Menu

Melakukan Setting Bios TIK.CS02.015.01

Jul
29
2015
by : 2. Posted in : blog

 

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

 

 

MELAKUKAN SETTING BIOS

TIK.CS02.015.01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUKU PENILAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

DAFTAR ISI

 

 

 

DAFTAR ISI. 2

BAB I. 3

1.1      Bagaimana Penilai Akan Menilai 3

1.2      Tipe Penilaian. 3

BAB II. 8

2.1      Kunci Jawaban Tugas Tertulis (Seri A) 8

2.2      Kunci Jawaban  Tugas  Unjuk Kerja dan Sikap Kerja (  Seri.  A  ) 8

2.3      Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik) 11

2.4      Check List Teori dan Praktek. 12

LEMBAR PENILAIAN. 14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

KONSEP PENILAIAN

 

1.1     Bagaimana Penilai Akan Menilai

 

Dalam sitem pelatihan berbasis kompetensi kerja, penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan anda, unjuk kerja aktivitas  tugas-tugas / keterampilan anda dan sikap kerja anda terhadap pekerjaan. Anda akan dinilai untuk menentukan, apakahg anda telah mencapai kompetensi sesuai standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Pada pelatihan berbasiskan kompetensi kerja , pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah ” Penilaian berdasarkan kriteria / Criterion – Referenced Asessment ” .  Pendekatan ini mengukur unjuk kerja anda terhadap sejumlah standar. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk Kerja.

 

Penilaian formatif :

Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar / berlatih anda. Tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan.

 

Penilaian Sumatif.

Penilaian juga  dapat dilaksanakan untuk menentukan apakah anda telah mencapai hasil dari program belajar dan berlatih ( contohnya pencapaian kompetensi dalam unit komptensi ). Tipe penilaian ini adalah sumatif dan merupakan penilaian akhir.

 

 

1.2     Tipe Penilaian

 

1.2.1   Tes  Tertulis. ( Knowledge ).

 

Dalam tes tertulis, akan menilai pengetahuan anda dan pemahaman konsep serta prisip yang merupakan dasar  unjuk kerja dalam melakukan  tugas pekerjaan anda yang dijelaskan dalam  pengetahuan (knowledge) pada kriteria unjuk kerja.

Tes tertulis biasanya berupa seri-seri pertanyaan pilihan ganda dan/ atau beberapa bentuk tes obyektif lainnya, yaitu dimana setiap pertanyaan tertulis memiliki satu jawaban yang benar.

Penilaian tes obyektif tertulis pada  umumnya   mempunyai   kisi-kisi   dengan 3 (tiga) tingkatan  kesulitan,  yaitu :

 

1). Soal Mudah.

Adalah  menghafal tanpa mengerti apa maksudnya, menyebutkan bagian-bagian   suatu   alat,    benda,     nama mesin,   memberi nama,   memberi nomor, menjodohkan informasi faktual dengan kejadian.

 

2). Soal  Sedang

Adalah  mampu mengenal dan mengerti fungsi  sesuatu / poses   sesuatu, membandingkan,   memberikan,   membedakan,   menemukan   keuntungan   dan kerugian serta memberi fisualisasi fungsi / proses.

 

3). Soal  Sulit :

Adalah  merupakan  problem solving,   menganalisis   kesalahan   dan  kerusakan, mencari pemecahan,   meramalkan   kondisi   yang   tidak menguntungkan, mencari penyebab,   menggunakan   pertimbangan   dan    mengevaluasi. Rentangan  nilai tes tertulis, yaitu  0  -  1,   artinya  nilai setiap  soal tertulis yang   dinyatakan   benar   (kompeten)   mempunyai   nilai   1  (satu),   dan   yang dinyatakan    salah  (belum kompeten)  mempunyai nilai 0 (nol).

 

1.2.2.    Tes  Unjuk  Kerja  (praktek keterampilan / keahlian).

 

Dalam tes unjuk kerja , akan menilai kompetensi anda dalam menampilkan tugas pekerjaan  dari elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam keterampilan  (skill) pada kriteria unjuk kerja. Oleh sebab itu, anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman anda terhadap  unjuk kerja  anda.

 

Penilaian biasanya menggunakan daftar cek analisis elemen kompetensi sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi anda, dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk kerja dan jika perlu, merencanakan pelatihan lanjutan jika anda dinyatak kompeten, dan merencanakan pelatihan ulang jika anda belum dinyatakan kompeten pada kesempatan pertama ini.

 

 

Daftar Cek Unjuk Kerja, berisi :

1). Masing-masing elemen kompetensi dengan  sebaran  kriteria  unjuk  kerja harus kompeten.

2). Setiap tugas yang sedang dilaksanakan, penilai  akan mengisi daftar cek analisis elemen kompetensi yang telah disiapkan untuk menentukan kompetensi kerja anda dan umpan balik unjuk kerja anda. untuk setiap soal / perintah untuk melakukan unjuk kerja  dinyatakan benar mempunyai

3). Untuk memberi cacatan bagi diri anda dan penilai  anda.

4). Ketika tugas dari setiap indikator kerja tidak dilaksanakan sesuai standar kriteria keterampilan / kehlian secara  benar, maka  rencana pelatihan kerja ulang  akan dibicarakan antara anda dengan penilai.

 

Untuk setiap  soal / perintah   untuk melakukan unjuk kerja   mempunyai rentang nilai 0 (nol)  -  1 (satu). Bila anda melaukan untuk kerja  dinyatakan   benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan bila dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

 

1.2.3.    Tes Sikap  Kerja  ( Attitude ).

 

Dalam   tes   sikap kerja ,   akan   menilai   kompetensi   anda   dalam menampilkan sikap kerja dari   elemen kompetensi terhadap standar kompetensi yang dijelaskan dalam sikap (attitude)  pada kriteria unjuk kerja. Penilaian sikap kerja dapat dlakukan dalam waktu relatif pendek (efektif) berdasarkan atas instruksi sikap  kerja yang harus anda lakukan dalam waktu yang telah ditentukan.

 

Sikap kerja merupakan unsur kompetensi kerja yang agak sulit menilainya,   namun demikian perlu  dimulai  dari sekarang,   karena kita harus mengacu    pada   Standar Kompetensi  Kerja  Nasional  Indonesia (SKKNI)   yang telah ditetapkan,  yaitu kemampuan seseorang yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian dan sikap kerja sesuai pelaksanaan tugas dan syarat jabatan.

 

Penilaian sikap kerja, dilakukan selain melalui pemahaman sikap kerja secara tertulis , kemampuan aspek sikap ditujukan untuk meningkatkan kinerja seseorang (anda) dimasa mendatang dalam arti yang sebenarnya, dan tidak dianggap lagi sudah menyatu dengan keterampilan /  keahlian.

 

Anda terampil atau memiliki keahlian yang bagus,  tetapi sikap  kerja anda tidak kompeten, ini ada sesuatu  yang salah pada diri anda, termasuk penilai anda juga punya andil atas kesalahan penilaian kompetensi terhadap diri anda.

 

 

Penilaian sikap kerja.

 

Dilakukan untuk kurun waktu yang tidak terlalu panjang terhadap kriteria attitude / sikap perilaku yang mudah diamati seperti pada waktu mengerjakan pekerjaan yang dilakukan sesuai tugas atau perintah sikap dari kriteria unjuk kerja pada elemen kompetensi,  adalah  sebagai  berikut :

 

1). Pengamatan sikap kerja.

 

a.   Untuk Jaminan Keselamatan  ( Saffety Insurance ).

 

No. Sikap untuk Jaminan Keselamatan. Benar Salah Keterangan

1.

Penggunaan pakaian kerja.      

2.

Kerapihan dan kebersihan tempat kerja      

3.

Penataan alat-alat kerja.      

4.

Penataan bahan-bahan kerja.      

5.

Tertib sesuai aturan / prosedur/ standar.      

6.

Ketepatan waktu kerja.      

7.

Sopan, ramah, lembut dan saabar.      

8.

Teliti, cermat, hati-hati.      

9.

Obyektif, akurat.      

10.

Bakat, minat dan temperamen kerka.      

 

 

b.  Untuk Jaminan Kualitas.  ( Quality Insurance ).

 

No. Sikap untuk Jaminan Kualitas. Benar Salah Keterangan

1.

Penerimaan / kesadaran/ kemauan..      

2.

Partisipasi/ kepatuhan, ikut secara aktif.      

3.

Penilaian / penentuan sikap.      

4.

Organisasi / bertanggung jawab.      

5.

Pembentukan pola /disiplin pribadi.      

 

Rentang nilai sikap dengan pengamatan langsung untuk memenuhi jaminan keamanan ( saffety insurance ) dan jaminan kualitas ( quality insurance ), yaitu :  0 (nol) – 1 (satu). Pada setiap soal sikap kerja yang dinyatakan benar (kompeten) mempunyai nilai 1 (satu), dan yang dinyatakan salah (belum kompeten) mempunyai nilai 0 (nol).

 

2). Wawancara dan /atau Tes  Tertulis Sikap Kerja.

 

Wawancara dan / atau Tes tertulis tentang pemahaman atau pengetahuan  materi sikap kerja untuk jaminan keselamatan dan jaminan kualitas (Saffety and Quality Insurance) dalam aktivitas tugas pekerjaan / perintah elemen kompetensi sesuai kriteria unjuk kerja setiap unit kompetensi, agar kinerja seseorang (anda) meningkat  lebih baik lagi.

 

Wawancara atau tes tertulis dapat  dalam satu  atau beberapa bentuk tes obyektif materi sikap kerja, mempunyai rentang nilai 0 (nol) – 1 (satu).

 

Setiap   soal   pertanyaan   yang   dinyatakan  benar   (kompeten)   mempunyai nilai  1 (satu)   dan   yang   dinyatakan   salah   (belum kompeten)     mempunyai nilai  0 (nol).

 

Hasil nilai sikap kerja dapat  diperoleh dengan kombinasi pengamatan sikap kerja berdasarkan atas instruksi sikap kerja   dengan tes tertulis, yaitu :

 

  • Nilai akhir sikap kerja  =  Nilai pengamatan benar  + Nilai  tertulis benar

2.

1  +   1

=     ———–      =     1  (satu) /   atau kompeten.

2.

  • Atau nilai akhir sikap kerja tertulis  benar = 1 (satu) / atau kompeten

 

  • Atau nilai akhir hasil pengamatan sikap kerja  benar  = 1 (satu) / atau kompeten

 


BAB II

PELAKSANAAN PENILAIAN

 

 

2.1     Kunci Jawaban Tugas Tertulis (Seri A)

 

Soal

Nomor

Kunci  Jawaban  Tugas  tertulis.

Keterangan  Nilai

a

b

c

d

Benar

Salah

1.

X

   

2.

X

   

3.

X

   

4.

X

   

5.

X

   

6.

X

   

7.

X

   

8.

X

   

9.

X

   

10.

X

   

11.

X

   

12.

X

   

13.

X

   

14.

X

   

15.

X

   

16.

X

   

17.

X

   

18.

X

   

19.

X

   

20.

X

   

21

X

   

22

X

   

23

X

   

24

X

   

25

X

   

 

 

2.2     Kunci Jawaban  Tugas  Unjuk Kerja dan Sikap Kerja (  Seri.  A  )

 

Tugas 1 :  Menjelaskan langkah kerja dalam melakukan konfigurasi jam, tangan dan pengaturan drive.

 

1. Waktu  :  15.  menit.

 

2. Standar Kriteria   :

Mampu memahami dan menjelaskan proses honeypot serta jenis hacker.

 

3. Instruksi Kerja     :   

Uraikan dan pratekkan langkah-langkah kerja anda dari awal sampai akhir, beserta perintah-perintah yang digunakan dalam melakukan konfigurasi jam, tanggal, pengaturan drive untuk 1 hard drive sebagai Primary dan 1 CD-RW sebagai media kedua. Setelah itu konfigurasi untuk Video card yang terinstal pada PC yakni AGP dan PCI dimana AGP sebagai main card. Kemudian cara pastikan bahwa konfigurasi benar  (KUK 2.1, 2.2, 2.3, 3.2, 4.2, 7.3, 8.2)

4. Jawaban Tugas 1  : 

 

Pertama-tama nyalakan  komputer adalah dengan memastikan bahwa komputer tersambung pada aliran listrik. Tekan tombol Power pada casing PC. Pastikan lampu indikator berwarna hijau.

 

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menemukan huruf atau tombol apa yang terdapat pada keyboard yang harus kita tekan pada waktu waktu yang tepat untuk dapat masuk kedalam BIOS. Biasanya informasi ini terletak dibagian kiri bawah layar pada saat proses booting-up.

 

Setelah memasuki setting BIOS , halaman menu utama dari BIOS akan ditampilkan. Ini menunjukan bahwa kita telah berhasil memasuki menu setup dari BIOS.

 

Pilihlah menu utama dimana terdapat sub menu untuk mengatur jam dan tanggal. Aturlah sesuai jam dan tanggal pada saat itu.

 

Kemudian hard drive yang dikonfigurasi sebagai Primary Master dan CD-RW dikonfigurasi sebagai Secondary Master, pastikan bahwa Primary dan Seconday Slave option di atur NONE.

Kemudian untuk menkonfigurasi VGA Card, masukklah kedalam konfigurasi Integrated Peripherals. Pada Sub menu Primary VGA, aturlah menjadi AGP VGA Card.

Setelah selesai simpan dan keluar dari menu BIOS dengan menekan tombol Esc. Lakukan restart dan amatilah tampilan-tampilan yang ada pada monitor saat proses boot-up apakah telah sesuai dengan setting yang baru saja diatur.

 

Tugas 2 :  Menjelaskan karakteristik aplikasi presentasi

 

1. Waktu  :  15.  menit.

 

2. Standar Kriteria   : 

Terjawab dan terselesaikan dengan benar

 

3. Instruksi Kerja     : 

Uraikan tentang CMOS, BIOS, UPS, Set User Password, Set Supervisor Password, Default Setting . Kemudian praktekkan langkah-langkah untuk mengambil default setting “Load Optimized Defaults” dan Mengatur keamanan untuk meminta user memasukkan password pada saat komputer booting-up sebelum masuk OS.(KUK 1.2, 3.1, 5.2, 6.1)

4. Jawaban Tugas 3  : 

- CMOS

Istilah BIOS dan CMOS(Complementary Metal Oxide Semiconductor) sering dicampuradukkan, padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Di mana BIOS sebetulnya adalah software low level, sedangkan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah memory yang digunakan untuk semua setting BIOS.

Semua informasi mengenai BIOS, interrupt handler, identitas dan konfigurasi hardware yang terpasang disimpan dalam suatu chip Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS). Setup BIOS menyediakan informasi detail mengenai sistem dan dapat dimodifikasi jika diperlukan. Untuk menjaga agar informasi tetap tersimpan, chip CMOS membutuhkan daya listrik yang diambil dari sebuah baterai yang biasanya terdapat pada motherboard (umumnya CR2032).

- BIOS

BIOS (Basic Input Output System) BIOS (Basic Input and Output System), sebetulnya termasuk firmware, software yang tersimpan pada ROM (read only memory) pada motherboard. BIOS inilah yang memungkinkan PC melakukan proses inisisialisasi dan testing hardware yang terinstalasi pada motherboard, yang disebut dengan POST (Power on Self Test). BIOS juga mengatur low level I/O, seperti keyboard dan display. Operating system juga dibantu BIOS untuk mengatur semua komponen yang terinstal pada PC, yang disebut dengan BIOS Run-Time Services.

- Set Supervisor Password

Salah satu pilihan pengaturan keamanan untuk system BIOS.Jika supervisor password dipilih maka untuk memasuki BIOS diperlukan password setelah kita memilih Setup seperti yang dijelaskan diatas. Jika kita memilih System seperti yang dijelaskan diatas, maka password juga diperlukan untuk cold-booting.

- Set User Password

Sebuah password yang berbeda diberikan kepada user untuk bisa mem-boot PC, dan jika Supervisor Password juga telah dipilih maka user hanya diijinkan untuk mengatur jam dan tanggal pada BIOS.

- Default Setting

Default setup adalah setup yang digunakan untuk mengembalikan konfigurasi BIOS ke pengaturan awal (standar) dimana belum ada perubahan sama sekali pada pengaturannya.

Default Setup dapat dipilih apabila pada saat kita akan melakukan perubahan konfigurasi, kita lupa setting awal sebelum dirubah dan ragu-ragu untuk melakukan perubahan lainnya. Penyebab lainnya kita memilih untuk kembali ke default setup adalah karena tweaking BIOS salah, pengaturan BIOS kurang tepat sehingga kinerja yang tinggi dan stabilitas komputer tidak tercapai (PC malfunction).

- Langkah-langkah melakukan default setting “Load Optimized Defaults” yaitu: memasuki setting BIOS, pilihlah setting konfigurasi menu Default Setting. Pilih “Load Optimized Defaults”

- Langkah berikutnya untuk mengatur keamanan adalah memasuki setting BIOS, pilih menu konfigurasi Security. Karena ingin melakukan pengamanan dengan meminta user memasukkan password pada saat boot-up sebelum masuk OS maka dipilih “Set User Password”. Masukan password yang diinginkan dan tekan Enter. Kemudian lakukan konfirmasi password sekali lagi.

Setelah diatur semua konfigurasi maka kita dapat menyimpan perubahan tersebut dengan memilih Save and Exit dengan menekan F10. Untuk memastikan konfigurasi tersebut sudah benar atau tidak, lakukanlah restart dan lihat tanda atau tampilan-tampilan pada layar saat restart.

 

2.3     Daftar Cek Unjuk Kerja (Praktik)

 

TUGAS – TUGAS YANG DITAMPILKAN

KOMPETEN

BELUM

KOMPETEN

TANGGAL

1 Mengetahui cara menyalakan komputer.      
2 Mengetahui cara memasuki setting BIOS      
3 Mengetahui cara melakukan konfigurasi menu utama      
4 Mengetahui cara konfigurasi menu-menu lainnya      

2.4     Check List Teori dan Praktek

 

Semua kesalahan harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum ditandatangani

 

No.

Uraian   Materi  Check  List.

Penge-

tahuan

Keterampilan

Sikap

Kerja.

Ya./

Tidak

Ya./

Tidak

Ya./

Tidak

1.

2.

3.

4.

5.

 

  1. Mengidentifikasi dan mendeskripsikan aspek-aspek pengamanan data

1

Apakah semua petunjuk kerja diikuti ?

2

Apakah peserta pelatihan mampu menyalakan komputer dan mengidentifikasi sambungan baik secara langsung ke aliran listrik maupun menggunakan alat bantu?

 

2. Memasuki setting BIOS

3

Apakah peserta pelatihan mampu mengidentifikasi kegunaan BIOS?

4

Apakah peserta pelatihan mampu memasuki setting BIOS?

 

3. Melihat konfigurasi utama

5

Apakah peserta pelatihan mampu mengidentifikasi jenis-jenios konfigurasi yang ada pada BIOS?

6

Apakah peserta pelatihan mampu menyebutkan konfigurasi yang ada pada menu utama?

7

Apakah peserta pelatihan mampu melakukan konfigurasi menu utama sesuai spesifikasi yang diinginkan?

 

 

 

  Jakarta,  ……………2008

                      Peserta  pelatihan,                                          Penilai,

 

(………………………)                                    (…………………..)

 

 

 


LEMBAR PENILAIAN

 

Tanggal : ……………………………….

 

 

Peserta pelatihan telah dinilai

 

 

 

 

 

KOMPETEN                                              BELUM KOMPETEN

 

 

 

 

Nama Peserta Pelatihan                              Nama Penilai

 

 

 

 

……………………………..                            ……………………………..

Tanda Tangan                                          Tanda Tangan

 

 

 

 

Komentar / Saran

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

…………………………………………………………………………………………………………..

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

……………………………………………………………………………………………………………

 

 

artikel lainnya Melakukan Setting Bios TIK.CS02.015.01

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Friday 17 July 2015 | blog

      MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI        …

Thursday 11 June 2015 | blog

Question Excerpt From Soal Tes Teori Kejuruan Administrasi Perkantoran Q.1)  Salah satu pekerjaan pada bagian administrasi…

Thursday 15 October 2015 | blog

SILABUS NAMA SEKOLAH : MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS / SEMESTER : XI…

Friday 13 September 2013 | blog

Spesifikasi Luas tanah : 54 m2 Luas bangunan : 162 m2 Sertifikasi : SHM – Sertifikat…