Advertisement
loading...

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Advertisement

SEKTOR TELEMATIKA

SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT

 

MEMASANG

PERLENGKAPAN KOMPUTER

TIK.CS02.013.01

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………….   2

­

BAB I    KONSEP PENILAIAN……………………………………………………………………   3

 

1.1.           Bagaimana Instruktur akan Menilai ………………………………………   3

 

1.2.           Tipe Penilaian ………………………………………………………………..   4

 

BAB II   PELAKSANAAN PENILAIAN …………………………………………………………..   5

 

2.1.           Kunci Jawaban Tugas-tugas Teori ………………………………………..   5

 

2.2.           Kunci Jawaban Unjuk Kerja (Praktek) ……………………………………   8

 

2.3.           Daftar Check Unjuk Kerja………………………………………………….. 14

2.4.           Check List Teori dan Praktek………………………………………………. 17

 

LEMBAR PENILAIAN……………………………………………………………………………… 18­

 

Buku-buku Referensi untuk bahan pelatihan yang telah direkomendasikan……………. 19

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

1.1.          Bagaimana Instruktur akan Menilai

 

Dalam sistem berdasarkan Kompetensi, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan, pemahaman dan unjuk kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berdasarkan kompetensi, pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah “Penilaian berdasarkan criteria/Criterion-Referenced Assessment”. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian juga dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (ditempat kerja) atau dilembaga pelatihan (diluar tempat kerja). Jika memungkinkan, sebaiknya penilaian dilaksanakan ditempat kerja sehingga penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal ditempat kerja.

1.2.          Tipe Penilaian  

 

Test Tertulis

Test tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk kerja tugas-tugas Anda. Test tertulis biasanya berupa seri pertanyaan pilihan ganda atau beberapa bentuk test tertulis objectif lainnya, yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.

 

Test Unjuk Kerja

Test unjuk kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja. Oleh sebab itu Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk kerja tugas-tugas.

 

Penilai biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama.

 


BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

2.1        Kunci Jawaban Tugas-tugas Teori

  1. PC merupakan singkatan dari… ( KUK 1.1 )

a. Privat Computer

 

  1. Berikut adalah peralatan yang menggunakan komputer, kecuali … ( KUK 1.1 ) d. Sempoa

 

  1. Berikut ini adalah otak dari PC…. ( KUK1.1 )

b. CPU

 

  1. 1 byte sama dengan  ….. bit ( KUK 1.1 )

c. 8

 

  1. 1 kilobyte sama dengan…… byte ( KUK 1.1 )

d. 1024

 

  1. Berikut ini merupakan tipe-tipe memory kecuali … ( KUK 1.1 )

c.Third Memory

 

  1. Tipe memory yang kecepatan aksesnya paling cepat adalah … ( KUK 1.1 )

d. Register

 

  1. Berikut ini merupakan contoh besar cache memory, kecuali … ( KUK 1.1 )

c.  724 Mb

 

 

  1. Singkatan dari ROM adalah … ( KUK 1.1 )

a. Read Only Memory

 

  1. 10.  Singkatan dari RAM adalah … ( KUK 1.1 )

e. Random Acces Memory

 

  1. 11.  Beberapa jenis RAM yang sempat ada di pasaran, kecuali … ( KUK 1.1 )

 e. VDRAM

 

  1. 12.  Contoh memory Sekunder kecuali … ( KUK 1.1 )

 b. RAM

 

  1. 13.  Connector Keyboard ke PC biasanya bewarna… ( KUK 3.2 )

 c. Ungu

 

  1. 14.  Berikut merupakan macam-macam peralatan output, kecuali …

( KUK 2,3,4,5 )

          e. Keyboard

 

  1. 15.  Berbagai macam tipe printer, kecuali … ( KUK 4.1 )

 c. Diskjet

 

  1. 16.  Connector speaker biasa bewarna  … ( KUK 3.3 )

 b. Hijau

 

  1. 17.  Peralatan yang harus dipasang di PC sebelum terkoneksi ke jaringan adalah … ( KUK 1.1 )

a. Network Card

 

  1. 18.  PS/2 merupakan nama connector dari … ( KUK 5.1 )

e. Mouse


 

  1. 19.  Berikut ini adalah nama jenis monitor di samping ini …

( KUK 2.2 )

          a. LCD

 


