Advertisement
loading...

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

 

 

 

MELAKUKAN INSTALASI DRIVER

VGA CARD

TIK.CS02.020.01

 

 

 

 

 

 

BUKU INFORMASI

 

 

 

 

DEPARTEMEN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.

DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITAS

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51 Lt.7.B Jakarta Selatan

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

 

DAFTAR ISI. 1

 

BAB I  PENGANTAR   3

1.1     Konsep Dasar Pelatihan Berbasis Kompetensi 3

1.2     Penjelasan Modul 4

1.2.1   Desain Modul 4

1.2.2   Isi Modul 4

1.2.3   Pelaksanaan Modul 5

1.3     Pengakuan Kompetensi Terkini 5

1.4     Pengertian Istilah-Istilah. 6

 

BAB II  STANDAR KOMPETENSI   8

2.1     Peta Paket Pelatihan. 8

2.2     Pengertian Unit Standar 8

2.3     Unit Kompetensi Yang Dipelajari 8

2.3.1   Kode dan Judul Unit 9

2.3.2   Deskripsi Unit 9

2.3.3   Elemen Kompetensi 9

2.3.4   Batasan Variabel 9

2.3.5   Panduan Penilaian. 10

2.3.6   Kompetensi Kunci 11

 

BAB III STRATEGI DAN METODE PELATIHAN   12

3.1     Strategi Pelatihan. 12

3.2     Metode Pelatihan. 13

 

BAB IV  MATERI UNIT KOMPETENSI   14

4.1     Tujuan Instruksional Umum.. 14

4.2     Tujuan Instruksional Khusus 14

4.3     Sekilas Tentang VGA Card. 15

4.3.1   Graphics Pipeline. 15

4.3.2   Keluaran Analog dan Digital 15

4.3.3   Istilah Lain dari VGA Card. 16

4.3.4   Sejarah VGA Card. 16

4.3.5   Perusahaan Pembuat GPU. 17

4.4     Pengertian Device Driver 17

4.4.1   Kegunaan Driver 18

4.4.2   Macam Perangkat Aplikasi Yang Menggunakan Driver 18

4.5     Daftar VGA Card Terbaru. 18

4.5.1   VGA Card ATI Radeon. 19

4.5.2   VGA Card Nvidia GeForce. 21

4.6     Mempersiapkan Driver VGA Card. 24

4.6.1   Masuk Ke Dalam Windows Safe Mode. 24

4.6.2   Masukkan Driver VGA Card. 26

4.7     Menjalankan Instalasi Driver VGA Card  Nvidia. 27

4.8     Menjalankan Instalasi Driver VGA Card  ATI Radeon. 28

4.9     Melakukan Konfigurasi Pada Diplay Propeties 29

4.9.1   Control Panel Display Propeties 30

4.9.2   Video Card Driver Settings 31

 

BAB V  SUMBER-SUMBER YANG DIPERLUKAN UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI   34

5.1     Sumber Daya Manusia. 34

5.2     Sumber-sumber Kepustakaan ( Buku Informasi ) 35

5.3     Daftar Peralatan dan Bahan yang Digunakan. 35

 

DAFTAR PUSTAKA. 36

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENGANTAR

 

 

 

 

1.1     Konsep Dasar Pelatihan Berbasis Kompetensi

  • Apakah pelatihan berdasarkan kompetensi?

Pelatihan berdasarkan kompetensi adalah pelatihan yang memperhatikan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan di tempat kerja agar dapat melakukan pekerjaan dengan kompeten. Standar Kompetensi dijelaskan oleh Kriteria Unjuk Kerja (KUK).

 

  • Apakah artinya menjadi kompeten ditempat kerja?

Jika Anda kompeten dalam pekerjaan tertentu, Anda memiliki seluruh keterampilan, pengetahuan dan sikap yang perlu untuk ditampilkan secara efektif ditempat kerja, sesuai dengan standar yang telah disetujui.

 

 

1.2     Penjelasan Modul

Modul ini dikonsep agar dapat digunakan pada proses Pelatihan Konvensional/Klasikal dan Pelatihan Individual/Mandiri. Yang dimaksud dengan Pelatihan Konvensional/Klasikal, yaitu pelatihan yang dilakukan dengan melibatkan bantuan seorang pembimbing atau guru seperti proses belajar mengajar sebagaimana biasanya dimana materi hampir sepenuhnya dijelaskan dan disampaikan pelatih/pembimbing yang bersangkutan.

 

Sedangkan yang dimaksud dengan Pelatihan Mandiri/Individual adalah pelatihan yang dilakukan secara mandiri oleh peserta sendiri berdasarkan materi dan sumber-sumber informasi dan pengetahuan yang bersangkutan. Pelatihan mandiri cenderung lebih menekankan pada kemauan belajar peserta itu sendiri. Singkatnya pelatihan ini dilaksanakan peserta dengan menambahkan unsur-unsur atau sumber-sumber yang diperlukan baik dengan usahanya sendiri maupun melalui bantuan dari pelatih.

 

 

1.2.1      Desain Modul

Modul ini dirancang untuk dapat digunakan pada Pelatihan Klasikal dan Pelatihan Individual/mandiri :

  • Pelatihan klasikal adalah pelatihan yang disampaikan oleh seorang pelatih.
  • Pelatihan individual/mandiri adalah pelatihan yang dilaksanakan oleh peserta dengan menambahkan unsur-unsur/sumber-sumber yang diperlukan dengan bantuan dari pelatih.

 

 

1.2.2      Isi Modul

Buku Informasi

Buku informasi ini adalah sumber pelatihan untuk pelatih maupun peserta pelatihan.

 

Buku Kerja

Buku kerja ini harus digunakan oleh peserta pelatihan untuk mencatat setiap pertanyaan dan kegiatan praktik baik dalam Pelatihan Klasikal maupun Pelatihan Individual / mandiri.

 

Buku ini diberikan kepada peserta pelatihan dan berisi:

  • Kegiatan-kegiatan yang akan membantu peserta pelatihan untuk mempelajari dan memahami informasi.
  • Kegiatan pemeriksaan yang digunakan untuk memonitor pencapaian keterampilan peserta pelatihan.
  • Kegiatan penilaian untuk menilai kemampuan peserta pelatihan dalam melaksanakan praktik kerja.

 

Buku Penilaian

Buku penilaian ini digunakan oleh pelatih untuk menilai jawaban dan tanggapan peserta pelatihan pada Buku Kerja dan berisi:

  • Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh peserta pelatihan sebagai pernyataan keterampilan.
  • Metode-metode yang disarankan dalam proses penilaian keterampilan peserta pelatihan.
  • Sumber-sumber yang digunakan oleh peserta pelatihan untuk mencapai keterampilan.
  • Semua jawaban pada setiap pertanyaan yang diisikan pada Buku Kerja.
  • Petunjuk bagi pelatih untuk menilai setiap kegiatan praktik.
  • Catatan pencapaian keterampilan peserta pelatihan.

 

 

1.2.3      Pelaksanaan Modul

Pada pelatihan klasikal, pelatih akan:

-    Menyediakan Buku Informasi yang dapat digunakan peserta pelatihan sebagai sumber pelatihan.

-    Menyediakan salinan Buku Kerja kepada setiap peserta pelatihan.

-    Menggunakan Buku Informasi sebagai sumber utama dalam penyelenggaraan pelatihan.

-    Memastikan setiap peserta pelatihan memberikan jawaban / tanggapan dan menuliskan hasil tugas praktiknya pada Buku Kerja.

 

Pada Pelatihan individual / mandiri, peserta pelatihan akan:

- Menggunakan Buku Informasi sebagai sumber utama pelatihan.

- Menyelesaikan setiap kegiatan yang terdapat pada buku Kerja.

- Memberikan jawaban pada Buku Kerja.

- Mengisikan hasil tugas praktik pada Buku Kerja.

- Memiliki tanggapan-tanggapan dan hasil penilaian oleh pelatih.

 

 

1.3     Pengakuan Kompetensi Terkini

  • Apakah Pengakuan Kompetensi Terkini (Recognition of Current Competency)?

Jika Anda telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk elemen unit kompetensi tertentu, Anda dapat mengajukan pengakuan kompetensi terkini (RCC). Berarti Anda tidak akan dipersyaratkan untuk belajar kembali.

 

  • Anda mungkin sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan, karena Anda telah:
  1. Bekerja dalam suatu pekerjaan yang memerlukan suatu pengetahuan dan keterampilan yang sama atau
  2. Berpartisipasi dalam pelatihan yang mempelajari kompetensi yang sama atau
  3. Mempunyai pengalaman lainnya yang mengajarkan pengetahuan dan keterampilan yang sama.

 

 

1.4     Pengertian Istilah-Istilah

Profesi

Profesi adalah suatu bidang pekerjaan yang menuntut sikap, pengetahuan serta keterampilan/keahlian kerja tertentu yang diperoleh dari proses pendidikan, pelatihan serta pengalaman kerja atau penguasaan sekumpulan kompetensi tertentu yang dituntut oleh suatu pekerjaan/jabatan.

 

Standardisasi

Standardisasi adalah proses merumuskan, menetapkan serta menerapkan suatu standar tertentu.

 

Penilaian / Uji Kompetensi

Penilaian atau Uji Kompetensi adalah proses pengumpulan bukti melalui perencanaan, pelaksanaan dan peninjauan ulang (review) penilaian serta keputusan mengenai apakah kompetensi sudah tercapai dengan membandingkan bukti-bukti yang dikumpulkan terhadap standar yang dipersyaratkan.

 

Pelatihan

Pelatihan adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan untuk mencapai suatu kompetensi tertentu dimana materi, metode dan fasilitas pelatihan serta lingkungan belajar yang ada terfokus kepada pencapaian unjuk kerja pada kompetensi yang dipelajari.

 

Kompetensi

Kompetensi adalah kemampuan seseorang untuk menunjukkan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan serta penerapan dari ketiga aspek tersebut ditempat kerja untuk mencapai unjuk kerja yang ditetapkan.

 

Sertifikasi Kompetensi

Adalah proses penerbitan sertifikat kompetensi melalui proses penilaian / uji kompetensi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

STANDAR KOMPETENSI

 

 

 

2.1     Peta Paket Pelatihan

Modul yang sedang Anda pelajari ini adalah untuk mencapai satu unit kompetensi, yang termasuk dalam satu paket pelatihan, yang terdiri atas unit-unit kompetensi berikut:

  1. a.    TIK.CS02.020.01 Melakukan Instalasi Driver  VGA Card

b.    TIK.CS02.021.01 Melakukan Instalasi Driver Sound Card

 

 

2.2     Pengertian Unit Standar

Apakah Standar Kompetensi? Setiap Standar Kompetensi menentukan :

  1. Pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kompetensi.
  2. Standar yang diperlukan untuk mendemonstrasikan kompetensi.
  3. Kondisi dimana kompetensi dicapai.

 

Di dalam unit kompetensi ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara melakukan proses instalasi Driver VGA Card.

 

Sistem pelatihan berbasis kompetensi terfokus pada pencapaian kompetensi, bukan pada lamanya waktu. Namun, diharapkan pelatihan ini dapat dilaksanakan dan dicapai dalam jangka waktu tidak lebih dari seminggu, tiga sampai lima hari. Pelatihan ini diperuntukkan khusus bagi para technical support, walaupun tidak menutup kemungkinan bagi semua orang yang terlibat dalam penggunaan komputer.

 

Jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama, Pelatih Anda akan mengatur rencana pelatihan dengan Anda. Rencana ini akan memberikan Anda kesempatan kembali untuk meningkatkan tingkat kompetensi Anda sesuai dengan tingkat yang diperlukan. Jumlah maksimum usaha/kesempatan yang disarankan adalah 3 (tiga) kali.

 

 

2.3     Unit Kompetensi Yang Dipelajari

Dalam sistem pelatihan, Standar Kompetensi diharapkan menjadi panduan bagi peserta pelatihan  untuk dapat :

  1. Mengidentifikasikan apa yang harus dikerjakan peserta pelatihan.
  2. Memeriksa kemajuan peserta pelatihan.
  3. Menyakinkan bahwa semua elemen (sub-kompetensi) dan kriteria unjuk   kerja telah dimasukkan dalam pelatihan dan penilaian.

 

 

2.3.1      Kode dan Judul Unit

Kode Unit     : TIK.CS02.020.01

Judul Unit     : Melakukan Instalasi Driver VGA Card

 

 

2.3.2      Deskripsi Unit

Unit kompetensi ini berkaitan dengan instalasi driver VGA Card dan aspek-aspek yang harus diperhatikan selama proses instalasi.

 

 

2.3.3      Elemen Kompetensi

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kriteria unjuk kerja (KUK) untuk masing-masing elemen:

 

 

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01     Mempersiapkan Driver yang sesuai dengan kartu VGA 1.1  Dijelaskan perlunya penggunaan driver yang sesuai.

1.2  Jenis dan spesifikasi kartu VGA diidentifikasi dengan cara melihat ke chip atau kartu VGA.

1.3  Driver dipersiapkan sesuai dengan kartu VGA.

02     Memasukkan driver VGA ke komputer 2.1  Driver VGA diidentifikasi bentuk atau dari mana sumbernya (disk, CD ROM, jaringan atau lainnya).

2.2  Sumber driver VGA dibuka atau dimasukkan sesuai dengan jenis atau dari mana sumbernya.

03     Menjalankan instalasi 3.1  File driver VGA dibuka dari sumber file

3.2  File driver dijalankan sesuai dengan jenis file driver atau cara instalasi (menggunakan file setup atau update driver).

3.3  Tahap demi tahap instalasi diikuti sesuai dengan masing-masing driver dan jenis atau cara instalasi.

04     Melakukan setting konfigurasi VGA 4.1  Setting konfigurasi yang ada saat itu disebutkan dan dijelaskan perlu atau tidaknya pengubahan konfigurasi.

4.2  Menu setting konfigurasi dibuka.

4.3  Dilakukan pengubahan setting sesuai dengan yang diinginkan.

4.4  Perubahan setting dibuat permanen

 

 

2.3.4      Batasan Variabel

1.  Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.

2.  Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :

2.1       Perangkat komputer yang telah siap dioperasikan beserta Instruction Manualnya.

2.2       Paket instalasi Software Aplikasi yang akan diinstalasi.

2.3       Installation Manual software tersebut.

2.4       SOP yang berlaku di perusahaan.

2.5       Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan

2.6       Peralatan dan instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.

 

2.3.5      Panduan Penilaian

Panduan penilaian terdiri dari:

  1. 1.     Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Penilaian harus mencakup pembuktian berdasarkan pengetahuan dasar dan ketrampilan dalam bidang-bidang berikut:

1.1   Pengetahuan dasar

1.1.1    Hubungan komunikasi, meliputi koordinasi, layanan konsumen, negosiasi , laporan tertulis.

1.1.2        Konsultasi, meliputi konsultasi dengan tenaga kerja manusia, mendengarkan, menanyakan, meminta umpan balik, memberi informasi.

1.1.3        Pengamatan

 

  1. 2.     Konteks penilaian

Penilaian mungkin terjadi pada pekerjaan, atau diluar pekerjaan atau suatu kombinasi dari keduanya. Penilaian diluar pekerjaan harus dilaksanakan dalam suatu lingkungan kerja yang disimulasikan mendekati pekerjaan yang semestinya.

Penilaian mungkin menggabungkan serangkaian metode untuk menilai kemampuan dan penerapan pengetahuan pendukung penting, dan mungkin mencakup:

2.1     Demontrasi praktis (pengamatan langsung harus terjadi lebih dari sekali untuk menentukan konsistensi kemampuan)

2.2     Studi kasus.

2.3     Contoh-contoh kerja atau kegiatan-kegiatan simulasi kerja.

2.4     Menanyakan secara lesan/interview.

2.5     Proyek/laporan/buku catatan kemajuan.

2.6     Laporan pihak ketiga dan prestasi otentik sebelumnya.

2.7     Bukti penilaian.

 

 

  1. 3.     Aspek penting penilaian

Dalam melaksanakan penilaian pada unit kompetensi ini harus mempertimbangkan:

Kompetensi harus diujikan di tempat kerja atau di tempat lain secara simulasi dengan kondisi kerja sesuai dengan keadaan normal

Pengetahuan yang dibutuhkan:

3.1   Pengoperasian Komputer.

3.2 Pengoperasian Sistem Operasi sesuai dengan Instruction Manual.

3.3   On-site training sesuai dengan software yang akan diinstalasi.

 

 

  1. 4.     Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1  Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya:

4.1.1                            TIK.CS02.021.01    Melakukan Instalasi Driver Sound Card.

4.2   Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra-kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu/ khusus, pelatihan harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

 

 

2.3.6      Kompetensi Kunci

 

NO KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

1

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

1

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

1

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

1

5

Menggunakan ide-ide dan tehnik matematika

1

6

Memecahkan masalah

1

7

Menggunakan teknologi

1

 

 

 

 

BAB III

STRATEGI DAN METODE PELATIHAN

 

 

 

3.1     Strategi Pelatihan

 

Belajar dalam suatu sistem Berdasarkan Kompetensi berbeda dengan yang sedang “diajarkan” di kelas oleh Pelatih. Pada sistem ini Anda akan bertanggung jawab terhadap belajar Anda sendiri, artinya bahwa Anda perlu merencanakan belajar Anda dengan Pelatih dan kemudian melaksanakannya dengan tekun sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

 

Persiapan/perencanaan

  1. Membaca bahan/materi yang telah diidentifikasi dalam setiap tahap belajar dengan tujuan mendapatkan tinjauan umum mengenai isi proses belajar Anda.
  2. Membuat catatan terhadap apa yang telah dibaca.
  3. Memikirkan bagaimana pengetahuan baru yang diperoleh berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah Anda miliki.
  4. Merencanakan aplikasi praktik pengetahuan dan keterampilan Anda.

 

Permulaan dari proses pembelajaran

  1. Mencoba mengerjakan seluruh pertanyaan dan tugas praktik yang terdapat pada tahap belajar.
  2. Merevisi dan meninjau materi belajar agar dapat menggabungkan pengetahuan Anda.

 

Pengamatan terhadap tugas praktik

  1. Mengamati keterampilan praktik yang didemonstrasikan oleh Pelatih atau orang yang telah berpengalaman lainnya.
  2. Mengajukan pertanyaan kepada Pelatih tentang konsep sulit yang Anda temukan.

 

Implementasi

  1. Menerapkan pelatihan kerja yang aman.
  2. Mengamati indikator kemajuan personal melalui kegiatan praktik.
  3. Mempraktikkan keterampilan baru yang telah Anda peroleh.

 

Penilaian

Melaksanakan tugas penilaian untuk penyelesaian belajar Anda.

 

 

 

 

 

3.2     Metode Pelatihan

 

Terdapat tiga prinsip metode belajar yang dapat digunakan. Dalam beberapa kasus, kombinasi metode belajar mungkin dapat digunakan.

 

Belajar secara mandiri

Belajar secara mandiri membolehkan Anda untuk belajar secara individual, sesuai dengan kecepatan belajarnya masing-masing. Meskipun proses belajar dilaksanakan secara bebas, Anda disarankan untuk menemui Pelatih setiap saat untuk mengkonfirmasikan kemajuan dan mengatasi kesulitan belajar.

 

Belajar Berkelompok

Belajar berkelompok memungkinkan peserta untuk dating bersama secara teratur dan berpartisipasi dalam sesi belajar berkelompok. Walaupun proses belajar memiliki prinsip sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing, sesi kelompok memberikan interaksi antar peserta, Pelatih dan pakar/ahli dari tempat kerja.

 

Belajar terstruktur

Belajar terstruktur meliputi sesi pertemuan kelas secara formal yang dilaksanakan oleh Pelatih atau ahli lainnya. Sesi belajar ini umumnya mencakup topik tertentu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

MATERI UNIT KOMPETENSI

 

 

 

 

4.1     Tujuan Instruksional Umum

  • Siswa mampu mempersiapkan Driver VGA Card yang sesuai dengan kartu VGA nya.
  • Siswa mampu menginstall Driver  VGA Card.
  • Siswa mampu melakukan Setting  VGA card.

 

 

4.2     Tujuan Instruksional Khusus

  • Siswa dapat memasang mengidentifikasi jenis dan spesifikasi VGA Card.
  • Siswa dapat mengidentifikasi sumber Driver VGA Card.
  • Siswa dapat melakukan instalasi Driver VGA Card.
  • Siswa dapat melakukan Setting konfigurasi VGA Card dan menyimpan konfigurasi tersebut.

 

 

4.3    Sekilas Tentang VGA Card

VGA card adalah sebuah perangkat kartu plug-in (AGP, PCI, PCI-E) pada PC (personal computer) yang menciptakan signal elektronik yang diperlukan oleh monitor. VGA card mengatur segala tenttang resolusi maksimum, refresh rate dan jumlah warna yang bisa ditamplikan ke monitor. Pada kebenyakan motherboard sekarang, sudah banyak jenis VGA card yang on-board sehingga tidak diperlukan kartu grafik ini.

 

Video Graphics Array disingkat VGA adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah digantikan oleh standar yang lebih baru, VGA masih digunakan dalam pasar pocket pc. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih beroperasi dalam mode VGA karena mode VGA didukung oleh banyak pembuat monitor dan kartu grafis.

 

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar/desain grafis ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 256 megabyte, bahkan hingga 512 MB (dengan teknologi khusus). Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan NVidia.

 

VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk membawa sinyal video analog.

 

Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi dalam kenyataan, VGA digantikan oleh Super VGA“.

 

 

4.5.1      Graphics Pipeline

Tujuan utama dari kartu VGA(atau display adapter) adalah unutk secara terus menerus mengubah bitmap pada memori frame buffer menjadi sebuah signal untuk ditampilkan pada monitor. Namun tipe display adapter sekarang sudah memiliki kemampuan jauh dari pada itu. Sekarang display adapter  menggerakan atau mengolah gambar dengan melalui pipeline dan menambahkan tekstur efek  3D dan 2D, hal yang seharusnya dikerjakan atau dilakukan oleh Prosesor. Sebuah display adapter  yang digunakan untuk gaming super canggih menggunakan paralel processing komputer yang canggih.

 

 

4.5.2      Keluaran Analog dan Digital

Display adapter pertama untuk PC(CGA, EGA, PGA) mengirimkan sinyal ke monitor, dimana hal tersebut dilakukan dengan mengubahnya menjadi signal analog untuk monitor CRT. Dimulai dengan VGA, sinyal analog langsung dikeluarkan oleh VGA tersebut ke monitor. Dan sekarang pada monitor DVI yang memiliki layar flat, display adapter menyediakan keluaran baik itu analog ataupun digital. Pada layar LCD, display circuit telah menggunakan sinyal digital terus menerus.

 

 

4.5.3      Istilah Lain dari VGA Card

Apakah anda tahu istilah lain dari VGA card, berikut adalah daftar namanya :

  • Graphics adapter
  • Graphics board
  • Graphics card
  • Graphics controller
  • Video display adapter
  • Video display board
  • Video display controller
  • Video adapter
  • Video board
  • Video card
  • Video controller
  • Display board
  • Display card
  • Display controller
  • VGA adapter
  • VGA board
  • VGA card
  • VGA controller

 

 

4.5.4      Sejarah VGA Card

VGA card modern yang sekarang merupakan turunan dari monolithic graphic chip pada awal tahun 1980 dan 1990-an. chip ini memiliki sedikit kemampuan  pendukung BitBLT, dan tidak memiliki kemampuan shape drawing. Beberapa GPU (Graphics Processing Unit atau display adapter) dapat menjalankan beberapa operasi dalam display list. Dan dapat menggunakan DMA untuk megnurangi waktu baca prosesor. contoh awalnya adalah ANTIC co-processor yang digunakan pada Atari 800 dan Atari 5200(console Game pertama kali). Di akhir 80-an mikroprosesor berkecepatan tinggimenjadi popular untuk diimplementasikan pada GPU kelas tinggi. Beberapa  graphics board untuk PC  contohnya yaitu menggunakan seri  TI TMS340 (CPU 32 bit yang digunakan untuk aplikasi grafik, dengan chip kontroler frame buffer) untuk menjalankan aplikais gambar cepat, biasa dipopulerkan oleh aplikasi CAD. Dan juga banyak printer laser dari komputer Apple dengan menggunakan PostScript raster image processor, yang dijalankan menggunakan prosesor Motorola 68000, atau prosesor RISC yang lebih cepat seperti AMD 29000 atau intel i960. Hanya sedikit yang mengkhususkan aplikasi dengan menggunakan digital signal prosesor untuk 3D, seperti Atari Games ‘Hard Drivin’ dan ‘Race Drivin’ games.

 

Ditahun 1991, S3 grafik memperkenalkan akselerator Chip-single2D  pertama, S386C911. Tahun1995, semua pembuat chip komputer grafik menambahkan 2D akselerasi pada chip komputer mereka.

 

Seiring dengan berkembangnya DirectX API yang digunakan untuk program game yang sekarang menjadi pemimpin 3D grafik programming interface, 3D grafik menjadi semakin terkenal seiring berjalannya waktu. Direct 3D 5.0 merupakan versi pertama. Dan Direct 7.0 memperkenalkan hardware-accelerated transform dan lightning. 3D akselerator telah berkembang dari sekedar menampilkan tampilan 3D saja, menambahkan beberapa efek nyata. NVIDIA GeForce 256 (dikenal dengan NV10) adalah kartu pertama dipasar dengan kemampuan ini. Pada tahun 2000-an DirectX 8.0 API, biasa dikenal OpenGL, GPU menambahkan efek shading yang bisa deprogram. NVIDIA merupakan yang pertama menggunakan teknologi ini, dangan nama GeForce3.

 

Pada oktober 2002, dengan diperkenalkannya ATI Radeon 9700, Direct3D 9.0 pertama kali diluncurkan. Dengan teknologi ini, secara umum menjadi lebih flexible seperti CPU. Pixel shading yang semakin canggih sehingga dapat menghasilkan gambar seperti terlihat mengkilat, gelap, buram atau bahkan tamapk terlihat aneh.

 

 

4.5.5      Perusahaan Pembuat GPU

Sekarang banyak perusahaan membuat GPU, namun yang mendominasi pasar saat ini adalah AMD (yang membuat ATI Radeon grafik chip) dan NVIDIA(yang membuat NVIDIA GeForce grafik chip).

 

Intel juga membuat GPU yang tergabung dalam motherboard, seperti 915 dan 945. Chip ini lebih kurang dapat menampilkan grafik 3D yang optimal. Walaupun game canggih sekarang tidak akan bisa dimainkan dengan mulus dengan chip ini.

 

 

4.4     Pengertian Device Driver

Sebuah Device Driver atau software driver adalah sebuiah program komputer yang memungkinkan komputer level  tinggi berinteraksi dengan komputer hardware.

 

Sebuah driver biasanya berkonunikasi dengan perangkat melalui computer bus atau communication subsystems  dimana hardware tersebut terpasang. Ketika program pemanggil memberikan routine  ke pada driver, drver tersebut akan memberikan perintah kepada perangkat ersebut. Ketika perangkat tersebut mengirimkan data kembali ke driver, driver akan memanggil routine ke program  pemamggil orisinil. Sebuah driver merupakan hardware-dependent dan operating-system specific. Mereka biasanya menyediakan interrupt handling yang dibutuhkan untuk asynchronous time dependent interface hardware.

 

 

4.4.1      Kegunaan Driver

Sebuah driver biasanya berguna sebagai translator antara perangkat dan sebuah aplikasi atau OS yang menggunakan perangkat tersebut.

 

Setiap versi perangkat, seperti printer, memiliki perintah khusus. Driver tersebut menerima perintah dari komputer dan menterjemahkannya ke perangkat tersebut agar bisa menjalankan operasi yang diperintahkan oleh komputer.

 

 

4.4.2      Macam Perangkat Aplikasi Yang Menggunakan Driver

Karena banyaknya hardware modern dan OS, maka banyak pula driver yang bisa digunakan. Driver biasa digunakan untuk berhubungan dengan perangkat:

  • Printer
  • Video Adapter
  • Network Card
  • Sound card
  • Bus local pada system modern
  • Low-bandwith I/O bus (untuk perangkat penunjuk seperti mouse, keyboard dll)
  • Perangkat penyimpanan data seperti harddisk, CD-ROM dan floppy disk bus (ATA, SATA, SCSI)
  • Software pendukung untuk file system
  • Software pendukung untuk images scanners dan kamera

 

4.5     Daftar VGA Card Terbaru

VGA card yang terdapat dipasaran banyak sekali jenisnya. Dan perusahaan yang paling menonjol dalam penjualan VGA card adalah Nvidia dan ATI Radeon. Kedua perusahaan ini salaing beraing dalam mengeluarkan jenis VGA terbaru. Bisa dikatakan yang paling mengusai pasar VGA card sekarang adalah kedua perusahaan ini. Disini akan diperlihatkan berbagai tipe dari kedua perusahaan tersebut. Dari mulai kelas low-end yang banyak digunakan orang  hingga kelas high-end  yang dikhususkan bagi penggemar game sejati, yang ingin menghasilkan kualitas gambar yang terbaik.

 

 

4.5.1      VGA Card ATI Radeon

Berikut ini adalah daftar VGA card seri terbaru dari Ati Radeon. Ada yang mengunakan interface AGP8x dan PCI-e 16x. berikut ini adalah lisnya (hanya beberapa, karena VGA card Ati jenisnya banyak sekali)

 

  1. HIS HD 2600XT IceQ Turbo 512MB/256MB GDDR3 PCIe

 

 

 

 

  • Powered by Radeon® HD 2600XT GPU – 830MHz (Turbo)
  • Superscalar unified shader architecture
  • 120 stream processing units
  • 512MB 128-bit GDDR3 – 1860MHz (Turbo)/256MB 128-bit GDDR3 – 1920MHz (Turbo)
  • Comprehensive DirectX® 10 support
  • Dynamic geometry acceleration
  • Integrated CrossFire™
  • Game physics processing capability

 

  1. HIS X1550 iFan 256MB (128bit) DDR2 AGP

 

 

 

  • Powered by ATI Radeon X1550 – 550MHz
  • 256MB-128bit 4 channel DDR2 memory – 800MHz
  • 4 Pixel shader processor
  • 2 Vertex shader processor
  • 4 Geometry Pipelines
  • Ultra-threaded SM 3.0 Engine
  • Advanced memory controller
  • ATI Avivo™
  • High Precision Architecture
  • AGP support via Riato

 

  1. RADEON RV2600PRO, DDR2 512MB, AGP 8X, DUAL DVI (2x Dual- Link, HDCP) Edition

 

 

 

  • Radeon HD2600PRO (RV630PRO) (65nm)
  • 512MB DDR2 (256-bit internal Ring Bus Memory Controller)
  • AGP 8X
  • ATI HDTV Ready
  • DVD, Blu-ray and HD DVD playback support .

 

 

  1. Radeon HD2900PRO, 512MB GDDR3, HDMI, Dual DVI (2x Dual-Link, HDCP), VIVO edition

 

 

 

  • Radeon HD2900PRO (R600)
  • 512MB GDDR3 (1024-bit memory Ring Bus)
  • PCI-Express x16
  • Built-in HDMI: (ATI DVI to HDMI dongle) DVD, Blu-ray and HD DVD playback support

 

  1. ATI RADEON™ X1300 XT

 

 

 

  • RADEON™ X1300XT core
  • 128MB, 256MB or 512MB Onboard Memory
  • 8 Geometry pipelines
  • Microsoft® DirectX® 9.0 Shader Model 3.0
  • Windows Vista™ Ready

 

  1. TOXIC ATI RADEON™ X1950 XTX

 

 

 

  • ATI RADEON™ X1950 XTX core
  • 512MB GDDR4
  • Quiet Liquid Cooling Solution
  • DirectX 9.0 / OpenGL Support

 

 

  1. ATI RADEON™ X1800 GTO

 

 

 

  • ATI RADEON X1800 GTO core
  • 256MB Onboard Memory
  • 256-bit memory interface
  • DX 9.0 Support / OpenGL Support
  • VIVO
  • Native PCI Express x16 bus interface

 

 

4.5.2      VGA Card Nvidia GeForce

Berikut ini adalah daftar VGA card GeForce seri terbaru. Ada yang berinterface AGP8x dan PCI-e 16x. dikarenakan tipe VGA card GeForce banyak sekali, maka disini tidak menampilkan semua tipe GeForce, hanya beberapa saja. Berikut adalah daftarnya:

 

  1. NVIDIA GeForce 8800 ULTRA

 

 

  • Core Clock : 612 MHz
  • Memory Clock : 2160 MHz
  • Memory Type : 768MB GDDR3
  • Memory Interface : 384-Bit Bus Type : PCI-Express 16x
  • RAMDAC : 400 MHz

 

  1. NVIDIA GeForce 8800 GTX

 

 

 

 

  • Core Clock : 575 MHz
  • Memory Clock : 1800 MHz
  • Memory Type : 768MB GDDR3
  • Memory Interface : 384-Bit
  • Bus Type : PCI-Express 16x
  • RAMDAC : 400 MHz

 

  1. NVIDIA GeForce 8800 GTS

 

 

 

  • Core Clock : 500 MHz
  • Memory Clock : 1600 MHz
  • Memory Type : 320/640 MB GDDR3
  • Memory Interface : 320-Bit
  • Bus Type : PCI-Express 16x
  • RAMDAC : 400 MHz

 

  1. NVIDIA GeForce 7900 GS

 

 

  • Core Clock : 570 Mhz
  • 400 Mhz RAM DAC Technology
  • Max Resolution: 2560 x 1600
  • On-board 256MB GDDR3
  • Memory Clock: 1,5 GHz
  • Memory bus width: 256-bit
  • PCI Express 16x Support
  • Pixel per clock: 20
  • Dual DVI-I Connector, TV-out (S-Video) Connector
  • Dual Link DVI
  •  RoHS Compliant
  • HDTV, SLI, DX Support, Vista Ready

 

 

 

  1. NVIDIA GeForce 7600 GS

 

 

  • Memory Size : 256MB     
  • Memory Bus : 128bit     
  • Memory Clock : 700Mhz    
  • Engine Clock : 400Mhz     
  • Max. Resolution : 2560X1600 (Dual dual-link DVI)     
  • Bus Standard : AGP     
  • VGA Output : Yes     
  • TV Tuner : No     
  • TV-out : Yes     
  • DVI : Yes

 

 

4.6     Mempersiapkan Driver VGA Card

4.6.1      Masuk Ke Dalam Windows Safe Mode

Sebelum anda melakukan instalasi driver VGA card, anda haruslah masuk kedalam windows safe mode. Hal ini dilakukan karena dalam windows safe mode, komputer akan menjalankan video driver standar saja, tanpa menjalankan driver-driver lainnya. Dalam safe mode kita tidak bisa melakukan koneksi ke internet.

 

Untuk masuk kedalam window safe mode, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Untuk pengguna Windows 9x/ME

Untuk bisa masuk ke dalam windows safe mode pada windows 9x (95, 98, ME), ketika komputer booting pertama kali, tekan tomol ‘F8’ segera. Jika berhasil, maka akan keluar tampilan berikut:

 

Pada menu ini, pilihlah nomor 3 dan tekan enter. Maka anda akan berhasil masuk kedalam windows safe mode.

 

  1. Untuk pengguna Windows 2000/NT/XP

Sama seperti sebelumnya, tekan tombol ‘F8’ pada waktu komputer booting pertama kali. Maka akan keluar tampilan seperti berikut:

 

 

Gerakan kursor anda ke pilihan safe mode. Dan kemudian tekan tombil enter. Maka anda akan berhasil masuk kedalam windows safe mode.

 

 

  1. Untuk pengguna Windows Vista

Sama seperti sebelumnya, tekan tombol ‘F8’ pada waktu komputer booting pertama kali. Maka akan keluar tampilan seperti berikut:

 

Gerakan kursor ke menu safe mode, dan tekan enter, maka anda akan berhasil masuk kedalam menu safe mode.

 

 

4.6.2      Masukkan Driver VGA Card

Pada saat anda sudah berhasil masuk ke dalam safe mode, dan anda sudah memasang perangkat VGA card, anda akan melihat tampilan berikut:

 

 

 

Tekan cancel untuk membetalkan wizard ini. Setelah anda berhasil keluar dari wizard tadi, pilih lah driver VGA card anda yang sesuai. Biasanya dalam paket pembelian VGA card, anda akan mendapatkan driver untuk VGA tersebut, maka dari itu, masukan CD driver tersebut. Dan jalankan program driver .exe-nya.

 

Jika anda tidak mendapatkan driver nya. Anda bisa mendownload-nya di situs resimi VGA card yang anda gunakan. Setelah berhasil di download, anda akan mendapatkan fil ZIP. Extract lah file ZIP tersebut, kemudian jalankan file driver nya.

 

 

4.7     Menjalankan Instalasi Driver VGA Card  Nvidia

Setelah anda mempersiapkan drivernya, maka lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan dalam windows safe mode, anda tidak sedang menjalankan aplikasi lain, seperti anti virus dan lainnya. Matikan atau tutup aplikasi lain tersebut.
  2. Setelah anda siap mempersiapkan sumber drivernya, lakukan proses instalasi nya. Di contoh ini akan dijalakan cara menginstal VGA card Nvidia GeForce.
  3. Pada saat memasuka CD driver anda atau anda menjalankan file driver dari internet, anda akan melihat tampilan berikut:

 

 

Pada tampilan ini, anda cukup melanjutkan klik tombol next, dan lakukan proses instalasi sampai selesai.

  1. Jika anda sudah melakukan proses instalasi driver, maka komputer anda akan diminta untuk direstart.
  2. Setelah komputer anda di restart. Maka driver VGA anda sudah berhasil di install.

4.8     Menjalankan Instalasi Driver VGA Card  ATI Radeon

Setelah anda mempersiapkan drivernya, maka lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Instruksi ini ditujukan bagi pengguna windows XP SP1 atau lebih, atau windows 2000. Sebaiknya anda mematikan segala aplikasi yang ada. Terutama aplikasi anti virus.
  2. Jika anda tidak mendapatkan CD driver (biasanya pasti ada pada tiap pembelian VGA card) anda bisa mendownloadnya di  http://ati.amd.com/support/driver.html
  3. Menginstall Catalist Software, setelah file driver nya didownload. Dobel klik file tersebut, dan jalankan file .EXE-nya. Pada windows XP akan terlihat tampilan berikut:

 

Klik tombol Run

  1. Lalu pilih directory untuk diekstrak file nya, dan klik install.

 

  1. Pada point ini, driver akan melakukan proses deteksi, dan proses instalasi driver akan berlanjut. Klik Next pada halaman menu pertama. Klik Yes di License agreement. Klik tombol Express.

 

  1. Installer akan segera dijalankan, tunggu sampai proses instalasi selesai
  2. Klik Finish untuk restart komputer.

 

 

 

4.9     Melakukan Konfigurasi Pada Diplay Propeties

Untuk melihat setting konfigurasi display properties, Klik pada  “Start“, lalu “Settings“, lalu pilih “Control Panel” kemudian double-klik pada “Displayicon. Pilih tab “Settings“. Atau klik kanan pada desktop dan pilih menu properties Pilih Screen Resolution yang ingin anda gunakan. Umumnya, standar resolusi pada monitor sekarang adalah 1024×768, atau bahkan lebih. Karena VGA sekarang sudah mampu menangani sistem gambar yang rumit sekalipun. Kemudian pilih Color Quality dan setting warna yang anda inginkan. Setelah anda selesai melakukan setting konfigurasi, tekan tombol apply.

 

 

 

 

 

4.9.1      Control Panel Display Propeties

Sekarang saatnya mengecek driver di control panel. Klik start, control panel, dan dobel klik display icon. Ini akan memunculkan Display properties window. Klik pada setting tab. Pada setting tab, klik advanced. Untuk VGA card yang telah diinstal. Pada tampilan ATI Radeon, akan terlihat seperti gambar dibawah:

 

 

Control panel untuk Nvidia GeForce akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

 

4.9.2      Video Card Driver Settings

Untuk VGA Card ATI, klik pada tab 3D dan akan menampilkan Additional Properties Tab. Disinilah kita bisa melakukan perubahan kontrol kualitas image dan performa dari VGA card ATI. Kita tidak perlu melakukan perubahan pada setting yang telah dilakukan. Karena settting standar saja sudah cukup menghasilkan performa gambar dan video yang berkualitas. Tapi jika anda ingin melakukan perubahan, klik tombol apply, maka perubahan setting akan  disimpan. Anda bisa mengubah setting warna, setting open GL, setting Direct X dan lainnya. Tampilan properties bisa dlihat pada gambar dibawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

Untuk VGA card Nvidia, lakukan langkah seperti pada ATI Radeon, dan anda akan melihat tampilan speerti dibawah ini. Disini terdapat beberapa tab yang berhubungan dengan setting gambar dan video. Sekali lagi, tidak usah lakukan perubahan setting, karena setting standar sudah menghasilkan performa gambar dan kualitas video yang bagus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

SUMBER – SUMBER YANG DIPERLUKAN UNTUK PENCAPAIAN

KOMPETENSI

 

 

 

5.1     Sumber Daya Manusia

 

Dalam proses pencapaian kompetensi sumber yang dapat diandalkan adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang dimaksud disiini adalah orang-orang yang dapat mendukung proses pencapaian kompetensi yang dimaksud, antara lain:

 

  • Pelatih

Pelatih Anda dipilih karena dia telah berpengalaman. Peran Pelatih adalah untuk:

  1. Membantu Anda untuk merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing Anda melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
  3. Membantu Anda untuk memahami konsep dan praktik baru dan untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai proses belajar Anda.
  4. Membantu Anda untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang Anda perlukan untuk belajar Anda.
  5. Mengorganisir kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
  6. Merencanakan seorang ahli dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.

 

  • Penilai

Penilai Anda melaksanakan program pelatihan terstruktur untuk penilaian di tempat kerja. Penilai akan :

  1. Melaksanakan penilaian apabila Anda telah siap dan merencanakan proses belajar dan penilaian selanjutnya dengan Anda.
  2. Menjelaskan kepada Anda mengenai bagian yang perlu untuk diperbaiki dan merundingkan rencana pelatihan selanjutnya dengan Anda.
  3. Mencatat pencapaian / perolehan Anda.

 

  • Teman kerja/sesama peserta pelatihan

Teman kerja Anda/sesama peserta pelatihan juga merupakan sumber dukungan dan bantuan. Anda juga dapat mendiskusikan proses belajar dengan mereka. Pendekatan ini akan menjadi suatu yang berharga dalam membangun semangat tim dalam lingkungan belajar/kerja Anda dan dapat meningkatkan pengalaman belajar Anda.

 

 

 

5.2     Sumber-sumber Kepustakaan ( Buku Informasi )

 

Pengertian sumber-sumber adalah material yang menjadi pendukung proses pembelajaran ketika peserta pelatihan sedang menggunakan Pedoman Belajar ini.

Sumber-sumber tersebut dapat meliputi :

  1. Buku referensi (text book)/ buku manual servis
  2. Lembar kerja
  3. Diagram-diagram, gambar
  4. Contoh tugas kerja
  5. Rekaman dalam bentuk kaset, video, film dan lain-lain.

 

Ada beberapa sumber yang disebutkan dalam pedoman belajar ini untuk membantu peserta pelatihan mencapai unjuk kerja yang tercakup pada suatu unit kompetensi.

 

Prinsip-prinsip dalam CBT mendorong kefleksibilitasan dari penggunaan sumber-sumber yang terbaik dalam suatu unit kompetensi tertentu, dengan mengijinkan peserta untuk menggunakan sumber-sumber alternatif lain yang lebih baik atau jika ternyata sumber-sumber yang direkomendasikan dalam pedoman belajar ini tidak tersedia/tidak ada.

 

 

5.3     Daftar Peralatan dan Bahan yang Digunakan

  1. Judul/Nama Pelatihan     :    Melakukan Instalasi Driver VGA Card
  2. Kode Program Pelatihan :    TIK.CS02.020.01

 

NO

UNIT

KOMPETENSI

KODE UNIT

DAFTAR PERALATAN

DAFTAR BAHAN

KETERANGAN

1.

Melakukan Instalasi Driver VGA Card

TIK.CS02.020.01

-  Seperangkat    komputer PC

-  VGA card

 

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

Website

  • http://www.microsoft.com/
  • http://technet2.microsoft.com/
  • http://www.geeks.netindonesia.net/
  • http://en.wikipedia.org/

 

Testimoni

Filed under : blog, tags: