Advertisement
loading...

DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ……………………………………………………………………………………….. 1
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………………………………………….. 2
DAFTARISI………………………………………………………………………………………………… 3
I. Pendahuluan…………………………………………………………………………………. 4
II. Pelaksanaan Kegiatan……………………………………………………………………. 5
III. Permasalahan dan Pemecahan………………………………………………………… 8
IV. RencanaTindak Lanjut………………………………………………………………….. 9
V. Kesimpulan dan Saran…………………………………………………………………… 10
LAMPIRAN –LAMPIRAN
I. Lampiran daftar hadir kelompok PKH
II. Lampiran Foto kegiatan Bulan Mei
LAPORAN BULANAN PENDAMPING PKH
BULAN JUNI 2014
I. PENDAHULUAN
Program Keluarga Harapan Kecamatan Kentongan pada bulan Juni 2014 memiliki kegiatan utama, yaitu verifikasi monitoring komponen kesehatan dan pendidikan serta pendampingan peserta PKH yang sedikit bermasalah maupun membutuhkan informasi tertetntu dari pendamping. Selain agenda tersebut juga dilaksanakan kegiatan yang lain, seperti koordinasi UPPKH Kecamatan, koordinasi dengan Koordinator Wilayah Jateng, rapat koordinasi UPPKH Kabupaten dan berkunjung ke kantor balai Desa dampingan.
Kegiatan pendamping PKH di bulan Juni dimulai dengan melanjutkan kegiatan Verifikasi Fasilitas Kesehatan maupun Pendidikan yang belum diselesaikan pada bulan Mei 2014. Verifikasi luar wilayah Kabupaten yang tidak ada PKH.nya juga menjadi tanggung jawab pendamping. Verifikasi Fasilitas kesehatan maupun Pendidikan wajib dilakukan pendamping tiap tahap tiga bulan sekali;
a. Verifikasi Fasilitas Kesehatan
Tanggung jawab pendamping dalam memonitoring anak peserta PKH yang masih dalam usia balita ,pra sekolah SD, disabbilitas, maupun ibu hamil. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa peserta PKH memenuhi kewajibannya/komitmennya terhadap program PKH dan juga dapat mengetahui perkembangan kesehatan peserta PKH secara berkelanjutan.
b. Verifikasi Fasilitas Pendidikan
Tanggung jawab pendamping dalam memonitoring anak peserta PKH yang bersekolah SDdan SMP. Memonitoring absensi anak di sekolah mereka berada. Mencari tahu perkembangan anak di sekolah kepada wali yang bersangkutan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa peserta PKH memenuhi kewajibannya/komitmennya terhadap program PKH.
Selain verifikasi pada minggu pertama bulan Juni, pertemuan kelompok bulanan tetap dilaksanakan di salah satu rumah anggota kelompok KSM.
c. Kegiatan Rutin Kelompok
Kegiatan rutin kelompok antara lain adalah. Arisan, iuran untuk sosial. Arisan dilaksanakan setiap pertemuan kelompok yaitu sebulan sekali. Selain arisan, juga diadakan iurandana sosial yang ke depannya dapat digunakan sebagai kegiatan sosial atau simpan pinjam. Pada akhir pertemuan biasanya disampaikan pembukuan dari dana yang terkumpul dan penggunaanya.
d. Pemutakhiran data
Pemutakhiran data adalah kegiatan merekap data terbaru dari kondisi masing-masing peserta PKH. Data tersebut digali dari wawancara langsung kepada peserta PKH dengn dibuktikan berkas resmi dari kelurahan, faskes maupun fasdik yang bersangkutan. Berikut daftar komponen yang menjadi bahan pemutakhiran data:
1. Pembenaran Nama
2. Pergantian pengurus
3. Perubahan Alamat
4. Kehamilan/ Keguguran/ Kelahiran
5. Kematian
6. Perubahan faskes
7. Perubahan fasdik
8. Putus sekolah
e. Diskusi kelompok
Pada setiap pertemuan diharapkan adanya kedekatan dari masing-masing peserta dan menjadikan kelompok semakin hidup dan bermanfaat. Pada pertemuan kelompok, juga dilakukan diskusi bersama terkait permasalahn sosial yang ada di lingkungan tempat tinggal peserta dan bagaimana pemecahannya. Pada pertemuan kelompok bulan Juni ini dilakukan diskusi mengenai pembentukan KUBE (Kelompok Usaha Bersama). Kelompok usaha bersama diarahkan untuk memanfaatkan kas yang ada di masing-masing kelompok. Selain itu diperkenankan pula apabila ingin menggunakan swadaya untuk membuat kube. Sehingga kas yang sudah terkumpul dimasing-masing kelompok bisa digunakan untuk hal yang lain.