20. Warna ungu digunakan sebagai connector … ( KUK 6.2 )

e. Keyboard

 

21. Berikut ini merupakan peralatan input, kecuali … ( KUK 4.1 )

d. Keyboard

 

  1. 22.  Berikut ini merupakan alat-alat yang bisa terkoneksi dengan menggunakan USB Port, kecuali …. ( KUK 4.1 )

     b. RAM

 

  1. 23.  Berikut ini adalah tujuan utama dari pemasangan UPS … ( KUK 7.1 )

     b. Menstabilkan tegangan listrik

 

  1. 24.  Singkatan UPS adalah … ( KUK 7.1 )

e.Uninterruptibel Power Supply

 

  1. 25.  Untuk monitor LCD biasanya menggunakan satu jenis connector, yaitu …

     d. DVI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2        Kunci Jawaban Unjuk Kerja (Praktek)       

 

Peripheral yang terdapat di dalam PC

 

 

 

  1. Monitor
  2. Motherboard
  3. CPU
  4. Primary Storage ( RAM )
  5. Expansion Cards
  6. Power Supply
  7. Optical Dsic Drive
  8. Secondary Storage ( Hard disk )
  9. Keyboard

10. Mouse

 

Port input/output di motherboard

 

 

  1. PS/2 port untuk mouse ( hijau ).
  2. SPDIF coaxial out port untuk audio yang menggunakan kabel Coaxial.
  3. IEEE 1394 port untuk mendukung koneksi tingkat tinggi bagi peralatan audio/video.
  4. LAN ( RJ-45 ) port untuk berhubungan dengan LAN.
  5. Rear speaker out port ( hitam ) untuk sambungan speaker pada speaker yang mempunyai 4/6/8 channel.
  6. Center/subwoofer port ( Kuning Kejinggaan ) untuk dihubungkan dengan subwoofer speaker.
  7. Line In Port ( Biru muda ) untuk dihubungkan dengan tape, CD atau DVD player.
  8. Line out port ( hijau muda ) untuk dihubungkan ke speaker atau headphone.
  9. Microphone port ( pink ) untuk dihubungkan ke mocrophone.

10. Side speaker port ( abu-abu ) untuk dihubungkan dengan speaker samping pada  speaker 8 channel.

11. USB 2.0 port ( ada 4 ) untuk berbagai macam perlengkapan yang mempunyai koneksi USB 2.0.

12. Video Graphics Adapter port untuk dihubungkan dengan monitor.

13. PS/2 port untuk keyboard ( ungu ).

 

Macam-macam alat input/output:

Input:

  • Keyboard adalah peralatan input paling umum yang biasa digunakan, keyboard ini dirancang hampir mirip dengan masin tik yang ditambah beberapa tombol fungsi lainnya
  • Mouse dan trackball adalah peralatan input yang digunakan oleh satu tangan giyang digunakan sebagai penunjuk kursor ke tempat yang diinginkan oleh penggunannya dan dapat menambahkan instruksi lebih lanjut dengan meng-klik tombol di mouse atau trackball tersebut tersebut. Perbedaan mouse dengan trackball hanya terletak pada alat pengarahnya, mouse mempunyai bola atau lensa optik di bawah, sehingga penggunannya harus menggeser-geser alat tersebut; sedangkan trackball mempunyai bola pengarah di bagian atas, sehingga pengguna dapat mengarahkan dengan cara memutar-mutar bola tersebut

 

  • Stylus adalah alat bantu gambar pada komputer, dengan menggunakan papan dan pena khusus kita dapat memasukan gambaran tangan kita dengan tepat.

 

  • Joystick adalah alat bantu untuk bermain game tertentu yang membutuhkan kendali joystick.

 

  • Scanner adalah alat bantu untuk menscan gambar yang sudah ada ke dalam komputer, alat ini berfungsi seperti mesin fotocopy.

 

  • WebCam adalah alat bantu untuk memasukan video ke internet, biasanya digunakan sewaktu berchat agar dapat menampilkan gambaran dari orang yang sedang berchatting.

 

 

Output:

  • Monitor CRT menggunakan teknology penembakan elektron pada tabung katoda ke layar agar gambarnya dapat muncul. Electron itu akan mengiluminasi titik kecil di layar yang bernama pixel, semakin banyak pixel di layar, maka akan menghasilkan resolusi yang lebih baik; yang berarti juga semaikin kecil jarak yang terdapat diantara pixel yang berarti semakin baik dot pitch, maka akan menghasilkan resolusi yang lebih baik juga.

 

  • LCD menggunakan cairan yang mempunyai sifat seperti benda solid dan sensitive terhadap panas yang mempunyai 3 subwarna setiap pixelnya ( Red , Green, Blue ) sehingga dapat menghasilkan output visual yang diharapkan. LCD jauh lebih hemat dibandingkan CRT, tetapi mempunyai harga jauh lebih mahal juga.

 

  • Printer adalah peralatan yang mengeluarkan hasil kerja CPU berupa media cetak.

 

  • Speaker adalah peralatan yang mengeluarkan hasil kerja CPU berupa gelombang suara. Speaker yang digunakan di komputer umumnya merupakan speaker stereo. Adapun speaker tersebut mempunyai beberapa jenis pengukuran; ada yang diukur berdasarkan rms ( root meter square ), yaitu berdasarkan besar suara yang akan dihasilkan atau banyak speakernya; eg. Speker 2.1, 5.1, 7.1 atau 7.2. Speaker 2.1 berarti mempunyai 2 speaker stereo dan satu woofer.

 

Langkah-langkah pemasangan perlengkapan komputer:

  • Merakit PC:
    • Memastikan bagian-bagian dari komputer yang dibutuhkan telah lengkap dan dapat berjalan dengan baik.
    • Memindahkan mur dari panel samping casing PC.
    • Membuka penutup samping dari PC.
    • Membuka mur di rak Hard disk utama, agar nanti Hard disk mudah dipasang.
    • Membuka mur di rak Hard disk kedua, agar nanti Hard Dsik mudah dipasang.
    • Melepaskan hubungan rak Hard disk kedua dari yang pertama, agar memberikan ruangan lebih untuk merakit.
    • Memperhatikan bentuk Casing agar Motherboard dapat dipasang sesuai dengan lubang mur yang ada.
    • Membuka lubang-lubang input-output dengan baik, agar dapat sesuai dengan bentuk Motherboard.
    • Membuka pengait yang melindungi Socket CPU di Motherboard.
    • Lepaskan penutup Socket CPU nya dan seminimal mungkin tidak bersentuhan dengan bahan logam yang terdapat di Socket tersebut.
    • Persiapkan CPU yang hendak dipasang, pastikan seri CPU yang hendak dipasang sesuai dengan socket yang terdapat di Motherboard.
    • Pasang secara vertikal agar tidak merusak kaki-kaki yang terdapat di CPU sesuai dengan bentuk yang terdapat di Socket tersebut.
    • Setelah yakin CPU telah terpasang dengan baik, maka Socket tersebut ditutup.
    • Jenis RAM yang akan dipasang harus sesuai dengan Motherboard.  Pemasangan dilakukan dengan cara menekannya secara bersamaan di kanan dan kiri, sampai terkunci dengan baik. Sebisa mungkin menghindari kontak dengan benda hitam di permukaan RAM.
    • Pastikan RAM terpasang dengan baik. Jika tidak, maka tekan kuncinya dan ulangi proses pemasangan tersebut.
    • Masukan Motherboard ke dalam Casing PC sesuai dengan ketentuannya.
    • Pastikan panel-panel yang terdapat di Motherboard terpasang dengan baik di template Casing PC.
    • Kaitkan Motherboard ke Casing CPU dengan menggunakan mur.
    • Pasang kipas CPU yang sesuai di atas CPU tersebut. Masing-masing kipas CPU mempunyai cara pemasangan yang berbeda. Perakit dapat melihatnya dengan lebih detail di buku manual kipas tersebut.
    • Kencangkan kipas CPU tersebut dengan mur.
    • Menghubungkan sumber listrik kipas pendingin CPU ke Motherboard.
    • Menghubungkan Front-panel Switch dengan kabel indikator.
    • Menghubungkan Front-panel kabel USB.
    • Menghubungkan Front-panel kabel Audio.
    • Membuka mur agar dapat membuka penutup slot ekspasi.
    • Buka lubang slot ekspansi yang hendak digunakan.
    • Pasang TV tunner atau Network Card atau Modem jika diperlukan.
    • Hubungkan ATX Power Connector.
    • Hubungkan ATX12V Power Connector.
    • Hubungkan Front-panel Blue dengan colokan Power Supply.
    • Sebelum pemasangan CD atau DVD Room, maka lubangnya harus disiapkan tersebih dahulu dengan menekan Casing dari arah dalam.
    • Pasang kabel ATA ke Optical Drivenya ( CD atau DVD Room ).
    • Pasang Drivenya ke casing.
    • Kencangkan pengait Drive tersebut dengan menggunakan mur.
    • Hubungkan Driver tersebut dengan kabel power.
    • Kembalikan tempat kedua Hard disk dan kencangkan dengan mur.
    • Pasang Hard disk di tempatnya.
    • Pasang kabel data S-ATA ke setiap Drive.
    • Pasang kabel power S-ATA ke setiap Drive.
    • Pasangkan dengan baik Drive tersebut ke dalam casing.
    • Menghubungkan kable data S-ATA ke Motherboard.
    • Menghubungkan kabel data ATA ke Motherboard.
    • Perakit dapat menambahkan kipas untuk mendukung sirkulasi udara di dalam PC sesuai dengan bentuk casing yang ada dan menghubungkannya dengan kabel power ke Power Supply.
    • Setelah selese semuanya, pastikan kembali semua peralatan terpasang dengan baik dan benar dan tutup kembali Casingnya seperti pada waktu awal membukannya.
    • Memasang monitor

 

  • Memasang speaker

 

  • Memasang piranti USB

 

  • Memasang Mouse dan Keyboard

 

  • Memasang powersupply

 

  • Menhubungkannya ke sumber listrik.

 

2.3  DAFTAR CEK UNTUK KERJA ( PRAKTIK )

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Merakit PC Mengetahui bagian-bagian dari komputer      
Dapat memasangnya dengan baik
Komputer dapat dinyalakan setelah dipasang
2 Memasang Monitor Mengetahui jenis monitor dan bagiamana cara memasangnya      
Monitor dapat dinyalakan setelah dipasang
3  Memasang Speaker Mengetahui jenis speaker dan cara memasangnya      
Speaker dapat dinyalakan setelah dipasang

 

 

 

 

4 Memasang piranti USB Mengetahui jenis piranti USB dan cara memasangnya      
Piranti USB dapat dinyalakan setelah dipasang
5 Memasang Keyboard Mengetahui jenis keyboard dan cara memasangnya      
Keyboard dapat dinyalakan setelah dipasang
6 Memasang Mouse Mengetahui jenis mouse dan cara memasangnya      
Mouse dapat dinyalakan setelah dipasang
7 Memasang Power supply Mengetahui jenis Power Supply dan cara memasangnya      
Power Supply  dapat dinyalakan setelah dipasang

 

2.4 CHECK LIST TEORI DAN PRAKTEK

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

 

Ya

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?  
Apakah perserta pelatihan dapat mengenali perepheral yang terdapat di dalam sebuah PC?  
Apakah peserta latihan dapat memasang monitor ke PC dengan baik?  
Apakah peserta pelatihan dapat memasang piranti USB dengan baik ?  
Apakah peserta pelatihan dapat memasang mouse dengan baik?  
Apakah peserta pelatihan dapat memasang keyboard dengan baik?  
Apakah peserta pelatijan dapat memasang power supply dengan baik ?  
Apakah peserta pelatihan sudah mengumpulkan, menganalisa, dan mengelompokkan semua informasi menurut prosedur dan criteria yang sudah ditentukan ?  
Apakah peserta pelatihan sudah memberikan ide dan informasi yang tepat sesuai dengan  standard  yang dibutuhkan ?  
Apakah peserta pelatihan menggunakan sumber-sumber yang menguntungkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan ?

 

 

 


LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

 

Sumber-sumber bacaan yang dapat digunakan :

 

  • Potter, Turban Rainer,”Introduction to Information Technology Second Edition”, Willey, 2005.
  • Thompson, Barbara Fritchman and Robert Thompson,” Building the Perfect PC, 2nd Edition”, O’Reilly, Des 2006.
  • http://www.wikipedia.org
  • http://www.ilmukomputer.com

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: