana Mencari Mentor Untuk membimbing Kita?

Siapa yang ingin tahu ada orang-orang yang kaya yang mau jadi mentor kita atau orang-orang sukses mendadak mau jadi mentor, atau mungkin mentor sekali dua kali.

Sama persis sewaktu itu ketika di Asosiasi Manajemen Indonesia. Pada waktu itu saya bertukar kartu nama, masih ingat setiap kartu nama saya cari apakah dia orang dahsyat atau orang biasa saja, nah kartu nama yang dahsyat atau tidak kita bisa tahu dari gelarnya. Kalau gelarnya Junior Sales Officer ( belum tentu diterima) , banyak orang yang buat demikian, kartu namanya begitu President Direktor, langsung saya tanya bapak pemiliknya, waktu itu saya tukeran kartu nama,dan kartu namanya rangkap 2 dan perusahaannya banyak sekali. Bapak pemiliknya, wow!!! langsung saya kenalan , pak sekali kali kita makan siang pak? ”oh saya tahu. Kamu yang tadi duduk di depan yang selalu tanya”, ada keuntungannya kalau Anda aktif.

Mendadak kita kenal dengan Bapak Nirman, biasanya kalau saya ada seminar saya duduk di paling depan. Itu salah satu cara yang memungkinkan Anda untuk dapat selalu bisa bertanya, bahkan sewaktu saya ikut seminar di AMA dan di manapun. Tujuan saya cuma satu, cari ilmu! Dan kedua cari kenalan, waktu saya tanya nama saya adalah Tung Desem Waringin , banyak orang kenal saya tidak? saya sebutkan ini ini ini,,

Dan pertanyaan saya adalah… kebanyakan orang kalau tanya dia membelakangi orang, dia kalau tanya megal megol. Kamu yang selalu tanya itu ya. Boleh pak, enaknya makannya Rabu apa Sabtu selalu tanya tapi jangan Senin apa Kamis, karna banyak orang puasa Senin Kamis. Anda susah mencari waktu dia keluar, Rabu atau Sabtu atau Selasa terserah… pokoknya cari 2 alternatif.

Kalau dia agak tidak bisa ngomong, wah saya harus cek dulu sama sekretaris saya, kemudian saya ngomong, boleh tahu nama sekretarisnya, harus perhatikan gerakan saya, ( sambil manggut-manggut) gerakan bisa membedakan bumi dan langit. Kalu kita sudah seperti itu mau menolak kan tidak enak

Akhirnya dia mau Kasih, sekertaris saya namanya Lipong. Boleh tau pak no hp nya. Kalau kita dengan ceria dan sedikit manggut-manggut orang mau menolak sedikit tidak enak. This is true story, ok nomor-nya segini, ok pak saya telponin ya pak, saya cek waktunya ada apa tidak, saya telpon di depan dia. Halo ibu Lipong saya dengan Tung Desem Waringin, Bapak Leo Cahndra, siapa yang pernah denger Leo Chandra, siapa yang Tahu Sanken, Siapa yang pernah denger kata-kata DR.TV dia itu yang punya Dia yang punya Widya Loka, Colombia, Fujitect, perusahaannya ada 27 perusahaannya.

Ibu Lipong saya dengan Bapak Leo Chandra didepan saya, bapak minta dicarikan waktu yang kosong karena beliau mau makan siang dengan saya. Rabu atau Sabtu, dan dia tidak bisa lari lagi. Kalau tidak percaya silakan ngomong dengan Bapak Leo, dan akhirnya dia mau makan siang dengan saya. Kemudian ketika itu saya seminar dan saya bertanya.

Terkadang orang beranggapan bahwa dia pintar karena dia sering bertanya , padahal saya tanya karna syaa betul-betul tidak tahu. Tetapi ternyata orang ini aktif, ternyata Bapak Leo senang kalau orang aktif, dia juga naksir saya betul? Dia naksir siapa tahu saya bisa menjadi karyawan nya dia, ketika dia ingin bertemu saya, juga ada kepentingan.

Pada waktu makan siang saya sodori, dan saya inget sekali saya traktir di restoran Binjai di daerah Pluit .” This true story sekarang restoran nya tutup dan di ganti Dunkin Donuts. ketika saya traktir dan dia sudah mulai makan enak, kemudian saya berbicara, ini kelemahannya orang kaya atau orang yang sudah sukses sangat-sangat malas untuk ketemu orang yang dibawahnya dia? Karna biasanya orang yang di bawah levelnya dia nyarinya cuma 3. Satu kalau tidak nyari utang yang ke dua nyari sumbangan yang ke tiga nyari kerjaan.

Kalau tidak kombinasi ketiganya diminta semua. Saya tidak, saya kalau setiap ketemu orang yang dahsyat saya selalu tanya. Saya hanya minta nasihat, kemudian saya, pak ini pak saya ada tawaran ini kalau menurut bapak saya harus pilih yang mana? kemudian dia jawab begini- begini, dan saya di beri advice oleh nya.

Bapak semisalnya saya anaknya bapak, semisalnya siapa tahu terima warisan lebih baik. Ngelamar jadi anak daripada jadi karyawan, daripada cari utang. Misalnya saya anaknya bapak kalau saya begini nasihat bapak apa? oh seperti ini kemudian dia ketawa dan dia sudah happy. Mau berbicara dengan saya, karena saya berprilaku menyenangkan saya punya nilai tambah. Kemudian saya minta teh cina kemudian saya langsung tuangi.. di gelas kecil cawan kecil saya langsung kasih dia. Ok pak saya mau ”Pay Sefu” itu kan kalau perguruan silat seperti itu . Kemudian saya ingin berguru kepada Bapak.

Ingin minta bapak jadi pembimbing, kemudian diminum. Mau belajar apa kamu ? kalau sudah gitu sudah kena kan, Begini bapapak boleh tidak pak saya nempel bapak 3 hari saja siang dan malam, boleh?. Besok berangkat jam 6 pagi ya, nempel dia jam 6 pagi sampai jam12 malem , keliling columbia 60 cabang di jakarta. Tetapi hari itu saya tahu bagaimana mengelola cabang begitu banyaknya dan saya punya timbal balik ke dia. Saya kasih training gratis ke dia, saya training di Columbia sudah beberapa kali and ”i give free,” saya punya nilai tambah, itu punya nilai tambah.

Sampai saat ini Bapak Leo masih dekat sama saya seperti anak nya sendiri. Anaknya yang pertama Bapak Darwin Leo dan yang ke dua Bapak Tung Leo.

Membuat Nilai Tambah
Agar bisnis berkembang pesat dan tumbuh sukses, nilai tambah sangat diperlukan. Faktor-faktor nilai tambah pun akan membuat bisnis Anda unggul.

Dalam bisnis ini kita harus selalu mempunyai nilai tambah, sebetulnya nilai tambah itu secara garis besar di bagi tiga. Anda hanya bisa ambil dua , jarang sekali anda bisa tiga tiganya. Ini saya ambil dan belajar dari Michael Tracy bagaimana ”Double Digit Grow”. Ini buku yang sangat bagus dan bagaimana kita tumbuh dua kali lipat. Dia cerita tentang IBM dan perusahaan yang tumbuhnya cuma dua sekian persen tapi ada juga yang 11% dan 20%,dan terus tumbuh. Dan ada Jhonson anda jhonson yang tumbuh selama 59 tahun bisnis nya terus tumbuh dan tumbuh terus. Dan saya pun masih terus harus belajar, disini dikatakan oleh Michael Tracy ada tiga keunggulan bisnis.

Satu adalah murah, anda dengan operasional yang paling ringkes dan paling efisien anda bisa murah. Bisa seperti toko buku saya, satu keunggulannya adalah murah, parkir gratis dan segala macam yang lainnya, yang kedua keunggulan berikutnya adalah unggul dalam mutu produk – produk anda, dahsyat luar biasa, mutunya lebih baik di banding yang lain, yang ketiga adalah servisnya atau pelayanannya.

Hanya tiga menurut dia dan servis itu termasuk kecepatan.

Salam Dahsyat,
Cara Seleksi Karyawan Baru yang Jujur dan Bisa Dipercaya
Setiap perusahaan mengidamkan karyawan yang jujur dan bisa dipercaya agar membawa kemajuan bagi perkembangan bisnis. Memilih karyawan baru haruslah memperhatikan beberapa pola.

Bagaimana cara Anda mengetahui bahwa karyawan yang Anda miliki mempunyai Integrity/ mempunya sikap kejujuran? Dan apakah Anda mau mengetahu caranya?

Satu, pada saat seleksi karyawan baru dan pada waktu rekrut-pun belum tentu memenuhi syarat. Mungkin pada awalnya kita berpikir orang tersebut memang jujur, tapi bisa saja dibelakang ketika terdesak orang tersebut malah mencuri. Tapi di sini minimal Anda harus mengetahui POLA-nya!

Salah satu cara mengetahuinya adalah dari mata. Karena pada dasarnya Mata bisa di baca.
Namun jika Anda ingin mendapatkan penjelasan lebih detail, Anda dapat mendengarkannya di DVD Sales Magic, karena di DVD tersebut semua sudah dibahas secara lebih detail. Karena waktunya terbatas saya akan memberi tahu sepintas yang paling penting. Mata itu apa? Mata itu adalah jendela dunia. Ini juga diajarkan di FBI dan CIA.

Setiap mata mempunyai reaksi. Ketika ditanya, apa warna bajumu? Atau apa warna baju favoritmu? Lalu apa warna seragam yang kamu gunakan sewaktu Anda kecil? Tanpa sadar dia akan melihat kekiri atas, ke tangan kirinya, artinya dia mengakses ke memori visual, tapi ketika matanya mengakses kekanan atas, berarti dia sedang kreatif, itu dinamakan visual.

Ketika saya seminar Sales Magic, saya meminta kepada peserta untuk melakukan survey mengenai hal ini. Caranya saya meminta kepada salah satu peserta untuk saling berpandangan, misalnya “A“ dan “B”.

Saya meminta kepada “A” untuk membayangkan, dan “B” mencatat. Ketika membayangkan, silahkan perhatikan kemana arah matanya. Setelah dibayangkan “A” harus mengangguk menyatakan sudah, dan katakan “ya”.

Saat itu saya meminta kepada “A’ untuk membayangkan gajah yang warnanya oranye, memakai kaos kaki biru setinggi lutut, kemudian hidungnya terdapat garis-garis putih.

Jika saat membayangkan dan matanya akan mengarah kekanan atas. Tandanya di membentuk dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Gajah yang oranye seperti apa?. Memakai kaos kaki biru, semuanya dibayangkan. Ketika dia membayangkan matanya akan mengarah kekanan atas, tetapi bila kidal maka matanya akan mengarah kekirinya. Ketika matanya mengarah kekanan atas berarti berarti dia sedang “kreatif”.

Jadi ketika pasangan Anda pulang terlambat, lalu Anda bertanya kenapa? Dan ketika menjawab matanya mengarah kekanan atas, maka Anda sudah bisa menebaknya sendiri dan saya tidak bertanggung jawab lagi terhadap pertempuran dikeluarga Anda.

Karena karyawan dan pasangan Anda sudah mengetahui pola ini maka bagaimana cara menaggulanginya? Anda bisa mengetahuinya dengan cara mantap atau tidaknya jawaban dan reaksinya saat itu, jadi BOHONG itu mempunyai REAKSI!

Kalau kita wawancara bapak ibu, coba tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang pasti jawabanya adalah “ya”. Contohnya “oh bapak SD nya SD negeri ya?” SMP nya Muhammadiah ya? Iya pak!, SMA kanisisus? Iya Pak. Dengan kita bertanya seperti ini maka kita sedang mempelajari polanya.

Kemudian tanyakan sesuatu yang yang mengejutkan misalnya dia adalah lulusan fakultas ekonomi UGM, tapi kita bertanya “Bapak lulusan UI?” maka sedikitnya dia akan terdiam dan kaget, karena pertanyaan yang diajukan tidak sesuai dengan apa yang tertulis.

Kemudian kita tanyakan kembali pertanyaan dengan jawabn “YA” sekali lagi. Dari situ kita kan mengetahui polanya. Bila dia ragu maka kita harus mempertanyakan, apakah dia JUJUR atau BOHONG ?

Semoga Bermanfaat
3 Formula Mencapai Kesuksesan
Tujuan hidup berupa kesuksesan bisa Anda capai dengan formula-formula yang harus Anda praktekkan. Usaha Anda untuk meraih sukses baik kehidupan, keuangan, bisnis atau apa pun harus dirubah.

Rubah tindakan untuk menuju kesuksesan.

Mungkin sebagian besar diantara kita yang sudah mengikuti seminar tentang kehidupan, keuangan, dan apa pun. Mengapa hanya beberapa diantara mereka saja yang sukses? Dan bahkan mengapa orang yang setiap pulang seminar tidak pernah mempraktekkan apa yang telah mereka dapat di dalam seminar tersebut? Karena apa yang ada di dalam orang tersebut tidak pernah di rubah!

Sebenarnya, jika kita mau sukses mudah sekali. Karena ketika kita sudah mengikuti seminar, yang pembicaranya sudah berusia 40 tahun, berarti secara tidak langsung kita sudah belajar dari pengalaman dia selama 40 tahun tersebut. Ya atau ya?

Sehingga karena itulah, saya ingin memberikan formula sukses untuk Anda. Ada 3 formula untuk mencapai kesuksesan, yaitu :
Rubah tindakan
Tindakan itu berhubungan erat dengan yang namanya habit atau kebiasaan. Banyak cara merubah kebiasaan yang tidak baik menjadi lebih baik, dan menjadi kebiasaan yang tetap. Salah satunya dengan teknik switch pattern, yaitu teknik ini harus memiliki alasan yang kuat mengapa Anda mau mengganti kebiasaan yang lama dengan yang baru.
Temukan kebiasaan yang mau Anda rubah, dan temukan pula pengganti dari kebiasaan buruk tadi (kebiasaan baru). Kebiasaan baru yang ingin Anda lakukan harus semudah dengan kebiasaan lama yang biasa Anda lakukan dalam hal pengaplikasiannya (permudah dalam prosesnya sehingga kebiasaan baru itu mudah dan otak Anda mau menerima kebiasaan baru tersebut).
Berikan reward dan punishment
Reward dan punishment penting dalam proses menuju kesuksesan Anda. Ketika Anda berhasil mencapai target dalam rencana gol jangka panjang Anda, berikan reward. Misalnya Anda mempunyai gol jangka panjang mempunyai passive income yang bisa membiayai semua biaya hidup Anda, ketika Anda sudah mempunyai passive income (walaupun belum bisa membiayai semua biaya hidup Anda) berikan reward kepada diri sendiri, entah belikan sepatu baru, laptop baru, dll (yang masih masuk akal).

Dan sebaliknya ketika Anda gagal mencapai target tersebut, berikan punishment. Misalnya dengan kasus yang sama, dalam waktu 3 bulan setelah Anda membuat rencana gol. Anda belum mempunyai sedikit passive income pun, berikan hukuman, entah pergi kekantor harus naik sepeda, dll (yang masih masuk akal). Hukuman seperti ini pun bagus untuk kesehatan, karena naik sepeda kekantor sama saja dengan olahraga.
Monitoring
Lakukan monitoring dengan test dan ukur kepada diri sendiri, misalnya Anda belum mencapai target A, pertanyannya “Supaya bisa? Apa yang harus saya lakukan? Apa yang harus saya rubah dan test? Lalu ukurnya dengan apa?”. Dengan begitu otak Anda akan berpikir akhirnya timbul yang namanya “kristalisasi”. Dimana itu pemikiran dari pengalaman Anda, kemudian ditambah dengan pengetahuan.

Otak manusia hanya “mencari nikmat, menghindari sengsara” ya atau ya? Untuk itu kita pancing supaya otak kita berpikir “supaya nikmat, apa yang harus lakukan sekarang”, “supaya tidak sengsara, apa yang harus saya rubah”. Dengan demikian hidup Anda akan jauh lebih dahsyat kini dan sepanjang masa.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi Anda,
4 Tipe Pekerja dalam Sebuah Tim
Tujuan dibentuknya tim tentu untuk mencapai sukses tujuan bersama. Orang-orang yang bekerja dalam tim dikelompokkan menjadi 4 tipe.

Anda pasti pernah mengalami hal ini. Sebuah tim dibentuk, dan Anda termasuk didalamnya. Tim ini bisa tim kecil dari divisi dimana Anda bekerja, tim antar divisi, tim karang taruna, tim perayaan HUT 17 Agustus, tim perayaan Tahun Baru dan sebagainya. setelah ditelusuri ternyata ada 4 tipe pekerja dalam sebuah tim,

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi adalah:
Tim terdiri dari orang-orang yang ahli di bidang masing-masing, bekerja sama saling melengkapi dan semuanya sukses mencapai tujuan. Bisa juga terjadi tim terdiri dari orang-orang tidak kompeten sehingga tujuan tim tidak tercapai. Yang menyedihkan adalah tim yang terdiri dari orang-orang kompeten, tapi gagal total mencapai tujuan yang diinginkan. Kondisi yang terjadi antara lain: semua anggota bicara terus & tidak ada action, semua anggota bikin rencana terus & tidak ada wujudnya, semua anggota tim bekerja tanpa arah dan bisa juga semua anggota tim bekerja lurus sesuai pola di masa lalu. Fenomena terakhir cukup banyak terjadi, dimanapun di dunia.

Untuk mempermudah pemahaman, artikel ini mengutip cerita film terkenal “The Ocean Eleven”. Film ini mengisahkan sebuah tim yang dibentuk untuk merampok 3 kasino di Las Vegas dalam 1 malam, ketika berlangsung pertandingan tinju dan tanpa kekerasan.
Menurut Robert G Allen dalam bukunya “The One Minute Millionaire”, manusia yang bekerja dapat dikelompokkan menjadi 4 tipe yaitu:

1. Kelinci
Danny Ocean berperan sebagai Kelinci, yaitu orang yang memiliki imajinasi paling liar. Mereka termasuk cerdas karena dapat berpikir di luar aturan baku yang ada.Istilahnya adalah “out of the box”. Jika tidak memiliki teman tipe burung hantu, kura-kura dan tupai, orang tipe kelinci dapat menjadi orang yang menyebalkan karena dapat berpindah dari 1 ide ke ide lain dengan cepat. Danny Ocean adalah orang yang punya ide “Edan” merampok 3 kasino sekaligus dimana pemiliknya adalah orang paling kejam di dunia judi.

2. Burung hantu
Mereka yang termasuk kelompok burung hantu – seperti Rusty Ryan – dalam film tsb – adalah mereka yang mampu menyusun rencana detail untuk mewujudkan ide dari si Kelinci. Dalam film, Rusty menyusun detail rencana tentang perekrutan anggota tim, mencari pihak yang mampu mendanai operasi perampokan, mencari skill yang dibutuhkan, mencari peralatan dan mencari peluang.

3. Kura-kura
Ini adalah kelompok manusia yang sedikit pesimis sehingga selalu berusaha mencari celah menemukan kelemahan suatu peluang. Manusia tipe ini dibutuhkan agar rencana yang dibuat tim dapat dinilai dengan objektif.

4. Tupai
Mereka yang termasuk kelompok ini adalah tipe karyawan yang mengerjakan tugasnya sesuai prosedur operasional yang ada. Dalam film digambarkan anggota tim terdiri dari para akhli akrobat, pencopet ulung, penyadap elektronik, penyadap komputer, ahli menyamar, ahli transportasi dsb.

Idealnya susunan tim perlu terdiri dari 4 tipe orang tersebut. Jika anggota tim terdiri dari para Kelinci, maka tim akan terus mendapatkan ide-ide kreatif sampai berakhirnya kehidupan manusia. Tim yang terdiri dari para tupai akan bekerja dengan pola yang sama, dari zaman purba hingga zaman informasi seperti sekarang. Untuk anggota tim yang terdiri dari burung hantu, bisa dipastikan tim tersebut akan menghasilkan rencana seperti budget plan, jadwal cuti, pembagian tigas dsb.
Sebaliknya tim yang terdiri dari kura-kura akan terlibat nostalgia sepanjang masa.

Disini anda perlu memperhitungkan tipe manusia yang ada dalam tim
Anda.

Salam Dahsyat,

Tung Desem Waringin
Bagaimana Menjadi Pebisnis Sejati
Cara agar bisnis sukses, berhasil, berkembang tidak hanya soal produk maupun jasa. Sifat pebisnis sejati juga perlu untuk kualitas dalam menjalani usaha.

Bagaimana berhasil menjadi True Business Owner?
Salah satu tes apakah “Business Owner” atau “Self-employee” yang memiliki business sesungguhnya adalah bila bisnis tadi kita tinggal satu tahun, bisnis tadi bertambah besar atau rugi, (bisakah anda meninggalkan bisnis anda selama satu tahun atau lebih dan saat kembali menemukannya lebih menguntungkan serta berjalan dengan baik daripada ketika anda pergi?).

Bagaimana bisnis kita berkembang dengan atau tanpa kita ?
Menurut Robert Kiyosaki untuk berhasil menjadi “Business Owner” diperlukan :

Pengendalian sistem dan
Kemampuan memimpin orang.

Banyak orang merasa bahwa yang paling penting adalah produk atau jasanya. Ini tidak mutlak benar.

Jutaan orang bisa membuat burger lebih enak dari Mc. Donald tapi hanya Mc. Donald yang mempunyai system yang telah menyajikan milyaran burger.

Menurut saya ada 3 sistem yang diperlukan untuk membuat perusahaan menjadi dahsyat :
1. Sistem sumber daya manusia termasuk pembinaan, reward dan punishmentnya.
2. Sistem kontrol (kontrol arus kas, kontrol kedisiplinan, kontrol keuangan , administrasi, dll).
3. Sistem marketingnya.

Sistem adalah urut-urutan kerja yang logis dan menghasilkan.

Untuk memilih orang-orang yang tepat menurut saya ada 3 kualitas yang diperlukan, yaitu :
Passion
Integrity
Skill

Pasti bermanfaat,
Teknik Mengatasi Penundaan Dalam Diri
Banyak dampak buruk akibat menunda sesuatu yang tidak semestinya ditunda. Cara agar Anda tidak menunda pekerjaan atau apapun terdiri dari beberapa faktor.

Mengatasi penundaan dalam diri dengan mudah

Banyak diantara kita yang sering bahkan favorit untuk menunda, termasuk saya. Saya pun suka menunda namun saya belajar apa yang benar-benar harus ditunda. Dengan demikian saya menunda dengan kriteria yang benar.

Apa yang saya suka tunda? Yang memang dibutuhkan dalam waktu lama, sehingga saya bisa menyelesaikan dan fokus kepada apa yang harus kerjakan terlebih dahulu. Bukan berarti saya tidak mengerjakan yang saya tunda tadi. Saya akan selesaikan semua tanggung jawab saya.

Dengan management waktu yang sudah saya planing sehingga semua bisa terselesaikan dengan tepat waktu. Dengan banyak membuat planing seperti itu, akhirnya saya menemukan cara bagaimana cara mengatasi penundaan.

Buat diri Anda kepepet dengan suatu kerjaan, baik yang sedang deadline atau yang masih bisa ditunda. Karena dengan Anda dipepet oleh waktu maka Anda akan dengan segera selesaikan tugas tersebut.
Kaitkan dengan kepentingan Anda, memang banyak kerjaan yang tidak terkait dengan kepentingan si pekerja. Namun coba Anda kaitkan dengan visi dan misi, dengan gol serta dengan kesenangan –kesenangan apa yang akan Anda dapat jika Anda menyelesaikan kerjaan tersebut.
Buat enjoy dalam prosesnya, tidak suka atau senang dalam prosesnya karena dulu Anda punya pengalaman buruk dalam prosesnya. Namun tidak menyenangkan dimasa lalu bukan berarti tidak menyenangkan dimasa saat ini.
Rubah pola hidup, pola hidup yang buruk sangat berpengaruh terhadap kinerja Anda. Salah satunya rubah pola makan Anda, banyak konsumsi sayuran segar dan buah-buahan.
Buat rencana yang matang, dengan rencana yang matang, hambatan-hambatan kecil akan mudah diatasi.
Fokus ditempat yang tepat dan benar, jangan sampai Anda seperti pemadam kebakaran yang penting dan mendesak terus. Fokus untuk mengerjakan yang penting dahulu tetapi tidak membuat hidup Anda mendesak.

Sekian 6 dari banyak cara mengatasi penundaan, semoga bermanfaat,

Tung Desem Waringin
Cara Fokus dalam Bisnis Anda
Menjalani bisnis dengan fokus akan membantu meraih keinginan untuk menjadi kaya. Bagaimana cara agar fokus? berani mengambil risiko?

Menurut Robert Kiyosaki orang-orang yang seimbang tidak melangkah kemanapun. Mereka tetap disatu titik. Jika Anda melihat seseorang yang sukses, pada awalnya mereka tidak seimbang. Untuk membuat kemajuan, Anda pertama-tama harus membuat jadi tidak seimbang. Lihatlah bagaimana Anda berjalan untuk maju, pertama berat badan anda kedepan dan tidak seimbang, baru Anda bisa maju.

Thomas Edison tidak seimbang. Dia fokus. Bill Gates tidak seimbang. Dia focus. Donald Trump fokus. George Soros fokus, George Patton tidak membawa tank-tanknya menjauh. Dia memfokuskan mereka dan meledak di titik-titik lemah dalam perbentengan Jerman.

Jika Anda mempunyai hasrat apapun untuk menjadi kaya, Anda harus fokus. Taruh banyak telur Anda dalam satu keranjang. Jangan melakukan apa yang dilakukan oleh orang miskin dan kelas menengah, menaruh telur mereka yang sedikit kedalam banyak keranjang. Jika Anda berumur 25 tahun lebih dan sangat ngeri untuk mengambil risiko, jangan berubah mainkanlah dengan aman, lakukan investasi yang seimbang tapi mulailah sejak dini. Mulailah mengumpulkan sarang telur anda sejak dini. Karena kalau kita seimbang, hal ini membutuhkan waktu.

Saya pribadi menyarankan investasi berisiko saya sesuaikan dengan umur dan tingkat keberanian mengambil risiko.

Contoh :
Bila kita umur 30 Th dengan tingkat keberanian ambil risiko “Berani/agresif” maka alokasi investasi kita 20% masuk deposito/reksadana pendapatan tetap/emas. 40% masuk ke reksadana campuran (50% pendapatan tetap, 50% saham) atau ke properti. 40% masuk ke saham.

Sedang semisal umur 70 Th sudah pasti walau kita termasuk orang “agresif/berani” kita tidak diharapkan ambil risiko terlalu besar. Minimal 50% investasi kita harus masuk yang aman. Maksimal 25% masuk ke “sedang” dan Maksimal 25% masuk ke “cepat”.

Berinvestasilah sesuai dengan umur dan keberanian anda mengambil risiko, tapi tetaplah berinvestasi. Dan investasi pertama yang paling penting adalah investasi ke dalam pendidikan anda bagaimana cara bisnis dan berinvestasi.
Semoga bermanfaat,

Tung Desem Waringin
Cara Melatih Otak Anda untuk Melihat Peluang
Agar peluang bisa terlihat dan kesempatan menjadi kaya tidak sia-sia, Anda harus melatih otak. Kemampuan menghasilkan uang pun bisa meningkat dengan terlatihnya otak.

Pelajaran kali ini adalah bagaimana melatih otak Anda untuk melihat peluang.

Langkah pertama untuk melatih otak Anda melihat peluang adalah dengan melek finansial.

Keterangan :
Yang dimaksud melek finansial adalah kemampuan memahami sistem kata-kata dan angka yang akan membuat Anda kaya. Jika tidak mengerti kata-kata atau angkanya anda sama saja berbicara dalam
bahasa asing. Setiap kuadran mewakili sebuah bahasa asing.

Keterangan :

Masing-masing kuadran seperti sebuah negara yang berbeda, tidak semua menggunakan kata-kata yang sama. Kalau anda tidak mengerti kata-katanya maka anda tidak mengerti angkanya. Sebagai contoh, jika seorang dokter biasa mengatakan, “sistolik anda 120 dan diastolik anda 80,” apakah itu bagus atau jelek? Apakah hanya itu yang perlu anda ketahui tentang kesehatan anda? Jawabannya tentu saja “tidak”.Namun itu sebuah awal. Sama saja seperti menanyakan, “P/E saya 12, dan cap rate rumah apartemen saya 12.” Apakah hanya ini yang perlu saya ketahui tentang kekayaan saya? Sekali lagi, jawabannya “tidak”, tapi ini sebuah awal. Setidaknya kita mulai berbicara kata-kata yang sama dan menggunakan angka yang sama. Dan disinilah awal “melek finansial”, yang merupakan dasar kecerdasan finansial- dimulai dengan mengerti kata-kata dan angka.

Seperti teman saya, Richard Tan, Robert Kiyosaki Authorized Consultant untuk asia, ketika orang tuanya pertama kali datang ke Singapura, mereka tidak bisa bahasa mandarin, mereka tidak bisa bahasa melayu, mereka tidak bisa bahasa inggris, mereka hanya bisa bicara bahasa “fuzhou”, atau satu bahasa dialek di cina. Makanya ketika Richard Tan masuk SD kelas 1, ketika ditest membaca huruf A-Z tidak bisa, dia langsung diturunkan kelasnya.

Jadi menurut Robert Kiyosaki pengertian tentang melek finansial adalah kemampuan menghasilkan uang dengan uang dimulai dengan pengertian dengan kata-kata.

Langkah kedua dalam melatih otak Anda melihat uang adalah belajar mengenali risiko yang sebenarnya. Kalau orang mengatakan kepada saya bahwa berinvestasi itu berisiko, saya hanya mengatakan, ”Berinvestasi itu tidak berisiko, yang berisiko adalah kalau Anda tidak mempelajarinya dulu.”

Berinvestasi sama seperti terbang. Jika pernah mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan dan menghabiskan beberapa tahun untuk memperoleh pengalaman, maka terbang terasa menyenangkan dan menggairahkan. Tapi kalau anda tidak pernah mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan, saya sarankan biarkan orang lain saja yang terbang.
Pasti bermanfaat,

Tung Desem Waringin
Teknik Mencapai Tujuan Atau Goal Anda
Tujuan hidup yang Anda miliki bisa terwujud dengan teknik pencapaian yang diiringi dengan semangat dan motivasi. Cara mencapai goal Anda tidak sulit melalui beberapa langkah berikut.

Teknik dalam mengaplikasikan kehidupan untuk mencapai tujuan atau gol

Banyak diantara kita yang sudah mempunyai tujuan, tapi tidak mempunyai motivasi dalam menjalani prosesnya. Yang sering saya tekankan adalah Teori = Nol (0), tanpa Anda praktek. Dengan Anda praktek, Teori = Hasil.

Kali ini saya akan sharing tentang jurus yang dahsyat, yaitu RPMPP ( Result, Purpose, Massive Action, Pain, Pleasure), berikut penjelasannya :
Result
Tuliskan hal-hal apa saja yang bisa membuat Anda maju dan apa hasilnya?
Kalau belum ada hasilnya, apa yang Anda lakukan? Monitoring diri Anda dengan pertanyaan Why dan How. Mengapa Anda belum bisa mencapai dan Bagaimana suapay Anda mencapai tujuan atau gol Anda.
Purpose
Rata- rata orang ingin melakukan apa, tapi purposenya dan why-nya tidak tahu. Dan jika Anda sudah mempunyai tujuan dan why-nya. Tapi Anda harus mempunyai tujuan jangka panjang, Karena kebanyakan orang yang sukses, memikirkan yang namanya Jangka Panjang jauh lebih besar dibandingkan dari Jangka Pendek.
Massive Action
Langkah pertama apa yang Anda ambil dalam mencapai tujuan Anda. Karena saya yakin bahwa “Tidak ada langkah kedua dan ketiga serta lainnya, kalau tidak ada langkah pertama dahulu”.
Pain
Hukuman yang bisa menjadi pemicuh semangat Anda, karena otak manusia hanya mencari nikmat dan menghindari sengsara. Tapi ingat hukuman haruslah yang masuk akal.
Pleasure
Jika pain hukuman dirasa tidak adil karena hanya diberikan hukuman terus. Tapi berikanlah pleasure (hadiah), reward. Berikan hadiah kepada diri Anda ketika sudah mencapai target. Tapi harus diingat berikan reward yang masuk akal juga.

Demikian sharing saya tentang jurus yang masih saya praktekkan. Ketika banyak orang diluar sana yang hanya kepingin saja untuk menjadi sukses tapi mereka tidak bisa memotivasi dirinya sendiri. Jadi, untuk Anda jangan lupa dipraktekkan
Jenis Hutang yang Bisa Membuat Anda tambah Kaya
Membayar hutang dengan mudah ada caranya, bahkan membuat Anda semakin kaya. Hutang mobil, rumah atau apapun perhatikanlah jenis-jenis hutang berikut.

Setiap kali berhutang uang kepada seseorang, kau menjadi pegawai uang mereka.

(Robert T. Kiyosaki)

Ada orang mengartikan bahwa hutang adalah selalu buruk. Ada orang mengartikan bahwa hutang adalah bisa membuat kita menikmati kenikmatan yang tadinya tidak terjangkau. Robert Kiyosaki dengan tajam menjelaskan tentang hutang yang baik dan hutang yang buruk.

Hutang yang baik adalah hutang yang dibayarkan orang lain untuk kamu. Hutang yang buruk adalah hutang yang kamu bayar dengan keringat serta darah kamu sendiri.

Kalau seseorang mengambil pinjaman berjangka waktu 20 tahun maka dia akan menjadi pegawai selama 20 tahun. Dan tidak seperti bekerja di kantor, mereka tidak memberinya jam emas ketika hutangnya lunas atau dia pensiun.

Apakah hutang untuk bisnis (modal kerja, investasi,dll) = baik, sedangkan hutang konsumtif (beli mobil, rumah, tour keluar negeri) = jelek? Dua-dua jawabannya adalah belum tentu.

Dari definisi Robert Kiyosaki diatas, hutang bisnis bisa jadi jelek bila kita sendiri yang harus berkeringat dan mandi darah untuk membayarnya.

Hutang bisnis menjadi baik ketika kita mempunyai sistem dan team/orang yang membayar. Demikian juga ayah kaya dari Robert Kiyosaki sangat menyukai properti sewaan. Ia mendorong Robert Kiyosaki untuk mempunyai properti sewaan karena bank memberi pinjaman dan yang membayar adalah penyewa properti.

Banyak orang menganggap bahwa jurus Robert Kiyosaki yang ini tidak dapat dipraktekkan di Indonesia, tapi saya pribadi melihat banyak pengusaha yang menggunakan jurus ini. Mulai dari pengusaha kecil seperti pengusaha mesin fotocopy yang membuka cabang fotocopy, salon, yang mempunyai sistem dan team yang bekerja untuk mereka. Sedemikian sehingga sistem dan team yang membayar hutang bisnis dan properti yang ditempatinya. Demikian juga pengusaha besar seperti Bank, Hotel, Mall, melakukan dengan cara yang sama.

Hutang konsumtif bisa baik ketika kita sudah mempunyai pasif income atau peternakan uang yang membayarnya. Jadi boleh saja kita mempunyai hutang rumah, mobil, selama penghasilan kita dari Bisnis dan Investasi (sisi kanan cashflow kuadrant) lebih dari cukup untuk membayarnya.

Pasti bermanfaat untuk Anda yang dahsyat,
Yang Dilakukan oleh Orang Gagal
Jika pekerjaan yang sedang Anda jalani sulit mewujudkan keinginan dan impian Anda, lakukanlah apa yang dijalani orang ketika gagal. Cara untuk sukses bisa Anda pelajari dari sebuah proses kegagalan.

Apa yang dilakukan oleh orang gagal ?

Dijelaskan oleh Robert Kiyosaki, orang yang takut kalah melakukan
hal serupa dalam hidup. Kita semua mengenal :
1. Mereka yang mempertahankan perkawinan yang tidak lagi berlandaskan cinta
2. Mereka yang menjalani pekerjaan tidak berprospek.
3. Mereka yang terus menyimpan pakaian tua serta “barang-barang” yang takkan pernah mereka pakai.
4. Mereka yang tetap tinggal di kota-kota dimana mereka tidak mempunyai masa depan.
5. Mereka yang tetap berteman dengan orang-orang yang menghalangi kemajuan mereka.

Dalam bahasa saya sendiri, seperti sebuah cerita orang Afrika menangkap monyet. Di Afrika ada satu suku yang makan monyet, mereka berburu monyet untuk dimakan. Cara berburu mereka bermacam-macam, ada yang menggunakan cara dipanah, ada yang disumpit, tapi yang paling menarik adalah ada yang menangkap dengan menggunakan kendi. Mereka mengikat kendi dari tembaga ke pohon atau batu yang besar. Kemudian diisi dengan kacang, Dan sebagian kacang ditaruh diluar. Begitu sang monyet melihat kacang tersebut, setelah dipastikan kanan kiri aman maka monyet tadi turun dan mulai memakan kacang tersebut. Dan ketika kacang diluar habis, monyet tersebut mulai melirik kacang yang ada di dalam kendi. Dan begitu tangan monyet tersebut masuk untuk mengambil kacang, begitu tangan monyet tadi menggenggam maka tangan monyet tersebut tidak bisa ditarik dari kendi yang tertali di pohon yang besar.

Dan monyet tersebut tidak mau melepaskan “Let It Go” kacangnya. Akibatnya monyet tersebut tertahan terus tidak bisa pergi, bahkan sampai pemburu monyet datang tetap saja sang monyet tidak mau “Let it go”. Kapan monyet tersebut mau “Let it go” kacangnya? Yaitu ketika monyet tersebut mati disembelih. “Kenapa demikian?” Karena dia namanya “monyet!”.

Maka ada peribahasa bahasa Inggris, “You pay peanut, you get monkey”.

Banyak dari kita yang sudah tahu bahwa yang kita kerjakan sekarang tidak akan mambantu kita mencapai apa yang kita inginkan. Tetapi kita takut kehilangan “kacang” kita sampai kita disembelih (dipecat) baru kita berani “Let It Go”.

Orang yang berpikir “cari aman” adalah pikiran logis. Sebenarnya salah, karena itu adalah pikiran emosionil. Dan pikiran emosionil lah yang membuat orang “macet”di sebuah kuadran.

Jika orang tidak bisa mengendalikan pikiran emosi mereka, dan kenyataannya banyak yang tidak bisa, maka mereka sebaiknya tidak mencoba menyeberang. Robert Kiyosaki menganjurkan agar semua yang ingin menyeberang lebih dulu memastikan mereka mempunyai orang-orang yang akan selalu mendukung mereka, dan memiliki seorang pembimbing di sisi lain kuadran yang akan membimbing mereka.

Pasti Bermanfaat,

Tung Desem Waringin

Informasi Terkait :
Arti What, Why dan How Dalam Kehidupan Anda
Mencapai target dalam kehidupan dibutuhkan unsur-unsur penting seperti what, why, dan how. Tiga hal itu membantu Anda mencapai kesuksesan.

Arti unsur dari what, why, dan how dalam kehidupan
Ternyata pada dasarnya apa yang terpenting harus Anda golongkan, dan apa yang bisa Anda golongkan? Oleh karena itu, mari Anda lihat di bawah ini:

What
What adalah “Apa yang penting dan yang ingin Anda capai”.
Contohnya: Anda menginginkan kekayaan, bisnis lancar , pasif income. Tapi dalam hal ini nantinya akan saling berkesimbungan.
Intinya di sini adalah, Apa saja yang ingin Anda capai!
Why
Why adalah alasan dari apa yang ingin Anda capai (what)
Maksudnya adalah, jika Anda ingin seperti yang Anda mau, mengapa Anda ingin memilikinya atau mengapa Anda ingin capai hal tersebut?
Contohnya : Karena Anda ingin bahagia, hidup tenang, merasa nyaman , freedom, lebih menikmati waktu dengan keluarga, fokus kepada hal spiritual, dan Anda bisa menjaga kesehatan.
How
How adalah bagian yang paling terpenting. Karena how mengacu pada action yang akan kita ambil. How di sini adalah, “Bagaimana cara Anda bisa mencapai sebuah target”. Itu hal yang paling penting yang Anda harus selesaikan diawal, bukan dari what atau why diatas.

Semoga bermanfaat,
Komponen Penting Dalam Bisnis
Bisnis bisa berjalan, berkembang, maju pesat tanpa pemimpin (owner). Ada komponen penting yang dibutuhkan untuk membangun bisnis yang sukses tanpa owner.

Komponen yang menjadikan bisnis berjalan tanpa Owner

Banyak diantara Anda yang mengimpikan bisnis berjalan tanpa adanya pemimpin (owner). Bisnis yang berjalan tanpa adanya owner yang terlibat didalamnya. Ada beberapa komponen yang harus Anda dalam bisnis tersebut, seperti
Sistem
Ini yang harus lebih utama, adanya sistem yang owner tidak terkait dalam sistem tersebut, seperti
a. Sistem marketing
Anda harus mempunyai tim marketing yang tanpa Anda, setting tim marketing yang sudah ahli atau undang trainer untuk membuat tim sales lebih dahsyat
b. Sistem kontrol
Anda pegang kontrolnya, mulai dari keuangannya, produksi. Yang hanya Anda terima berupa laporan-laporan
c. Sistem SDM
Buat sistem atau kriteria dalam sistem rekrut Anda, agar SDM mempunyai keterampilan yang sudah ahli dibidangnya.
Teknologi
Teknologi harus ada dalam bisnis, teknologi seperti apa yang harus ada :
a. Mudah
Teknologi yang mendukung dalam bisnis haruslah mudah, jangan sampai teknologi membuat Anda susah. Ini akan manjadi penghambat dalam bisnis Anda.
b. Cepat
Selain mudah harus cepat, sehingga proses kerja akan lebih efisien dalam waktu
c. Akurat
Selain mudah dan cepat harus juga akurat.
Manusia
Ini lah yang paling penting. Karena dalam sistem dan teknologi, manusia lah yang menjalaninya. Ada 3 yang harus ada didalam orang yang akan Anda rekrut tersebut, seperti :
a. Passion
Semangat, bergairah ini yang harus ada. Semangat kerja yang harus ada dalam bisnis tersebut
b. Integrity
Ini harus lebih ditonjolkan, integrity atau kepercayaan. Bagaimana kalau orang tersebut tidak jujur. Harus mempunyai integrity
c. Skill
Pengetahuan yang luas, ini juga perlu.
Ambil Alih Masa Depan Keuangan Anda Sekarang Juga
Mengendalikan masa depan keuangan penting untuk mencapai hal-hal yang Anda impikan. Hal-hal penting dalam mengontrol uang harus Anda perhatikan.

Keterangan :

Ketika secara umum pebisnis mengatakan bahwa risiko sama dengan Reward atau semakin besar risiko semakin besar keuntungannya Robert Kiyosaki menambahkan unsur penting yang lebih masuk akal yaitu kontrol. Ada hal-hal yang bisa dikontrol, ada hal-hal yang tidak bisa kita kontrol. Ada hal-hal yang kita bisa pengaruhi walaupun diluar kontrol.

Banyak orang sedih, marah dan tidak berdaya karena mereka fokus kepada sesuatu yang tidak bisa mereka kontrol. Seperti contoh, kita tidak bisa mengontrol siapa presiden yang terpilih, atau berapa bunga bank, situasi ekonomi, atau masa lalu kita yang sudah berlalu. Ada juga yang dalam lingkaran pengaruh kita, seperti contoh, sikap orang lain yang bisa kita pengaruhi ketika kita berinteraksi namun sikap orang lain ini walaupun bisa kita pengaruhi bisa menjadi didalam kontrol atau diluar kontrol. Sedang sesuatu hal didalam kontrol kita adalah sesuatu hal yang kita merasa pasti masuk dalam kendali kita.

Kenapa investasi di saham berisiko karena kita tidak bisa mengontrol pendapatan, pengeluaran atau hutang dari perusahaan yang sahamnya kita miliki. Contoh misalnya, kita membeli saham PT. X dan direksi PT. X memutuskan untuk membeli helikopter sebagai kendaraan dinas, kita tidak bisa ngomong kepada Direksi PT. X bahwa kita tidak setuju. Demikian juga ketika direksi PT. X memutuskan untuk menaikkan atau menurunkan harga produk atau jasanya kita tidak bisa mengontrolnya. Menurut Robert Kiyosaki kalau kita ingin mengontrol masa depan keuangan kita ada lima

Hal yang bisa kita kontrol :
Attitude/sikap
Plan/rencana
Education/pendidikan
Friend/teman
Advisor/mentor

Sikap adalah merupakan pilihan. Sikap seorang pecundang adalah selalu melihat masalah disetiap kesempatan sehingga akhirnya dia tidak bertindak dan tidak mencapai apapun. Sikap seorang pemenang adalah selalu melihat kesempatan disetiap masalah sehingga mereka terus belajar dan bertindak sampai mencapai hal-hal yang mereka inginkan.

Semoga bermanfaat. Salam Dahsyat!

Tung Desem Waringin
3 Sistem Bisnis yang Membuat Kita Bebas
Sistem bisnis terbagi tiga macam yang akan membuat bisnis menguntungkan dan berkembang sekalipun ditinggal pemilik bisnis. Pendapatan dan prestasi pun meningkat melalui tiga sistem bisnis.

Ada 3 (tiga) jenis sistem bisnis :
Perusahaan tradisional
Bisnis waralaba
Pemasaran jaringan

Untuk membedakan apakah kita pemilik bisnis sesungguhnya atau Self Employee adalah, bila bisnis milik kita tersebut kita tinggal selama satu tahun, bisnis tersebut masih menguntungkan dan berkembang, berarti kita adalah pemilik bisnis sesungguhnya dan bisnis tersebut jalan dengan atau tanpa kita.

Menurut Robert Kiyosaki ada 3 jenis sistem yang membuat kita bisa mendapatkan passive income tanpa kita harus bekerja untuk selama-lamanya :

Pertama,
sistem tradisional adalah dimana Anda mengembangkan sistem Anda sendiri. Untuk mengembangkan sistem bisnis sendiri kita harus mempunyai pembimbing. Pembimbing adalah seseorang yang sudah melakukan apa yang Anda ingin lakukan dan berhasil dalam melakukannya. Jangan mencari penasehat, Penasehat adalah orang yang memberi tahu cara melakukan tapi dia sendiri belum melakukannya.

Kedua,
Bisnis waralaba. Cara lain mempelajari sistem adalah dengan membeli sebuah usaha waralaba. Dengan membelinya Anda sudah membeli sebuah sistem yang sudah berjalan, sudah dicoba serta sudah terbukti. Jika membeli sebuah sistem waralaba jadilah seorang ”Employee”. Lakukan persis seperti yang mereka katakan. Jangan menjadi ”Self-employee” atau orang yang ingin melakukan dengan cara mereka sendiri.

Ketiga,
Pemasaran jaringan. Juga disebut sebagai Multilevel atau Sistem Distribusi Langsung. Dimana Anda membeli dan menjadi bagian sebuah sistem yang sudah ada.

Untuk mengikuti bisnis jaringan atau waralaba yang bagus menurut Robert Kiyosaki :
Merupakan organisasi yang telah terbukti baik dan mempunyai catatan prestasi yang bagus serta sistem distribusi dan program kompensasi yang sudah sukses selama bertahun-tahun.
Mempunyai peluang bisnis yang bisa berhasil Anda jalankan, yang bisa Anda percayai, dan bisa Anda bagi dengan penuh keyakinan dengan orang lain.
Mempunyai program pendidikan jangka panjang yang terus berlangsung yang bertujuan mengembangkan Anda sebagai manusia. Rasa percaya diri mutlak diperlukan disisi kanan Quadrant.
Mempunyai program bimbingan yang kuat. Anda ingin belajar dari para pemimpin, bukan penasihat. Orang-orang yang sudah menjadi

Demikian dari Saya,
Semoga bermanfaat
Rahasia Perusahaan yang Bertahan Kini dan Sepanjang Masa
Perusahaan yang mampu bertahan kini dan sepanjang masa bahkan jadi pemimpin pasar memiliki rahasia sukses dalam mengelolanya. Keunggulan bersaing harus Anda miliki.

Perusahaan yang dapat memimpin pasar adalah perusahaan yang memiliki alasan yang sangat kuat dan merupakan perusahaan yang dapat bertahan kini dan sepanjang masa. Bisnis yang seperti apa?

Supaya bisnis ini berlangsung kini dan sepanjang masa, saya juga terus belajar supaya bagaimana bisnis ini belangsung kini dan sepanjang masa, karena zaman pasti berubah. Tapi kita harus mempunyai mindset, yang satu namanya Win-Win dan Win.

Win yang pertama kita harus pastikan pelanggan kita Win, setelah pelanggan harus Win, karyawan juga harus Win, setelah karyawan Win, pemegang saham juga harus Win, kemudian yang terakhir yang ke- empat masyarakat harus juga harus Win, dan Anda tidak bisa membuat masyarakatnya dirugikan.

Saya belajar dari guru yang sangat dahsyat namanya Buckminster Fuller, semasa hidupnya dia adalah orang yang sangat dahsyat luar biasa, dia mengajarkan Critical Path, General Teori world, seperti halnya Leonardo Da Vinci yang membuat menara geodesic, betul-betul orang yang sangat jenius.

Dia telah menjadi acuan Anthony robbins dan Robert Kiyosaki, dan dialah yang mengenalkan kata-kata passive income. Bagi Buckminster Fulleryang dinamakan kaya adalah ketika kita berhenti kerja kita tetap bisa hidup dengan gaya hidup kita sekarang ini, tanpa harus mengubah gaya hidup kini dan sepanjang masa sampai mati, itu yang namanya kaya.

Pertama, Bisnis ini harus menghasilkan. Maksudnya adalah jika Anda mempunya sebuah bisnis, dan bisnis Anda tersebut harus menguntungkan untuk Anda.
Contohnya,
Saya mengelola asosiasi management Indonesia, dan Asosiasi tersebut harus bisa menghasilkan.

Kedua adalah Menyenangkan, kalau Anda senang tapi tidak menghasilkan itu namanya piknik! Banyak orang yang menganggap jika memang dapat mendatangkan kesenangan maka tidak apa- aoa. Tapi bila Anda hanya memikirkan kesenangan saja namun selalu merugi, Anda tidak akan bertahan lama. Yang seharusnya Anda lakukan adalah membuat Mindset Anda berpikir bahwa yang menghasilkanlah yang menjadi nomor 1.
Ketiga adalah Mudah, di sini kebanyakan orang dalam mencari sebuah Bisnis yang paling utama dicari adalah kemudahan dalam menjalankan Bisnis tersebut. Jelas ini adalah bisnis model dengan pola yang salah.

Misalkan saja begitu orang baru saja lulus, orang selalu mencari pekerjaan yang mudah terlebih dahulu. Yang terpenting siapapun yang mau menerima dan berada disana kini sepanjang masa, kapan dia berhenti kerja? Ketika dia dipecat, ini adalah model yang salah.

Bila Anda mencari mudah Anda akan menjadi sulit, kalau mencari yang menghasilkan awalnya tidak mudah. Coba anda bayangkan misalnya Michael Jordan ternyata sebelumnya dia tidak suka basket, ternyata sekarang dia menjadi bintang basket, lalu madona ternyata tidak suka bernyayi tapi justru sekarang dia menjadi Diva, Bill Gates ternyata dia dengan teknologi tapi akhirnya dia menjadi orang yang sangat dahsyat dan sangat sukses dibidangnya.

Pertanyaannya adalah, boleh atau tidak Anda mempunya Bisnis yang menghasilkan namun tidak menyenangkan? Jawabannya adalah boleh, tapi harus secepatnya didelegasikan.

Jadilah kita sebagai pemimpin pasar. Impian yang menjadi baik adalah baik adanya, impian menjadi nomor satu baik adanya, kalau kita tidak punya ambisi nomor satu Anda akan jadi nomor sebelas, tapi jika Anda sebelas tapi ingin jadi nomor satu, mendadak Anda terus belajar karena Anda terus belajar saya pun terus.

Lalu bagaimana dengan toko buku saya, katakana kepada pemimpin toko buku saya nomor satu atau nomor dua? Atau saya tutup? SELESAI! Akhirnya toko buku saya menjadi nomor satu di Jogja, karena saya menaikan standar. Anda sengaja jadi terbaik anda akan jadi terbaik.

Anda harus jadi pemimpin besar. Kita bisa ketemukan banyak cara, contohnya ketika saya launching buku saya, saya sudah mempunyai mindset buku saya akan menjadi nasional bestseller, awalnya pihak penerbit menolak, tapi setelah saya buktikan hingga akhirnya menembus rekor MURI, pihak penerbit hanya bisa terkagum dan akhirnya diberikan tanda sebagai Nasional Best Seller.

Tidak hanya sampai di situ saja, saya juga terus mencari cara- cara yanga salah satunya adalah memberi keuntungan-keuntungan bagi siapa saja yang membeli buku saya maka akan mendapatkan CD seminar saya, dan gratis mengikuti seminar saya yang seharga Rp. 750rb. Kenapa saya sangat berkeinginan kuat? Karena saya punya alas an yang kuat juga yakni kalau buku ini tidak laris maka saya akan malu karena itu saya memutar otak saya. Yang terpenting setiap strategi yang dilaksanakan harus mempunyai WIN – WIN, harus mempunyai nilai tambah, sehingga kita punya keunggulan bersaing

Kalau kita jadi pemimpin pasar selalu tanya supaya laku, kalau anda tidak bisa jualan? You die! Kalau anda bisa jualan anda kaya
Semoga Bermanfaat,
Perbedaan Pengertian Resiko Dengan Beresiko
Keraguan berbisnis sering dikaitkan dengan resiko dan beresiko. Keduanya berbeda pengertiannya. Agar finansial Anda meningkat pelajari perbedaan resiko dan beresiko.

Salah satu langkah untuk menemukan jalur cepat finansial Anda, mengetahui perbedaan antara risiko dan berisiko. (Robert T. Kiyosaki)

Keterangan :

Sering orang mengatakan bahwa bisnis dan investasi adalah berisiko. Menurut Robert Kiyosaki bisnis dan investasi adalah tidak berisiko, yang berisiko adalah tidak mempunyai pengetahuan.

Menurut saya pribadi, risiko adalah konsekuensi negatif yang selalu ada dalam setiap tindakan ataupun setiap hal. Contohnya ketika Anda duduk membaca artikel ini selalu ada konsekuensi negatifnya, entah besar atau kecil. Misalnya, konsekuensi besar walaupun kemungkinannya kecil, Anda kejatuhan helicopter dan meninggal mendadak. Konsekuensi kecil misalnya sebelah Anda kentut sedemikian sehingga Anda mencium bau tidak enak.

Sedangkan berisiko menurut saya adalah konsekuensi negatif yang kombinasi antara besar kerugian dan besar kemungkinan terjadinya tidak bisa kita terima. Contohnya, misalkan kita memulai bisnis dengan menjual semua asset kita dan harus menjual semua harta kita dan masih hutang 1 juta Dollar (9 milyar rupiah) kepada preman/mafia yang mengancam akan membunuh keluarga kita (bila kita tidak mengembalikan tepat waktu) ke dalam bisnis yang sama sekali kita tidak tahu dengan team yang sama sekali baru. Bisnis ini bagi kita berisiko. Tetapi semisal yang memodali adalah Bill Gates (Pemilik Microsoft) maka bagi Bill Gates bisnis 1-2 juta Dollar adalah tidak berisiko, walaupun kemungkinan berhasil bisnisnya sangat kecil. Kenapa? Karena Bill Gates menyumbang 1 Milyar Dollar untuk Aids saja tidak apa-apa. Jadi misalnya bisnis tadi bangkrut pun tidak berisiko bagi Bill Gates. Tetapi bagi orang yang menjual semua dan masih hutang kepada preman/mafia maka bisnis tersebut adalah berisiko.

Dikatakan oleh Robert Kiyosaki “Saya sangat prihatin bahwa terlalu banyak orang menaruh perhatian pada uang bukan pada kemakmuran mereka yang terbesar yakni pendidikan mereka.” Intelegensi memecahkan masalah dan menghasilkan uang. Uang tanpa disertai intelegensi finansial akan segera habis.

Kita tentu pernah mendengar kisah tentang orang miskin yang memenangkan undian atau mendapatkan warisan hingga langsung kaya. Tapi dalam beberapa tahun kemudian mereka kembali miskin. Kenapa? Karena mereka tidak memiliki kebiasaan serta pengetahuan yang cukup untuk mempertahankan atau bahkan mengembangkan kekayaannya.

Jadi, sungguh berisiko apabila orang tidak meluangkan uang, waktu, tenaga serta pikiran untuk terus belajar bagaimana mencari, mengelola dan mengembangkan uang.

Saran saya, daftar seminar yang menambah ilmu anda disini sekarang juga sebelum kehabisan..!!
Semoga Bermanfaat,

Tung Desem Waringin
Pentingnya Mempelajari Sejarah
Untuk menjadi kaya, sukses, hidup bahagia, janganlah melupakan masa lalu. Sejarah perlu dipelajari untuk memulai perubahan dan mengambil tindakan tepat terhadap tujuan kita.

Seperti hukum alam yang ada siang dan malam, panas dan dingin, hujan dan terang, pasang dan surut , yang abadi di dunia ini adalah Tuhan dan Perubahan itu sendiri.

Robert kiyosaki berharap bahwa perkiraan dia terhadap apa yang akan terjadi salah, mungkin pemerintah bisa terus membuat janji-janji untuk mengurus orang-orang : terus menaikkan pajak, dan terus tenggelam dalam hutang yang lebih besar. Mungkin bursa saham akan selalu naik dan tidak pernah turun lagi… dan mungkin harga–harga real estate akan selalu naik dan rumah anda akan menjadi investasi terbaik anda. Dan mungkin jutaan orang akan menemukan kebahagiaan dengan memperoleh upah minimum serta bisa memberikan hidup yang baik bagi keluarga mereka. Mungkin semua itu bisa terjadi. Tapi menurut Robert Kiyosaki tidak mungkin. Kalau kita berpatokan pada sejarah.

Menurut sejarah, kalau orang hidup sampai 75 tahun, mereka akan mengalami dua resesi dan satu depresi. Para baby boomer telah mengalami dua resesi, tapi belum mengalami depresi. Mungkin takkan pernah depresi lagi. Tapi menurut sejarah tidak begitu. Kita harus belajar sejarah ekonomi dan perubahannya yang lebih panjang dan perspektif yang lebih baik tentang asal dan tujuan kita.

Depresi bukan problem masa lalu, karena kita semua adalah manusia yang akan selalu mempunyai emosi serakah dan takut. Dan ketika rasa serakah dan takut bertabrakan , maka seseorang mengalami kerugian besar , dan emosi berikutnya adalah depresi. Depresi terdiri dari 2 emosi manusia :

1. Marah
2. Sedih

Marah kepada diri sendiri dan sedih karena kerugian. Depresi ekonomi adalah depresi emosi.

Di Indonesia atau di dunia ada siklus atau pola perubahan 12 tahunan. Diawali tahun 1945 ada kejadian Indonesia merdeka, dan perubahan ini menimbulkan peluang bisnis sehingga banyak orang kaya baru. Tahun 1957 Malaysia merdeka, terjadi perubahan peta perdagangan di Asia Tenggara, banyak orang kaya baru. Tahun 1969 pemerintah orde baru membuat peluang dan membuat rang kaya baru. Tahun 1981, terjadi booming saham di Asia Tenggara sehingga monyet pun (tidak perlu orang pintar) yang membeli saham akan kaya. Tahun 1993, terjadi booming properti di Indonesia yang membuat orang kaya baru. Tahun 2005, di Indonesia, Singapore dan Malaysia tampil pemimpin baru, perubahan yang akan membuat orang kaya baru.

Kenapa di setiap resesi dan depresi, selalu ada orang miskin dan menjadi kaya, dan kenapa di setiap resesi dan depresi selalu banyak orang kaya yang bahkan jadi dinosaurus…punah.

Menurut Robert Kiyosaki, orang akan tumbuh semakin kaya melalui perubahan-perubahan ketika orang tersebut terus belajar (open mind) dan berani mengambil risiko (take action).

Tung Desem Waringin
Cara Mudah Menjadi Investor yang Mantap
Jika ingin berinvestasi, dua kemungkinan adalah Anda bisa menjadi invoster yang hebat atau business owner terlebih dulu. Waktu dan uang adalah modal yang menentukan kesuksesan Anda berbisnis.

Entah investasi itu di dalam real estate, sebuah bisnis, saham, atau obligasi tetap ada “naluri bisnis komprehensif” mendasar yang paling penting menjadi investor yang mantap. Beberapa orang memiliki naluri komprehensif ini, tapi banyak yang tidak. Terutama karena sekolah melatih sangat terspesialisasi…..tidak terlatih secara konprehensif.

Jalan yang disarankan, banyak orang memilih langsung menjadi investor. Menurut Robert Kiyosaki, “Jika kau mempunyai banyak uang dan waktu luang, silahkan memasuki kuadran “I” atau investor. Tapi jika kau tidak mempunyai banyak uang dan waktu, jalan yang disarankan lebih aman yaitu masuk ke kuadran “B” atau business owner terlebih dahulu. Kenapa?
Karena pengalaman dan pendidikan.
Jika pertama-tama sukses sebagai seorang “B” , anda akan mendapat kesempatan yang lebih baik untuk berkembang menjadi seorang “I” yang kuat. “I” menanam modal di “B”.

Jika pertama-tama mengembangkan naluri bsnis yang mantap, anda akan menjadi investor yang lebih baik. Anda akan bisa lebih baik mengenali “B” lain yang bagus. Investor sejati menanam modal pada “B” yang sukses dengan sistem bisnis yang stabil. Sangat berisiko untuk berinvestasi pada seorang “E” (Employee) atau “S” (Self-Employee) yang tidak mengetahui perbedaan antara sebuah sistem dengan sebuah produk… atau yang tidak mempunyai keterampilam kepemimpinan yang baik.
Cashflow
Jika memiliki bisnis yang berjalan baik, anda berarti mempunyai waktu luang dan uang untuk menopang fluktuasi kuadran “I”. Sering kita bertemu orang-orang dari kuadrant “E-S” yang keuangannya begitu terbatas hingga mereka tak sanggup menanggung kerugian finansial dam bentuk apapun. Hanya dalam satu kali ayunan pasar mereka langsung bangkrut karena mereka secara finansial beroperasi di “garis merah”.

Kenyataannya adalah, investasi memnbutuhkan pengetahuan serta modal yang banyak. Kadang dibutuhkan banyak modal dan waktu untuk memperoleh pengetahuan itu

Saran Robert Kiyosaki adalah bagi mereka yang mulai pindah ke kuadran “B” atau “I”, mulailah dengan kecil-kecilan dan berlahan-lahan. Lakukan transaksi yang lebih besar setelah keyakinan dan pengalaman anda tumbuh. Begitu seseorang memperoleh pengalaman dan reputasi bagus, semakin lama dibutuhkan semakin

Sedikit uang untuk menciptakan investasi yang semakin besar. Sering tidak dibutuhkan uang untuk menghasilkan banyak uang. Mengapa? Pengalaman sangat berharga.

Semoga bermanfaat,

Tung Desem Waringin
Hati-hati Dalam Memilih Teman
Memiliki banyak teman memang membawa keuntungan tersendiri. Namun untuk kebaikan masa depan Anda, kehati-hatian diperlukan dalam memilih teman.

Dengan siapa Anda menghabiskan waktu, dan apakah Anda sudah memilih teman dengan hati-hati untuk masa depan Anda.

Robert Kiyosaki pernah mengikuti sebuah seminar 22 tahun yang lalu dimana instrukturnya meminta Robert menuliskan enam nama orang yang paling sering melewatkan waktu bersama Robert. Kemudian instruktur tersebut menulis dan mengumumkan, “Kalian sedang menatap masa depan kalian, keenam orang yang paling sering meluangkan waktu bersama kalian adalah masa depan kalian.”

Sekarang silahkan Anda melakukan tugas yang sama, tulis enam orang yang paling sering dengan kalian. Mungkin tidak selalu teman Anda, mereka mungkin rekan kerja, pasangan hidup, anak-anak, kelompok agama, atau kelompok sosial anda. Saya pribadi waktu mengerjakan tugas ini 6 tahun yang lalu, daftar nama saya didominasi rekan kerja. Sekarang setelah 6 tahun berlalu, kelima orang lain dalam daftar saya yang dulu masih menjadi teman baik saya, tapi kami jarang ketemu.

Mereka orang-orang yang menyenangkan dan mereka hidup bahagia dengan hidup mereka. Perubahan saya hanya melibatkan diri saya, saya ingin merubah masa depan saya. Supaya berhasil mendapatkannya, saya harus merubah cara berfikir saya dan sebagai akibatnya juga merubah orang-orang yang menghabiskan waktu bersama saya.

Menurut saya pribadi, kesuksesan kita sangat tergantung 2 hal :

1. Apapun yang dimasukkan dalam otak kita.
2. Siapa yang kenal kita

Robert Kiyosaki dan saya tidak memilih teman-teman berdasarkan keadaan finansial mereka. Kami memilih teman-teman yang nyata-nyata berkaul kemiskinan dan juga teman yang menghasilkan jutaan dollar setiap tahun. Maksud saya, kami belajar dari mereka semua dan secara sadar kami berusaha untuk belajar dari mereka. Kami akui bahwa ada orang yang saya cari karena mereka mempunyai uang. Tetapi saya tidak mengejar uang mereka, saya mencari pengetahuan mereka.

Dalam beberapa kasus orang-orang yang mempunyai banyak uang itu menjadi sahabat baik, tetapi tidak semuanya. Kami juga belajar dari teman-teman kami yang bergumul secara finansial, kami belajar apa yang tidak boleh kami lakukan.

Banyak orang datang ke tempat teman-teman yang kaya, tapi mereka datang untuk mencari satu atau dua hal atau kedua-duanya, yaitu :

1. Pinjaman/hutang
2. Pekerjaan

Mereka tidak pernah datang kepada teman yang kaya untuk bertanya bagaimana mereka bisa kaya.

Sudahkah Anda memilih teman-teman yang Anda ingin menjadi..?

Temukan seseorang yang telah melakukan apa yang ingin Anda lakukan, ajaklah mereka makan siang, mintalah nasehat kepada mereka bagaimana cara mereka menjadi sukses.

Semoga bermanfaat,

Tung Desem Waringin

Testimoni

Filed under : blog,