II. PELAKSANAAN KEGIATAN
Untuk mempermudah penyajian, laporan pelaksaaan kegiatan pendamping PKH akan kami sampaikan dalam bentuk tabel berikut;
No Uraian
Kegiatan Permasalahan/ TemuanLapangan
Lokasi
1 Koordinasi dengan Kasi Sosial Kecamtan Koordinasi yang dimaksud adalah koordinasi rutin dan insidental. Titik tekan koordinasi pada bulan Juni 2014 adalah pemutakhiran data, verifikasi Pendidikan dan Kesehatan serta persiapan Penyaluran dana PKH tahap I tahun 2014 pada minggu terakhir.
Selain itu, pada tingkat kecamatan kami melaksanakan koordinasi secara rutin dan insidental juga baik koordinasi dengan sesama pendamping, koordinasi dengan Kasie sosial dan koordinasi dengan camat Kentongan.
Koordinasi yang lain adalah koordinasi dengan fasilitator kesehatan untuk memonitoring pelaksanaan komitmen peserta PKH dengan melakukan kunjungan ke PKD dan Puskesmas Induk Kentongan. Dalam pertemuan tersebut, didapatkan feed back positif dan negatif terkait pelaksanaan peserta PKH dalam menjalankan komitmen. Kantor Kecamatan
2 Pemutakhiran Data Pemutakhiran Data dilaksanakan dengan mewawancarai langsung peserta pkh yang kami lakukan pada saat pertemuan kelompok maupun kunjungan langsung ke rumah ksm untuk memperoleh informasi terkini dari setiap peserta pkh. data pemutakhiran ini dijadikan acuan penyaluran bantuan tahap 2 tahun 2014. Jumlah KSM dari 4 desa dampingan yaitu berjumlah 276 KSM.
Pada pertemuan kelompok melibatkan Peserta PKH dan dilaporkan ke operator PKH
3 Pertemuan Kelompok PKH Pertemuan kelompok dilaksanakan di rumah KSM sebagai kegiatan wajib tiap bulan. Pertemuan kelompok dilaksanakan secara bergilir di rumah anggota kelompok.Dalam pertemuan kelompok dibahas beberapa hal yaitu:
a. Pengelolaan keuangan kelompok, untuk keperluan
 Arisan
 Konsumsi
 Dana Sosial
b. Informasi PKH; pemantapan fungsi bantuan, perhitungan bantunan, informasi mengenai fasdik dan faskes, komitmen Rumah KSM
4 Koordinasi dengan operator, pendamping, dan UPPKH Kabupaten. Koordinasi dengan operator, coordinator kabupaten dan pendamping kecamatan lain bulan Juni 2014 yaitu membahas tentang hasil verifikasi Fasilitas Kesehatan maupun Verifikasi fasilitas Pendidikan yang sudah di verifikasi. Dari hasil rakor tersebut disepakati bahwa Verifikasi anak peserta PKH yang sekolah diluar kabupaten bisa minta tolong diverifikasikan pendamping setempat, akan tetapi untuk input pengisian DMR tetap diisi pendamping sendiri. Kemudian dibahas juga hal-hal yang berkaitan dengan verifikasi yang sudah dibawa ke Provinsi oleh operator.
Diadakan rakor dengan UPPKH kabupaten pada minggu ke tiga bulan Juni 2014 yaitu informasi mengenai penyaluran bantuan dana PKH tahap I tahun 2014 yang akan segera diberikan kepada KSM peserta PKH unutuk tiap kecamatan agar segera koordinasi dengan kantor pos setempat.
UPPKH Kab. Kebumen
5 Koordinasi pendamping-operator persiapan verifikasi Koordinasi antara pendamping PKH dan operator PKH Kabupaten Kebumen yang membahas mengenai pembagian lokasi verifikasi baik untuk Fasilitas Pendidikan maupun Fasilitas Kesehatan. Pembagian lokasi verifikasi ini diharapkan agar proses verifikasi seluruh pendamping dapat berjalan efektif dan efisien. Selain itu diperlukan komunikasi pula antar para pendamping terkait verifikasi peserta yang ada di luar wilayah masing-masing kecamatan. Dalam koordinasi antara pendamping PKH dan Operator PKH Kabupaten Kebumen disampaikan pula mengenai perbaikan BOP dan pembagian surat tugas untuk melaksanakan verifikasi ke fasilitas-fasilitas terkait. UPPKH Kab. Kebumen
6
Koordinasi dengan Kepala Puskesmas dan UPTD Pendidikan Koordinasi yang dimaksud adalah meminta bantuan dan dukungan demi terselenggaranya verifikasi kesehatan dan pendidikan untuk pencairan tahap 2 tahun 2014 dengan meminta ijin bahwa dalam verifikasi akan membutuhkan data absensi anak peserta PKH beserta legalitas absensi tersebut. Puskesamas Induk Kentongan dan UPTD Pendidikan Kentongan.
7 Koordinasi dengan Kantor Pos Solo dan Kentongan Koordinasi dilaksanakan untuk mempersiapkan bantuan PKH tahap I tahun 2014 yang akan disalurkan pada awal bulan Juli 2014. Kantor Pos Solo dan Kentongan
III. PERMASALAHAN DAN PEMECAHANNYA
Untuk mempermudah penyajian, laporan permasalahan dan penyelesaiannya akan kami sampaikan dalam bentuk tabel berikut;
No Kelompok
Masalah Permasalahan Solusi
1 Pertemuan kelompok – Masih terdapat peserta PKH yang belum membawa berkas penguat pemutakhiran. (KK, KTP, KMS, raport)
- Terdapat peserta yang tidak hadir dengan alasan yang tidak jelas..
- Peserta menanyakan bantuan yang tidak kunjung cair – Mengumpulkan berkas tersebut ke ketua di hari lain.
- Pemutakhiran dilakukan melalui ketua dan mewajibkan peserta untuk ikut pertemuan kelompok selanjutnya serta memberikan sanksi materi berupa denda.
- Member pengertian bahwa bantuan PKH apabila sudah menjadi HAK KSM maka bantuan tersebut pasti sampai entah itu kapan, selama program PKH masih berlangsung.
2 Teknik verifikasi Pendamping masih kesulitan dalam melakukan teknik verifikasi yang tepat dan cepat. Diskusi bersama di UPPKH Kabupaten dan melakukan sharing pribadi dengan kabupaten lain.
3 Verifikasi – Pada saat verifikasi, pegawai Faskes dan Fasdik belum paham betul PKH
- Tidak sesuainya data siswa dengan nama sekolah
- Tidak sesuainya data balita dan ibu hamil dengan nama fasilias kesehatan yang dikunjungi – Menjelaskan ulang ke pegawai faskes dan fasdik mengenai apa itu PKH dan apa bentuk kerjasama yang harus dilakukan faskes dan fasdik kepada pogram PKH ini.
- Menindaklanjuti dengan pendamping yang bersangkutan untuk dibenarkan dan dipindah ke sekolah yang seharusnya serta segera dilaporkan ke operator.
- Menindaklanjuti dengan pendamping yang bersangkutan untuk dibenarkan dan dipindah ke faskes yang seharusnya serta segera dilaporkan ke operator.
-
4 Penyaluran Dana PKH tahap I tahun 2014 – Pegawai kantor pos kecamatan tidak siap apabila penyaluran dana PKH dilaksanakan awal Juli, dan member jadwal untuk tanggal 11 juli sampai selesai dikarenakan mau mempersiapkan untuk pensiunan. – Melobby kantorpos pusat Kentongan yaitu kantor pos Solo agar penyaluran disegerakan yaitu tanggal 1-3 juli 2014 dan dilanjutkan tanggal 7 dan 8 juli 2014
IV. RENCANA TINDAK LANJUT
Rencana tindak lanjut Kegiatan Pendamping PKH di Bulan Juli 2014
No Tahapan
Kegiatan Sasaran Target / Goal Metode Waktu
Pelaksanaan
1 Menyusun laporan Kegiatan selama bulan Juli Tersusun laporan dan CKP Pembuatan laporan tertulis Maksimal tanggal 5
2 Pertemuan kelompok PKH Kelompok KSM PKH Penyampaian informasi,Sharing dan Pemutakhiran data lanjutan pertemuan Tiap minggu untuk 10 kelompok berbeda
3 Koordinasi Bulanan UPPKH Kabupaten Terkoordinir kegiatan bulan Juni Rakor 17 Juli 2014
4 Kunjungan KSM KSM Monitoring pasca pencairan Home visit Insidental
5 Penyaluran dana PKH tahap I KSM Selesai tanggal 8 Juli 2014 Koordinasi dengan kantor pos 1-8 juli 2014
6 Pemutakhiran KSM Pembenaran Data Melalui pertemuan, sms, telpon, door to door Insidental
V. KESIMPULAN DAN SARAN
1. Kesimpulan
a. Kegiatan yang paling menonjol pada bulan Juni 2014 adalah pemutakhiran data, menyelesaikan verifikasi dan persiapan penyaluran dana PKH tahap I 2014.
b. Koordinasi dan kerjasama dengan koordinator setiap kelompok berjalan dengan baik.
c. Informasi adanya penyaluran dana PKH yang ditunggu-tunggu memberikan angin segar untuk pendamping PKH maupun KSM yang selalu bertanya.
d. Butuh kerjasamanya yang cepat dan sigap antar pendamping dalam memproses kesalahan data yang akan di verifikasi.
e. Secara umum, faskes dan fasdik di Kentongan mendukung penuh Program Keluarga Harapan
f. Adanya kesepakatan penyaluran dana PKH tapah I tahun 2014 jatuh pada tanggal 1 sd 3 juli 2014 dan dilanjutkan tanggal 7 dan 8 juli 2014.
g. Laporan BOP untuk pendamping yang selalu belum benar membuat pendamping membuat berulang-ulang.
2. Saran
a. Teknik verifikasi fasilitas pendidikan dan kesehatan untuk kedepannya agar diberikan pengarahan bersama antar pendamping dan operator.
b. Untuk verifikasi anak sekolah diluar wilayah PKH agar FORM bantunya di cetak langsung oleh operator saja, entah itu wilayah yang ada PKH maupun tidak. Karena dari verifikasi tahap 2 ini telah terjadi ketidaksinambungan verifikasi yang meminta bantuan kabupaten lain yaitu Karanganyar dan Wonogiri. Tidak terverifikasinya anak PKH dampingan pendamping Kentongan yang sekolah di Karanganyar sementara anak PKH daerah dampingan Polokarto yang jelas-jelas sekolah di sekolah yang sama ada form bantu verifikasi yang dikirimkan oleh operator ke provinsi. Hal ini dimaksudkan agar pendamping yang bertugas bisa membantu langsung apabila pendamping yang dimintai tolong tidak mendapat form bantu titipan dari provinsi.
c. Sebisa mungkin ada honor tambahan dari APBD untuk para pendamping ketika UPPKH Kabupaten memberi kegiatan tambahan yang sedikit menyita waktu para pendamping yang berencana membuat program Pra koperasi.
d. Fasilitas UPPKH Kabupaten dan UPPKH Kecamatan mohon untuk segera direalisasikan terutama laptop dan printer untuk tiap pendamping.
e. Dana BOP pendamping harap segera diberikan.
f. UPPKH Kabupaten tolong mencari informasi yang benar dalam pembuatan SPJ BOP Pendamping suapaya disampaikan kepada pendamping agar tidak berulang kali membuatnya. Karena menyita waktu apabila sudah dibuat salah terus.
VI. PENUTUP
Demikian Laporan Kegiatan Pendamping PKH Kecamatan Kentongan bulan Mei 2014 ini disusun, semoga menjadikan periksa dengan harapan dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Pendamping PKH
Kecamatan Kentongan
LAMPIRAN
1. PEMUTAKHIRAN DATA BULANAN ANGGOTA RUMAH TANGGA KOMPONEN PKH
Kecamatan : Kentongan
Desa : Triyagan, Demakan, Gadingan dan Palur
Bulan : Juni 2014
No Desa Jumlah ART Komponen PKH Jumlah KSM
Bumil Balita Usia SD Usia SMP
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
1 Triyagan 0 19 28 15 27
2 Demakan 0 16 28 14 27
3 Gadingan 4 84 85 33 111
4 Palur 3 66 97 33 111
2. LOGBOOK PERMASALAHAN
Kecamatan : Kentongan
Desa : Triyagan, Demakan, Gadingan, dan Palur
Bulan : Juni 2014
No Uraian Permasalahan Tindak Lanjut Permasalahan Status Penyelesaian
Belum Proses Selesai
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1 Verifikasi Pendidikan dan Kesehatan – Masih ada kesalahan peserta PKH kecamatan lain yang tidak bersekolah di data yang tertera demikian juga pada faskes salah masuk ke posyandu dukuh lain akan tetapi masih dalam satu desa. √
- Ada anak PKH yang bersekolah di Kabupaten Karanganyar dan Wonogiri yang data bantu verifikasinya tidak ada, sehingga Pendamping sulit untuk mendapatkan verifikasi yang seharusnya dititipkan antar pendamping antar Kabupaten √
2 Data Anomali balita Terdapat data anomali balita daerah dampingan di Palur dengan no Art 33110800150003302 yaitu dia adalah ibu hamil akan tetapi salah member kode yang menyebabkan anomali. √
3 KSM penerima PKH yang masih KK d luar wilayah Meminta KSM yang KK d luar wilayah untuk pindah ke kabupaten Kebumen sekarang.

4 Tanggungan KSM hanya satu dan meninggal di dukuh Jetis Gadingan Anak KSM meninggal kemudian KSM menikah lagi dan pindah ke kabupaten Wonogiri, dikarenakan KSM tidak pernah hadir dalam pertemuan kelompok bulanan Pendamping mengetahui informasi dari anggota lain pada akhir bulan Mei. Sehingga KSM ini kedepannya akan di Non Eligible. √
3. Rekap Verifikasi FASDIK dan FASKES tahap 2 tahun 2014 yang terverifikasi
a. FASKES
KODE FASKES NAMA FASKES DESA JUMLAH
Y33110800110001 PKD PERTIWI DEMAKAN 3
Y33110800110005 POSYANDU MANGGIS 1 DEMAKAN 3
Y33110800110006 POSYANDU MANGGIS 2 DEMAKAN 2
Y33110800110007 POSYANDU MANGGIS 3 DEMAKAN 0
Y33110800110008 POSYANDU MANGGIS 4 DEMAKAN 3
Y33110800110009 POSYANDU MANGGIS 5 DEMAKAN 1
Y33110800110011 POSYANDU MANGGIS 7 DEMAKAN 2
Y33110800140001 PKD MARGAHAYU SEHAT GADINGAN 8
Y33110800140004 POSYANDU MAWAR 1 GADINGAN KENTONGAN GADINGAN 7
Y33110800140005 POSYANDU MAWAR 2 GADINGAN KENTONGAN GADINGAN 8
Y33110800140006 POSYANDU MAWAR 3 GADINGAN KENTONGAN GADINGAN 14
Y33110800140007 POSYANDU MAWAR 4 GADINGAN KENTONGAN GADINGAN 10
Y33110800140008 POSYANDU MAWAR 5 GADINGAN KENTONGAN GADINGAN 19
Y33110800140009 POSYANDU MAWAR 6 GADINGAN KENTONGAN GADINGAN 2
Y33110800140010 POSYANDU MAWAR 7 GADINGAN KENTONGAN GADINGAN 9
Y33110800140011 POSYANDU MAWAR 8 GADINGAN KENTONGAN GADINGAN 6
Y33110800150002 PKD ESTU WALUYO PALUR 10
Y33110800150013 POSYANDU ASIH SEHAT PALUR 5
Y33110800150011 POSYANDU MAWAR INDAH KENTONGAN PALUR 7
Y33110800150012 POSYANDU MEKAR SARI PALUR PALUR 21
Y33110800150008 POSYANDU MELATI PALUR PALUR 1
Y33110800150010 POSYANDU PUSPITARUM PALUR 6
Y33110800150014 POSYANDU SARI SEHAT PALUR 11
Y33110800150016 POSYANDU UJI SEHAT 1 PALUR 5
Y33110800150017 POSYANDU UJI SEHAT 2 PALUR 4
Y33110800090006 POSYANDU LESTARI MULYO 1 TRIYAGAN 7
Y33110800090007 POSYANDU LESTARI MULYO 2 TRIYAGAN 1
Y33110800090008 POSYANDU LESTARI MULYO 3 TRIYAGAN 1
Y33110800090009 POSYANDU LESTARI MULYO 4 TRIYAGAN 2
Y33110800090011 POSYANDU LESTARI MULYO 6 TRIYAGAN 2
Y33110800090012 POSYANDU LESTARI MULYO 7 TRIYAGAN 4
b. FASDIK
KODE FASDIK NAMA FASDIK JUMLAH PENDAMPING
S33110800140004 MI BAITUSSALAM JAGANG GADINGAN 19 NIKEN MAHARANI
X33113372001076 SD ISLAM COKROAMINOTO SURAKARTA 2 NIKEN MAHARANI
X33113372002004 SMP TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA 10 NIKEN MAHARANI
X33113372002018 SMPN 27 SURAKARTA 4 NIKEN MAHARANI
S33110800110001 SDN DEMAKAN 01 4 NIKEN MAHARANI
S33110800110002 SDN DEMAKAN 02 17 NIKEN MAHARANI
S33110800110003 SDN DEMAKAN 03 11 NIKEN MAHARANI
S33110800110004 SMPN 2 KENTONGAN 75 NIKEN MAHARANI
S33110800140001 SDN GADINGAN 01 25 NIKEN MAHARANI
S33110800140002 SDN GADINGAN 02 16 NIKEN MAHARANI
S33110800140003 SDN GADINGAN 03 12 NIKEN MAHARANI
X33110800151001 MIS AL AMIN PALUR 4 NIKEN MAHARANI
S33110800150008 MTS AL AMIN NIKEN MAHARANI
S33110800150007 SD MUH. PALUR 6 NIKEN MAHARANI
S33110800150001 SDN PALUR 01 12 NIKEN MAHARANI
S33110800150002 SDN PALUR 02 27 NIKEN MAHARANI
S33110800150003 SDN PALUR 03 6 NIKEN MAHARANI
S33110800150004 SDN PALUR 04 16 NIKEN MAHARANI
S33110800150005 SDN PALUR 05 3 NIKEN MAHARANI
S33110800150006 SDN PALUR 06 14 NIKEN MAHARANI
S33110800090001 SDN TRIYAGAN 01 14 NIKEN MAHARANI
S33110800090002 SDN TRIYAGAN 02 9 NIKEN MAHARANI
X33113372001072 MIS AL ISLAM JAMSAREN SURAKARTA 2 NIKEN MAHARANI
X33113372002030 MTSS NDM SURAKARTA 2 NIKEN MAHARANI
X33113372001066 SD KANISIUS PUCANGSAWIT SURAKARTA 1 NIKEN MAHARANI
X33113372001061 SD MUHAMMADIYAH 6 KAMPUNGSEWU SKA 2 NIKEN MAHARANI
X33113372001067 SDN SAMPANGAN NO. 26 SURAKARTA 1 NIKEN MAHARANI
X33113372001070 SDN WONOSARI NO. 103 SURAKARTA 3 NIKEN MAHARANI
X33113372002035 SMP KRISTEN 3 MARGOYUDAN SURAKARTA 0 NIKEN MAHARANI
X33113372002033 SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA 1 NIKEN MAHARANI
X33113372002034 SMPN 1 SURAKARTA 1 NIKEN MAHARANI
X33113372002036 SMPN 14 SURAKARTA 1 NIKEN MAHARANI
MIS AHMAD MARYAM 1 NIKEN MAHARANI
SMP MIS SURAKARTA 2 NIKEN MAHARANI
SMP JAGALAN NO.81 1 NIKEN MAHARANI
4. Dokumentasi
Gambar 4.1 Verifikasi di SMP N 2 Kentongan
Gambar 4.2 Verifikasi anak PKH diluar wilayah Kebumen
Gambar 4.3 Kunjungan ke rumah KSM yang anaknya sekolah ikut nenek di kecamatan Karang Tengah Wonogiri
Gambar 4.4 Legalitas verifikasi pendidikan di SD 2 PALUR oleh kepala sekolah
Gambar 4.5 Anak SD palur 4, saat berkunjung untuk verifikasi
Gambar 4.6 Rakor dengan pendamping korkab operator dan UPPKH kabupaten
Gambar 4.7 BIMTEK Verifikasi di Embun Pagi

Testimoni

Advertisement
Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog,