Menu

kacamata berkamera berbasis android ala

Feb
18
2012
by : 1. Posted in : blog

kacamata berkamera berbasis android ala 6
Peristiwa Alam di Indonesia dan Negara Tetangga
2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya.
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga.

Perhatikanlah berita akhir-akhir ini! Banyak sekali gejala alam yang terjadi bukan? Gunung Marapi yang mau meletus, badai di daerah laut selatan Pulau Jawa, yang mengakibatkan gelombang tinggi, tanah longsor, banjir lahar dingin di Magelang dan masih banyak lagi. Gejala alam seperti ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, peristiwa alam seperti ini juga terjadi di negera tetangga, seperti Malaysia, Filipina, Taiwan dan lain-lain.
Negara Asia Tenggara secara Astronomi dan geografis terletak berdekatan hal ini berdampak Negara-negara Asia Tenggra memiliki banyak sekali kesamaaan. Kesamaan itu antara lain dalam bentuk iklim, bentang alam, aktivitas vulkanis dan pergeseran lempeng bumi. Hal tersebut memengaruhi juga kesamaan gejala alam yang terjadi di Indonesia dan Negara-negara tetangga. Banyak sekali jenis-jenis peristiwa alam, untuk lebih jelasnya maka akan kita bahas dalam bab berikut ini.
Gambar kota/wilayah yang terkena banjir

A. Keadaan ALam yang Mempengaruhi Gejala ALam
Indonesia adalah Negara yang berbentuk kepulauan yang sangat luas. Selain itu Indonesia juga dilewati oleh garis lintang nol derajad yang dikenal dengan garis Khatulisiwa/ekuator. Karena dilewati oleh garis ekuator maka Indonesia memiliki iklim tropis. Iklim tropis akan mempengaruhi gejala alam yang terjadi di Indonesia, diantaranya adalah Badai Tropis, tanah longsor karena Indonesia memiliki hutan hujan tropis dan lain-lain. Maka dapat kita simpulkan bahwa gejala alam di suatu daerah dipengaruhi oleh letak geografis dan astronomis dan kondisi alam. Untuk lebih jelasnya maka perhatikanlah uraian berikut.
Letak Gografis yang Mempengaruhi Musim
Letak geografs yaitu letak suatu daerah dibandingkan dengan daerah-daerah lain di sekitarnya. Kita ambil contoh Indonesia, letak geografis Indonesia sangat strategis, yaitu berada diantara dua Samudra, Samudra Pasifik dan Hindia dan berada diantara dua Benua yaitu benua Asia dan Benua Australia.
Indonesia juga terletak diantara dua jalur pegunungan lipatan muda, yaitu pegunungan lipatan muda sirkum pasifik dan sirkum medaterania. Keadaan tersebut membuat Indonesia berada di daerah lingkaran api (ring of fire), dikatakan seperti itu karena Sirkum Pasifik dan Medaterania merupakan deretan pegunungan api yang paling aktif di dunia yang berdampak Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi, akibatnya Indonesia sering mengalami gejala alam vulkanisme. Gejala alam vulkanisme adalah gejala alam karena kegiatan gunung berapi, seperti gunung meletus, semburan lava dan lahar, semburan awan panas (wedus gembel), dan gempa bumi vulkanik. Gejala-gejala alam vulkanisme terutama terjadi di Indonesia dan Filipina.
Indonesia juga terletak di pertemuan tiga lempeng, yaitu lempeng Asia, Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Lempeng-lempeng tersebut selalu bergeser dan bila terjadi tabrakan antar lempeng bisa mengakibatkan gempa bumi Tektonik. Tabrakan Lempeng di dasar laut yang berkekuatan besar akan menciptakan Tsunami.
Letak Astronomis yang Mempengaruhi Iklim
Untuk mengetahui iklim pada suatu negara dapat kalian ketahui dari letak astronomisnya. Letak astronomis yaitu letak suatu daerah berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujur. Garis lintang yaitu garis khayal yang memanjang dari barat ke timur sejajar dengan garis khatulistiwa, sedangkan garis bujur yaitu garis khayal yang membujur dari utara ke selatan. Secara Astronomis Indonesia berada pada 60 LU-110 LS dan 950 BT-1410 BT. Letak astronomis memiliki beberapa pengaruh terhadap dinamika kehidupan, di antaranya wilayah berada di zona iklim tropis dan pembagian zona waktu.

Tahukah kamu?
Khatulitiwa.
Khatulistiwa, ekuator atau garis lintang nol derajad adalah sebuah garis imajinasi yang digambar ditengah-tengah planet di antara dua kutub dan pararel terhadap poros rotasi planet. Garis khatulitiwa membagi bumi menjadi dua bagian, belahan bumi selatan dan utara. Panjang garis ini adalah 40.070 km. Beberapa tempat yang dilewati adalah Brasil, Ekuador, Gabon, Kepulauan Galapagos, Indonesia, Kenya, Kolombia, Kongo, Maladewa, Somalia dan Uganda.

Letak Geografis dan Astronomis Mempengaruhi Iklim dan Musim Suatu Daerah
Letak Goegrafis dan Astronomis Indonesia membuat Indonesia memiliki dua musim yang silih berganti, yaitu musim penguhujan dan musim kemarau. Hal tersebut dipengaruhi oleh angin muson timur dan angin muson barat.
Musim Penghujan
Berlangsungnya musim hujan di Indonesia bersamaan dengan bertiupnya angin muson barat dan terjadi antara bulan September dan bulan Maret. Tetapi pada bulan itu gerakan angin belum menentu, sehingga kemungkinan bulan tersebut curah hujannya belum menentu. Secara umum jika iklimnya berjalan normal, musim hujan di Indonesia berlangsung antara bulan Oktober sampai bulan Febuari. Di beberapa wilayahseringkali hujannya sedemikian lebat hingga terjadi banjir. Perlu kalian ketahui bahwa jatuhnya hujan dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah kelembapan udara, topograf, arah dan kecepatan angin, serta temperatur. Hujan di Indonesia dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
a. Hujan Zenital yaitu, hujan karena pemanasan yang sangat kuat sehingga penguapan berlangsung cepat dan berkumpul membentuk awan.
b. Hujan Orografs yaitu, hujan yang terjadi karena angin yang membawa uap air berembus ke pegunungan lalu menurunkan uap air dalam bentuk hujan
Musim Kemarau
Berlangsungnya musim kemarau di Indonesia bersamaan dengan bertiupnya angin musim timur dan terjadi antara bulan Maret-September. Tetapi pada bulan Maret dan September gerakan angin belum menentu, sehingga pada bulan tersebut dapat terjadi turun hujan. Secara umum, jika iklimnya berjalan normal, musim kemarau di Indonesia berlangsung antara bulan April sampai bulan September. Pada saat itu, kelembapan udara sangat rendah sehingga terjadi kekeringan di beberapa daerah Indonesia.
Kondisi negara Indonesia berupa kepulauan menyebabkan iklim Indonesia memiliki ciri yang khas, ciri tersebut adalah.
a. Kondisi langit yang selalu berawan.
b. Curah hujan yang cukup tinggi.
c. Kelembapan udara relatif tinggi, kondisi ini dipengaruhi oleh luasnya daerah perairan di Indonesia.
d. Iklim muson yang menyebabkan Indonesia mendapatkan dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Saatnya Berlatih
I. Uji Pemahaman Materi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
Apa yang dimaksud dengan letak geografis?
Jawab:
Letak geografs yaitu letak suatu daerah dibandingkan dengan daerah-daerah lain di sekitarnya.
Apa yang dimaksud dengan letak astronomis?
Jawab:
Letak astronomis yaitu letak suatu daerah berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujur
Dimana letak geografis Indonesia?
Jawab:
letak geografis Indonesia yaitu berada diantara dua Samudra, Samudra Pasifik dan Hindia dan berada diantara dua Benua yaitu benua Asia dan Benua Australia.
Apa yang dimaksud dengan hujan Zenital?
Jawab:
Hujan Zenital yaitu, hujan karena pemanasan yang sangat kuat sehingga penguapan berlangsung cepat dan berkumpul membentuk awan.
Sebutkan ciri-ciri iklim di Indonesia!
Jawab:
Ciri iklim di Indonesia adalah.
a. Kondisi langit yang selalu berawan.
b. Curah hujan yang cukup tinggi.
c. Kelembapan udara relatif tinggi, kondisi ini dipengaruhi oleh luasnya daerah perairan di Indonesia.
d. Iklim muson yang menyebabkan Indonesia mendapatkan dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

II. Kegiatan Siswa
Lakukan Kegiatan Berikut dengan Penjelasan Guru!
Buatlah kelompok beraanggotakan 4 orang!
Carilah gambar yang memiliki keterangan tentang jenis angin dan awan!
Buatlah kliping dengan berbagai gambar dan keterangan tersebut!
Kumpulkan pada guru untuk mendapat penilaian!

B. Gejala Alam di Indonesia dan Negara-Negara Tetangga
Letak Geografis, Astronomis, Iklim, musim dan cuaca akan mempengaruhi terjadinya gejala alam lainnya yang sudah disinggung diatas. Secara umum terdapat beberapa gejala alam yang sering terjadi. Diantaranya sebagai berikut.
Banjir
Banjir adalah genangan air yang mengalir deras dengan ketinggian melebihi tingkat normal. Sebagian besar negara di dunia pernah mengalami banjir. Berdasarkan penyebabnya ada tiga jenis banjir yaitu.
Banjir yang disebabkan karena curah hujan yang tinggi.
Negara-negara asia tenggara memiliki curah hujan yang cukup tinggi pada saat musim penghujan. Setiap musim penghujan hampir semua daerah di Nusantara sering terjadi banjir. Contoh adalah banjir di Jakarta, Kurang daerah resapan air dan tata kota buruk mengakibatkan banyak daerah di Jakarta tergenag air.
Banjir yang disebabkan meluapnya aliran sungai.
Contoh banjir yang terjadi akibat meluapnya aliran sungai adalah banjir di Jakarta, banjir di Jakarta terjadi akibat dari meluapnya sungai Ciliwung dan banjir di Solo dan daerah aliran sungai Bengawan Solo.
Banjir yang disebabkan air pasang/rob.
Banjir ini terjadi di daerah muara yang berdekatan dengan laut. kesalahan pembangunan kota yang berada di daerah air pasang laut menyebabkan kota tersebut terkena air laut bila laut dalam keadaan pasang. Contohnya adalah Semarang
Negara Malaysia tepatnya di Kuala Lumpur akhir tahun 2006 dilanda bencana alam banjir sehingga lebih dari 30.000 orang mengungsi. Banjir tersebut memutus jalur transportasi jalan dan kereta api di seluruh wilayah negara bagian Johor. Banjir besar juga melanda Singapura bagian utara dan tengah.

Kekeringan
Bencana kekeringan mengakibatkan kesulitan dalam mendapatkan air dan gagal panen. Bencana kekeringan biasa terjadi pada musim kemarau. Selain bencana kekeringan pada musim kemarau sering juga terjadi kebakaran hutan. Hutan mudah terbakar karena banyak kayu dan daun yang kering pada musim kemarau. Negara asia tenggara sering mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang panjang.

Gunung Meletus
Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi, sehingga sering terjadi gejala alam gunung meletus. Selain di darat Indonesia juga memiliki gunung berapi bawah laut yang berada di perairan Sulawesi. Gunung berapi di Indonesia kebanyakan masih aktif, bahkan Gunung Merapi merupakan salah satu gunung teraktif di dunia.
Bahaya dari gunung meletus adalah material yang dikeluarkan oleh gunung tersebut. Material itu dapat berupa lava pijar, lahar, abu vulkanik, awan panas dan batuan panas. Letusan yang besar dan kuat dapat menciptakan hujan material vulkanik. Selain itu letusan gunung dapat menciptakan gempa bumi tektonik. Untuk lebih jelasnya mengenai material vulkanik berikut beberapa pembahasannya.
a. Lava dan aliran pasir serta batu panas. Lava adalah cairan magma dengan suhu tinggi yang mengalir dari dalam Bumi ke permukaan melalui kawah. Lava encer akan mengalir mengikuti aliran sungai sedangkan lava kental akan membeku dekat dengan sumbernya. Lava yang membeku akan membentuk bermacam-macam batuan.
b. Gas vulkanik, yaitu gas yang dikeluarkan gunung berapi pada saat meletus. Gas tersebut, antara lain karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), hidrogen sulfida (H2S), sulfur dioksida (SO2), dan nitrogen (NO2) yang dapat membahayakan manusia.
c. Lahar adalah lava yang telah bercampur dengan batuan, air, dan material lainnya. Lahar sangat berbahaya bagi penduduk di lereng gunung berapi.
d. Awan panas adalah hasil letusan yang mengalir bergulung seperti awan. Di dalam gulungan ini terdapat batuan pijar yang panas dan material vulkanik padat dengan suhu lebih besar dari 600°C.
e. Abu letusan, yaitu material yang sangat halus yang disemburkan ke udara saat terjadi letusan.
Indonesia pernah menglami dua kali letusan gunung berapi terdasyat di dunia sepanjang sejarah. Letusan tersebut adalah letusan gunung Tambora (Sumbawa) dan gunung Krakatau (selat Sunda). Letusan gunung Tambora terjadi tahun 1815, dengan korban sebanyak 92.000 jiwa. Letusan gunung Tambora menciptakan penurunan suhu di bumi, karena debunya menutupi atmosfer dan menghalangi sinar matahari. Letusan gunung Krakarau terjadi pada tahun 1883, dengan memakan korban 36.000 jiwa. Suara letusan gunung tersebut terdengar sampai ke Jepang dan menimbulkan Tsunami setinggi 30 m. Debu gunung Krakatau membuat bumi gelap selama beberapa hari.
(Gambar letusan gunung Tambora)
Peristiwa gunung meletus terbaru di Indonesia adalah letususan gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Korban dapat diminimalisir karena usaha dari pemerintah dan masyarakat Indonesia yang bahu-membahu mengahadapi bencana ini. Kerugian materi tidak dapa dihindarkan dan ribuan orang mengungsi. Bahkan dampak letusan gunung Merapi masih dirasakan hingga tahun 2012, dengan adanya banjir lahar dingin di Magelang dan Jogjakarta. Selain gunung Merapi adalah gunung Marapi dan Bromo yang meletus beberapa waktu yang lalu.
Di Filipina juga terjadi peristiwa alam gunung meletus. Gunung yang sering meletus bernama Gunung Mayon dan Parker. Kedua gunung tersebut sangat menakutkan jika meletus. Gunung Mayon terakhir meletus pada tanggal 17 Juli 2006. Letusan gunung tersebut juga banyak memakan korban jiwa.

Gempa Bumi
Akhir-akhir ini di Indoensia sering terjadi gempa bumi. Gempa bumi adalah Getaran bumi sebagai akibat dari pelepasan energi yang besar secara mendadak. Letak geografis Indonesia yang telah kita jelaskan diatas menyebabkan Indonesia memiliki potensi yang besar terjadinya gempa bumi.
Alat untuk mengukur kekuatan gempa adalah seismograf. Sedangkan besar kecilnya gempa dihitung dengan menggunakan skala Richter. Selain skala Richter, ada pula Skala Mercalli yang juga dapat digunakan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.
Berdasarkan penyebabnya, gempa bumi dibedakan menjadi berikut.
a. Gempa bumi tektonik, yaitu gempa yang terjadi karena adanya pergeseran kerak bumi.
b. Gempa bumi vulkanik, yaitu gempa yang terjadi karena letusan gunung api.
c. Gempa tanah runtuh, yaitu gempa yang disebabkan karena runtuhnya tanah.
Berikut merupakan beberapa peristiwa gempa bumi yang terbesar di Indonesia dan menimbulkan banyak korban.
26 Desember 2004, gempa bumi dahsyat berkekuatan 9,0 skala Richter mengguncang Aceh dan Sumatra Utara sekaligus menimbulkan gelombang tsunami di Samudra Hindia. Bencana alam ini telah merenggut lebih dari 220.000 jiwa.
28 Maret 2005, gempa dengan kekuatan 8,7 SR mengguncang Nias dan Simeulue, 900 orang tewas, ribuan rumah dan jembatan rata dengan tanah.
27 Mei 2006, gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,2 SR mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, kurang lebih pukul 05.55 WIB. Lebih dari 3.000 orang tewas dalam musibah tersebut.
17 Juli 2006, gempa 7,7 SR mengguncang Pangandaran dan pantai di selatan Pulau Jawa, serta memicu terjadinya tsunami. 600 orang tewas dalam musibah itu.
30 September 2009, gempa bumi di Sumatra Barat merupakan gempa tektonik yang berasal dari pergeseran patahan Semangko, gempa ini berkekuatan 7,6 Skala Richter (BMG Indonesia) atau 7,9 Skala Richter (BMG Amerika) mengguncang Padang-Pariaman, Indonesia. Menyebabkan sedikitnya 1.100 orang tewas dan ribuan terperangkap dalam reruntuhan bangunan.
Selain itu masih banyak lagi peristiwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia.
Sedangkan Gempa bumi dahsyat yang datang pada musim dingin bulan Januari 1995 menghancurkan kota Kobe sekitar 500 km sebelah barat Tokyo. Negara Jepang merupakan wilayah yang berisiko tinggi terhadap bahaya gempa bumi dan letusan gunung berapi. Pada tanggal 27 Desember 2006, Taiwan diguncang gempa dengan kekuatan 7,1 Skala Richter. Gempa disertai Tsunami terjadi pada 11 Maret 2010 di Jepang. Gempa menghancurkan pesisir timur laut Jepang menimbulkan banyak kerugian.

Tsunami
Tsunami berasal dari bahasa Jepang “tsu” yang berarti pelabuhan dan “nami” yang berarti gelombang, secara harafiah berarti “ombak besar di pelabuhan”. Tsunami merupakan dampak terjadinya gempa bumi yang mencapai diatas 6,5 SR dan bersumber di kedalaman laut dangka (0-30 m) baik tektonik maupun vukanik. Di Indoenesia pernah mengalami beberapi kali peristiwa Tsunami, berikut beberapa peristiwa Tsunami yang pernah tejadi.
26 Desember 2004, Gelombang tsunami di Samudra Hindia dan menerjang Aceh dan Sumatra Utara, selain itu juga menerjang Bangladesh. Tsunami tersebut diakibatkan gempa bumi dahsyat berkekuatan 9,0 skala Richter.
26 Oktober 2010, tsunami yang diakibatkan gempa bumi di Mentawai berskala 7,2 Skala Ritcher.
Tsunami Cilacap dan Pangandaran.
Peristiwa Tsunami terbaru adalah Tsunami Jepang yang terjadi pada tanggal 11 Maret 2011,seperti yang dejelaskan diatas.
(gambar tsunami aceh/jepang)
Angin
Masih ingatkah kamu bahwa angin selalu bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah. Angin puting beliung terjadi jika suatu tempat mempunyai tekanan udara minimum, sedangkan tekanan udara di sekitarnya maksimum. Akibatnya angin dari segala penjuru bergerak ke tempat yang bertekanan minimum dan kemudian membentuk pusaran. Pusaran inilah kemudian disebut puting beliung.
Kejadian Puting Beliung terbaru adalah yang menerpa Padang, Sumatera Barat dan Wonosobo pada tanggal 17 Januari 2012. Akibatnya adalah banyak warga yang terluka dan rumah yang rusak.
Badai tropis Chancu, Lekima, Pabuk, dan Toraji adalah jenis badai yang sering melanda daerah utara Vietnam. Pada tahun 2006 lebih dari enam ratus orang meninggal dunia akibat bencana ini. Banjir dan badai telah meminta korban nyawa sebanyak 86 orang di Vietnam pada tahun 2007. Di Myanmar terjadi angin topan Nargis pada 2008. Angin topan Nargis menewaskan ribuan orang. Angin ini menerjang denngan kecepatan 190 KM/jam dan menyebabkan kerusakan parah. Di Filipina terjadi angin topan Mirinae pada November 2009. Topan Mirinae menewaskan 14 orang di Filipina, ribuan orang mengungsi dan 5.500 rumah rusak.

El Nino dan La Nina
El Nino dan La Nina merupakan bentuk gejala penyimpangan iklim. La Nina adalah proses mendinginnya suhu permukaan air laut di bawah rata-rata pada kawasan Pasifik Timur dan Tengah di sekitar khatulistiwa. Oleh karena itu, gejala alam ini membawa pengaruh cuaca basah. Gejala La Nina ditandai dengan tetap tingginya curah hujan, badai tropis, dan banjir pada tempat tertentu serta pada saat seharusnya curah hujan sudah mulai menurun.
El Nino adalah gejala menghangatnya temperatur permukaan air laut di atas rata-rata pada kawasan Pasifik Timur dan Tengah yang biasanya ditandai dengan panas yang tidak normal yang mengganggu pola curah hujan dan angin. Ini terjadi setiap dua hingga tujuh tahun sekali. Perubahan tekanan udara di atas Samudra Pasifik menyebabkan angin tropis bertiup menuju khatulistiwa. Hal ini mengakibatkan permukaan perairan menjadi hangat. Suhu panas yang ditimbulkan El Nino dapat mematikan banyak ikan dan burung laut karena menghambat naiknya perairan dingin yang kaya nutrisi ke permukaan.

Pemanasan Global (global warming)
Pemanasan global adalah gejala alam di mana suhu atmosfir bumi naik. Penyebabnya adalah banyaknya pemakaian rumah kaca dan banyaknnya pembuangan gas sisa pembakaran. Gas sisa pembakaran dihasilka oleh kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik industri. Dampak pemanasan global dialami oleh umat manusia di seluruh dunia. Berikut ini beberapa dampak pemanasan global.
1. Es di kutub utara dan di kutub selatan mulai mencair.
2. Karena es di kutub mencair permukaan air laut naik.
3. Naiknya permukaan air laut menyebabkan banjir di beberapa daerah.
4. Perubahan musim tidak teratur. Dampak perubahan musim yang tidak menentu dirasakan oleh petani-petani di Indonesia. Para petani, terutama petani padi, sering gagal panen.

Tanah Longsor
Tanah longsor terkait erat dengan banjir. Perbedaannya, banjir terjadi di daerah yang rendah atau relatif lebih rendah dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sedangkan tanah longsor terjadi di wilayah yang berupa lereng yang strukturnya lemah. Tanah longsor yang hanyut di sungai bisa menyebabkan banjir.
Sebelum terjadinya tanah longsor, biasanya didahului tanda-tanda tertentu. Hujan berlangsung lama. Muncul suara dan getaran kecil di atas lereng. Kemudian terjadi longsoran-longsoran kecil. Bila muncul tanda-tanda akan terjadi longsor, sebaiknya penduduk diungsikan. Bisa juga dilakukan tindakan proaktif. Penduduk yang bertempat tinggal di lereng yang rawan longsor direlokasi. Untuk kepentingan ini tentunya fasilitas dari pemerintah sangat dibutuhkan.
Tanah longsor juga terjadi di negara Filipina, tepatnya di Desa Guinsaigon, Saint Bernard, sebelah selatan Pulau Leyte, Filipina Tengah. Ratusan rumah terkubur akibat bencana tanah longsor ini. Hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut secara berturut-turut merupakan penyebab terjadinya tanah longsor ini.
Saatnya Berlatih

I. Uji Pemahaman Materi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Sebutkan apa saja material yang dikeluarkan pada saat gunung meletus!
Jawab:
Material yang dikeluarkan oleh gunung saat meletus berupa lava pijar, lahar, abu vulkanik, awan panas dan batuan panas.
Apa yang dimaksud dengan Banjir?
Jawab:
Banjir adalah genangan air yang mengalir deras dengan ketinggian melebihi tingkat normal.
Jelaskan apa itu gempa bumi tektonik!
Jawab:
Gempa bumi tektonik, yaitu gempa yang terjadi karena adanya pergeseran kerak bumi.
Mengapa letusan gunung Tambora dan Krakatau termasuk letusan terdashyat di dunIa?
Jawab:
Letusan gunung Tambora dan Krakatau termasuk letusan terdahsyat di dunia karena ledakannya menimbulkan dampak yang luar biasa bagi dunia, debu vulkaniknya menutupi atmosfer, menyebabkan penurunan suhu bumi secara drastis dan menutupi cahaya matahari, selain itu juga menibulkan korban yang sangat banyak padahal penduduk dahulu belum sepadat sekarang dan lain-lain.
Apa yang dimaksud dengan pemanasan global?
Jawab:
Pemanasan global (global warming) adalah gejala alam di mana suhu atmosfir bumi naik. Penyebabnya adalah banyaknya pemakaian rumah kaca dan banyaknnya pembuangan gas sisa pembakaran.

II. Kegiatan Siswa
Lakukan kegiatan berikut!
Buatlah kelompok dengan anggota 5 orang!
Setiap kelompok membahas satu gejala alam!
Bahaslah mengenai apa yang anda lakukan jika terjadi gejala alam sesuai dengan bahasan masing-masing!
Tulislah hasilnya di buku tugas untuk dikumpulkan pada guru dan dibahas bersama-sama!

Kosakata Penitng
Atmosfir : lapisan udara yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 300 km.
Garis astronomis : garis yang menunjukkan koordinat garis lintang dan garis bujur
Garis bujur : garis-garis khayal yang membujur dari arah utara ke arah selatan sejajar dengan sumbu bumi
Garis lintang : garis-garis khayal yang melintang terhadap sumbu bumi dari arah barat ke timur sejajar dengan garis khaltulistiwa
Garis equator : garis khaltulistiwa
Lava : cairan yang menyerupai bubur panas yang keluar dari gunung berapi yang meletus.
Magma : Lelehan batuan pada kerak bumi yang sangat panas.

Uji Kompetensi
A.
Berikut bukan termasuk letak Indonesia adalah ….
a. Indonesia diantara dua benua, Benua Asia dan Australia
b. Indonesia terletak diantara dua jalur pegunungan lipatan muda
c. Indonesia berada pada 60 LU-110 LS dan 950 BT-1410 BT
d. Indonesia berada diantara Samudra Pasifik dan Atlantik
jawab: d
pembahasan
Indonesia terletak diantara Samudra Pasifik dan Hindia, bukan Pasifik dan Atlantik.

Gempa bumi yang terjadi karena aktivitas lempeng tektonik disebut dengan ….
a. gempa vulkanik
b. gempa runtuhan
c. gempa tektonik
d. gempa bumi’
jawab: c
pembahasan
gempa tektonik adalah gempa yang terjadi akibat aktivitas lempeng tektonik

Musim penghujan disebabkan oleh angin ….
a. muson timur
b. muson barat
c. muson utara
d. muson selatan
jawab: b
pembahasan
angin muson barat adalah angin yang bertiup dari samudra menuju benua, sehingga membawa air yang menyebabkan hujan.

Kota yang menjadi langganan banjir rob adalah ….
a. Palembang
b. Solo
c. Palangkaraya
d. Semarang
jawab: d
pembahasan
karena pembangunan kota Semarang yang berada di wilayah pasang air laut membuat Semarang menjadi langganan banjir rob

Gas yang dikeluarkan oleh letusan gunung berapi, kecuali ….
a. CO2
b. H2S
c. O2
d. NO2
jawab: c
pembahasan
O2 adalah oksigen, saat gunung meletus tidak ada oksigen yang dikeluarkan

Gunung Krakatau terletak di ….
a. Sunda
b. NTT
c. Sumbawa
d. Lombok
jawab: a
pembahasan
gunung Krakatau terletak di daerah Sunda tepatnya di Selat Sunda

Lava yang telah bercampur dengan batuan, air, dan material lainnya disebut ….
a. cairan vulkanik c. magma
b. lahar d. lava
jawab: b
pembahasan
Lahar adalah lava yang telah bercampur dengan batuan, air, dan material lainnya.

Gunung Merapi di Jawa Tengah meletus terakhir kali tahun ….
a. 2008
b. 2009
c. 2010
d. 2011
jawab: c
pembahasan
gunung Merapi terakhir meletus tahun 2010

Gempa di Aceh termasuk kedalam gempa ….
a. vulkanik
b. tektonik
c. runtuhan
d. susulan
jawab: b
pembahasan
gempa di Aceh merupakan gempa tektonik, karena akibat benturuan lempeng Eurasia dan lempeng Australia

Gempa yang berpotensi terjadi Tsunami bila berkekuatan lebih dari ….
a. 4.5 SR
b. 5 SR
c. 5.5 SR
d. 6.5 SR
jawab: d
pembahasan
gempa yang berpotensi terjadinya Tsunami bila berkekuatan lebih dari 6.5 SR dan berpusat di laut dangkal (0-30m)

Topan yang menerjang negara Filipina adalah topan ….
a. Nargis
b. Mirnae
c. Cahncu
d. Catrina
jawab: b
pembahasan
topan yang menerjang Filipina adalah Topan Mirinae pada November 2009

Akibat dari El Nino dan La Nina adalah ….
a. mengganggu pola hujan dan angin
b. bertiupnya angin panas
c. terjadinya badai besar
d. hujan es
jawab: a
pembahasan
El Nino dan La Nina adalah penyimpangan iklim yang tejadi di kawasan Pasifik yang menyebabkan penyimpangan pola hujan dan angin, selin itu juga menyebabkan kematian pada ikan.

Berikut bukan termasuk penyebab terjadinya tanah longsor adalah ….
a. Hujan yang terus-menerus
b. Hutan yang gundul
c. Bukit yang dijadikan lahan pertanian
d. Hujan yang sangat deras
jawab: d
pembahasan
hujan yang sangat deras tidak akan menyebabkan longsor jika terjadi sebentar saja

Selain Indonesia negara Asia Tenggara yang sering terjadi gunung meletus adalah ….
a. Malaysia
b. Filipina
c. Myanmar
d. Singapura
jawab: b
pembahasan
Negara selain Indonesia yang sering terjadi gunung meletus adalah Filipina karena Filipina juga dilewati barisan pegunungan berapi muda sabuk Pasifik yang sangat aktif

Salah satu Provinsi di Indonesia yang pernah dilanda Tsunami adalah ….
a. Jawa Barat
b. Kalimatan Timur
c. Sumatra Selatan
d. Sulawesi Tengah
jawab: a
pembahasan
Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang pernah terkena Tsunami, Tsunami terjadi di Pantai Pangandaran

B. Isian
Gempa yang disebabkan aktivitas gunung berapi adalah gempa ….
Jawab: Vulkanik
Pembahasan
Gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan aktivitas vulkanik/gunung meletus

Tingkat kekuatan gempa diukur menggunakan …
Jawab: Seismograf
Pembahasan
Alat pengukur kekuatan gempa bernama Seismograf dengan satuan Scala Richter

Tsunami terjadi setelah peristiwa ….
Jawab: Gempa Bumi
Pembahasan
Tsunami terjadi setelah adanya gempa bumi yang berkekuatan diatas 6.5 SR di laut dangkal. Gerakan bumi akan mendorong air laut menuju ke daratan itulah yang disebut Tsunami

Gempa yang diakibatkan oleh runtuhnya lapisan tanah atau bebatuan disebut gempa ….
Jawab: Runtuhan
Pembahasan
Sudah jelas

Penebangan hutan besar-besaran dapat menyebabkan bencana ….
Jawab: Tanah longsor
Pembahasan
Penebangan hutan akan menyebabkan hutan gundul dan tidak mampu menyerap air, selain itu partikel tanah menjadi mudah terurai dan akhirnya mudah longsor.

Genangan air yang melebihi batas normal adalah ….
Jawab: banjir
Pembahasan:
Banjir adalah genangan air yang mengalir deras dengan ketinggian melebihi tingkat normal, istilah lain dari banjir adalah air bah.

Tsunami besar dan menimbulkan banyak sekali koraban nyawa terjadi di provinsi ….
Jawab: Aceh
Pembahasan
26 Desember 2004, gempa bumi dahsyat berkekuatan 9,0 skala Richter mengguncang Aceh dan Sumatra Utara sekaligus menimbulkan gelombang tsunami di Samudra Hindia. Bencana alam ini telah merenggut lebih dari 220.000 jiwa.

Tsunami berasal dari bahasa ….
Jawab: Jepang
Pembahasan
Tsunami berasal dari bahasa Jepang “tsu” yang berarti pelabuhan dan “nami” yang berarti gelombang, secara harafiah berarti “ombak besar di pelabuhan”.

Tanah longsor terjadi di Filipina di Desa ….
Jawab: Desa Guinsaigon.
Pembahasan
Tanah longsor juga terjadi di negara Filipina, tepatnya di Desa Guinsaigon, Saint Bernard, sebelah selatan Pulau Leyte, Filipina Tengah. Ratusan rumah terkubur akibat bencana tanah longsor ini.

Menghangatnya temperatur permukaan air laut di atas rata-rata disebut dengan ….
Jawab: Wl Nino
Pembahasan
El Nino adalah gejala menghangatnya temperatur permukaan air laut di atas rata-rata pada kawasan Pasifik Timur dan Tengah yang biasanya ditandai dengan panas yang tidak normal yang mengganggu pola curah hujan dan angin.

C. Uraian
Sebutkan dampak dari pemanasan global!
Jawab:
Dampak dari pemanasan global adalah sebagai berikut.
a. Es di kutub utara dan di kutub selatan mulai mencair.
b. Karena es di kutub mencair permukaan air laut naik.
c. Naiknya permukaan air laut menyebabkan banjir di beberapa daerah.
d. Perubahan musim tidak teratur.

Sebutkan tanda-tanda dari gejala alam La Nina!
Jawab
La Nina ditandai dengan tetap tingginya curah hujan, badai tropis, dan banjir pada tempat tertentu serta pada saat seharusnya curah hujan sudah mulai menurun.

Sebutkan Lempeng apa saja yang bertemu di Indonesia?
Jawab:
Lempeng yang bertemu di Indonesia yaitu lempeng Asia, Indo-Australia, dan lempeng Pasifik.

Apa yang dimaksud dengan hujan Zenital?
Jawab:
Hujan Zenital hujan adalah karena pemanasan yang sangat kuat sehingga penguapan berlangsung cepat dan berkumpul membentuk awan.

Mengapa letusan Gunung Krakatau menjadi salah satu terdahyast di sepanjang sejarah?
Jawab:
Letusan gunung Krakarau pada tahun 1883 menajadi salah satu letusan gunung terdahsyat sepanjang sejarah karena selain memakan korban 36.000 jiwa. Suara letusan gunung tersebut terdengar sampai ke Jepang dan menimbulkan Tsunami setinggi 30 m. Debu gunung Krakatau membuat bumi gelap selama beberapa hari.

perbaikan
Wilayah Indonesia rawan terjadi bencana gempa bumi, karena terletak di …..
Jawab: pertemuan tiga lempeng dan dua barisan pegunungan berapi muda
Pembahasan
Sudah jelas
Hujan yang terjadi karena angin yang membawa uap air yang berembus ke pegunungan dan menurunkan hujan disebut hujan ….
Jawab: Orografis
Pembahasan
Sudah jelas
Letusan yang mengalir bergulung terdiri dari material vulkanik panas, disebut …
Jawab: awan panas
Pembahasan
Awan panas adalah hasil letusan yang mengalir bergulung seperti awan. Di dalam gulungan ini terdapat batuan pijar yang panas dan material vulkanik padat dengan suhu lebih besar dari 600°C.

Gempa Sumatra Barat terjadi pada tanggal ….
Jawab: 30 September 2009
pembahasan
30 September 2009, gempa bumi di Sumatra Barat merupakan gempa tektonik yang berasal dari pergeseran patahan Semangko, gempa ini berkekuatan 7,6 Skala Richter (BMG Indonesia) atau 7,9 Skala Richter (BMG Amerika) mengguncang Padang-Pariaman, Indonesia. Menyebabkan sedikitnya 1.100 orang tewas dan ribuan terperangkap dalam reruntuhan bangunan.

angin bergerak dari tempat bertekanan ….. ke tempat bertekanan ….
Jawab: bertekanan tinggi ke tekanan rendah
Pembahasan
Sudah jelas

B. Uraian
Sebutkan keadaan apa saja yang berpotensi menciptakan Tsunami!
Jawab:
Keadaan yang menyebabkan Tsunami adalah gempa yang berkekuatan lebih dari 6.5 SR dan pusat gempa berada di laut dangkal (0-30m).
Apa yang dimaksud dengan angin Puting Beliung?
Jawab:
Angin puting beliung adalah angin yang terjadi jika suatu tempat mempunyai tekanan udara minimum, sedangkan tekanan udara di sekitarnya maksimum. Akibatnya angin dari segala penjuru bergerak ke tempat yang bertekanan minimum dan kemudian membentuk pusaran. Pusaran inilah kemudian disebut puting beliung.
Jelaskan apa yang dimaksud El Nino!
Jawab:
El Nino adalah gejala menghangatnya temperatur permukaan air laut di atas rata-rata pada kawasan Pasifik Timur dan Tengah yang biasanya ditandai dengan panas yang tidak normal yang mengganggu pola curah hujan dan angin.
Sebutkan tiga daerah yang pernah terkena Tsunami di Indonesia!
Jawab:
Daerah yang pernah terkena Tsunami di Indonesia adalah Aceh, Sumatra Utara, Mentawai dan Pangandaran (Jawa Barat).
Bagaimana ciri khas iklim di Indonesia yang merupakan negara kepulauan?
Jawab:
Kondisi negara Indonesia berupa kepulauan menyebabkan iklim Indonesia memiliki ciri yang khas, ciri tersebut adalah.
a. Kondisi langit yang selalu berawan.
b. Curah hujan yang cukup tinggi.
c. Kelembapan udara relatif tinggi, kondisi ini dipengaruhi oleh luasnya daerah perairan di Indonesia.
d. Iklim muson yang menyebabkan Indonesia mendapatkan dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

pengayaan
lakukan kegiatan berikut!
Bentuklah kelompok dengan anggota 5 orang!
Carilah berita dan gambar mengenai bencana di Indoensia!
Buatlah kliping dengan hasil yang anda dapatkan!
Setelah selesai kumpulkan kepada guru untuk mendapat penilaian!

Karakter Anak Bangsa
Indonesia merupakan daerah rawan bencana, sebaiknya kita mempelajari gejala-gejala alam yang terjadi agar dapat mengantisipasi terjadinya bencana alam. Kita tidak bisa mengalahkan alam tetapi kita bisa menghindari dan mengantisipasi bencana alam.

BAB 7
Menghadapi Bencana Alam

SK
2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya.
KD
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.

Seperti yang telah disinggung dalam bab sebelumnya, letak geografis Indonesia membuat negara ini rawan terjadinya bencana alam. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan dimana tiga lempeng besar bertemu, sehingga berpotensi terjadi gempa tektonik. Tiga lempeng tersebut adalah lempeng Indo–Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifk. Kemudian Indonesia juga terletak di pertemuan barisan pegunungan berapi muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania, hal tersebut mengakibatkan potensi bencana letusan gunung berapi. Keaadaan ini diperparah dengan perusakan alam dan pembangunan yang tidak memperhatikan alam. Sehingga alam Indonesia rusak dan menambah penyebab terjadinya bencana alam.

A. Faktor Penyebab Terjadinya Bencana
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang menyebabkan kerusakan, kesusahan, kerugian, atau penderitaan; kecelakaan, bahaya, dan sebagainya yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat. Bancana alam menimbulkan kerusakan dan sering juga menibulkan korban jiwa.
Bencana alam dapat terjadi karena dua faktor yaitu karena faktor alam itu sendiri dan faktor kecerobohan atau keserakahan manusia dalam mengeksploitasi sumber daya alam.
Faktor Alam
Faktor alam adalah bencana yang disebabkan oleh gejala/peristiwa yang terjadi di alam. Contohnya adalah gempa bumi, Tsunami, badai, angin topan dan letusan gunung berapi.
Faktor Manusia
Bencana alam dapat terjadi akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Manusia cenderung mengeksploitasi alam tanpa memperhatikan keseimbangan alam dalam jangka panjang. Penebangan hutan sembarangan dan bukit-bukit yang dijadikan lahan pertanian tanpa pertimbangan membuat terjadinya bencana tanah longsor. Pembangunan di daerah resapan air dan pasang air sungai maupun laut, selain itu juga pembuangan sampah disungai membuat aliran sungai tersumbat mendorong terjadinya banjir. Pembangunan pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor yang tidak ramah lingkungan mendorong pemanasan global yang mengakibatkan musim dan cuaca yang tidak menentu menyumbang terjadinya kekeringan dan banjir.

B. Cara Menghadapai Bencana Alam
Tsunami Aceh pada tahun 2004 dan Gempa Jogja pada tahun 2005 yang menimbulkan banyak sekali korban jiwa dan materi telah menampar dan menyadarkan bangsa Indonesia bahwa Indonesia adalah daerah rawan bencana. Seluruh lapisan masyarakat mulai mengembangkan dan mencari jalan bagaimana mengatasi masalah tersebut. Manusia tidak dapat menolak bencana dan mencegah bila itu sudah terjadi, tetapi manusia dapat mencegah dan mengurangi resiko bencana sehingga jatuhnya korban dapat ditekan sesedikit mungkin. Sekarang pemerintah telah mendirikan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPN) di tingkat pusat dan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPPD) di tingkat Provinsi. Badan ini bertugas dalam penanggulangan bencana, baik pra bencana (sebelum), terjadinya bencana, dan pasca bencana (sesudah).
Adapun cara-cara bagaimana menghindari dan menghadapi bencana adalah sebagai berikut ini.
Banjir
Banjir merupakan peristiwa alam yang paling sering terjadi dan hampir terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, terutama di daerah dataran rendah dan dekat dengan aliran sungai. Faktor-faktor tersebut antara lain:
a. hutan yang gundul sehingga air yang turun langsung menuju ke pemukiman bumi dan tidak ada yang menyerapnya;
b. air laut, sungai, atau danau yang meluap dan menggenangi daratan.
c. daerah resapan air di daerah pemukiman yang kurang;
d. pendangkalan sungai;
e. selokan/saluran air yang tersumbat karena pembuangan sampah yang sembarangan;
f. pembuatan saluran air yang tidak memenuhi syarat; dan
g. pembuangan sampah yang sembarangan, ke aliran sungai.
Terjadinya banjir memiliki beberapa tahapan, sehingga kita bisa waspada dan melakukan tindakan dalam menanggulangi banjir. Tahapan tersebut adalah sebagai berikut.
Hujan deras dan terus menerus tidak menandakan akan reda dalam beberapa hari. Dalam tahap ini kalian sebaiknya siaga terutama yang berada wilayah langganan dan berpotensi banjir.
Air sungai mulai naik hampir melebihi tanggul sungai. Dalam tahap ini kalian sebaiknya berkemas-kemas untuk mengungsi.
Air mulai masuk ke pemukiman biasanya naik sedikit-demi sedikit kecuali banjir bandang dan tanggul jebol. Pada tahap ini kalian mulai mengungsi.
Banjir dapat dicegah dengan mengetahui faktor-faktor penyebab banjr. Cara mencegah terjadinya banjir, antara lain sebagai berikut.
a. Reboisasi, yaitu menanam kembali hutan yang gundul.
b. Tebang pilih, yaitu tidak sembarangan menebang pohon. Penebangan pohon benar-benar dipilih, mana yang siap untuk ditebang.
c. Pembangunan berencana, yaitu membangun dengan mempertimbangkan daerah resapan air.
d. Kerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat saluran air dan sungai.
e. Tidak membuang sampah sembarangan.

Gempa Bumi
Gempa bumi merupakan bencana alam yang telah ada bersamaan dengan adanya gerakan dari Bumi. Gempa bumi tidak bisa dicegah dan ditolak dan Indonesia adalah daerah yang memiliki potensi besar terjadinya gempa bumi tektonik dan vulkanik. Karena sifatnya seperi itu maka upaya yang paling tepat adalah Mitigasi. Mitigasi adalah meningkatkan ketahanan dan kesiap-siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam sehingga risiko bencana alam dapat dikurangi.
Manusia telah melakukan penelitian dan mengembangkan pengetahuan tentang gempa bumi. Gempa bumi terjadi secara mendadak, tetapi terdapat gejala alam yang merupakan tanda akan terjadinya gempa bumi. Berikut gejala alam yang merupakan tanda akan terjadinya gempa bumi.
a. Adanya awan yang berbentuk aneh seperti angin tornado/pohon/batang, bentuknya berdiri, itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi. Awan yang berbentuk aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan besar dari dasar bumi, sehingga gelombang elektromagnetis tersebut menghisap daya listrik di awan. Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tetapi kemunculan awan gempa seperti itu tidak selalu berarti akan ada gempa.
b. Menguji medan elektromagnetis di dalam rumah dengan cara berikut.
1) Cek siaran televisi, apakah tiba-tiba salurannya terganggu tanpa sebab apa pun.
2) Coba kamu minta orang lain mengirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang diterima berantakan atau tidak.
3) Matikan aliran listrik dan cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang walaupun tak ada arus listrik
c. Perhatikan perilaku hewan-hewan yang ada di sekitarmu, apakah hewan-hewan tersebut bertingkah laku aneh atau tidak. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis.
d. Perhatikan apakah air tanah tiba-tiba menjadi surut atau tidak seperti biasanya surut dengan cepat.
Jika empat tanda ini ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Empat tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan memang akan ada gempa. Selain itu carilah informasi mengenai siklus tahunan gempa bumi, apakah lima tahun, enam tahun dan seterusnya. Karena jika sudah terjadi gempa bumi besar dan berkelanjutan, dalam beberapa tahun kemudian akan tenang kembali. Hal itu disebabkan karena bumi dan lempeng bumi selalu bergerak untuk mencari kesetabilan, bila terjadi gempa besar dan berkali-kali itu tandanya terjadi tabrakan lempang (puncak gempa bumi), setelah itu maka akan setabil dalam beberapa tahun kemudian. Bila mendekati puncak maka harus sering-sering memperhatiakan gejala-gejala alam seperti yang tersebut diatas.
Saat terjadi gempa bumi secepatnya kalian keluar dari bangunan dan menuju ketempat yang terbuka. Jatuhnya jiwa pada saat terjadi gempa bumi diakibatkan karena bangunan yang runtuh dan benda-benda yang berjatuhan maka kalian disarankan segera keluar menuju tempat terbuka. Bila benar-benar tidak memungkinkan untuk keluar maka kalian berlindung di pojok suatu bangunan dan melindungi kepala kalian. Pojok bangunan bila memenuhi standar terbukti tidak mudah runtuh saat terjadi gempa. Mencari triangle of life atau segitiga kehidupan, segitiga kehidupan adalah almari yang kuat dan tidak ada barang yang berat didalamnya, kemudian jatuh dan tertahan meja/tempat tidur sehingga menciptakan ruang kosong yang aman dari jatuhnya reruntuhan.
Gambar triangle of life gempa bumi

Tsunami
Tsunami merupakan bencana alam yang menciptakan kerusakan yang sangat besar. Gelombang tsunami meluluh lantahkan semua yang dilewatinya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya tsunami merupakan dampak dari gempa bumi yang pusatnya di dalam laut dangkal (0-30 m). sebelum terjadi tsunami, biasa muncul tanda-tanda sebagai berikut.
a. Air laut yang surut secara tiba-tiba.
b. Aroma garam yang sangat menyengat.
c. Dari kejauhan tampak gelombang putih dan suara gemuruh yang sangat keras.
Belajara dari pengalaman tsunami yang terjadi dan negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat, Indonesia mengbangkan beberapa cara untuk melakukan mitigasi bencana tsunami. Hal tersebut dilakukan untuk menekan sesedikit mungkin korban dan kerugian. Berikut beberapa langkah yang ditempuh.
Melakukan pemetaan daerah rawan bencana tsunami.
Memasang sistem peringatan dini tsunami, yang disebarkan melalui telefon genggam.
Mendirikan sirene dan kode tertentu sebagai tanda segera melakukan evakuasi.
Membuat jalur evakuasi dan tempat penampungan sementara yang dirasa aman.
Melakukan pelatihan dan penelitian tentang bencana tsunami, agar penduduk memilki pengetahuan yang cukup dalam menghadapi tsunami.
Berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan aparat yang terkait untuk melakukan simulasi/latihan bersama, sosialisasi dan pemberian informasi mengenai bencana tsunami.
Selalu waspada dengan gejala-gejala yang tidak biasa yang terjadi.
Menanami daerah pantai dengan tumbuhan bakau, agar dapat mengurangi kekuatan gelombang tsunami yang menerjang.
Dan jika terjadi tsunami kalian harus berlari menjauh dari arah datangnya gelombang tsunami dan naik ke tempat yang tinggi dan kuat.
Gunung Meletus
Bencana gunung meletus lebih dapat diprediksi karena terjadi dalam beberapa tahapan. Tahapan tersebut dipantau dari aktivitas gunung berapi menggunakan Seismograf dan pengamatan langsung seperti asap dan gas yang dikeluarkan oleh gunung berapi. Pengamatan dilakukan oleh BMKG, sekaligus yang menentukan tahapan atau status sebuah gunung berapi. Tahapan tersebut terdiri dari beberapa status sebagai berikut.
Normal (tingkat I).
Waspada (tingkat II, penduduk dan petugas meningkatkan kewapadaan dan pengecekan segala keperluan).
Siaga (tingkat III, penduduk dan petugas bersiap memulai rangkaian evakuasi).
Awas (tingkat IV, semua penduduk harus sudah dievakuasi).
Walaupun relatif bisa diprediksi tetapai ketepatan prediksi hanya sebatas fase/status yang telah disebutkan diatas. Gunung yang akan meletus biasanya memiliki beberapa tanda-tanda. Tanda-tanda tersebut antara lain sebagai berikut.
Peningkatan aktivitas seismik (gempa bumi) di wilayah gunung berapi.
Adanya gas yang keluar melalui kawah atau lubang gunung berapi. Kawah lubang tempat keluarnya gas ini disebut fumarol.
Retakan pada gunung berapi dan daerah sekitarnya semakin banyak.
Muncul bau belerang yang sangat menyengat.
Muncul suara gemuruh pada saat magma di dalam gunung bergerak naik. Kadang-kadang seluruh lereng gunung membesar karena tekanan magma.
Hewan-hewan bergerak menuruni gunung.
Adapun persiapan dalam menghadapi letusan gunung berapi, antara lain:
a. mengenali daerah setempat dan menentukan tempat yang aman untuk mengungsi;
b. membuat perencanaan penanganan bencana;
c. mempersiapkan pengungsian jika diperlukan;
d. mempersiapkan kebutuhan dasar.
Saat terjadi letusan gunung berapi sebaiknya kalian mengikuti arahan dari aparat yang bertugas, baik BPBD, BMKG, Regu Penyelamat, Tentara, Polisi dan lain-lain. Bila diminta untuk mengungsi sebaiknya segera mengungsi karena letusan gunung berapi sangat berbahaya. Berikut beberapa bahaya dari letusan gunung berapi.
Letusan gunung berapi memiliki suara yang sangat keras dan memekakkan telinga.
Semburan yang keluar dari kawah gunung berapi menghalangi cahaya matahari. Akibatnya, daerah di sekitar letusan akan menjadi sangat gelap. Manusia tidak bisa bekerja.
Abu atau debu akan sangat mengotori daerah sekitar dan menganggu kesehatan, selin itu dapat merusak kendaraan, ban, rem dan sebaginya.
Letusan gunung berapi dengan banyak material yang dikeluarkan dapat meluluhlantahkan daerah sekitar.
Mengeluarkan gas beracun dan uap air, lava dan sebagainya yang sangat panas, mencapai lebih dari 500 derajad Celcius.
Letusan gunung berapi dapat menyebabkan terjadinya gempa bumi yang kadang-kadang sangat dahsyat dan mematikan.
Gambar ledakan Gunung Merapi

Tanah Longsor
Longsor biasanya terjadi karena pepohonan yang berada di daerah perbukitan atau pegunungan habis ditebang oleh manusia, sehingga ketika tiba saatnya musim hujan, tanah tersebut tidak mampu bertahan dan mengakibatkan longsor. Pohon-pohon yang ditebang mengakibatkan air hujan yang diserap oleh tanah tidak dapat bertahan lama karena volume air yang besar mengakibatkan tanah menjadi lemah dan akibatnya tanah menjadi lonsor yang terbawa oleh air dan menerjang daerah-daerah dibawahnya.
Apabila kamu telah mendengar informasi mengenai gejala akan terjadinya tanah longsor, lakukan hal-hal berikut ini.
a. Waspadai turunnya hujan deras secara terus-menerus bila kalian tinggak di kawasan bukit atau pegunungan.
b. Rawat dan simpanlah dokumen-dokumen penting.
c. berkemas-kemaslah, bawalah barang-barang penting dan mudah dibawa seperti telefon genggam, uang, pakaian secukupnya, kebutuhan hidup dasar.
d. Ajaklah orang tuamu untuk mengungsi ke tempat saudaramu yang jauh dari lokasi tersebut.
e. Tetap tenanglah di tempat pengungsian sambil memantau kondisi dan berita yang pasti dari pemerintah setempat.

Badai, Puting Beliung dan Topan
Badai adalah angin kencang yang menyertai cuaca buruk. Badai datang secara tiba-tiba. Badai yang sering terjadi di Indonesia adalah badai topan. Umumnya badai topan terjadi di daerah khatulistiwa. Badai ini terjadi ketika timbul angin yang berkecepatan sangat tinggi.
Untuk menghadapi angin besar seperti badai, topan dan puting beliung lakukan langkah-langkah berikut ini.
Ikuti terus perkembangan cuaca melalui siaran radio dan televisi.
Apabila informasi prakiraan cuaca menyebutkan bahwa badai topan akan menyerang tempat tinggalmu dalam jangka waktu yang lama, segeralah mengungsi ke tempat yang aman.
Kalau kamu sedang berada di dalam rumah atau dalam sebuah gedung, segeralah meninggalkan gedung atau rumah tersebut begitu badai angin topan melanda. Berlarilah ke tempat yang tidak ada bangunan dan pohon.
Segera mengamankan barang-barang milikimu yang mudah diterbangkan angin.
Membuat bangunan yang kuat dari segi rancang bangun. Bila sudah terlanjur dapat dilakukan dengan memperkuat dengan menutup dengan papan kayu yang dipaku pada bagian pintu dan candela dan membuat bunker/ruang bawah tanah yang pintu masuknya berada di luar rumah dan dalam rumah, hal tersebut dilkukan bila saat badai datang keluarga yang berada baik didalam maupun diluar rumah dapat masuk, bila rumah hancur pintu yang didalam rumah tidak dapat dibuka, sehingg kita dapat keluar dari pintu yang berada diluar rumah.
Patuhi semua petunjuk dan arahan petugas yang membantu kamu ketika harus mengungsi ke daerah yang aman.
Kekeringan
Meskipun wilayah Indonesia mempunyai curah hujan yang cukup tinggi, namun beberapa wilayah mengalami kekeringan. Wilayah yang dilanda kekeringan biasanya daerah yang berkapur atau berupa padang rumput. Biasanya kekeringan di negara Indonesia terjadi pada musim kemarau dan masa peralihan. Suhu udara semakin tahun semakin menjadi panas (global warming), menyebabkan perubhan iklim sehingga menambah parah bencana kekeringan.
Kekeringan merupakan bencana alam yang setiap tahun terjadi. Dampak kekeringan ini berakibat pada kehidupan penduduk, antara lain:
Penduduk harus menghemat penggunaan air.
Penduduk harus mengeluarkan tenaga dan biaya yang cukup tinggi untuk mendapatkan air.
Lahan pertanian kekurangan air sehingga produksinya rendah.
Pohon-pohon mati, sehingga daerahnya semakin gersang.
Ternak kekurangan makan karena tidak ada rumput.
Munculnya berbagai macam penyakit.
Tindakan yang perlu dilakukan jika kita menghadapi bencana kekeringan antara lain:
Membuat bak penampung air hujan yang besar, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan air di musim kemarau.
Menghemat penggunaan air.
Mencari sumber air dari mata air atau sungai bawah tanah.
Pada musim hujan, membuat persediaan makanan ternak yang bisa diawetkan untuk keperluan di musim kekeringan.
Kekeringan yang melanda suatu daerah juga mudah menyebabkan terjadinya kebakaran hutan. Semak-semak dan daun-daun pohon yang sangat kering mudah terbakar. Dipicu oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, kebakaran hutan akan semakin meluas dan membahayakan hidup manusia. Selain itu kebakaran hutan juga disebabkan gesekan batang yang sudah kering akibat tertiup angin. Hampir setiap tahun terjadi kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera.
Selain kehilangan luas hutan, kebakaran hutan juga mempunyai dampak antara lain:
Musnahnya satwa dan tanaman langka di hutan.
Berkurangnya sumber oksigen bumi karena hutan merupakan paru-paru bumi.
Mengganggu penerbangan pesawat terbang karena asap yang dikeluarkan.
Kemungkinan terbakarnya rumah penduduk dan harta benda penduduk di sekitar hutan.
Konflik dengan negara tetangga karena masalah asap.
Hal-hal dan tindakan yang perlu diperhatikan untuk menghindari kebakaran hutan antara lain:
Pada saat ke hutan, tidak bermain api di wilayah hutan.
Tidak dibenarkan membakar hutan dengan sengaja hanya untuk kepentingan pribadi.
Jangan meninggalkan api dalam keadaan menyala di hutan.
Apabila terjadi kebakaran hutan, maka kita perlu melakukan tindakan sebagai berikut:
Menggunakan masker agar asap tidak merusak pernapasan.
Berusaha menghentikan kebakaran hutan. Kamu dapat memberitahu orang tuamu untuk menghubungi pemadam kebakaran.
Menjauh dari wilayah hutan yang terbakar.
Memberitahu orang di sekitar hutan agar waspada.

Tahukan kamu!
Go Bag
Adalah suatu tas yang dipersiapkan dalam menghadapi bencana apapun. Tas tersebut merupakan tas yang besar, yang disi dengan uang tunai, obat-obatan, pakaian ganti, air minum kemasan, makanan kemasan, buku no telefon penting, teman dan keluarga, alat-alat serbaguna, peta, dokumen penting, telefon genggam, alat mandi dan hal lain yang dianggap penting dan diperlukan. Bila terjadi bencana setiap saat tas tersebut langsung dibawa untuk mengungsi atau menyelamatkan diri. Makanan, minuman, obat-obatan dan hal lain harus dipantau kadaluwarsanya.

Saatnya berlatih!
I. Uji Pemahaman Materi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Apa yang dimaksud dengan bencana alam?
Jawab:
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang menyebabkan kerusakan, kesusahan, kerugian, atau penderitaan; kecelakaan, bahaya, dan sebagainya yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat. Bancana alam menimbulkan kerusakan dan sering juga menibulkan korban jiwa.
Sebutkan bagaimana cara mencegah terjadinya banjir!
Jawab:
Cara mencegah terjadinya banjir, antara lain sebagai berikut.
a. Reboisasi, yaitu menanam kembali hutan yang gundul.
b. Tebang pilih, yaitu tidak sembarangan menebang pohon. Penebangan pohon benar-benar dipilih, mana yang siap untuk ditebang.
c. Pembangunan berencana, yaitu membangun dengan mempertimbangkan daerah resapan air.
d. Kerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat saluran air dan sungai.
e. Tidak membuang sampah sembarangan.

Apa saja tanda-tanda akan terjadinya tsunami?
Tanda-tanda akan terjadinya tsunami, adalah sebagai berikut.
a. Air laut yang surut secara tiba-tiba.
b. Aroma garam yang sangat menyengat.
c. Dari kejauhan tampak gelombang putih dan suara gemuruh yang sangat keras.

Bagaimana tingkatan status gunung berapi?
Jawab:
Tingkatan dari status gunung berapi adalah sebagai berikut ini.
Normal (tingkat I).
Waspada (tingkat II).
Siaga (tingkat III).
Awas (tingkat IV).
Sebutkan tindakan yang dilkukan dalam menghdapi bencana kekeringan!
Jawab:
Tindakan yang perlu dilakukan jika kita menghadapi bencana kekeringan antara lain:
Membuat bak penampung air hujan (PAH) yang besar, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan air di musim kemarau.
Menghemat penggunaan air.
Mencari sumber air dari mata air atau sungai bawah tanah.

II. Kegiatan Siswa
Lakukan kegiatan berikut!
Keluarkanlah buku tugasmu!
tulislah apa saja manfaat yang kalian peroleh dengan mempelajari bab mengenai mengahadapi bencana ala mini?
setelah selesai serahkan ke guru untuk dinilai!

Istilah penting
BPBD : Badan Penanggulangan Bencana Daerah
BNPB : Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Global warming : pemanasan global, kenaikan suhu bumi akibat penebangan hutan dan polusi udara
Mitigasi : peningkatkan ketahanan dan kesiap-siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam sehingga risiko bencana alam dapat dikurangi
Trianggle of life : segitiga kehidupan, adalah almari yang kuat dan tidak ada barang yang berat didalamnya, kemudian jatuh dan tertahan meja/tempat tidur sehingga menciptakan ruang kosong yang aman dari jatuhnya reruntuhan.

Uji kompetensi

Badan yang dibentuk pemerintah, bertugas melakukan penanggulangan bencana di tingkat daerah adalah ….
a. BNPB
b. SPB
c. BPBD
d. APBD
jawab: c
pembahasan
BPBD (Badan Penanggulang Bencana Daerah) adalah badan yang bertugas melakukan penanggulangan bencana di tingakat daerah

Berikut adalah ulah manusia yang menyebabkan bencana banjir adalah ….
a. membangun rumah sesuai tata kota
b. pembangunan pabrik-pabrik
c. membuang sampah di sungai
d. pembukaan lahan pertanian
jawab: c
pembahasan
membuang sampah di sungai akan menyumbat aliran sungai sehingga menyebabkan banjir.

Gempa bumi yang terjadi akibat dari bergeraknya lempengan bumi disebut ….
a. gempa susulan c. gempa tektonik
b. tsunami d. gempa vulkanik
jawaban: c
pembahasan
gempa yang disebabkan bergeraknya lempeng bumi disebut dengan gempa tektonik

Penyebab terjadinya kebakaran hutan adalah ….
a. oksigen c. kekeringan
c. hujan deras d. udara
jawaban: c
pembahasan
kekeringan menyebabkan daun, ranting dan kayu dihutan menjadi kering dan mudah terbakar, sehingga terjadi kebakaran hutan

Pembuatan sumur resapan berguna untuk menanggulangi bencana alam
berupa . . . .
a. tsunami
b. banjir
c. gempa
d. tanah longsor
jawaban: b
pembahasan
sumur resapan adalah sumur yang dibuat sebagai tempat penyerapan air, sumur itu sebagai pengganti lahan resapan air di kota yang sangat kurang, kurangnya lahan respan air menyebabkan banjir

Penebangan hutan yang berlebihan dapat menyebabkan . . . .
a. banjir dan gempa
b. banjir dan tanah longsor
c. tanah longsor dan gempa
d. banjir dan tsunami
jawaban: b
pembahasan
penebangan hutan membuat air tidak dapat tertahan lama di tanah sehingga air langsung mengalir dan menyebakna banjir, selain itu karena tidak adanya pohon tanah menjadi mudah hanyut dan menyebabkan tanah longsir.

Berikut ini yang merupakan ciri-ciri gunung berapi akan meletus, kecuali ….
a. suhu di sekitar gunung turun
b. mata air menjadi kering
c. sering mengeluarkan suara gemuruh
d. tumbuhan di sekitar gunung layu
jawaban a
pembahasan
gunung yang meletus memiliki suhu yang panas sehingga tidak mungkin suhunya turun
Tanah longsor bisa diantisipasi dengan cara .…
a. membangun rumah di bukit
b. mengadakan penghijauan
c. menggali kaki bukit
d. menggunduli bukit
jawaban: b
pembahasan
penghijaun/penanaman pohon dapat meningkatkan penahanan air tanah dan memperkuat struktur tanah sehingga tidak mudah longsor

Jika terjadi angin puting beliung, maka yang harus kita lakukan adalah . . . .
a. berlari sekencang-kencangnya
b. berlindung di bawah meja yang kuat
c. masuk kedalam bunker
d. diam saja di rumah
jawaban: c
pembahasan
bunker adalah tempat teraman dari terjangan angin puting beliung

Gelombang laut yang menerpa daratan di sekitar pantai karena terjadinya gempa bumi di dasar laut disebut ….
a. vulkanologi c. tsunami
b. lahar d. vulkanisme
jawaban: c
pembahasan
sudah jelas

Banjir dalam gerakan yang cepat dan besar yang datang tiba-tiba disebut ….
a. banjir kawasan c. banjir bandang
b. banjir kiriman d. banjir tahunan
jawaban: c
pembahasan
banjir bandang terjadi dengan cepat dan tiba-tiba, selain itu juga memiliki kekuatan yang besar

Yang bukan merupakan tanda peringatan akan meletusnya gunung berapi di bawah ini adalah ….
a. penurunan aktivitas seismik di wilayah gunung berapi
b. adanya gas yang keluar dari kawah gunung berapi
c. munculnya suara gemuruh karena aktivitas magma
d. munculnya bau belerang yang sangat menyengat

jawaban: a
pembahasan
penurunan aktivitas seismik berarrti gunung itu menuju ke keadaan normal

Terjadinya peristiwa longsor biasanya dampak peristiwa alam berupa ….
a. gerhana matahari
b. angin besar
c. panas matahari
d. hujan lebat
jawaban: d
pembahasan
hujan lebat membuat struktur tanah menjadi labil sehingga mudah terjadi longsor

Berikut ini adalah peristiwa alam yang muncul karena ulah tangan manusia, yaitu ….
a. tanah longsor
b. gunung meletus
c. tsunami
d. gempa bumi
jawaban: a
pembahasan
tanah longsor adalah akibat dari penebangan hutan dan alih fungsi bukit dan gunung menjadi lahan pertanian oleh manusia

Tabrakan antar lempeng bumi dan letusan gunung berapi dapat menyebabkan terjadinya ….
a. gempa bumi c. banjir
b. tsunami d. angin topan
jawaban: a
pembahasan
gempa bumi diakibatkan tiga hal yaitu aktivitas gunung berapi, pergerakan lempeng dan runtuhnya struktur geologis

isian
Turunya hewan-hewan dari daerah pegunungan merupakan salah satu tanda akan terjadi …..
Jawaban: gunung meletus
Pembahasan
Hewan memiliki insting alami yang diberikan Tuhan mengenai bahaya atau perubahan yang terjadi di lingkungan tempat hidunya. Saat aktivitas gunung berapi meningkat maka hewan-hewan ini dapat merasakan dan akhrinya turun gunung.
Air laut yang surut secara tiba-tiba merupakan tanda dari akan terjadinya ….
Jawaban: Tsunami
Pembahasan
Air laut yang surut secara tiba-tiba merupakan akibat patahnya suatu lempeng didasar laut, air laut yang surut itu akan kembali menjadi gelombang besar yang akan menghantam pantai yang disebut tsunami
Tingkat kekuatan gempa diukur menggunakan skala …..
Jawaban: Richter
Pembahasan
Sudah jelas
Usaha mitigasi tanah longsor pada saat belum terjadi tanah longsir adalah ….
Jawaban: penghijauan/reboisasi
Pembahasan
Reboisasi dapat mencegah terjadinya tanah longsor, maka termasuk kedalam mitigasi sebelum terjadinya tanah longsor
Kebakaran hutan sering terjadi ketika musim ….
Jawaban: kemarau
Pembahasan
Pada musim kemarau pohon, ranting dan daun banyak yang kering sehingga mudah tersulut api sehingga terjadi kebakaran hutan
Bencana tsunami terjadi setelah bencana ….
Jawaban: gempa bumi
Pembahasan
Gempa bumi di laut dangkal dapat mempengaruhi posisi air laut, sehingga menyebabkan gelombang yang besar kemudian disebut tsunami
Abu vulkanik yang dikeluarkan oleh letusan gunung api dalam jangka waktu lama dapat memberi manfaat bagi kehidupan, yaitu ….
Jawaban: kesuburan tanah
Pembahasan
Abu vulkanik memiliki kandungan mineral yang dapat menyuburkan tanah, tetapi bila sudah terkena air dan dalam jangka waktu tertentu
Tanah longsor merupakan gejala alam yang sering terjadi di daerah ….
Jawaban: perbukitan atau pegunungan
Pembahasan
Tanah longsor adalah tanah yang jatuh/longsor, sehingga harus ada perbedaan ketinggian tanah.
Gunung yang paling aktif di Indonesia adalah gunung ….
Jawaban: Merapi
Pembahasan
Sudah jelas
Usaha menghadapi puting beliung dengan cara membangun ….
Jawab: bunker
Pembahasan
Bunker merupakan tempat teraman dari bencana puting beliung karena letaknya dibawah tanah dan kuat

uraian
Sebutkan faktor panyebab terjadinya banjir!
Jawab:
Faktor-faktor penyebab terjadinya banjir antara lain:
a. hutan yang gundul sehingga air yang turun langsung menuju ke pemukiman bumi dan tidak ada yang menyerapnya;
b. air laut, sungai, atau danau yang meluap dan menggenangi daratan.
c. daerah resapan air di daerah pemukiman yang kurang;
d. pendangkalan sungai;
e. selokan/saluran air yang tersumbat karena pembuangan sampah yang sembarangan;
f. pembuatan saluran air yang tidak memenuhi syarat; dan
g. pembuangan sampah yang sembarangan, ke aliran sungai.
Sebutkan secara singkat tanda-tanda alam akan terjadinya gempa bumi!
Jawab:
Tanda-tanda alam akan terjadinya gempa bumi adalah sebagai berikut.
Adanya awan yang berbnetuk aneh.
Hewan-hewan yang bertingkah laku aneh.
Air tanah yang tiba-tiba surut dengan cepat.
Sebutkan tanda-tanda akan terjadinya gunung meletus!
Jawab:
Tanda-tanda gunung akan meletus antara lain sebagai berikut.
Peningkatan aktivitas seismik (gempa bumi) di wilayah gunung berapi.
Adanya gas yang keluar melalui kawah atau lubang gunung berapi. Kawah lubang tempat keluarnya gas ini disebut fumarol.
Retakan pada gunung berapi dan daerah sekitarnya semakin banyak.
Muncul bau belerang yang sangat menyengat.
Muncul suara gemuruh pada saat magma di dalam gunung bergerak naik. Kadang-kadang seluruh lereng gunung membesar karena tekanan magma.
Hewan-hewan bergerak menuruni gunung.
Tindakan apa saja yang sebaiknya kita lakukan bila terjadi kebakaran hutan?
Jawab:
Apabila terjadi kebakaran hutan, maka kita perlu melakukan tindakan:
Menggunakan masker agar asap tidak merusak pernapasan.
Berusaha menghentikan kebakaran hutan. Kamu dapat memberitahu orang tuamu untuk menghubungi pemadam kebakaran.
Menjauh dari wilayah hutan yang terbakar.
Memberitahu orang di sekitar hutan agar waspada.

Mengapa bencana kekeringan biasa diikuti dengan kebakaran hutan?
Jawab:
Kekeringan yang melanda suatu daerah juga mudah menyebabkan terjadinya kebakaran hutan karena Semak-semak dan daun-daun pohon yang sangat kering mudah terbakar bila tersulut, api akan mudah menjalar dan membesar.

Perbaikan
A. Isian
Tanah longsor merupakan bencana yang diakibatkan oleh faktor ….
Jawaban: manusia
Pembahasan
Terjadinya tanah longsor dikarenakan penebangan hutan dan menjadikan bukit sebagai perkebunan
Peristiwa bencana alam yang sering terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia adalah ….
Jawaban: banjir
Pembahasan
Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi sehingga sering terjadi banjr
Tebang pilih merupakan salah satu cara mengurangi bencana ….
Jawab: banjir/tanah longsor
Pembahasan
Dengan tebang pilih maka pohon dan hutan dapat terjaga kelestariannya, sehingga tidak terjadi banjir dan tanah longsor
Lampu neon yang dimatikan tetapi tetap menyala redup merupakan tanda akan terjadinya …
Jawaban: gempa bumi
Pembahasan
Adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi mempengaruhi gelombang elektromagnetis bumi, gelombang tersebut akhirnya memengaruhi neon yang mati menjadi menyala redup
Badan yang bertugas memantau gunung berapi, iklim dan angin adalah ….
Jawaban: BMKG
Pembahasan
BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memiliki banyak tugas diantarnya mengamati gunung berapi, iklim dan angin

B. uraian

Apakah yang dimaksud bencana alam?
Jawab:
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang menyebabkan kerusakan, kesusahan, kerugian, atau penderitaan; kecelakaan, bahaya, dan sebagainya yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat. Bancana alam menimbulkan kerusakan dan sering juga menibulkan korban jiwa.

Mengapa Indonesia sering terjadi gempa bumi?
Jawab:
Indonesia sering terjadi gempa bumi dikarenakan Indonesa terletak di persilangan barisan gunung api sirkum pasifik dan sirkum mediterania, aktivitas gunung berapinya sangat aktif yang menyebabkan gempa vulkanis. Indonesia juga terletak di pertemua tiga lempeng yaitu lempeng lempeng Indo–Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifk yang menyebabkan gempa tektonik.
Sebutkan 4 tanda alam yang menunjukkan akan terjadinya letusan gunung berapi!
Tanda alam akan terjadinya letusan gunung adalah sebagai berikut.
Peningkatan aktivitas seismik (gempa bumi) di wilayah gunung berapi.
Adanya gas yang keluar melalui kawah atau lubang gunung berapi. Kawah lubang tempat keluarnya gas ini disebut fumarol.
Retakan pada gunung berapi dan daerah sekitarnya semakin banyak.
Muncul bau belerang yang sangat menyengat.
Muncul suara gemuruh pada saat magma di dalam gunung bergerak naik. Kadang-kadang seluruh lereng gunung membesar karena tekanan magma.
Hewan-hewan bergerak menuruni gunung.

Apa yang harus kita lakukan jika terjadi tanda-tanda tsunami?
Jawab:
jika terjadi tnda-tanda tsunami kalian harus berlari menjauh dari arah datangnya gelombang tsunami dan naik ke tempat yang tinggi dan kuat, seperti pohon yang besar atau rumah bertingkat.

Tindakan apa saja yang harus dillakukan jika terjadi gempa bumi?
Jawab:
Tindakan saat terjadi gempa bumi adalah secepatnya kalian keluar dari bangunan dan menuju ketempat yang terbuka. Jatuhnya jiwa pada saat terjadi gempa bumi diakibatkan karena bangunan yang runtuh dan benda-benda yang berjatuhan maka kalian disarankan segera keluar menuju tempat terbuka. Bila benar-benar tidak memungkinkan untuk keluar maka kalian berlindung di pojok suatu bangunan dan melindungi kepala kalian. Pojok bangunan bila memenuhi standar terbukti tidak mudah runtuh saat terjadi gempa. Mencari triangle of life atau segitiga kehidupan, segitiga kehidupan adalah almari yang kuat dan tidak ada barang yang berat didalamnya, kemudian jatuh dan tertahan meja/tempat tidur sehingga menciptakan ruang kosong yang aman dari jatuhnya reruntuhan.

Pengayaan:
Lakukan kegiatan berikut!
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, lakukan simulasi saat terjadi gempa bumi!

Karakter Anak Bangsa
Kita harus menjaga kelestarian alam, karena kita sangat bergantung pada alam. Contohnya jika tidak ada tumbuhan kita tidak bisa bernafas karena tidak ada yang meproduksi oksigen. Dan bila keseimbnagan alam terganggu maka akan muncul banyk sekali bencana alam, yang tentu saja akan merugikan kita.

Ulangan Tengah Semester
Negara di Asia Tenggara yang sering terjadi letusan gunung berapi adalah ….
a. Thailand
b. Malaysia
c. Filipina
c. Brunei Darussalam
Jawab: c
Pembahasan:
Sama seperti Indonesia Filipina terletak pada jalur pegunungan Lipatan Sabuk Pasifik dan ada pertemuan lempeng-lempeng, sehingga di wilayah ini rawan akan letusan gunung api dan gempa bumi.
Letak astronomis memengaruhi ….
a. cuaca
b. iklim
c. jenis batuan
d. ras yang menghuni suatu wilayah
Jawab: b
Pembahasan:
Letak astronomis akan memengaruhi iklim suatu wilayah, sebagai contohnya Indonesia letak astronomisnya dilewati oleh garis khatulistiwa sehingga memiliki iklim tropis.
Faktor yang membuat Indonesia memilik banyak gunung berapi adalah ….
a. Indonesia dilalui oleh pegunungan tua
b. Indonesia merupakan negara kepulauan
c. Indonesia dilalui oleh penungan muda Sirkum Mediterania
d. Indonesia wilayahnya labil
Jawab: c
Pembahasan:
Pegunungan Mediterania melewati sebelah utara Sumatra, terus ke Pegunungan Bukit Barisan di Sumatra, pegunungan yang membentang dari barat ke timur Pulau Jawa, kemudian ke Kepulauan Nusa Tenggara, dan berakhir di Laut Banda. Pegunungan-pegunungan tersebut masih labil dan sangat aktif sehingga menyebabkan terjadinya letusan gunung merapi.
Berikut bukan termasuk lempeng tektonik yang berada di wilayah Indonesia adalah lempeng ….
a. Asia
b. Indo-Australia
c. Pasifik
d. Atlantik
Jawab: d
Pembahasan:
Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng, yaitu lempeng Asia, Indo-Australia, dan lempeng Pasifik.
Lava yang telah bercampur dengan batuan, air, dan material lainnya disebut ….
a. lahar c. magma
b. lapili d. lava
Jawab: a
Pembahasan:
Lahar adalah lava yang telah bercampur dengan batuan, air, dan material lainnya. Lahar sangat berbahaya bagi penduduk di lereng gunung berapi.
Wilayah yang berada pada pertemuan dua lempeng besar sering terjadi ….
a. gempa bumi c. kekeringan
b. hujan d. banjir
Jawab: a
Pembahasan:
Pertemuan dua lempeng besar akan menyebabkan gempa bumi tektonik
Letusan gunug berapi yang terjadi pada tahun 1815 dan menciptakan penurunan suhu bumi adalah letusan gunung ….
a. Merapi
b. Merbabu
c. Tambora
d. Krakatau
Jawab: c
Pembahasan:
Gunung yang meletus tahun 1815 dan menciptakan penurunan suhu bumi adalah Tambora di Sumbawa, selain itu gunung tambora menelan korban 92.000 jiwa.
Pada tanggal 28 Maret 2005 terjadi gempa berkekuatan 8,7 SR yang mengguncang ….
a. Yogyakarta
b. Aceh
c. Nias
d. Sumatra Barat
Jawab:c
Pembahasan:
Pada tanggal 28 Maret 2005, gempa dengan kekuatan 8,7 SR mengguncang Nias dan Simeulue, 900 orang tewas, ribuan rumah dan jembatan rata dengan tanah.
Berikut ini adalah peristiwa alam yang muncul karena kesalahan manusia, yaitu ….
a. tsunami
b. gunung meletus
c. gempa bumi
d. tanah longsor
Jawab: d
Pembahasan:
Tanah longsor disebabkan karena penbangan hutan dan alih fungsi bukit menjadi lahan pertania, sehingga struktur tanah mudah terpisah dan menyebabkan tanah longsor.
Salah satu cara menghadapi bencana tsunami adalah .…
a. melakukan reboisasi
b. membuat sumur resapan
c. tidak mendirikan permukiman di daerah pantai
d. menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi
Jawab: d
Pembahasan:
Bila terjadi tsunami hal yang harus dilakukan adalah berlari menjauhi pantai dan menuju ke tempat yang tinggi supaya tidak terkena terjangan gelombang tsunami dan reruntuhan yang dibawanya.
Tidak membuang sampah sembarangan merupakan salah satu upaya pencegahan bencana ….
a. tanah longsor
b. banjir
c. banjir bandang
d. badai
Jawab: b
Pembahasan:
Dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama di aliran sungai menghindarkan penyumbatan aliran sungai, jika aliran sungai tersumbat maka akan terjadi banjir.
Permukaan air sumur yang tiba-tiba turun dengan cepat merupakan tanda-tanda akan terjadi ….
a. tsunami
b. gunung meletus
c. banjir bandang
d. gempa bumi
Jawab: d
Pembahasan:
Air tanah yang tiba-tiba menajdi surut dan tidak seperti biasanya, terjadi dengan cepat adalah tanda-tanda akan terjadi gempa bumi.
Bila terjadi gempa bumi dan kalian berada dalam kelas, sebaiknya kalian ….
a. berlindung di bawah meja
b. tetap duduk ditempat
c. keluar kelas menuju halaman sekolah dengan tertib
d. berlindung di pojok kelas
Jawab: c
Pembahasan
Bila terjadi gempa bumi sebaiknya kalian keluar menuju ke tempat terbuka agar tidak tertimpa reruntuhan. Berlindung dibawah meja dan pojok kelas adalah pilihan terakhir bila terjebak.
Berikut merupakan tahapan aktivitas gunung merapi, kecuali ….
a. normal
b. siaga
c. awas
d. bahaya
Jawab: d
Pembahasan:
Tahapan status gunung berapi sesuai dengan aturan BMKG adalah tingkat I (normal), tingkat II (waspada), tahap III (siaga) dan tahap IV (awas).
Tanah longsor bisa diantisipasi dengan cara .…
a. menggunduli bukit
b. membangun rumah di bukit
c. menggali kaki bukit
d. mengadakan reboisasi
Jawab: d
Pembahasan:
Penghijauan kembali (rebosisasi) dapat membuat struktur tanah menjadi kuat kembali sehingga tidak mudah terurai, sehingga dapay mengantisipasi longsor.
B. Isian
Indonesia terletak diantara benua ….. dan ….
Jawaban: Asia dan Australia
Pembahasan:
Letak geografis Indonesia berada dianatara dua benua yaitu benua Asia dan Australia dan dinatara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
Hujan yang terjadi akibat pemanasan yang sangat kuat sehingga penguapan berlangsung cepat disebut dengan hujan …..
Jawab: Hujan Zenital
Hujan Zenital adalah hujan yang terjadi akibat pemanasan yang sangat kuat sehingga penguapan berlangsung cepat dan menciptkan awan, kemudian terjadi hujan.
Usaha dalam mengurangi resiko bencana alam disebut dengan …..
Jawab: Mitigasi bencana alam
Pembahasan:
Mitigasi bencana alam adalah tindakan mengurangi/menjadikan berkurang terhadap suatu resiko akibat bencana alam.
Akibat dari bencana kekeringan bagi pertanian adalah terjadi ….
Jawab: gagal panen
Pembahasan:
Bencana kekeringan akan menyebabkan gagal panen dalam pertanian, kurangnya air untuk mengairi tanaman mengakibatkan tanaman layu kemudian mati sehingga petani tidak bisa memanen buahnya.
Awan panas yang dikeluarkan gunung Merapi dikenal dengan sebutan ….
Jawab: Wedhus gembel
Pembahasan:
awan panas yang dikeluarkan gunung Merapi ketika meletus dikenal dengan sebutan wedhus gembel karena awan tersebut bnetuknya mirip dengan bulu-bulu kambing yang lebat dan tidak dirawat.
Peristiwa Tsunami pada tanggal 11 Maret 2011 terjadi di negara ….
Jawab:Jepang
Pembahasan:
Tsunami pada tanggal 11 Maret 2011 terjadi di negara Jepang mengakibatkan kerusakan yang parah dan menimbulkan banyak sekali korban jiwa. Selain itu terjadi bencana sekunder yaitu bocornya reactor nuklir Fukushima.
Program kali bersih merupakan upaya penanggulangan bencana banjir yang dikenal dengan ….
Jawaban: Prokasih
Prokasih adalah singkatan program kali bersih, program tersebut diluncurkan untuk menjaga agar sungai tetap bersih dan masyarakat tidak membuang sampah disungai, dampaknya adalah aliran sungai tidak terhambat dan tidak terjadi banjir.
Kekeringan dapat di hadapi dengan membangun ….
Jawab: bak penampungan air hujan yang besar
Pembahasan:
Bak penampungan air hujan yang besar dapat menampung air pada musim penhujan sehingga dapat digunakan pada saat musim kemarau atau bila terjadi kekeringan.
Agar asap kebakaran hutan tidak mengganggu saluran pernapasan maka jika terjadi kebakaran hutan kita menggunakan ….
Jawab: masker
Pembahasan:
Penggunaan masker pada saat terjadi kebakaran hutan bertujuan untuk menyaring racun dan gas berbahaya agar tidak mengganggu saluran pernapasan.
Lubang tempat keluarnya gas dari gunung berapi disebut dengan ….
Jawab: Fumarol
Pembahasan:
Lubang tempat keluarnya gas gunung berapi disebut dengan fumarol, fumarol biasanya berbentuk kawah yang mengeluarkan asap putih.

C. uraian
Apa yang dimaksud dengan ring of fire?
Jawab:
Ring of fire adalah lingkaran yang dibentuk oleh persilangan barisan pegunungan berapi.
Mengapa bencana kekeringan dapat menyebabkan kebakaran hutan?
Jawab:
Bencana kekeringan menyebabkan daun, ranting dan kayu menjadi sangat kering sehingga mudah tersulut dan terbakar, kebakaran tersebut akan dengan mudah menjalar sehingga terjadilah kebakaran hutan.
Apa yang dimaksud dengan lava?
Jawab:
Lava adalah cairan magma dengan suhu yang sangat tinggi yang mengalir mengikuti daerah aliran sungai yang berada doi gunung berapi. Lava yang membeku akan menjadi batu.
Sebutkan cara melakukan pencegahan banjir yang kamu ketahui!
Jawab:
Banjir dapat dicegah dengan mengetahui faktor-faktor penyebab banjr. Cara mencegah terjadinya banjir, antara lain sebagai berikut.
a. Reboisasi, yaitu menanam kembali hutan yang gundul.
b. Tebang pilih, yaitu tidak sembarangan menebang pohon. Penebangan pohon benar-benar dipilih, mana yang siap untuk ditebang.
c. Pembangunan berencana, yaitu membangun dengan mempertimbangkan daerah resapan air.
d. Kerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat saluran air dan sungai.
e. Tidak membuang sampah sembarangan.

Bagaimana cara menguji medan elektromagnetis yang merupakan tanda akan terjadinya gempa bumi?
Jawab:
cara menguji medan elektromagnetis yang merupakan tanda akan terjadinya gempa bumi adalah sebagai berikut ini.
Cek siaran televisi, apakah tiba-tiba salurannya terganggu tanpa sebab apa pun.
Coba kamu minta orang lain mengirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang diterima berantakan atau tidak.
Matikan aliran listrik dan cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang walaupun tak ada arus listrik.

Bab 8
Peran Indonesia di Era Globalisasi
Standar Kompetensi
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan peranan Indonesia pada era
global dan dampak positif serta negatifnya
terhadap kehidupan bangsa Indonesia.

Pernahkah kamu memerlukan internet? Pernahkah kamu menggunkan internet? Internet merupakan sarana komunikasi dan informasi yang membuat seakan-akan kita tidak terpisahkan oleh jarak, jarak seolah-olah telah ditiadakan melalui internet. Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa pada saat ini sedang terjadi globalisasi. Tahukah kamu tentang globalisasi? Apa dampaknya bagi kita? Dalam bab ini kalian akan mempelajari tentang globalisasi beserta damapaknya.
(gambar pengguna internet)

A. Globalisasi
Globalisasi berasal dari dua kata, yakni kata dasar global dan akhiran isasi. Kata dasar global berarti “menyeluruh” atau”meliputi seluruh bagian” atau “seluruhnya”. Sementara itu, akhiran kata isasi berarti “proses menjadi” atau “proses terbentuknya sesuatu”. Globalisasi artinya “proses menjadi menyeluruh”. Globalisasi juga berarti “proses di mana bagian-bagian kecil menjadi menyeluruh atau menjadi dikenal oleh bagian-bagian lainnya.
Globalisasi merupakan suatu proses dimana batas-batas antarnegara memudar dan kemudian hilang, sehingga terwujudkan satu kehidupan baru tanpa adanya batas-batas geografs, ekonomi dan budaya masyarakat. Sedangkan yang dimaksud dengan era globalisasi adalah suatu masa yang didalamnya sedang berlangsung suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia bisa menjangkau satu sama lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan, baik dalam budaya, ekonomi, politik, maupun teknologi. Globalisasi merupakan dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama teknologi komunikasi, karena jarak dan tempat tidak menjadi halangan lagi dengan teknologi komunikasi saat ini.
Terjadinya globalisasi didorong oleh berbagai faktor, faktor tersebut antara lain sebagai berikut.
Kebutuhan manusia yang terus berkembang yang menuntut alat pemuas kebutuhan dari negara lain.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga mem-permudah hubungan antarbangsa.
Perkembangan teknologi transportasi sehingga mempermudah perpindahan orang maupun barang dari satu negara ke negara lain.
Perkembangan kegiatan ekonomi internasional yang mendorong perkembagan perdagangan dan sistem pembayaran internasional.
Perkembangan organisasi internasional, seperti PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) yang makin dibutuhkan oleh setiap negara.
Bilamana suatu negara sedang mengalami globalisasi, bisasnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
Terbuka bagi bangsa-bangsa dari negara lain untuk masuk.
Sistem informasi dan komunikasi sudah mengglobal, misalnya TV dan internet sudah ada.
Jalur transportasi yang mendunia, terutama transportasi udara.
Makin banyaknya orang-orang asing (turis) yang datang.
Munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan investasi asing.
Meningkatnya perdagangan antarnegara.
Terjadinya pertukaran budaya antarnegara.
Berkembangnya sistem pembayaran yang menggunakan mata uang asing.
Globalisasi menyebabkan negara-negara di dunia semakin terbuka. Sekarang ini sulit sekali menutup diri dari pergaulan dengan negara-negara lain. Pengaruh-pengaruh dari negara-negara lain juga masuk ke negara kita dengan sangat cepat dan mudah. Globalisasi member dampak positif dan negatif. Berikut beberapa dampak dari globalisasi.
Dampak positif
Kedaan suatu negara dapat dilihat dengan jelas dan apa yang terjadi di negara tersebut dapat diketahui dengan cepat.
Negara lain bisa mengirimkan bantuan bila terjadi masalah atau musibah di suatu negara dengan cepat.
Glabalisasi membuat kita mengenal temapat-tempat dan kebudayaan di dunia.
Dapat dijalin hubungan kerja sama dan persahabatan dengan negara-negara lain.
Terbuka kesempatan bagi siapa saja untuk mencari pekerjaan, pendidikan dan perdagangan ke negara manapun.
Meningkatnya arus perpidahan penduduk.
Dan lain-lain.

Dampak negatif
Masuknya nilai-nilai dan budaya yang tidak baik dan bertentangan dengan nilai dan budaya bangsa Indonesia.
Hilangya tradisi, nilai, norma dan budaya bangsa.
Meningkatkan angka pengangguran dalam negeri karena penggunaan tenaga terampil dari luar.
Matinya perekonomian tradisional, karena terdesak mal dan supermarket, selain itu barang-barang dari luar yang lebih muarh mematikan industri dalam negeri.
Pola hidup menjadi sangat konsumtif.
Negara yang lebih kuat akan mengatur dan mengendalikan negara yang lebih lemah.
Dan lain-lain.
Dampak globalisasi berbeda-beda terhadap suatu bangsa dan negara, tergantung dari kemampuan suatu bangsa dalam menyikapi globalisasi tersebut. berikut beberapa sikap yang harus kita terapkan dalam mengahadapi arus globalisasi.
Memperkaya ilmu pengetahuan, karena dengan ilmu kita bisa tahu mana yang benar dan mana yang salah.
Meningkatkan pengetahuan dan keyakinan agama, karena agama akan menjadi daya kontrol dan pondasi akhlak dalam pergaulan di era global
Bersikap tegas terhadap nilai-nilai barat yang bertentangan dengan identitas diri kita.
Bersikap hati-hati dalam menyerap pengaruh barat.
Senantiasa minta pertimbangan orang tua atau guru dalam menyerap hal-hal baru dari luar.
Pandai-pandai dalam memilih acara-acara televisi, karena acara televise dapat dengan mudah merubah gaya hidup kita.
Tahukah kamu
Era globalisasi dimulai sekitar akhir abad ke-19 dengan di-
temukannya penemuan-penemuan teknologi yang canggih, seperti
mesin uap, mesin diesel, listrik, lampu pijar, televisi, komputer,
telepon, satelit, dan internet.
Saatnya berlatih
I. Uji Pemahaman Materi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Apa yang dimaksud dengan globalisasi?
Jawab:
Globalisasi merupakan suatu proses dimana batas-batas antarnegara memudar dan kemudian hilang, sehingga terwujudkan satu kehidupan baru tanpa adanya batas-batas geografs, ekonomi dan budaya masyarakat.
Sebutkan tiga faktor pendorong terjadinya globalisasi!
Jawab:
Faktor pendorong terjadinya globalisasi antara lain sebagai berikut.
Kebutuhan manusia yang terus berkembang yang menuntut alat pemuas kebutuhan dari negara lain.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga mem-permudah hubungan antarbangsa.
Perkembangan teknologi transportasi sehingga mempermudah perpindahan orang maupun barang dari satu negara ke negara lain.

Sebutkan tiga dampak positif terjadinya globalisasi!
Jawab:
Dampak positif dari globalisasi antara lain sebagai berikut.
Kedaan suatu negara dapat dilihat dengan jelas dan apa yang terjadi di negara tersebut dapat diketahui dengan cepat.
Negara lain bisa mengirimkan bantuan bila terjadi masalah atau musibah di suatu negara dengan cepat.
Glabalisasi membuat kita mengenal temapat-tempat dan kebudayaan di dunia.
Dapat dijalin hubungan kerja sama dan persahabatan dengan negara-negara lain.

Sebutkan tiga dampak negatif terjadinya globalisasi!
Jawab:
Dampak negatif dari globalisasi antara lain sebagai berikut.
Masuknya nilai-nilai dan budaya yang tidak baik dan bertentangan dengan nilai dan budaya bangsa Indonesia.
Hilangya tradisi, nilai, norma dan budaya bangsa.
Meningkatkan angka pengangguran dalam negeri karena penggunaan tenaga terampil dari luar.
Matinya perekonomian tradisional, karena terdesak mal dan supermarket, selain itu barang-barang dari luar yang lebih muarh mematikan industri dalam negeri.
Pola hidup menjadi sangat konsumtif.

Sebutkan tiga sikap yang harus kita lakukan dalam menghadapi globalisasi!
Jawab:
Sikap yang harus kita terapkan dalam mengahadapi arus globalisasi antara lain sebagai berikut.
Memperkaya ilmu pengetahuan, karena dengan ilmu kita bisa tahu mana yang benar dan mana yang salah.
Meningkatkan pengetahuan dan keyakinan agama, karena agama akan menjadi daya kontrol dan pondasi akhlak dalam pergaulan di era global
Bersikap tegas terhadap nilai-nilai barat yang bertentangan dengan identitas diri kita.
Bersikap hati-hati dalam menyerap pengaruh barat.
Senantiasa minta pertimbangan orang tua atau guru dalam menyerap hal-hal baru dari luar.

II. Kegiatan Siswa
Lakukan kegiatan berikut ini!
Kerjakan secara Individu!
Lakukan pengamatan apa saja dampak globalisasi yang terjadi dilingkungan rumahmu!
Tulislah dibuku tugas hasil pengamatanmu!
Kumpulkan pada gurumu!
B. Peran Indonesia dalam era Globalisasi Beserta Dampaknya
1. Kerjasama dengan negara-negara lain
Indonesia menganut politik luar negeri bebas dan aktif, yaitu politik yang bebas tidak memihak siapapun, dan aktif dalam menjaga kedamaian dunia dan kerjasama antar negara dalam berbagai bentuk dan bidang. Bentuk-bentuk kerjasama tersebut antara lain sebagai berikut.
Kerjasama Bilateral
Kerjasama bilateral yaitu kerjasama yang dilakukan oleh dua negara. Adapun kerjasama bilateral negara Indonesia dengan negara lain. Contohnya adalah Indonesia bekerjasama dengan negara Jepang dalam pertukaran pelajar dan Jepang melakuakn investasi industry otomotif di Indonesia.
Kerjasama Multirateral
Kerjasama multirateral yaitu kerjasama yang dilakukan oleh beberapa negara Negara kita bekerja sama dengan beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Filipina dalam bidang ekonomi (AFTA). Kerjasama ini mensyaratkan pengurangan bea masuk barang-barang impor yang masuk ke dalam negara-negara anggota AFTA.
Kerjasama Regional
Kerjasama regional yaitu kerjasama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu wilayah (kerjasama antara negara tetangga). Negara kita mengadakan kerjasama tingkat regional, kerjasama ini dalam bentuk berbagai bidang, salah satu contohnya adalah kerjasama organisasi ASEAN.
Kerjasama Internasional
Kerjasama internasional yaitu kerjasama yang dilakukan oleh hampir seluruh negara di dunia. Kerjasama internasional yang diikuti oleh negara Indonesia diantaranya PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), WTO (organisasi negara-negara dalam bidang perdagangan), APEC (kerjasama negara-negara pengekspor minyak), OKI (organisasi negara-negara Islam di seluruh dunia) dan lain-lain.
Kerjasama Indonesia dengan negara-negara lain merupakan peran Indonesia dalam era globalisasi. Bentuk-bentuk kerjasama yang telah disebutkan diatas masih dijabarkan dalam berbagai bidang, untuk lebih jelasnya kita jabarkan sebagai berikut ini.
Kerja Sama di Bidang Ekonomi
Dalam bidang ekonomi Indonesia bekerjasama dengan cara perdagangan (ekspor-impor) dan Investasi yaitu penanaman modal ke Indonesia, sehingga dapat mempercepat pembagunan di Indonesia. Globalisasi dalam bidang ekonomi adalah munculnya perdagangan bebas antarnegara. Perdagangan bebas artinya setiap negara bebas menjual barang produksinya ke negara lain tanpa adanya bea dan cukai masuk.
Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi dapat kita lihat dalam berbagai kegiatan ekonomi anatara lain sebagai berikut.
Industri
Industri yang berkembang sehingga meningkatnya devisa negara, bertambahnya lapangan pekerjaan dan meningkatnya kualitas barang dan jasa.
Tranportasi
Pembangunan berbagai infrastruktur seperti jalan raya, pelabuhan, dan bandar udara telah meningkatkan efesiensi dalam transportasi. Penggunaan pesawat terbang mempercepat waktu perjalanan antarnegara.
Berikut ini beberapa faktor yang menjadi daya tarik investor asing untuk menanamkan modal dan mendirikan perusahaan di Indonesia.
1). Ketersediaan Bahan Baku
Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Hasil hutan, hasil tambang, dan hasil laut merupakan kekayaan alam kita yang dapat dimanfaatkan. Kekayaan alam yang melimpah dan tersedianya bahan baku mendorong perusahaan asing menanamkan modalnya di Indonesia. Perusahaan asing menanamkan modalnya dalam berbagai bidang. Misalnya, bidang pertambangan, elektronika, barang konsumsi, dan lain-lain.
2). Tersedianya Tenaga Kerja yang Banyak dan Murah
Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang besar. Dengan jumlah penduduk yang besar, Indonesia memiliki cukup banyak tenaga kerja. Namun demikian, kebanyakan angkatan kerja di Indonesia memiliki tingkat pendidikan yang masih rendah. Rendahnya pendidikan dan minimnya keahlian dan keterampilan yang dimiliki tenaga kerja Indonesia menyebabkan tenaga kerja kita tidak mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri. Akibatnya, tenaga kerja Indonesia hanya dapat menjadi pegawai rendahan seperti pegawai kasar atau buruh dengan upah yang sangat rendah.
3). Besarnya Konsumen
Jumlah penduduk Indonesia yang besar merupakan pasar yang sangat potensial untuk penjualan barang dan jasa. Pemasaran produk barang dan jasa tergantung pada daya beli masyarakat. Apabila daya beli masyarakat tinggi, akan semakin tinggi pula permintaan terhadap suatu barang. Sebaliknya, apabila daya belinya rendah, maka permintaan terhadap suatu barang akan menjadi rendah pula.
4). Stabilitas Keamanan
Kebijakan pemerintah sangat menentukan kelangsungan dan perkembangan perusahaan asing yang ada di Indonesia. Contohnya kebijakan di bidang keamanan. Keadaan negara yang stabil dan aman mendorong pengusaha asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Sebaliknya, keadaan yang tidak aman akan membuat pengusaha asing enggan menanamkan modalnya di Indonesia.

Kerjasama di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kerjasama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dilihat dalam berbagai bidang, antara lain sebagai berikut.
Teknologi Informasi dan komunikasi
Teknologi Informasi dan komunikasi telah membuat dunia seolah-olah tanpa batas dan waktu. Penggunaan internet telah menghilangkan batas-batas wilayah, sehingga menjalin hubungan yang akrab tanpa pernah bertatap muka secara langsung.
Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, pelajar Indonesia banyak belajar ke negara-negara maju dan mendapatkan ilmu sehingga dapat memajukan negara Indonesia. Indonesia juga dibantu oleh negara lain dalam penyediaan dana pendidikan dan pembangunan gedung pendidikan, selain itu juga pemberian beasiswa sekolah keluar negeri.
Pertahanan dan keamanan
Pengunaan senjata dan peralatan militer yang semakin canggih digunakan bangsa Indonesia dalam menjaga keamanan. Bahkan bangsa Indonesia kini telah mampu menciptakan dan membuat berbagai perlatan militer sendiri, seperti kapal perang, senapan, kendaraan tempur, pesawat dan lain-lain.

Sosial dan budaya
Dalam sosial budaya, gaya hidup masyarakat Indonesia banyak berubah seiring dengan masuknya budaya barat, hal tersebut tampak dalam pakaian, makanan, berbahasa dan hiburan. Indonesia juga mengirim misi kebudayaan dengan tujuan budaya Indonesia dikenal oleh bangsa lain. Selain itu ada beberapa pelajar dari negara lain mempejari budaya Indonesia dengan datang dan belajar di Indonesia Beberapa pengaruh globalisasi dalam sosial budaya dapat dilihat sebagai berikut.
Perubahan Gaya Hidup
Kalian pasti pernah mendengar bahwa masyarakat Indonesia terkenal dengan keramahan dan kebersamaannya atau sifat gotong royong. Khususnya diperkotaan ciri tersebut sekarang sudah mulai pudar. Sikap individualis atau mementingkan kepentingan diri sendiri jutru semakin berkembang. Individualis merupakan sifat yang membudaya di kalangan masyarakat barat dan dibawa ke Indonesia melalui proses globalisasi.
Selain sifat individualis, sikap konsumtif juga sudah membudaya di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya yang berada diperkotaan. Perubahan gaya hidup ini terutama banyak terjadi di kalangan masyarakat kota, khususnya kaum remaja, dengan menonton televisi saja, mereka dapat dengan mudahnya merubah gaya hidup yang dicontohkan di televisi.
Budaya asing yang membawa dampak positif, di antaranya cara berpikirnya terbuka, logis, rasional, disiplin, dan menghargai waktu.
Perubahan Gaya Berpakaian
Globalisasi dapat mengubah jenis dan mode pakaian yang dipakai seseorang. Melalui berbagai tayangan televisi maupun gambar-gambar di media cetak (majalah, tabloid, dan koran), orang selalu mengikuti perkembangan mode pakaian yang sedang menjadi trend di dunia. Tidak terkecuali masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan yang karena pengaruh globalisasi juga mengikuti perkembangan mode pakaian yang terbaru.
Jika pada zaman dulu remaja perempuan malu untuk menggunakan baju yang kelihatan perutnya, coba kalian lihat sekarang ini, remaja perempuan menggunakan pakaian model tersebut sudah menjadi hal yang biasa.
Pakaian-pakaian tradisional yang menjadi kekhasan budaya daerah, sekarang ini sudah mulai terkalahkan oleh pakaian-pakaian ala barat, bahkan sebagin besar kaum remaja merasa tidak percaya diri jika menggunakan pakaian khas daerahnya, seperti kebaya. Pakaian-pakaian seperti jas dan dasi yang banyak digunakan oleh para pejabat dan para direktur juga merupakan pakaian barat yang dibudayakan melalui proses globalisasi.
Perubahan dalam Makanan
Makanan seperti California Fried Chiken (CFC), Dunkin Donout, dan lain-lainnya merupakan makanan yang berasal dari negara lain. Selain itu juga berbagai makanan dalam kemasan yang biasa dijual di supermarket dan mall kebanyakan adalah makanan yang berasal dari budaya luar.
Makanan pokok bagi orang Indonesia adalah nasi. Seiring dengan adanya globalisasi, selera dan pilihan terhadap makanan semakin beragam. Bahkan, di sekitar kita telah banyak makanan-makanan khas dari negara lain. Misalnya, restoran Italia menyediakan pizza dan spaghetti, restoran Jepang menyediakan sushi, dan lain sebagainya.
Perubahan dalam Tradisi
Nilai atau norma merupakan aturan tidak tertulis tetapi berlaku dan dihormati oleh anggota masyarakat. Nilai dan tradisi di suatu tempat kadang kala berbeda dengan nilai dan tradisi di tempat lain. Dalam era globalisasi ini, segala nilai atau tradisi dari berbagai daerah telah bercampur. Kadang-kadang kita mendapat kesulitan untuk membedakan tradisi asli dengan tradisi yang berasal dari luar.
Indonesia terkenal dengan kekayaan budaya daerahnya, setiap daerah memiliki nilai-nilai tardisi yang menjadi kekhasannya, seiring dengan adanya globalisasi, maka nilai-nilai tradisi yang ada mulai bercampur dan jika tidak adanya penyaringan atau pintar-pintar memilih tradisi yang datang dari luar, maka tradisi yang ada akan tergantikan dengan tradisi barat.
Di era globalisasi, nilai-nilai, norma, dan pola tingkah laku dapat dengan mudah masuk ke suatu negara seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi. Hal tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah sejauh nilai-nilai yang masuk tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat. Apabila nilai-nilai dari luar membawa dampak buruk bagi masyarakat, sudah seharusnya kita tolak dan tinggalkan.

2. Upaya pemerintah dalam menyikapi pengaruh globalisasi
Selain berlaku kooperatif dengan globalisasi Pemerintah Indonesia juga melakukan sikap dalam melakukan penyaringan untuk mengurangi dampak negatif dari globalisasi. Sikap tersebut antara lain sebagai berikut.
Mendidik warga negaranya supaya selalu bersikap rasional
Pemerintah, melalui lembaga dan departemen terkait, melakukan pembinaan keluarga-keluarga di Indonesia. Keluarga akan menjadi benteng terakhir bagi pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan globalisasi. Misalnya, keluarga mendidik anak-anak mereka untuk tidak termakan iklan dan menyadari pentingnya hidup sederhana. Peran ini juga bisa dimainkan oleh Departemen Pendidikan Nasional melalui pendidikan formal di sekolah atau Departemen Komunikasi dan Informasi supaya bersikap selektif terhadap acara-acara televisi atau pemberitaan-pemberitaan surat kabar.
Memilih gaya hidup yang sesuai dengan nilai-nilai budaya kita sebagai orang timur
Gaya hidup yang ditawarkan tidak harus kita turuti. Tidak semua gaya hidup itu cocok buat kita. Setiap keluarga Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam memilih segala mode dan gaya hidup dari luar negeri. Usaha seleksi juga bisa dilakukan pada tingkat negara. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, misalnya, bisa meningkatkan pembinaan masyarakat untuk lebih mencintai budaya sendiri,termasuk mencintai pakaian tradisional Indonesia.
Politik luar negeri kita adalah “bebas aktif”
Politik luar negeri bebas aktif Artinya, bebas membina hubungan dengan negara mana pun di dunia. Karena itu, kita perlu terus membina kerja sama dengan negara lain di dunia demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Kita juga terus berupaya mewujudkan perdamaian dunia.
Memberikan perlindungan bagi produksi dalam negeri.
Memberikan perlindungan bagi produksi dalam negeri. Menjadi kewajiban pemerintah untuk melindungi produksi dalam negeri, entah itu hasil pertanian ataupun hasil industri. Misalnya, ketika petani kita sedang panen jangan mengimpor beras secara besar-besaran. Tujuannya supaya harga beras petani tidak jatuh.
Pemerintah dan seluruh warga masyarakat berupaya sekuat tenaga dalam merebut pasar dunia.
Dengan globalisasi maka seluruh dunia sekarang menjadi wilayah pemasaran barang dan jasa. Kita semua harus berusaha semaksimal mungkin untuk merebut pasar tersebut.Tentu saja dengan menawarkan barang dan jasa yang berkualitas baik dan dibutuhkan masyarakat dunia. Kita bisa mencontoh negara-negara di Asia seperti Jepang, Korea, dan Cina. Ketiga negara ini sangat maju dalam industri dan menguasai pasar di seluruh dunia dalam bidang industri otomotif, elektronik, dan industri-industri lainnya.
Saatnya berlatih
I. Uji pemahaman Materi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Apa yang dimaksud dengan kerjasama regional?
Jawab:
Kerjasama regional yaitu kerjasama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu wilayah (kerjasama antara negara tetangga). Negara kita mengadakan kerjasama tingkat regional, kerjasama ini dalam bentuk berbagai bidang, salah satu contohnya adalah kerjasama organisasi ASEAN.
Sebutkan faktor-faktor yang menjadi daya tarik investor asing untuk menamkan modal di Indonesia!
Jawab:
Faktor yang menjadi daya tarik investor asing untuk menanamkan di Indonesia adalah sebagai berikut.
1). Ketersediaan Bahan Baku
2). Tersedianya Tenaga Kerja yang Banyak dan Murah
3). Besarnya Konsumen
4). Stabilitas Keamanan
Apa yang dimaksud dengan kerjasama internasional?
Jawab:
Kerjasama internasional adalah Kerjasama internasional yaitu kerjasama yang dilakukan oleh hampir seluruh negara di dunia. Kerjasama internasional yang diikuti oleh negara Indonesia diantaranya PBB.
Bagaimana kerjasama Indonesia dengan negara lain dalam bidang pendidikan?
Jawab:
Kerjasama dalam bidang pendidikan, pelajar Indonesia banyak belajar ke negara-negara maju dan mendapatkan ilmu sehingga dapat memajukan negara Indonesia. Indonesia juga dibantu oleh negara lain dalam penyediaan dana pendidikan dan pembangunan gedung pendidikan, selain itu juga pemberian beasiswa sekolah keluar negeri. Selain itu ada beberapa pelajar dari negara lain mempejari budaya Indonesia dengan datang dan belajar di Indonesia.

Sebutkan perubahan sosial budaya akibat globalisasi!
Jawab:
Perubahan sosial budaya akibat globalisasi adalah sebagai berikut.
Perubahan Gaya Hidup
Perubahan Gaya Berpakaian
Perubahan dalam Makanan
Perubahan dalam Tradisi

II. Kegiatan Siswa
Lakukan kegiatan berikut ini!
Bentuklah kelompok dengan arahan dari guru!
Diskusikan menurut kamu hal apa saja yang bisa kamu lakukan dalam mencegah dampak negatif dari globalisasi!
Kumpulkan hasilnya ke guru!

Kosakata Penting

Bilateral : hubungan dua negara
Era : masa, rentang waktu yang cukup lama
Globalisasi : suatu proses dimana batas-batas antarnegara memudar dan kemudian hilang, sehingga terwujudkan satu kehidupan baru tanpa adanya batas-batas geografs, ekonomi dan budaya masyarakat
Internasional : hubungan hampir seluruh negara di dunia
Multilateral : hubungan beberapa negara
Regional : hubungan beberapa negara dalam suatu wilayah

Uji Kompetensi
Manusia dapat mengetahui dengan cepat perkembangan atau kehidupan masyarakat di negara lain karena kemajuan sarana ….
a. transportasi c. komunikasi
b. pendidikan d. keagamaan
jawaban: c
pembahasan
Dengan teknologi komunikasi saat ini hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk mengetahui berita dari negara lain.
Suku kata “global” dalam kata globalisasi berarti ….
a. keseluruhan atau menyeluruh
b. terbatas pada bagian tertentu
c. sebagian kecil
d. negara atau bangsa di dunia
jawaban: a
pembahasan
sudah jelas
Globalisasi menimbulkan pengaruh negatif, di antaranya adalah ….
a. tradisi-tradisi lokal semakin digemari
b. perekonomian masyarakat tradisional semakin kuat
c. masuknya pola hidup sederhana
d. memperlebar jurang antara orang kaya dan orang miskin
jawaban: d
pembahasan
dengan adanya globalisasi pengusaha asing yang memiliki modal besar akan masuk ke Indonesia sehingga akan memperlebar jarak antara yang orang kaya dan miskin
Berikut ini yang bukan merupakan hal-hal yang berhubungan dengan globalisasi, adalah ….
a. negara-negara semakin terbuka satu sama lain
b. negara-negara semakin tertutup satu sama lain
c. negara-negara saling mempengaruhi
d. negara-negara seperti hidup dalam sebuah kampung besar
jawaban: b
pembahasan
globalisasi menghilangkan batas wilayah dengan komunikasi sehingga tidak mungkin negara menjadi semakin tertutup
Berikut ini yang bukan merupakan upaya pemerintah berpartisipasi aktif dalam proses globalisasi adalah ….
a. tidak perlu melindungi para buruh (pekerja)
b. mendorong pembinaan keagamaan masyarakat
c. mendidik warga negara untuk tidak “termakan” iklan
d. menyeleksi gaya hidup yang masuk ke Indonesia
jawaban: a
pembahasan
tidak perlu melindungi para buruh (pekerja) adalah tindakan yang membuat rakyat Indonesia tertindas karena globalisasi
Sikap yang baik terhadap pengaruh globalisasi adalah ….
a. menolak dan menutup diri dari pengaruh negara lain
b. meniru dan mengikuti semua mode pakaian dari negara lain
c. memusuhi negara-negara Barat
d. menerima nilai-nilai yang baik dari globalisasi untuk memperkaya nilai sendiri
jawaban: d
pembahasan
kita harus memilah kebudayan yang masuk, bila itu baik dan sesuai dengan kita maka gunakan untuk memperkaya kita
Salah satu faktor pendorong terjadinya globalisasi adalah ….
a. kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi
b. kebutuhan manusia yang terus berkembang
c. perkembangan ekonomi internasional
d. perkembangan sumber daya alam
jawaban: a
pembahasan
sudah jelas
Salah satu ciri terjadinya globalisasi dalam suatu negara adalah ….
a. negara tersebut tertutup bagi orang-orang asing
b. penguasaan bangsa asing di negara lain
c. gaya hidup masyarakat masih tradisional
d. adanya sistem informasi dan komunikasi secara global
jawaban: d
pembahasan
sistem inforamasi dan komunikasi secara global merupakan syarat pokok terjadinya globalisasi, jadi jika ada sistem tersebut sudah pasti terjadi globalisasi
Yang bukan merupakan sikap yang baik terhadap masuknya barang-barang dagangan dari luar negeri adalah ….
a. membeli barang buatan luar negeri yang murah
b. membeli semua barang buatan luar negeri karena pasti lebih berkualitas
c. hanya membeli barang buatan luar negeri yang benar-benar berkualitas
d. menolak semua barang buatan luar negeri karena cinta pada produk dalam negeri
jawaban: b
pembahasan
belum tentu semua barang luar negeri itu berkualitas kita harus jeli memilih
Dampak positif dari globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia adalah ….
a. semakin mudahnya mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia
b. gaya hidup yang semakin beranekaragam
c. rakyat tidak harus bekerja karena banyaknya bantuan sosial dari luar negeri
d. kebudayaan asing dapat ditiru secara penuh
jawaban:a
pembahasan
sudah jelas
Berikut yang bukan dampak positif globalisasi adalah ….
Mempermudah proses pertukaran dan penyebaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
Mempermudah proses komunikasi dan transportasi antar daerah
Memperluas jaringan bisnis dengan negara lain
Mempermudah masuknya narkoba ke dalam negeri
Jawaban: d
Pembahasan
Narkoba adalah barang terlarang sehingga merupkan dampak negatif dari globalisasi
Dengan berdirinya banyak sektor Industri di suatu negara, hal ini menunjukkan peningkatan dalam sektor ….
ekonomi
pariwisata
pertahanan dan keamanan
idiologi
jawaban: a
pembahasan
sudah jelas
Politik luar negeri Indonesia bersifat ….
a. bebas aktif c. regional
b. liberal d. demokratis
jawaban: a
pembahasan
bebas aktif merupakan prinsip politik luar negeri Indonesia
Kerjasama bilateral Indonesia dengan negara lain bergerak dalam berbagai bidang, kecuali ….
Pertahanan dan keamanan
Idiologi
Perdagangan
Penanggulangan penyebaran virus fu burung
Jawaban: b
Pembahasan
Kerja sama idiologi merupakan penyimpangan bebas aktif karena memihak salah satu idiologi
Manfaat dari dibukanya industri-industri di Indonesia adalah ….
Tidak adanya persaingan usaha
Masyarakat Indonesia semakin agamis
Pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia meningkat
Meningkatkan tali silaturahmi antar masyarakat
Jawaban: c
Pembahasan
Sudah jelas

B. isian
KFC adalah makanan dari negara …..
Jawaban: Amerika Serikat
Pembahasan
KFC adalah Kalifornia Fried Chicken (Ayam Goreng Kalifornia)
Karena pengaruh globalisasi, pasar-pasar tradisional menjadi …..
Jawaban: Tersingkir/mati
Pembahasan
Globalisasi menyebabkan masuknya barang-barang dari luar negeri dengan harga murah, sehingga menyingkirkan barang lokal yang dijual di pasar Tradisional
Proses globalisasi didukung oleh perkembangan alat …….
Jawaban: Komunikasi dan Informasi
Pembahasan
Sudah jelas
Globalisasi memiliki tujuan menghilangkan …..
Jawaban: batas pemisah
Pembahasan
Globalisasi adalah proses menyatukan dunia dengan menghilangkan batas pemisah
Wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia akan memberikan keuntungan agi bangsa Indonesia berupa …..
Jawaban: Devisa
Pembahasan
Wisatawan yang datang ke Indonesia membawa uang dari negara mereka, kemudian ditukarkan dengan rupiah sehingga menghasilkan devisa
Masuknya investor asing ke indonesia dapat menguntungkan bidang ……
Jawaban : ekonomi
Pembahasan:
Investor asing yang menanamkan modal di Indonesia telah membangun industri/usaha baru sehingga membuka lapangan pekerjaan dan masih banyak lagi keuntungan di bidang ekonopmi
Berubahnya gaya hidup adalah pengaruh dari globalisasi di bidang ….
Jawaban: sosial dan budaya
Pembahasan
Sudah jelas
Hand Phone seakan-akan telah menjadi kebuutuhan pokok, hal tersebut merupakan pengaruh globalisasi di bidang ….
Jawaban: Teknologi Komunikasi
Pembahasan
Sudah jelas
Munculnya perusahan multinasional adalah cirri dari ….
Jawaban: globalisasi
Pembahasan
Perusahaan multinasional adalah perusahaan besar yang ada diberbagai negara, sehingga merupakan dampak dan ciri globalisasi
Kata globalisasi berasal dari kata “global” yang berarti ……
Jawaban: mendunia
Pembahasan
Sudah jelas

C. Uraian
Apa yang dimaksud dengan Era Globalisasi?
Jawab:
Era Globalisasi adalah suatu masa yang didalamnya sedang berlangsung suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia bisa menjangkau satu sama lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan, baik dalam budaya, ekonomi, politik, maupun teknologi.
Sebut dan jelaskan 3 dampak negatif globalisasi!
Jawab:
Dampak negatif dari globalisasi antara lain sebagai berikut.
Masuknya nilai-nilai dan budaya yang tidak baik dan bertentangan dengan nilai dan budaya bangsa Indonesia.
Hilangya tradisi, nilai, norma dan budaya bangsa.
Meningkatkan angka pengangguran dalam negeri karena penggunaan tenaga terampil dari luar.
Matinya perekonomian tradisional, karena terdesak mal dan supermarket, selain itu barang-barang dari luar yang lebih muarh mematikan industri dalam negeri.
Pola hidup menjadi sangat konsumtif.
Negara yang lebih kuat akan mengatur dan mengendalikan negara yang lebih lemah.

Apa sajakah ciri-ciri globalisasi?
Jawab:
ciri-ciri dari globalisasi adalah sebagai berikut.
Terbuka bagi bangsa-bangsa dari negara lain untuk masuk.
Sistem informasi dan komunikasi sudah mengglobal, misalnya TV dan internet sudah ada.
Jalur transportasi yang mendunia, terutama transportasi udara.
Makin banyaknya orang-orang asing (turis) yang datang.
Munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan investasi asing.
Meningkatnya perdagangan antarnegara.
Terjadinya pertukaran budaya antarnegara.

Sebutkan tiga upaya untuk mengurangi dampak negatif globalisasi!
Jawab:
Upaya untuk mengurangi dampak negatif dar globalisasi antara lain sebagai berikut.
Memperkaya ilmu pengetahuan, karena dengan ilmu kita bisa tahu mana yang benar dan mana yang salah.
Meningkatkan pengetahuan dan keyakinan agama, karena agama akan menjadi daya kontrol dan pondasi akhlak dalam pergaulan di era global
Bersikap tegas terhadap nilai-nilai barat yang bertentangan dengan identitas diri kita.
Bersikap hati-hati dalam menyerap pengaruh barat.

Jelaskan yang dimaksud dengan politik bebas aktif!
Jawab:
Politik bebas aktif adalah politik luar negeri Indonesia yang bebas tidak memihak manapun dan aktif dalam menciptakan perdamaian dunia.

A. Isian
OKI adalah organisasi yang bergerak di bidang …..
Jawab: agama
Pembahasan
Sudah jelas
Internet singkatan dari ….
Jawab: International Networking
Pembahasan
Sudah jelas
Indonesia menjalankan politik luar negeri ….
Jawab: bebas aktif
Pembahasan
Politik luar negeri Indonesia sudah dietapkan pada zaman kemerdekaan yaitu bebas aktif
Kata globalisasi berasal dari kata “global” yang berarti …
Jawaban: mendunia
Pembahasan
Sudah jelas
Kita bisa menonton pertandingan sepak bola di Inggris secara langsung di Indonesia melalui …..
Jawaban: TV dan Internet
Pembahasan
Sudah jelas

B. Uraian
Jelaskan pengertian globalisasi!
Jawab:
Globalisasi artinya “proses menjadi menyeluruh”. Globalisasi juga berarti “proses di mana bagian-bagian kecil menjadi menyeluruh atau menjadi dikenal oleh bagian-bagian lainnya.

Sebutkan dampak positif globalisasi!
Jawab:
Dampak positif dari globalisasi adalah sebagai berikut ini.
Kedaan suatu negara dapat dilihat dengan jelas dan apa yang terjadi di negara tersebut dapat diketahui dengan cepat.
Negara lain bisa mengirimkan bantuan bila terjadi masalah atau musibah di suatu negara dengan cepat.
Glabalisasi membuat kita mengenal temapat-tempat dan kebudayaan di dunia.
Dapat dijalin hubungan kerja sama dan persahabatan dengan negara-negara lain.
Terbuka kesempatan bagi siapa saja untuk mencari pekerjaan, pendidikan dan perdagangan ke negara manapun.
Meningkatnya arus perpidahan penduduk.

Sebutkan faktor pendorong terjadinya globalisasi!
Jawab:
Terjadinya globalisasi didorong oleh berbagai faktor, faktor tersebut antara lain sebagai berikut.
Kebutuhan manusia yang terus berkembang yang menuntut alat pemuas kebutuhan dari negara lain.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga mem-permudah hubungan antarbangsa.
Perkembangan teknologi transportasi sehingga mempermudah perpindahan orang maupun barang dari satu negara ke negara lain.
Perkembangan kegiatan ekonomi internasional yang mendorong perkembagan perdagangan dan sistem pembayaran internasional.
Perkembangan organisasi internasional, seperti PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) yang makin dibutuhkan oleh setiap negara.

Jelaskan yang dimaksud faktor stabilitas keamanan yang mendorong investasi asing!
Jawab:
Kebijakan pemerintah sangat menentukan kelangsungan dan perkembangan perusahaan asing yang ada di Indonesia. Contohnya kebijakan di bidang keamanan. Keadaan negara yang stabil dan aman mendorong pengusaha asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Sebaliknya, keadaan yang tidak aman akan membuat pengusaha asing enggan menanamkan modalnya di Indonesia.

Bagaimana perubahan gaya hidup akibat pengaruh globalisasi?
Jawab:
Perubahan gaya hidup akibat globalisasi terlihat pada masyarakat Indonesia yang dulu terkenal dengan keramahan dan kebersamaannya atau sifat gotong royong, sekarang sudah memudar. Khususnya diperkotaan ciri tersebut sekarang sudah mulai pudar. Sikap individualis atau mementingkan kepentingan diri sendiri jutru semakin berkembang. Individualis merupakan sifat yang membudaya di kalangan masyarakat barat dan dibawa ke Indonesia melalui proses globalisasi.

Pengayaan
Lakukan kegiatan berikut!
1. Carilah bahan di internet mengenai sejarah globalisasi!
2. Cetaklah hasil; dari pencarianmu!
3. Dengan arahan dari gurumu bacakan hasil tersebut di depan keals!

Karakter anak bangsa!
Sebagai generasi penerus bangsa kita harus selektif dalam mengikuti budaya yang masuk ke Indonesia, hanya yang positif dan baik saja yang kita terapakn dan kita harus melestarikan budaya Indonesia sebagai jati diri bangsa, supaya kita tidak kehilangan identitas sebagai sebuah bangsa.

BAB 9
Kegiatan Ekspor dan Impor di Indonesia
Standar kompetensi
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global.
Kompetensi dasar
3.2 Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa.

Banyak negara di dunia ini harus mendatangkan barang-barang kebutuhan penduduknya dari negara lain. Mengapa demikian? Karena keadaan dan kekayaan alam tiap negara terbatas dan berbeda. Ada negara yang menghasilkan minyak bumi berlimpah ruah, tetapi kekurangan hasilpertanian. Ada negara yang bisa memproduksi barang-barang elektronik dan barang jadi lainnya tetapi kekurangan bahan baku. Ada negara yang tidak menghasilkan kayu karena tidak mempunyai hutan. Ada juga negara yang sudah menghasilkan bahan makanan pokok seperti beras dan gandum tetapi tidak mencukupi kebutuhan penduduknya. Ada negara yang tidak menghasilkan ikan laut, karena tidak memiliki wilayah yang berupa lautan. Pendeknya, tidak semua negara dapat menghasilkan semua barang-barang yang dibutuhkan rakyatnya.
Karena keadaan alam dan masyasyarakatnya tiap negara memilki keistimewaan tertentu. Keistimewaan tiap-tiap negara itu antara lain ditentukan oleh faktor berikut ini.
1. Faktor iklim dan keadaan tanah.
2. Faktor kebudayaan.
3. Faktor politik.
4. Faktor sosial.
Karena keistimewaan tiap negara berbeda-beda, maka timbul kegiatan ekonomi antarnegara (perdagnagan antar negara) Contohnya adalah Indonesia belum bisa memproduksi alat-alat berat dan mobil mewah, sementara Jepang bisa memproduksinya. Sementara Jepang tidak bisa memproduksi almunium dan karet, sementara alam Indonesia menghasilkanya. Hal tersebut menciptakan perdagangan antar negara. Dalam kegiatan perdaganagan antar negara muncul istilah ekspor dan impor. Dalam bab ini akan dibahas mengenai ekspor dan impor negara Indonesia. Manfaat-manfaat yang didapat dari kegiatan ekspor dan impor.
(gambar pelabuhan dengan kegiatan bongkar muat peti kemas)

A. Kegiatan Ekspor Indonesia
Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Orang yang melakukan kegiatan ekspor disebut dengan eksportir. Adapun barang yang dijual dikenal sebagai barang ekspor. Melimpahnya sumber daya alam suatu negara melatarbelakangi kegiatan ekspor. Sebagai contoh negara Indonesia melimpah akan minyak bumi dan hasil pertanian. Selain untuk mencukupi kebutuhan di dalam negeri, sebagian juga diekspor ke luar negeri. Barang yang dijual disebut dengan barang ekspor, sedangkan pelakunya disebut eksportir.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan ekspor antara lain sebagai berikut.
Modal merupakan hal penting dalam rangka biaya pengadaan bahan baku, biaya pengolahan bahan baku menjadi barang jadi, dan biaya pengangkutan.
Barang yang diekspor harus terjamin kualitasnya, mulai dari bahan baku yang dipilih, pengolahan yang dilakukan oleh tenaga profesional, sampai menjadi barang siap pakai dengan kemasan yang aman.
Peluang pasar merupakan hal sangat penting dalam perdagangan. Keberhasilan ekspor sangat di-tentukan oleh adanya kepercayaan pelanggan atau konsumen.
Peraturan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh eksportir, baik peraturan yang berlaku di negara kita maupun yang berlaku di negara tujuan ekspor.
Komoditas ekspor Indonesia dapat digolongkan menjadi beberapa bagian. Hal ini terkait karena melimpahnya sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia. Berikut merupakan pembagian komoditas ekspor Indonesia.
Pertanian
Indonesia merupakan negara agraris. Ciri khas negara agraris ini adalah tanahnya yang subur. Oleh karena itu, terdapat beberapa jenis hasil pertanian yang menjadi komoditas ekspor, di antaranya yaitu kopi, teh, tembakau, lada hitam, lada putih, kelapa sawit, kelapa, kopra, kakau, cengkeh, dan sebagainya. Adapun negara tujuan hasil pertanian ini adalah Eropa, Amerika, Australia, Asia Timur, dan sebagian Asia Barat.
Kehutanan
Selain komoditas yang berasal dari pertanian, terdapat juga komoditas ekspor yang berasal dari hasil hutan, seperti kayu jati, rotan, gergajian kayu, kayu meranti, kayu jati mas, dan lain sebagainya. Adapun negara tujuan ekspor dari hasil hutan Indonesia di antaranya Asia Timur, Eropa, Amerika, Australia, Asia Barat.
Perikanan
Indonesia dikenal juga dengan negara maritim yang kaya akan hasil laut. Oleh karena itu, banyak juga hasil laut yang menjadi komoditas ekspor, seperti ikan tuna, udang windu, makarel, sardensis, dan ikan cakalang. Adapun negara tujuan ekspor hasil ikan, di antaranya Amerika, Jepang, Singapura, dan Hongkong. Udang adalah salah satu komoditas ekspor yang berasal dari perikanan.
Minyak bumi, gas, bahan tambang
Indonesia dikenal juga sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam berupa minyak dan gas bumi. Sumber daya alam ini menjadi salah satu andalan komoditas ekspor yang banyak menghasilkan devisa. Adapun daerah penghasil minyak bumi, gas dan bahan tambang adalah Arun di Aceh Naggroe Darusallam yang menjadi penghasil Gas Bumi terbesar kedua di dunia, penghasil minyak bumi di Bontang, Kalimantan Timur, PT. Preefort di Papua sebagai penghasil tembaga dan emas.
Adapun sumber daya alam dan bahan tambang yang menjadi komoditas ekspor Indonesia di antaranya minyak bumi, gas, timah, emas, tembaga, aspal, baja. Sementara negara yang tujuan ekspornya di antaranya Eropa, Amerika, Asia Timur, Australia Asia Barat. Minyak bumi adalah salah satu andalan komoditas ekspor yang menghasilkan banyak devisa.
Hasil Industri
Hasil industri yang dapat diekspor, antara lain, semen, kayu lapis, kerajinan anyaman, mebel, bahan-bahan kimia, alat-alat listrik, pupuk urea, sepatu dan sandal, garam, rokok, kain batik, dan besi baja.
Bidang jasa
Selain ekspor barang dari hasil migas dan nonmigas, Indonesia juga banyak memperoleh keuntungan dari hasil sektor jasa. Seperti yang telah kamu ketahui bahwa jumlah penduduk di Indonesia jumlahnya sangat besar menduduki urutan keempat setelah Amerika Serikat. Dengan jumlah penduduk yang besar membuat Indonesia memiliki banyak tenaga kerja. Sehubungan dengan jumlah tenaga kerja yang banyak menjadikan Indonesia tidak mampu lagi menyediakan lapangan kerja.
Oleh karena itu, Indonesia perlu menjalin kerja sama dengan negara lain untuk mengatasi penyediaan lapangan kerja ini. Bentuk kerja sama ini dilakukan dengan cara mengirim tenaga kerja ke luar negeri. Sebelum diberangkatkan ke luar negeri, calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mendapat pelatihan di Balai Latihan Kerja sesuai dengan pekerjaan yang akan dihadapinya. Selain keterampilan kerja, bahasa merupakan bekal yang penting sebagai alat komunikasi di negara yang dituju.
Dari penjelasan diatas Barang ekspor Indonesia dapat dibagi atas dua jenis, yaitu barang migas dan barang nonmigas. Barang migas (minyak dan gas), yaitu barang-barang tambang berupa minyak bumi dan gas alam. Barang nonmigas adalah barang-barang yang bukan berupa minyak dan gas bumi. Misalnya, hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil industri, serta barang-barang tambang, seperti emas, perak, aluminium, tembaga, aspal, dan nikel.
Tabel Barang-barang Ekspor Indoneisa dan Negara Tujuannya

No Barang yang diekspor Negara Tujuan
1. Minyak Bumi Malaysia, Filipina, Singapura, Australia, Cina dan Jepang
2. Gas Bumi Jepang, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan
3. Rokok Brunei Darussalam
4. Suku cadang Telkom Singapura
5. Tekstil dan pakaian jadi Brunei Darussalam, Thailand, Australia, negara BENELUX (Belgia,
Nederland, Luxemburg), Jepang, Arab Saudi, Singapura, dan Hong
Kong
6. Semen Thailand, Filipina, dan Cina
7. Kayu lapis Thailand, Singapura, Australia, Cina, negara BENELUX, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Hong Kong
8. Pupuk Malaysia, Thailand, Filipina, dan Australia
9. Tembaga Jepang, Korea Selatan, Singapura, Thailand, dan Cina
10. Timah putih Belanda, Inggris, Singapura, dan Korea Selatan
11. Kopi Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan negara BENELUX
12. Teh Singapura dan Pakistan
13. Tembakau Malaysia, Jepang, dan Amerika Serikat
14. Karet Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan negara BENELUX
15. Kayu Singapura, Hong Kong, Jepang, dan Thailand
16. Udang Malaysia, Singapura, Jepang, dan Hong Kong
17. alumunium Jepang
Sumber: Irawan Sadad Sadiman: 2009
Manfaat kegiatan ekspor yang dilakukan oleh negara Indonesia adalah sebagai beriktu.
a. Memperluas Pasar Produk Indonesia
Kegiatan ekspor merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk Indonesia ke luar negeri. Misalnya, pakaian batik merupakan salah satu produk Indonesia yang mulai dikenal oleh masyarakat dunia.
b. Menambah Devisa Negara
Perdagangan antarnegara memungkinkan eksportir Indonesia untuk menjual barang kepada masyarakat luar negeri. Transaksi ini dapat menambah penerimaan devisa negara.
c. Memperluas Lapangan Kerja
Kegiatan ekspor akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Dengan semakin luasnya pasar bagi produk Indonesia, kegiatan produksi di dalam negeri akan meningkat. Semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkan sehingga lapangan kerja semakin luas.
d. Mendorong peningkatan produksi dalam negeri.
Dengan mengekspor barang-barang ke luar negeri berarti membuka pasar untuk menjual barang-barang produksi dalam negeri. Adanya pasar penjualan yang semakin luas, maka para produsen dalam negeri terdorong untuk menghasilkan barang produksi dalam jumlah yang lebih banyak dan berkualitas.
e. Penerimaan pajak negara
Merupakan sumber penerimaan bagi negara. Kegiatan ekspor impor meningkatkan penerimaan pemerintah melalui pajak ekspor maupun biaya impor yang dikenakan pada barang yang diperjualbelikan.
Tahukah kamu?
Kegiatan ekspor dan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Indonesia akan menambah Devisa bagi negara Indonesia. Devisa adalah alat-alat pembayaran luar negeri yang digunakan dalam perdagangan luar negeri. Devisa berbentuk surat-surat berharga (efek, sekuritas, uang luar negeri). Sementara besarnya Impor akan mengurangi jumlah devisa Indonesia.

Saatnya berlatih
I. Uji Pemahaman Materi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Apa yang dimaksud dengan ekspor?
Jawab:
Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Orang yang melakukan kegiatan ekspor disebut dengan eksportir. Adapun barang yang dijual dikenal sebagai barang ekspor.
Mengapa terjadi perdagangan antarnegara?
Jawab:
Perdagangan antar negara terjadi karena perbedaan sumber daya alam dan sumber daya manusia sehingga menghasilkan barang-barang yang berbeda. Selain itu suatu negara tidak akan bisa memproduksi semua barang yang dibutuhkan negara sendiri sehngga negara tersebut membeli dari negara lain. Sebaliknya jika produksi suatu negara melimpah maka negara tersebut menjual ke negara lain.
Sebutkan hasil industri yang diekspor oleh Indoneisa!
Jawab:
Hasil industri yang dapat diekspor, antara lain, semen, kayu lapis, kerajinan anyaman, mebel, bahan-bahan kimia, alat-alat listrik, pupuk urea, sepatu dan sandal, garam, rokok, kain batik, dan besi baja.

Sebutkan manfaat kegiatan ekspor bagi Indoensia!
Jawab:
Manfaat kegiatan ekspor yang dilakukan oleh negara Indonesia adalah sebagai beriktu.
a. Memperluas Pasar Produk Indonesia
b. Menambah Devisa Negara
c. Memperluas Lapangan Kerja

Ke negara mana saja timah putih Indonesia diekspor?
Jawab:
Timah putih Indonesia diekspor ke Belanda, Inggris, Singapura, dan Korea Selatan
II. Kegiatan Siswa
Lakukan kegiatan berikut!
Diskusikan dengan teman semejamu, daerah mana saja yang merupakan penghasil minyak bumi di Indonesia! Hasilnya bacakan di depan kelas!

B. Kegiatan Impor Indonesia
Impor adalah kegiatan perdagangan membeli barang dan jasa dari luar negeri. Atau kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Dengan demikian, impor pada intinya adalah memasukkan barang dari negara lain ke negara kita. Negara yang membeli atau mendatangkan dan memasukkan barang serta jasa dari luar negeri disebut negara pengimpor atau importir. Barang dan jasa yang dibeli dari luar negeri disebut barang impor. Barang impor akan menjadi barang konsumsi negara peng-impor.
Untuk melindungi produksi dalam negeri pemerintah sering kali membatasi impor atas suatu komoditi seperti gula, beras, dan daging sapi. Namun kendati demikian sampai saat ini pemerintah masih belummampu memenuhi kebutuhan dalam negeri terutama untuk gula dan beras.Tragis memang, ketika Indonesia dikenal sebagai negara agraris namun ketergantungan akan impor beras dan gula masih sangat tinggi.
Ada beberapa alasan mengapa impor diperlukan, antara lain sebagai berikut.
1. Barang tersebut tidak terdapat di negara kita.
2. Barang tersebut ada tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri.
3. Adanya kepentingan politik tertentu dengan negara lain sehingga impor diperlukan untuk melancarkan kepentingan politik tersebut.
Adapun barang-barang yang diimpor dapat digolongkan
menjadi:
Barang konsumsi
Barang konsumsi yaitu barang yang sudah jadi dan langsung dipakai oleh masyarakat, di antaranya susu, gula, tepung, buah-buahan, minuman kaleng, daging dan sebagainya. Adapun negara pengimpor barang konsumsi di antaranya Australia, Amerika, Jepang, negara-negara Eropa.
Bahan baku
Selain barang konsumsi terdapat juga barang lain yang diimpor oleh negara kita. Barang ini disebut dengan bahan baku. Apakah bahan baku itu? Bahan baku adalah bahan yang untuk digunakannya diperlukan proses terlebih dahulu, seperti kapas untuk kain, benang, dan sebagainya. Adapun bahan baku yang diimpor oleh Indonesia di antaranya benang tenun, bahan kimia, bahan wol, kapas, dan sebagainya. Adapun negara pengimpor bahan baku tersebut di antaranya, Korea, Jerman, Jepang, Amerika, Australia.
Barang modal
Tahukah kamu barang modal? Barang modal merupakan barang yang dapat digunakan untuk proses produksi seperti mesin. Barang-barang modal yang diimpor oleh Indonesia di antaranya mesin-mesin, alat-alat berat, kapal laut, pesawat, mesin industri, mobil, sepeda motor dan sebagainya. Adapun barang-barang tersebut banyak didatangkan dari berbagai negara, seperti Jepang, Korea, Amerika, Jerman, Inggris.
Jasa
Selain barang, Indonesia juga mengimpor jasa dari luar negeri. Sebagai contoh, jasa tenaga konsultan, tenaga ahli, jasa penerbangan, jasa pendidikan, dan jasa modal. Banyak perusahaan di Indonesia yang mendatangkan tenaga konsultan dari luar negeri. Misalnya, tenaga konsultan keuangan. Beberapa badan penelitian di Indonesia seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), dan BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional) mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri.
Jasa penerbangan Indonesia membuka jalur penerbangan internasional. Dengan demikian, banyak maskapai penerbangan negara lain yangmasuk ke Indonesia. Adapun jasa pendidikan, misalnya mendatangkan tenaga pengajar dari luar negeri. Indonesia juga menerima bantuan modal dari negara lain. Hal tersebut disebut dengan jasa modal.
Tabel Barang Impor Negara Indonesia dan Negara Asal
No Negara Asal Barang yang Diimpor
1. Jepang Mobil, sepeda motor, suku cadang mesin, suku cadang kereta api, alat-alat elektronik, kapal laut, alat-alat berat, pipa besi, baja, dan bahan kimia.
2. Korea Selatan Sepeda motor, mesin industri, dan baja
3. Thailand Beras, buah-buahan
4. Negara BENELUX Alat-alat elektronik, suku cadang mesin, dan pesawat terbang
5. Jerman Mobil, alat-alat elektronik, mesin industri, obat-obatan, dan insektisida
6. Australia Gandum
Sumber: Irawan Sadad Sadiman: 2009
Kegiatan Impor yang dilakukan suatu negara tentu memiliki manfaat. Berikut beberapa manfaat Kegiatan Impor.
a. Memperoleh Barang dan Jasa yang Tidak Bisa Dihasilkan
Perdagangan antarnegara akan bisa mendatangkan barang-barang yang belum dapat dihasilkan di dalam negeri. Misalnya, Indonesia belum mampu memproduksi mesin-mesin berat. Oleh karena itu, Indonesia melakukan perdagangan dengan Amerika, Jepang, Cina, dan Korea Selatan dalam pengadaan alat-alat tersebut.
b. Memperoleh Teknologi Modern
Perdagangan antarnegara juga memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mempelajari teknologi dari negara lain. Mengapa demikian? Dalam perdagangan biasanya terjadi pertukaran informasi. Dari saling bertukar informasi ini, Indonesia dapat belajar teknik produksi baru dan pemanfaatan teknologi modern.
c. Memperoleh Bahan Baku
Setiap kegiatan usaha pasti membutuhkan bahan baku. Untuk memproduksi mobil dibutuhkan besi dan baja. Untuk memproduksi ember, mangkuk, dan kursi plastik dibutuhkan plastik. Tidak semua bahan baku produksi tersebut dihasilkan di dalam negeri. Demi kelangsungan produksi, pengusaha harus menjaga pasokan bahan bakunya. Salah satu caranya dengan mengimpor bahan baku dari luar negeri.
Impor barang konsumsi yang berlebihan juga bisa menyebabkan produksi barang konsumsi dalam negeri terabaikan. Hal ini berarti akan mematikan perusahaan-perusahaan dalam negeri. Akibatnya lapangan kerja akan semakin berkurang, dan akan terjadi pengangguran. Masyarakat pun kemudian akan lebih menyukai produk impor daripada produk dalam negeri. Untuk membatasi impor maka pemerintah melakukan beberapa hal berikut ini.
Mengenakan pajak yang tinggi terhadap barang-barang impor, khususnya barang-barang mewah untuk kebutuhan konsumsi.
Memperketat prosedur impor barang-barang konsumsi.
Impor harus diarahkan pada barang-barang produksi untuk keperluan produksi di dalam negeri.
Saatnya Berlatih
II. Uji Pemahaman Materi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Apa yang dimaksud dengan impor?
Jawab:
Impor adalah kegiatan perdagangan membeli barang dan jasa dari luar negeri. Atau kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Dengan demikian, impor pada intinya adalah memasukkan barang dari negara lain ke negara kita.
Sebutkan alasan mengapa impor diperlukan!
Jawab:
Ada beberapa alasan mengapa impor diperlukan, antara lain sebagai berikut.
a. Barang tersebut tidak terdapat di negara kita.
b. Barang tersebut ada tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri.
c. Adanya kepentingan politik tertentu dengan negara lain sehingga impor diperlukan untuk melancarkan kepentingan politik tersebut.

Apa yang dimaksud dengan barang modal?
Jawab:
Barang modal merupakan barang yang dapat digunakan untuk proses produksi seperti mesin.
Barang apa saja yang diimpor Indonesia dari negara Jepang?
Jawab:
Barang yang diimpor Indonesia dari negara Jepang antara lain, Mobil, sepeda motor, suku cadang mesin, suku cadang kereta api, alat-alat elektronik, kapal laut, alat-alat berat, pipa besi, baja, dan bahan kimia.
Apa saja manfaat dari kegiatan Impor?
Jawab:
Manfaat Kegiatan Impor antara lain sebagai berikut.
a. Memperoleh Barang dan Jasa yang Tidak Bisa Dihasilkan
b. Memperoleh Teknologi Modern
c. Memperoleh Bahan Baku
II. Kegiatan Siswa
Lakukan kegiatan berikut ini!
Kunjungilah pasar swalayan! Amati barang-barang impor yang dijual di sana! Kemudian, salin dan lengkapi tabel berikut!
Jenis Barang Nama/Merek Negara Pengekspor
Elektronik
Buah
Makanan
Pakaian
Minuman

Kosakata penting:
BENELUX : Belgia, Netherlands dan Luxemburg
Devisa : alat pembayaran luar negeri dalam perdagangan antar negara
Ekspor : adalah kegiatan perdagangan menjual barang dan jasa ke luar negeri
Eksportir : negara yang melakukan penjualan barang dan jasa ke luar negeri
Impor : kegiatan perdagangan membeli barang dan jasa dari luar negeri
Importir : negara yang membeli atau mendatangkan barang dari luar negeri

Uji Kompetensi
A. Pilihan ganda
Kegiatan menjual barang ke luar negeri disebut ….
a. impor c. ekspor
b. importir d. eksporti
jawaban: c
pembahasan
sudah jelas
Indonesia mengimpor gandum dari negara ….
a. Jepang c. Cina
b. Australia d. Korea Selatan
jawaban: b
pembahasan
sudah jelas
Berikut ini termasuk barang migas, yaitu …
a. emas c. gas bumi
b. batu bara d. timah
jawaban: c
pembahasan
migas singkatan dari minyak dan gas, sehingga yang termasuk migas adalah gas bumi
Suku cadang Telkom buatan Indonesia diekspor ke ….
a. Jepang c. Korea Selatan
b. Belanda d. Singapura
jawaban: d
pembahasan
sudah jelas
Berikut ini pernyataan yang benar mengenai produk Indonesia, yaitu ….
a. produk Indonesia kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri
b. produk Indonesia kalah dibandingkan produk dari luar negeri
c. produk Indonesia jarang diminati oleh negara lain
d. produk Indonesia tidak diekspor ke luar negeri
jawaban: a
pembahasan
produk Indonesia kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri, hal tersebut terbukti dengan bnayk produk Indonesia yang diekspor ke luar negeri.
Jenis komoditas ekspor nonmigas Indonesia, yaitu …
a. minyak bumi c. bensin
b. kayu jati d. gas alam
jawaban: b
pembahasan
sudah jelas
Salah satu tujuan impor adalah ….
a. memperoleh keuntungan
b. mendapat devisa
c. memenuhi kebutuhan dalam negeri
d. biar banyak produk bergengsi
jawaban: c
pembahasan:
bila kebutuhan dalam negeri akan suatu barang belum dapat terpenuhi atau tercukupi maka negara tersebut akan melakukan impor
Negara yang mengimporkan barang dari negara lain disebut ….
a. mariner c. importir
b. eksportir d. pionir
jawaban: c
pembahasan
negara yang melakukan impor disebut importer
Faktor pendukung perdagangan antarnegara adalah ….
a. perkembangan kebutuhan masyarakat
b. perbedaan kebutuhan masyarakat antarnegara
c. kelebihan dan kekurangan jenis produk di setiap negara
d. keinginan masyarakat di setiap negara untuk berdagang
jawaban: c
pembahasan
jika suatu negara memiliki kelebihan barang maka akan menjualnya untuk mendapatkan keuntung, jika kekurangan maka akan membeli untuk mencukupi kebutuhan.
Berikut merupakan dampak positif perkembangan ekspor bagi kehidupan ekonomi masyarakat, kecuali ….
a. terjadinya perluasan produksi di dalam masyarakat
b. meningkatnya kesempatan kerja bagi masyarakat
c. meningkatnya pendapatan masyarakat
d. meningkatnya tingkat pengangguran
jawaban:d
pembahasan
meningkatnya ekspor akan membuat penambahan produksi barang ekspor sehingga akan menambah lapangan pekerjaan, bukan menambah pengangguran
Tindakan pemerintah yang diperlukan untuk membatasi impor adalah ….
a. mengenakan pajak yang lebih tinggi pada barang-barang impor
b. memberikan kebebasan mengimpor barang pada importir
c. mempermudah prosedur impor barang dari luar negeri
d. membebaskan bea masuk barang impor
jawaban: a
pembahasan
mengenakan pajak yang tinggi akan membuat importir dalam negeri atau eksportir yang akan memasukan barang ke Indonesia mengurangi jumlah barangnya.
Alat pembayaran luar negeri disebut ….
a. komoditi c. barang ekspor
b. devisa d. bahan baku
jawaban: b
pembahasan
alat pembayaran luar negeri/perdagangan antar negara adalah devisa.
Yang bukan merupakan negara tujuan ekspor kopi dari Indonesia adalah ….
a. Jepang c. Eropa
b. Amerika Serikat d. Brasil
jawaban: d
pembahasan
Brasil merupakan negara yang memiliki kesamaan dengan Indonesia, beriklim tropis sehingga tanaman kopi dapat tumbuh di Brasil sehingga mampu memenuhi kebutuhan akan kopi sendiri.
Banyak hambatan dalam perdagangan antarnegara. Berikut ini yang termasuk hambatan dalam perdagangan antarnegara adalah ….
a. ancaman perang
b. permintaan barang dari luar negeri
c. banyaknya produksi dalam negeri
d. keterbukaan dan saling pengertian
jawaban: a
pembahasan
perang merupakan hambatan dalam perdagangan antarnegara karena dapa merusak barang yang sedang dikirim, sehingga menimbulkan kerugian.
Banyak buah-buahan yang dikonsumsi penduduk Indonesia diimpor dari ….
a. Thailand c. Jepang
b. Korea d. Singapura
jawaban: a
Thailand merupakan negara yang berhasil memajukan pertaniannya, terutama pengembangan buah-buahan sehingga produksi mereka sangat melimpah salah satu contohnya adalah durian montog.

B. Isian
Kegiatan perdagangan menjual barang atau jasa ke luar negeri disebut ….
Jawaban: ekspor
Pembahasan
Sudah jelas
Indonesia masih mengimpor beras dari ….
Jawaban: Thailand
Pembahasan
Lihat di tabel
Indonsesia mengekspor alumunium ke ….
Jawaban: Jepang
Pembahasan
Lihat ke tabel
Untuk menyediakan barang-barang yang tidak diproduksi dalam negeri, pemerintah melakukan ….
Jawaban: impor
Pembahasan
Sudah jelas
Orang atau badan yang menjual barang ke luar negeri disebut ….
Jawaban: eksportir
Pembahasan
Sudah jelas
Barang migas, yaitu … dan ….
Jawaban: Minyak dan Gas
Pembahasan
Sudah jelas
Indonesia mengekspor rokok ke negara ….
Jawaban: Brunei Darussalam
Orang Indonesia yang bekerja di luar negeri disebut ….
Jawaban: TKI
Pembahasan
TKI (Tenaga Kerja Indonesia) adalah orang Indonesia yang berkerja di luar negeri
Komoditas ekspor Indonesia hasil perikanan, antara lain …..
Jawaban: udang, arwana, makarel dan lain-lain
Pembahasan
Sudah jelas
Kerja sama yang dilakukan oleh lebih dari dua negara di seluruh dunia disebut kerja sama ….
Jawaban: Internasional
Pembahasan
Sudah jelas
C. Uraian
Sebutkan faktor yang memengaruhi keistimewaan suatu negara dalam menghasilkan barang!
Jawab:
Keistimewaan tiap-tiap negara dalam menghasilkan suatu barang ditentukan oleh faktor berikut ini.
a. Faktor iklim dan keadaan tanah.
b. Faktor kebudayaan.
c. Faktor politik.
d. Faktor sosial.

Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan ekspor!
Jawab:
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan ekspor antara lain sebagai berikut.
Modal merupakan hal penting dalam rangka biaya pengadaan bahan baku, biaya pengolahan bahan baku menjadi barang jadi, dan biaya pengangkutan.
Barang yang diekspor harus terjamin kualitasnya, mulai dari bahan baku yang dipilih, pengolahan yang dilakukan oleh tenaga profesional, sampai menjadi barang siap pakai dengan kemasan yang aman.
Peluang pasar merupakan hal sangat penting dalam perdagangan. Keberhasilan ekspor sangat di-tentukan oleh adanya kepercayaan pelanggan atau konsumen.
Peraturan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh eksportir, baik peraturan yang berlaku di negara kita maupun yang berlaku di negara tujuan ekspor.

Sebutkan hasil Migas Indonesia!
Jawab:
Hasil migas Indonesia antara lain gas alam, minya bumi, aspal dan lain-lain.
Sebutkan barang-barang yang diimpor dari negara-negara Benelux!
Jawab:
Barang yang diimpor dari negara Benelux adalah alat-alat elektronik, suku cadang mesin, dan pesawat terbang.
Jelaskan yang dimaksud dengan manfaat impor untuk memperoleh bahan baku!
Jawab:
Manfaat impor untuk memperoleh Bahan Baku karena Setiap kegiatan usaha pasti membutuhkan bahan baku. Untuk memproduksi mobil dibutuhkan besi dan baja. Untuk memproduksi ember, mangkuk, dan kursi plastik dibutuhkan plastik. Tidak semua bahan baku produksi tersebut dihasilkan di dalam negeri. Demi kelangsungan produksi, pengusaha harus menjaga pasokan bahan bakunya. Salah satu caranya dengan mengimpor bahan baku dari luar negeri.
Perbaikan
A. Isian
Kegiatan menjual barang ke luar negeri disebut ….
Jawaban: ekspor
Pembahasan
Sudah jelas
Barang-barang yang bertuliskan “Made in Indonesia” artinya ….
Jawaban: buatan/diproduksi Indonesia
Pembahasan
Sudah jelas
TKI merupakan ekspor di bidang …..
Jawab: jasa
Pembahasan
Sudah jelas
Hasil pertanian, perkebunan, dan perikanan termasuk barang …
Jawab: nonmigas
Pembahasan
Sudah jelas
Alat pembayaran suatu negara di luar negeri disebut ….
Jawab: devisa
Pembahasan
Sudah jelas
B. Uaraian
Bagaimana cara meminimalkan kegiatan impor?
Jawab:
Untuk meminimalkan kegiatan import dapat dilakukan hal sebagai berikut.
a. Mengenakan pajak yang tinggi terhadap barang-barang impor, khususnya barang-barang mewah untuk kebutuhan konsumsi.
b. Memperketat prosedur impor barang-barang konsumsi.
c. Impor harus diarahkan pada barang-barang produksi untuk keperluan
produksi di dalam negeri.
Sebutkan barang yang termasuk barang ekspor hasil industri!
Jawab:
Barang ekspor hasil industri, antara lain, semen, kayu lapis, kerajinan anyaman, mebel, bahan-bahan kimia, alat-alat listrik, pupuk urea, sepatu dan sandal, garam, rokok, kain batik, dan besi baja.

Mengapa suatu negara melakukan ekspor impor?
Jawab:
Suatu negara melakukan impor karena belum bisa memproduksi suatu barang atau bisa memproduksi suatu barang tetapi tidak dapat mencukupi kebutuhan sehingga perlu dilakukan impor.
Apa yang dimaksud dengan manfaat impor untuk memperoleh teknologi modern?
Jawab:
Manfaat impor untuk memperoleh teknologi modern, perdagangan antarnegara juga memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mempelajari teknologi dari negara lain. Dalam perdagangan biasanya terjadi pertukaran informasi. Dari saling bertukar informasi ini, Indonesia dapat belajar teknik produksi baru dan pemanfaatan teknologi modern.

Sebutkan komoditas ekspor perhutanan Indonesia!
Jawaban:
Komonditas ekspor perhutanan Indonesia seperti kayu jati, rotan, gergajian kayu, kayu meranti, kayu jati mas, kayu cendana dan lain sebagainya

Pengayaan
Lakukan kegiatan berikut!
Kegiatan perdagangan di Indoneisa sudah berlangsung pada masa kerjaan. Carilah komoditas ekspor apa saja yang dimiliki Indonesia pada masa kerajaan! Jelaskanlah tiap-tiap komoditas ekspor tersebut! carilah minimum lima buah komoditas ekspor!

Karakter Anak Bangsa
Sebagai bangsa Indonesia kita harus mencintai dan bangga terhadap produk dalam negeri. Negara lain saja telah mengakui produk Indonesia, kita pun harus lebih mengakui produk dalam negeri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membeli dan menggunakan produk dalam negeri daripada luar negeri.

UJi Komperhensif
Paket 1
A. Pilihan Ganda
Provinsi yang melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia pada masa pemerintahan B.J. Habibie adalah ….
a. Nusa Tenggara Timur
b. Maluku
c. Timor-Timur
d. Papua Barat
Jawab: c
Pembahasan:
Timor-Timur adalah provinsi yang lepas pada masa pemerintahan B.J. Habibie. Saat rakyat Timor-Timur diberikan dua pilihan yaitu tetap bersatu dengan Indonesia dengan otonomi khusus dan menentukan nasib sendiri lepas dari Indonesia. Ternyata mayoritas rakyat Timur-Timor ingin melepasakan diri.
Kepala daerah yang merupakan pelimpahan sebagaian wewenang dari bupati adalah ….
a. Camat
b. Lurah
c. Walikota
d. Gubernur
Jawab: a
Pembahasan:
Dalam struktur birokasi di Indonesia tingkatannya adalah Presiden (seluruh negara Indonesia), Gubernur (tingkat provinsi), Bupati/walikota (tingkat Kabupaten/ Kotamadya), Camat (tingkat Kecamatan), Lurah (tingkat desa) dan ketua RWRT (dusun). Jadi pelimpahan sebagian wewenang dari Bupati adalah Camat.
Negara Asia Tenggara yang tidak mengalami penjajahan adalah ….
a. Vietnam
b. Laos
c. Thailand
d. Filipina
Jawab: c
Pembahasan:
Thailand adalah negara Asia Tenggara satu-satunya yang belum pernah dijajah oleh bangsa lain.
Indonesia bagian timur berbatasan dengan negara ….
a. Papua Nugini
b. Singapura
c. Malaysia
d. Brunei Darussalam
Jawab: a
Pembahasan:
Indonesia sebelah timur berbatasan darat dengan Papua Nugini, perbatasan tersebut terdapat di Provinsi Papua Barat.
Sungai Mekong terdapat di negara ….
a. Laos
b. Myanmar
c. Filipina
d. Thailand
Jawab: a
Pembahasan:
Sungai Mekong mengalir di negara Laos, aliran sungai Mekong sangat penting bagi rakyat Laos karena menunjang kegiatan pertanian, lalu lintas, dan PLTA.
Berikut yang merupakan Benua yang ada di dunia adalah ….
a. Afrika
b. Asia
c. Atlantis
d. Amerika
Jawab: a
Pembahasan:
Benua merupakan penggolongan wilayah di bumi berdasarkan kesamaan lingkungan alam, sejarah, politik, bahasa dan ekonomi. Benua-benua tersebut adalah Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia.
Batas sebelah selatan benua Asia adalah samudra….
a. Atlantis
b. Hindia
c. Pasifik
d. Indonesia
Jawab: d
Pembahasan:
Batas wilayah Benua Asia, di sebelah timur terdapat Samudra Pasifk (Lautan Teduh); di sebelah selatan terdapat Samudra Indonesia; di sebelah barat terdapat Benua Afrika, Laut Tengah, dan Benua Eropa; di sebelah utara terdapat Laut Es Utara.
Negara yang mendapatkan sebutan negeri kincir angin adalah negara ….
a. Inggris
b. Belanda
c. Portugis
d. Perancis
Jawab: b
Pembahasan:
Negara Belanda didirikan di daratan dibawah permukaan air laut, jika sedang pasang air laut menenggelamkan daratan tersebut. bangsa Belanda berhasi mengembangkan bendungan agar daratanya tidak lagi tenggelam, air laut juga dipompa keluar menggunakan kincir angin, selain itu kincir tersebut juga digunakan untuk menggiling gandum. Diperlukan banyak sekali kincir angin untuk melakukan pekerjaan tersebut, banyaknya jumlah kincir angin membuat Belanda mendapat julukan negeri kincir angin.
Teruzan Suez terletak di negara ….
Jawab: Mesir
Pembahasan:
Terusan Suez berada di negara Mesir, terusan ini dibangun pada tahun 1870 oleh Ferdinant de Lespess. Terusan ini dibangun untuk menghubungkan lalu-lintas perairan dari Laut Tengah dan Laut Merah sehingga dapat dijadikan tempat pelayaran dari Benua Eropa untuk menuju Wilayah Asia.
Benua yang dijuluki sebagai benua hitam adalah ….
a. Benua Asia c. Benua Eropa
b. Benua Amerika d. Benua Afrika
Jawab: d
Pembahasan:
Benua Afrika mendapat julukan benua hitam karena penduduk aslinya adalah ras negroid yang memiliki kulit hitam, selain itu benua hitam memiliki ilmu mistia dan menyimpan banyak misteri yang belum terungkap.
Negara kita memiliki dua musim yaitu ….
a. Musim kemarau dan musim hujan
b. Musim salju dan musim gugur
c. Musim kemarau dan musim angin gurun
d. Musim hujan dan musim gugur
Jawab: a
Pembahasan:
Indonesia terletak di daerah khatulistiwa beriklim tropis sehingga memiliki dua musim penghujan dan kemarau.
Berikut yang termasuk kedalam zona waktu Indonesia bagian tengah adalah ….
a. Bali
b. Jawa
c. Sumatra
d. Papua Barat
Jawab: a
Pembahasan:
Daerah yang termasuk kedalam zona Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) adalah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi.
Indonesia dan negara-negara tetangga memiliki iklim dan cuaca yang sama, hal ini disebabkan oleh ….
a. pengaruh adanya pemanasan global
b. perubahan musim
c. letak wilayah yang beriklim tropis
d. cuaca dan iklim yang berubah-ubah
Jawab: c
Pembahasan:
Indonesia dan negara tetangga berada di dekat garis Khatulistiwa dan letaknya saling berdekatan, sehingga memiliki iklim yang sama yaitu iklim Tropis.
Provinsi di Indonesia yang pernah diterjang tsunami besar, adalah provinsi ….
a. Aceh
b. Jawa Barat
c. Sumatera Selatan
d. Kalimantan Tengah
Jawab: a
Pembahasan:
Gempa 8,9 SR diikuti dengan gelombang tsunami setinggi puluhan meter menerjang Aceh pada tanggal 26 Desember 2004. Bencana ini menibulkan korban yang sangat banyak dan menimbulkan ribuan korban jiwa.
Berikut pengaruh dari globalisasi yang menyebabkan perubhan dalam makanan adalah ….
a. Nasi
b. Steak
c. Sayur-mayur
d. Udang goreng
Jawaban: b
Pembahasan:
Steak adalah menu masakan dari Barat/Eropa yang bahan bakunya adalah daging.
B. Isian

ASEAN singkatan dari …..
Jawab: Association of South East Asia Nations
ASEAN (Association of South East Asia Nations). Pada tanggal 8 Agustus 1967 utusan-utusan dari masing-masing negara mengadakan pertemuan di Bangkok yang membahas mengenai kerjasama yang akan dibangun. Tokoh-tokoh yang diutus dalam pertemuan di Bangkok, Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Narsisco Ramos (Fillipina), S. Rajaratman (Singapura) dan Thanat Khoman (Thailand).
Mata uang negara Singapura adalah …
Jawab: Dollar Singapura
Pembahasan:
Mata uang negara Singapura adalah Dollar Singapura.
Gunung tertinggi di Asia adalah ….
Jawab: Gunung Everest
Pembahasan:
Gunung Everest adalah gunung tertinggi di Asia dengan ketinggian 8.848 m diatas permukaan air laut. Gunung Everest berada di Pegunungan Himalaya.
Ibukota negara Inggris adalah ….
Jawab: London
Pembahasan:
Ibu kota negara Inggris adalah London
Siapakah tokoh yang mewakili Indonesia dalam pertemuan di Bangkok yang menyepakati pembentukan ASEAN ….
Jawab: Adam Malik
Pembahasan:
Pertemuan di Bangkok yang menghasilkan pembentukan ASEAN didatangi oleh Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Narsisco Ramos (Fillipina), S. Rajaratman (Singapura) dan Thanat Khoman (Thailand).
Indoenesia terbagi menjadi tiga zona waktu, Jawa Tengah termasuk kedalam zona ….
Jawab: Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB)
Pembahasan:
Daerah yang termasuk kedalam zona Waktu Indonesia Bagian Barat adalah Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
Gempa bumi akibat tabrakan antar lempeng bumi disebut dengan gempa …..
Jawab: gempa bumi tektonik
Pembahasan:
Gempa bumi tektonik (tectonic earthquake) yaitu gempa yang terjadi sebagai akibat adanya proses tektonik dalam lapisan kulit bumi yang berupa pergeseran, tabrakan, dan pematahan struktur lapisan batuan (lempeng bumi) secara vertikal atau horizontal.
Titik pusat terjadinya gempa bumi disebut dengan ….
Jawab: Hiposentrum
Pembahasan:
Hiposentrum adalah titik pusat tempat terjadinya gempa di permukaan bumi, sedangkan Episentrum yaitu suatu titik di permukaan bumi yang menjadi tempat merambatnya getaran gelombang gempa bumi.
Wol dan kapas merupakan barang impor yang termasuk jenis ….
Jawab: Bahan baku
Jawaban:
Bahan baku adalah bahan yang untuk digunakannya diperlukan proses terlebih dahulu, seperti kapas untuk kain, benang, dan sebagainya. Adapun bahan baku yang diimpor oleh Indonesia di antaranya benang tenun, bahan kimia, bahan wol, kapas, dan sebagainya. Adapun negara pengimpor bahan baku tersebut di antaranya, Korea, Jerman, Jepang, Amerika, Australia.
Kopi, teh, udang, dan kayu jati merupakan komoditas ekspor Indonesia yang termasuk barang ….
Jawab: Nonmigas
Pembahasan:
Barang nonmigas adalah barang-barang yang bukan berupa minyak dan gas bumi. Misalnya, hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil industri, serta barang-barang tambang, seperti emas, perak, aluminium, tembaga, aspal, dan nikel. Barang migas (minyak dan gas), yaitu barang-barang tambang berupa minyak bumi dan gas alam.

C. Esai
Jelaskan bagaimana letak Astronomis Indonesia!
Jawab:
Letak astronomis Indonesia berada pada 60 LU-110 LS dan 950 BT-1410 BT. Adapun berdasarkan garis bujur Indonesia berada di belahan bumi bagian timur sedangkan berdasarkan letak lintangnya berada di belahan bumi selatan dan utara.
Apa yang dimaksud dengan gempa bumi vulkanik?
Jawab:
Gempa bumi vulkanik (Vulcanic earthquake) yaitu gempa bumi yang terjadi akibat aktvitas gunung api baik sebelum atau setelah terjadinya letusan gunung api. Contohnya adalah saat gunung Merapi meletus, terjadi gempa bumi vulkanik, yang paling terasa adalah daerah paling dekat dengan gunung Merapi.
Sebutkan tanda-tanda alam bila akan terjadi tsunami?
Jawab:
Sebelum terjadi tsunami, biasa muncul tanda-tanda sebagai berikut.
a. Air laut yang surut secara tiba-tiba.
b. Aroma garam yang sangat menyengat.
c. Dari kejauhan tampak gelombang putih dan suara gemuruh yang sangat keras.
Apa yang dimaksud dengan globalisasi?
Jawab:
Globalisasi berasal dari kata global, yang berarti universal. Adapun pengertian legkapnya adalah suatu proses sosial yang membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain. Dengan globalisasi maka dapat mewujudkan satu kehidupan baru dengan menghilangkan batas-batas geografs, ekonomi dan budaya masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan ekspor?
Jawab:
Ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri. Adapun negara atau pihak yang menjual barangnya ke luar negeri disebut dengan istilah eksportir. Kegiatan ekspor ini dilakukan agar negara mendapat tambahan pendapatan berupa devisa dan bila suatu negara kelebihan barang produksi.

Paket 2
A. Pilihan ganda
Provinsi Indonesia yang terletak paling ujung barat dari Indonesia adalah provinsi ….
a. Nangroe Aceh Darussalam
b. Sumatra Utara
c. Papua Barat
d. Sumatra Barat
Jawab: a
Pembahasan:
Provinsi Nangroe Aceh Darussalam adalah provinsi Indonesia terletak paling barat, tepatnya di ujung pulau Sumatra.
Ibu kota provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah ….
a. Jakarta
b. DKI Jakarta
c. Kota Lama
d. Cengkareng
Jawab: a
Pembahasan:
Ibukota DKI Jakarta adalah Jakarta.
Negara Asia Tenggara selain Indonesia yang berbentuk kepulauan adalah ….
a. Brunei Darussalam
b. Singapura
c. Filipina
d. Thailand
Jawab: c
Pembahasan:
Filipina adalah negara kepulauan dengan jumlah pulau mencapai 7.000 buah. Pulau-pulau yang besar antaralain Pulau Luzon, Pulau Mindanao, dan Pulau Pahlawan.
Ibu kota negara Vietnam adalah ….
a. Kuala Lumpur
b. Rangoon
c. Manila
d. Hanoi
Jawab: d
Pembahasan:
Ibu kota dari negara Vietnam adalah Hanoi
Kenampakan buatan manusia yang terkenal di dunia yang dimiliki negara Indonesia adalah ….
a. Candi Prambanan
b. Pulau Komodo
c. Candi Borobudur
d. Tugu Monas
Jawab: c
Pembahasan:
Candi Borobudur merupakan kenampakan buatan manusia yang terkenal di dunia yang dimilik Indonesia.
Berikut merupakan gunung yang terkenal di Eropa adalah gunung ….
a. Kilimanjaro
b. Jayawijaya
c. Everest
d. Elbrus
Jawab: d
Pembahasan:
Gunung Elbrus (5.633m), merupakan gunung tertinggi yang terletak di Georgia (Eropa).
Gurun terluas di dunia, Gurun Sahara, terdapat di Benua ….
a. Asia c. Afrika
b. Amerika d. Australia
Jawab: c
Pembahasan: c
Gurun Sahara dan Kalahari terletak di Afrika, sedangkan Gurun Gobi ada di Asia, Gurun Victoria dan Gibson di Australia.
Berikut merupakan negara yang berada di benua Eropa adalah ….
a. Victoria
b. Tunisia
c. Ivory Coast
d. Malta
Jawab: d
Pembahasan:
Malta adalah negara yang terletak di Eropa, tepatnya di Eropa Selatan. Ibu kota Malta adalah Valleta.
Negara yang terletak di benua Asia dan Eropa adalah ….
a. Iran
b. Yordania
c. Turki
d. Cyprus
Jawab:c
Pembahasan:
Dulu Turki adalah negara yang berbentuk kerajaan yang memiliki kekuasaan yang sangat luas meliputi Asia Barat dan sebagian Eropa. Seiring dengan kemajuan negara-negara Eropa daerah kekuasaan Turki mulai berkurang. Hal tersebutlah yang menyebabkan negara Turki berada di benua Asia dan Eropa yang dipisahkan laut tengah.
Menebang pohon secara sembarangan dan tidak bertanggung jawab bisa menyebabkan bencana alam ….
a. gunung meletus
b. banjir
c. gempa bumi
d. angin topan
Jawab: b
Pembahasan:
Penebangan pohon secara sembarangan bisa menyebabkan banjir, karena tanah tidak mampu menyimpan dan menyerap air lebih lama.
Bencana kebakaran hutan sering terjadi pada musim ….
a. semi
b. hujan
c. kemarau
d. dingin
Jawab: c
Pembahasan:
Musim kemarau menyebabkan kayu, ranting dan dahan menjadi kering dan mudah sekali tersulu sehingga terjadi kebakaran.
Gelombang laut yang menerpa daratan di sekitar pantai karena terjadinya gempa bumi di dasar laut disebut ….
a. vulkanisme c. tsunami
b. vulkanologi d. lahar
Jawab: c
Pembahasan:
Gempa bumi yang berpusat di laut dangkal akan memacu terjadinya air laut yang bergerak menuju daratan, hal tersebut disebut dengan tsunami.
Banjir dalam gerakan yang cepat dan besar yang datang tiba-tiba disebut ….
a. banjir kiriman c. banjir kawasan
b. banjir bandang d. banjir tahunan
Jawab: b
Pembahasan:
Banjir yang terjadi dengan cepat, besar dan tiba-tiba disebut dengan banjir bandang. Contoh banjir bandang adalah jebolnya tanggul Situ Gintung
Indonesia menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara karena ….
a. Indonesia adalah negara industry maju
b. memiliki sarana dan prasarana wisata yang modern
c. memiliki budaya yang sangat banyak
d. Indonesia merupakan negara yang dilewati garis khatulistiwa
Jawab: c
Pembahasan:
Kekayaan akan budaya membuat Indonesia banyak sekali dikunjungi wisatawan mancanegara, contohnnya adalah Bali, Bali sangat berhasil menjaga dan mengembangkan budayanya sehingga Bali dikunjungi banyak sekali Wisman.
Orang yang melakukan kegiatan menjual barang ke luar negeri disebut ….
a. eksportir
b. importir
c. investor
d. pengusaha multinasional
Jawab: a
Pembahasan:
Ekspor adalah kegiatan menjual barang keluar negeri, pelaku ekspor disebut dengan eksportir.
B. Isian
Batas sebelah utara provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah ….
Jawab: Jawa Tengah
Pembahasan:
Batas-batas dari DIY adalah utara: Jawa Tengah, barat: Jawa Tengah, selatan: Samudra Hindia dan Timur: Jawa Tengah.
Negara yang merupakan anggota terbaru dari ASEAN adalah ….
Jawab: Timor Leste
Pembahasan:
Sebelum memutuskan berdiri sendiri, Timor Leste merupakan bagian dari negara Indonesia. Timor Leste adalah provinisi Indonesia yang lepas pada masa pemerintahan Presiden B.J. Habibie. Setelah menjadi sebuah negara Timur Leste bergabung dengan ASEAN, Sehingga menjadi anggota termuda.
Kota yang dilewati oleh garis meridian 0 derajad adalah …..
Jawab: Greenwich
Pembahasan:
Kota Greenwich di Inggris merupakan kota yang dilalui oleh garis meridian 0 derajad Kota ini dijadikan patokan menentukan waktu.
Negara Brasil terkenal dengan sungai ….
Jawab: Amazon
Sungai Amazon adalah sungai yang terkenal dari Brasil, sungai tersebut adalah sungai terpanjang di benua Amerika.
Penduduk mayoritas Australia adalah keturunan ….
Jawab:
Pendatang Inggris
Pembahasan:
Mayoritas penduduk Australia adalah keturunan pendatang Inggris. Mereka datang ke Australia sejak ditemukannya tambang emas di Victoria dan Australia Barat. Jumlah penduduk asli Australia (suku Aborigin) hanya sedikit
Tingkat kekuatan gempa diukur menggunakan skala …..
Jawab: Richter
Pembahasan:
Alat pengukur kekuatan gempa bumi disebut dengan Seismograph dengan menggunakan skala Richter.
Bencana tsunami merupakan akibat dari bencana ….
Jawab: Gempa bumi
Pembahasan:
Gempa bumi yang berpusat di laut dangkal (0-30 m), gempa tersebut akan mendorong air laut menuju daratan, gelombang tersebutlah yang disebut dengan tsunami.
Indonesia berada di wilayah yang beriklim ….
Jawab: Tropis
Pembahasan:
Indonesia terletak di daerah garis khatulitiwa, hal itulah yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis.
Indonesia menjalankan politik luar negeri ….
Jawab: bebas aktif
Pembahasan:
Politik luar negeri Indonesia adalah bebas aktif, bebas tidak memihak manapun dan aktif dalam menjaga perdamaian dunia.
Susi merupakan makanan khas dari ….
Jawab: Jepang
Pembahasan:
Susi merupakan makanan khas dari negara Jepang yang membuat makanan ini khas adalah sebagian besar susi terbuat dari daging ikan laut mentah.
C. Esai
Sebutkan batas-batas dari negara Indonesia!
Jawab:
Batas negara Indonesia adalah sebagai berikut ini.
Utara : negara Malaysia, Selat Malaka, laut China Selatan.
Timur : negara Papua Nugini, Samudra Pasifik.
Selatan: Samudra Indonesia.
Barat : Samudra Hindia.
Sebutkan empat negara yang berada di benua Amerika!
Jawab:
Negara-negara yang berada di benua Amerika antara lain adalah, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, El Savador, Honduras (Inggris), Honduras, Nikaragua, Costa Rika, Panama, Kuba, Haiti, Dominika, Puerto Riko, Jamaika, Colombia, Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana (Perancis), Ekuador, Peru, Brasil, Bolivia, Paraguay, Uruguay, Argentina, dan Chili.
Sebutkan tiga penyebab terjadinya banjir!
Jawab:
Penyebab terjadinya banjir ada adalah aliran sungai yang tersumbat, banyaknya air yang mengalir karena hujan yang deras, dan pasangnya air laut (rob).
Sebutkan barang-barang yang dimpor dari Jepang!
Jawab:
Barang-barang yang diimpor dari negara Jepang antara lain Mobil, sepeda motor, suku cadang mesin, suku cadang kereta api, alat-alat elektronik, kapal laut, alat-alat berat, pipa besi, baja, bahan kimia dan lain-lain.
Sebutkan apa saja manfaat kegiatan Impor!
Manfaat kegiatan impor adalah sebagai berikut.
Mencukupi kebutuhan dalam negeri, yang belum sanggup dicukupi sendiri.
Memperoleh barang yang murah.
Mendapatkan barang dengan teknologi modern.
Mendapatkan barang modal dan bahan baku untuk industry dalam negeri.

Paket 3
A. Piligan Ganda
Jumlah provinsi di Indonesia pada tahun 2004 adalah ….
a. 27 provinsi
b. 29 provinsi
c. 31 provinsi
d. 33 provinsi
Jawab: d
Pembahasan:
Perkembangan jumlah provinsi di Indonesia adalah sebagai berikut, tahun 1967 (25 Provinsi), tahun 1969 (26 provinsi), 1976 (27 provinsi), tahun 2000 (29 provinsi), tahun 2002 (32 provinsi) dan tahun 2004 (33 tahun).
Indonesia memiliki wilayah lautan yang lebih luas daripada daratan sehingga Indonesia disebut sebagai ….
a. negara pulau c. negara maritim
b. negara kepulauan d. negara kesatuan
Jawab: c
Pembahasan:
Negara Indonesia adalah negara maritime karena memili luas lautan 2/3 dari luas keseluruhan, sehingga wilayah lautannya lebih luas daripada luas daratan.
Negara di Asia Tenggara yang jumlah penduduknya paling banyak ialah ….
a. Vietnam c. Kamboja
b. Thailand d. Indonesia
Jawab: d
Pembahasan:
Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara.
Kegiatan perekonomian yang utama di Singapura adalah sektor ….
a. industri c. perikanan
b. pertanian d. kehutanan
Jawab: a
Pembahasan:
Singapura merupakan pelopor industri di kawasan Asia Tenggara, bahkan menjadi salah satu negara yang mempunyai kekuatan industri terbesar di dunia. Sarana prasana yang modern telah menjadi bagian hidup dari penduduk Singapura. Industri yang dikembangkan di Singapura meliputi: elektronik, bahan kimia, keuangan, pariwisata, dan perdagangan.
Benua yang mempunyai wilayah terluas yaitu ….
a. Asia
b. Afrika
c. Amerika
d. Australia
Jawab: a
Pembahasan:
Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas benua ini mencapai sepertiga dari luas daratan di permukaan bumi. Benua ini terbentang di antara Benua Eropa dan Australia, serta di antara Samudra Hindia, Samudra Pasifik dan Samudra Arktik. Sebagian besar wilayah Benua Asia berada di belahan bumi utara (di utara garis khatulistiwa).
Nama mata uang di Eropa adalah ….
a. dollar
b. rupiah
c. gulden
d. euro
Jawab: d
Pembahasan:
Negara-negara Eropa menyepakati menjadi satu bagian dengan nama Europ, untuk itu maka dibutuhkan penyatuan mata uang menjadi Euro.
Rumah orang Eskimo berupa iglo terbuat dari . . . .
a. batu bata
b. bongkahan es
c. kayu
d. bambu
Jawab: b
Pembahasan:
Orang Eskimo hidup di kutub sehingga yang ada hanyalah es, maka rumah mereka yang dikenal dengan Iglo terbuat dari bongkahan es.
Benua yang memiliki satu negara adalah benua ….
a. Amerika
b. Asia
c. Eropa
d. Australia
Jawab: d
Pembahasan:
Benua Australia hanya memiliki satu negara yaitu Australia. Autralia dibagi menjadi 6 negara bagian dan 2 wilayah territorial, yaitu: Australia Barat, Australia Selatan, Queensland, New South Wales, Victoria, Tasmania, Australia Utara dan Canberra.
Negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar kedua di dunia adalah ….
a. India
b. Cina
c. Indonesia
d. Brasil
Jawab: b
Pembahasan:

Cina memiliki jumlah penduduk terbesar kedua setelah India, dengan jumlah penduduk 1,3 juta jiwa menurut sesus tahun 2000.
Tsunami dapat terjadi jika gempa bumi terjadi di ….
a. gunung api
b. dasar laut
c. daerah tambang
d. daerah permukima
Jawab: b
Pembahasan:
Tsunami terjadi jika gempa bumi memiliki pusat di laut dangkal, yaitu laut yang memiliki kedalaman (0-30m).
Indonesia terletak di antara lempeng berikut, kecuali ….
a. Eurasia
b. Indo Australia
c. Afrika
d. Pasifik
Jawab: c
Pembahasan:
Indonesia berada dalam pertemua tiga lempeng, yaitu Eurasia, Indo Australia dan Pasifik.
Upaya mengurangi bencana tanah longsor antara lain ….
a. membuat tanggul
b. menebang pohon
c. membuat rumah
d. penghijauan
Jawab: d
Pembahasan:
Penghijauan/reboisasi dapat memperkuat struktur tanah sehingga tidak mudah longsor
Dampak positif dari globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia adalah ….
a. semakin mudahnya mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia
b. gaya hidup yang semakin beranekaragam
c. kebudayaan asing dapat ditiru secara penuh
d. rakyat tidak harus bekerja karena banyaknya bantuan sosial dari luar neger
Jawab: a
Pembahasan:
Dampak positif dari globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia adalah semakin mudahnya mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut didukung dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, seperti Internet dan Hand Phone.
Dampak negatif peningkatan impor barang konsumsi bagi perusahaan dalam negeri adalah ….
a. menurunnya mutu produk yang dihasilkan
b. menurunkan harga barang yang dihasilkan
c. menurunkan tingkat pengangguran dalam perusahaan
d. kemungkinan tersingkirnya produk yang dihasilkan dari pasaran
Jawab: d
Pembahasan:
Dampak negatif peningkatan impor barang konsumsi bagi perusahaan dalam negeri adalah kemungkinan tersingkirnya produk yang dihasilkan dari pasaran hal tersebut dikarenakan produk dalam negeri kalah bersaing dalam segi kualitas dan harga barang.

B. Isian
Provinsi Indonesia yang memiliki jumlah penduduk tersedikit pada tahun 2004 ….
Jawab: Irian Jaya Barat
Pembahasan:
Provinsi Irian Jaya Barat adalah provinsi yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit yaitu, 566.563 pada tahun 2004, kemudian disusul Maluku Utara dengan jumlah 912.209
Ibukota negara Timur Leste adalah ….
Jawab: Dili
Pembahasan:
Ibukota negara Timur Leste adalah Dili dengan pemerintahan berbentuk Republik
Makam-makam raja Mesir kuno disebut dengan ……
Jawab: Piramida
Pembahasan:
Makam raja-raja mesir kuno bernama piramida, mayat raja-raja tersebut diawetkan dengan dibalut disebut dengan Mumy piramida menjadi salah satu kenampakan buatan manusia yang terkenal di dunia.
Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia berada di benua ….
Jawab: Afrika
Pembahasan:
Sungai Nil merupakan sungai yang berada di benua Afrika dengan panjang 6.690 km.
Bentuk negara Jepang adalah …..
Jawab: Kerajaan
Pembahasan:
Bentuk negara Jepang adalah kerajaan, kepala negara : Kaisar, kepala pemerintahan : Perdana Menteri, lagu kebangsaan : Kimi Ga Yo, bahasa nasional : Jepang
Barisan Pegunungan Sirkum Pasifik yang melewati Indonesia menyebabkan banyak terjadi bencan …..
Jawab: letusan gunung berapi
Pembahasan:
Barisan pegunungan sirkum pasifik adalah barisan pegunungan api muda sehingga masih sangat aktif, hal tersebut membuat Indonesia menjadi sering terjadi gunung meletus.
Jika ada tanda-tanda gunung akan meletus sebaiknya kita ……..
Jawab: mengungsi ketempat yang aman
Pembahasan:
Bencana gunung meletus sangat tidak terduga dan efeknya sangat merusak, berbahaya dan jangkuannya luas, sehigga jika terjadi tanda-tanda gunung akan meletus segera mengungsi ketempat yang aman.
Kedatangan wisatawan asing ke suatu negara merupakan salah satu dampak globalisasi di bidang ….
Jawab: Industri dan Jasa
Pembahasan:
Kedatangan wisatawan asaing ke Indonesia merupakan dampak dibidang jasa dan Industri, hal tersebut karena adanya jasa/industri penerbangan, travel agen, penginapan, restoran danl lain-lain.
Indonesia mengekspor rokok ke negara ….
Jawab: Brunei Darusasalam.
Pembahasan:
Brunei Darussalam memiliki wilayah sang sangat kecil, sehingga perkebunanan tidak maju, hal tersebut membuka kesempatan bagi Indonesia melakukan ekspor ke negara tersebut salah satunya rokok (lihat di tabel ekspor RI).
Barang apakah yang dimpor Indonesia dari Australia ….
Jawaban: Gandum
Pembahasan:
Lihat dalam tabel impor Indonesia, Indonesia mengimpor gandum dari Australia.
C. Esai
Sebutkan pulau-pulau yang besar di Filipina!
Jawab:
Pulau-pulau terbesar di Filipina adalah antara lain: Pulau Luzon, Mindanao, Mindoro, Bohol,Pahlawan, dan Pulau Cebu.
Sebutkan lima benua yang ada di dunia!
Jawab:
Lima benua yang ada didunia adalah Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia.
Sebutkan tiga bangunan keajaiban dunia yang berada di benua Asia!
Jawab:
Tiga bangunan keajaiban dunia yang berada di benua Asia adalah Tembok Raksasa Cina, Taj Mahal di India dan Ka’bah di Saudi Arabia, selain itu ada Candi Borobudur yang dulu merupkan salah satu keajaiban dunia.
Selain menimbulkan kerugian gunung berapi juga bermanfaat, sebutkan manfaat dari gunung berapi!
Jawab:
Selain menimbulkan kerugian, gunung berapi juga bermanfaat. Manfaat gunung berapi bagi manusia antara lain:
Menyediakan bahan bangunan seperti batu, kerikil, dan pasir.
Menyuburkan tanah di sekitar gunung yang berasal dari abu vulkanis.
Menghasilkan gas alam sebagai sumber energi.
Menghasilkan belerang yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, pupuk, kosmetik, dan lain-lain.
Menghasilkan sumber air hangat yang dapat digunakan untuk pengobatan alami.
Apa sajakah ciri-ciri globalisasi? Sebutkan 4 ciri tersebut!
Beberapa globalisasi antara lain sebagai berikut:
Terbuka bagi bangsa-bangsa dari negara lain untuk masuk.
Sistem informasi dan komunikasi sudah mengglobal, misalnya TV da internet sudah ada.
Jalur transportasi yang mendunia, terutama transportasi udara.
Makin banyaknya orang-orang asing (turis) yang datang.
Munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan investasi asing.
Meningkatnya perdagangan antarnegara.
Terjadinya pertukaran budaya antarnegara.
Berkembangnya sistem pembayaran yang menggunakan mata uang asing.

Paket 4
A. Pilihan Ganda
Selat yang berada diantara pulau Kalimantan dan Sulawesi adalah selat….
a. Makasar
b. Bali
c. Sunda
d. Karimata
Jawab: a
Pembahasan:
Selat Makasar adalah selat antara P. Kalimantan dengan P.Sulawesi, sedangkan selat Karimata adalah selat yang berada antara P. Kalimantan dan Malaysia
Batas sebelah utara dari Provinsi Jawa Tengah adalah ….
a. Jawa Barat
b. Jawa Timur
c. Laut Jawa
d. Samudra Hindia
Jawab: c
Pembahasan:
Batas-batas provinsi Jawa Tengah adalah Utara : Laut Jawa, Selatan : Samudera Hindia, Timur : Jawa Timur, Barat : Jawa Barat.
Bentuk negara Singapura adalah ….
a. Kerajaan
b. Republik
c. Persemakmuran
d. Negara Kesatuan
Jawab: b
Pembahasan:
Singapura berbentuk Republik, dengan kepala negara Presiden dan kepala pemerintahan Perdana Menteri.
Sungai terpanjang di dunia adalah sungai ….
a. Nil
b. Amazon
c. Yang Tse-Kiang
d. Missisipi
Jawab: a
Pembahasan:
Sungai Nil memiliki panjang 6.670 km, berada di Tanzania, Uganda, Sudan, Mesir. Sungai Amazon memiliki panjang 6.448 km Amazon, terletak di negara Peru dan Brasil. Yang tse-Kiang memiliki panjang 6.300 km berada di negara China. Missisipi memiliki panjang 5.971 km berada di negara Amerika Serikat
Gunung tertinggi di Jepang adalah gunung ….
a. Iwate
b. Norikura
c. Fuji
d. Hoyachine
Jawab: c
Pembahasan:
Jepang memiliki baberapa pegunungan diantaranya, Pegunungan Kyuryo dengan puncak tertinggi Gunung Iwate (2.041 m) di Pulau Honshu.Pegunungan Kitami dengan puncak tertinggi Gunung Hoyachine (1.914 m) di Pulau Honshu. Pegunungan Hido dengan puncaknya Gunung Norikura (3.260 m) di Pulau Honshu. Pegunungan Kiso dengan puncaknya Gunung Fuji (3.776 m) di Pulau Honsu.
Hamparan daratan yang sangat luas disebut ….
a. selat c. benua
b. samudra d. pulau
Jawab: c
Pembahasan:
Benua adalah daratan yang sangat luas dan dikelilingi oleh lautan. Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Adapun benua terkecil, yaitu Benua Australia.
Negara-negara yang termasuk Eropa Timur adalah ….
a. Denmark dan Finlandia c. Spanyol dan Inggris
b. Bulgaria dan Austria d. Estonia dan Ukraina
Jawab: d
Pembahasan:
Negara yang termasuk dalam wilayah Eropa Timur adalah Estonia, Latvia, Lithuania, Ukraina, dan Moldovia
Canberra merupakan ibu kota dari negara ….
a. Amerika Serikat
b. Inggris
d. Argentina
e. Australia
Jawab:
Pembahasan:
Australia ibu kotanya Canberra, Inggris Ibu kotanya London, Argentina Ibu kotanya Boenos Aries dan Amerika Ibu kotanya Washington DC.
Terusan Suez menghubungkan Laut Tengah dengan Laut ….
a. Merah c. mati
b. Cina selatan d. Kaspia
Jawab: a
Pembahasan:
Terusan Suez menghubungkan Laut Tengah dengan Laut Merah. Terusan Suez dibangun pada tahun 1870 oleh Ferdinand de Lesseps.
Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan ….
a. Asia Timur c. Asia Barat
b. Asia Tengah d. Asia Tenggara
Jawab: d
Pembahasan:
Indonesia terletak di Asia Tenggara, negara lain yang terletak di Asia Tenggara adalah Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina, dan lain-lain.
Pegunungan Bukit Barisan terdapat di Pulau ….
a. Jawa c. Sumatra
b. Sulawesi d. Kalimantan
Jawab: c
Pembahasan:
Pegunungan Bukit Barisan membujur sepanjang pulau Sumatra di bagian selatan.
Yang menjadi penyebab terjadinya banjir sungai adalah ….
a. naiknya permukaan laut
b. tingginya curah hujan
c. terlalu banyaknya kali yang mampu mengalirkan air
d. tingginya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai
Jawab: b
Pembahasan:
Tingginya curah hujan akan mengakibatkan banjir jika sungai sudah tidak dapat menampungnya, selain itu tata kota yang tidak memiliki drainase yang baik akan mempercepat terjadinya banjir.
Sikap yang baik terhadap pengaruh globalisasi adalah ….
a. melakukan pemilahan/penyaringan terhadap budaya yang masuk
b. memusuhi negara-negara Barat
c. menolak dan menutup diri dari pengaruh negara lain
d. meniru dan mengikuti semua mode pakaian dari negara lain
Jawab: a
Pembahasan:
Sikap yang baik dalam menghadapi globalisasi adalah dengan melakukan pemilahan/penyaringan terhadap budaya yang masuk agar memperkaya kita.

B. Isian
Batas selatan negara Indonesia adalah ….
Jawab: Samudra Hindia
Pembahasan:
Batas negara Indonesia adalah sebagai berikut ini.
Utara : negara Malaysia, Selat Malaka, laut China Selatan.
Timur : negara Papua Nugini, Samudra Pasifik.
Selatan: Samudra Indonesia.
Barat : Samudra Hindia.
Danau Toba terletak di provinsi ….
Jawab: Sumatra Utara
Pembahasan:
Danau Toba berada di Provinsi Sumatra Utara, danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan di tengahnya terdapat suatu pulau yaitu pulau Samosir.
Sungai terbesar di Asia Tenggara adalah sungai …..
Jawab: Sungai Mekong
Pembahasan:
Sungai Mekong yang panjangnya mencapai 4.184 km adalah sungai terbesar di Asia Tenggara. Sungai Mekong melewati negara Vietnam, Kamboja dan Laos.
Seni melipat kertas dari Jepang disebut …..
Jawab: Origami
Pembahasan:
Origami : seni melipat kertas dari negara Jepang. Ikebana : seni merangkai bunga dari negara Jepang.
Benua yang memiliki penduduk terbanyak di dunia adalah ….
Jawab: Asia
Pembahasan:
Benua yang memiliki penduduk terbanyak adalah benua Asia, hal tersebut dapat disimpulkan dari negara India, China dan Indonesia termasuk kedalam lima besar negara yang memiliki penduduk terbanyak, selain itu benua Asia terluas di dunia dan memiliki banyak negara disbanding benua lain.
Untuk menyelamatkan diri dari bahaya gempa kita harus ….
Jawab: menuju ke tempat yang terbuka
Pembahasan:
Tempat yang terbuka menghindarkan kita dari reruntuhan akibat gempa, sebagian besar korban gempa bumi disebabkan tertimpa reruntuhan bangunan.
Pakaian tradisional masyarakat Jepang disebut ….
Jawab: Kimono
Pembahasan:
Kimono adalah pakaian tradisional Jepang.
Malalysia, Singapura, Jepang dan Hongkong merupakan tujuan ekspor Indonesia yang berupa …..
Jawab: Udang
Pembahasan:
Udang Indonesia diekspor ke negara Malalysia, Singapura, Jepang dan Hongkong (lihat pada tabel).
Alat pembayaran luar negeri disebut …….
Jawab: Devisa
Pembahasan:
Alat pembayaran luar negeri (Indonesia) adalah devisa.
Negara atau orang yang mendatangkan atau memasukkan barang serta jasa dari luar negeri disebut ….
Jawab: Importir
Pembahasan:
Orang, negara, lembaga, atau perusahaan yang mendatangkan barang dari luar negeri/melakukan kegiatan impor disebut dengan importir.

C. Easai
Jelaskan persamaan kenampakan alam Indonesia dengan Filipina …..
Jawab:
Persamaan negara Indonesia dan Negara Filipina adalah sama-sama negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau kemudian sama-sama dilewati oleh barisan pegunungan sirkum Pasifik yang membuat Filipina memiliki banyak pegunungan dan rawan bencana gunung meletus.
Sebutkan sepuluh negara yang ada di Benua Asia!
Jawab:
Negara yang berada di benua Asia adalah sebagai berikut, Indonesia, Malaysia, Thailand, Jepang, Vietnam, Singapura, Korea Utara, Korea Selatan, dan lain-lain kebijaksanaan guru.
Mengapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi?
Jawab:
Indonesia sering mengalami gempa bumi diakibatkan Indonesia berada pada pertemuan dua barisan pegunungan Sirkum Pasifik dan Mediterania, selain itu Indonesia juga terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Eurasia, Australia dan Pasifik.
Sebutkan 3 upaya pemerintah dalam mengurangi dampak negatif globalisasi!
Jawab:
Upaya pemerintah dalam mengurangi dampak negatif dari globalisasi adalah sebagai berikut.
Mendidik warga negaranya supaya selalu bersikap rasional
Memilih gaya hidup yang sesuai dengan nilai-nilai budaya kita sebagai orang timur
Politik luar negeri kita adalah “bebas aktif”
Memberikan perlindungan bagi produksi dalam negeri.
Pemerintah dan seluruh warga masyarakat berupaya sekuat tenaga dalam merebut pasar dunia.
Mengapa suatu negara melakukan impor?
Jawab:
Ada beberapa alasan mengapa impor dilakukan oleh suatu negara, antara lain sebagai berikut.
a. Barang tersebut tidak terdapat di negara kita.
b. Barang tersebut ada tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri.
c. Adanya kepentingan politik tertentu dengan negara lain sehingga impor diperlukan untuk melancarkan kepentingan politik tersebut.

Paket 5
A. Pilihan Ganda
Batas utara DKI Jakarta adalah ….
a. Jawa Barat
b. Kepulauan Seribu
c. Cengkareng
d. Laut Jawa
Jawab: d
Pembahasan:
Batas-batas DKI Jakarta adalah, Utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Banten, sedangkan Selatan dan timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat.
Berikut ini yang bukan termasuk sistem pemerintahan yang pernah dianut oleh Indonesia adalah ….
a. Republik
b. Kerajaan
c. Persemakmuran
d. Perserikatan
Jawab: c
Pembahasan:
Sistem pemerintahan yang belum pernah dianut oleh Indonesia adalah Persemakmuran. Bentuk Repubik Indonesia, Bantuk Kerajaan dan Republik Indonesia Serikat pernah dipakai Indonesia. Bentuk sekarang adalah Republik Indonesia/Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Berikut ini negara-negara yang dialiri oleh Sungai Mekong, yaitu ….
a. Singapura c. Indonesia
b. Filipina d. Kamboja
Jawab: d
Pembahasan:
Sungai Mekong adalah sungai terbesar di Asia Tenggara, sungai ini melewati tiga negara Vietnam, Kamboja dan Laos Sungai Mekong yang panjangnya mencapai 4.184 km.
Lumbung beras Asia Tenggara adalah negara ….
a. Thailand c. Indonesia
b. Kamboja d. Vietnam
Jawab: a
Pembahasan:
Thailand adalah lumbung padi Asia Tenggara, karena pertanian Thailand sangat maju. Dataran rendah yang dialiri sungai Chao Phraya merupakan daerah subur sehingga Thailand menghasilkan banyak beras.
Negara yang bukan anggota ASEAN adalah ….
a. Malaysia c. Vietnam
b. Brunei Darussalam d. Papua Nugini
Jawab: d
Pembahasan:
Negara yang termasuk anggota ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Singapura, Brunei Darussalam, Timor Leste, Filipina, Kamboja dan Laos.
Kepualauan yang terbesar di dunia adalah ….
a. Kepulauan Pasifik
b. Inggris
c. Indonesia
d. New Zealand
Jawab: c
Pemabahasan:
Indoenesia merupakan kepulauan terbesar di dunia, karena ndonesia terdiri atas pulau-pulau yang jumlahnya sekitar 18.000 pulau.
Sungai yang dianggap suci di India adalah sungai ….
a. Gangga
b. Indus
c. Sindu
d. Nil
Jawab: a
Pembahasan:
Sungai Gangga merupakan sungai terbesar di India. Sungai ini dianggap suci oleh masyarakat India. Sungai besar lainnya, yaitu Sungai Brahmaputra. Sungai Brahmaputra merupakan anak Sungai Gangga.
Bangunan suci umat Islam yaitu Ka’bah terdapat di negara ….
a. Arab Saudi
b. Mesir
c. Palestina
d. Suriah
Jawaban: a
Pembahasan:
Ka’bah terletak di kota Mekkah di negara Arab Saudi, yang merupakan daerah asal agama Islam.
Negara yang terlusa di benua Amerika adalah …..
a. Kanada
b. Amerika
c. meksiko
d. Brasil
Jawab: a
Pembahasan:
Negara terluas di benua Amerika adalah Kanada (9.976.140), Amerika Serikat (9.372.610), Meksiko (1.972.550) dan Brasil (9.511.597).
Daerah yang rawan tanah longsor adalah ….
a. pegunungan c. perkotaan
b. pantai d. persawahan
Jawab: a
Pembahasan:
Tanah di pegunungan memiliki perbedaan ketinggian, sehingga menyebabkan terjadinya tanah longsor.
Cara-cara untuk menghadapi badai adalah ….
a. apabila bangunan rumah kuat, berlindung di dalam rumah
b. ketika mengendarai motor, kurangi kecepatan
c. berlindung di bawah pohon
d. mendekati papan reklame
Jawab: a
Pembahasan:
Saat terjadi badai, kita harus berlindung di dalam bangunan yang kuat, tempat perlindungan yang paling ideal adalah bunker dalam tanah. Hal tersebut bertujuan untuk agar kita tidak terbawa badai atau terkena benda-benda yang tertiup badai.
Politik luar negeri Indonesia yang “bebas tidak memihak mana saja dan aktif mengusahakan perdamaian dunia” disebut politik ….
a. bebas aktif
b. bebas sebebas-bebasnya
c. bebas pasif
d. bebas dan bertanggung jawab
Jawab: a
Pembahasan:
Politik Indonesia adalah bebas aktif, yang artinya bebas tidak memihak manapun/berhubungan dengan siapapun dan aktif artinya aktif dalam mengusahakan perdamaian dunia.
Bidang yang memiliki peranan penting dalam mendorong terjadinya globalisasi adalah bidang ….
a. ekonomi
b. politik
c. hukum
d. IPTEK
Jawab: d
Pembahasan:
Bidang yang berperan penting dalam globalisasi adalah IPTEK, dengan berkembanganya teknologi informasi dan komunikasi telah membuat dunia seakan tanpa batas, sehingga jarak dan waktu bukan menjadi hambatan lagi.
Berikut ini adalah contoh perusahaan asing di Indonesia, yaitu ….
a. Bank Rakyat Indonesia c. PT Pertamina
b. PT Freeport d. PT Telkom
Jawab: b
Pembahasan:
PT Freeport merupakan perusahaan yang berasal dari Amerika, perusahaan tersebut bergerak di bidang pertambangan.
Berikut ini manfaat dari kegiatan ekspor bagi Indonesia, yaitu ….
a. meningkatkan devisa negara
b. kebutuhan rakyat Indonesia tercukupi
c. hubungan antara negara menjadi renggang
d. menghabiskan biaya produksi
Jawab: a
Pembahasan:
Manfaat ekspor bagi Indonesia adalah meningkatnya devisa negara. Devisa merupakan alatpembayaran dalam perdagangan luar negeri.
B. Isian
Kekuasaan di tingkat provinsi dipegang oleh ….
Jawab: Gubernur
Pembahasan:
Kekuasaaan ditingkat Provinsi dipegang oleh Gubernur, tingkat Kabupaten/kota madya dipegang oleh Bupati/Wali kota, tingkat Kecamatan dipegang oleh Camat dan tingkat Kelurahan dipegang oleh Lurah.
Penduduk Singapura sebagaian besar adalah suku ….
Jawab: Cina
Pembahasan:
Sebagian besar penduduk Singapura adalah keturunan Cina (76,8%), disusul dengan Melayu (14,6%), India, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh (6,4%), dan bangsa yang lain (0,6%).
ASEAN terbentuk pada tanggal ….
Jawab: 8 Agustus 1967
Pembahasan:
ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967. Pada saat berdiri, anggota ASEAN hanya terdiri atas lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Kemudian mulai tahun 1984 anggota ASEAN bertambah lagi, yaitu Brunei Darussalam (7 Januari 1984), Vietnam (28 Juli 1995), Myanmar (23 Juli 1997), Laos (23 Juli 1997), dan Kamboja (16 Desember 1998).
Negara ASEAN yang bergabung terakhir adalah negara ….
Jawab: Timor Leste
Pembahasan:
Wilayah Timor-Timur dahulu adalah wilayah kesatuan NKRI. Saat ini, Timor-Timur resmi merdeka dan menjadi sebuah negara berdaulat pada tanggal 20 Me 2002. Sejak saat itu namanya diubah menjadi Timor Leste. Karena baru merdeka Timor Leste menjadi negara terakhir ASEAN.
Negara di benua Amerika yang kenampakan alamnya mirip dengan Indonesia adalah ……
Jawab: Brasil
Pembahasan:
Kesamaan Brasil dengan Indonesia adalah sama-sama beriklim tropis, memiliki hutan hujan tropis hal tersebut dikarenakan Brasil juga dilalui garis Khatulitiwa. Selain itu daerah Brasil bergunung-gunung.
Karena pengaruh globalisasi, pasar-pasar tradisional menjadi ……
Jawab: tersingkir
Pembahasan:
Dengan adanya globalisasi banyak sekali pembangunan mall, supermarket dan pasar-pasar modern lainnya, dimana disitu dijual barang-barang impor, sehingga pasar tradisional tersingkir.
Celana Jeans merupakan salah satu dampak globalisasi dalam …..
Jawab: perilaku berpakaian
Pembahasan:
Celana Jeans berasal dari Amerika. Saat ini celana Jeans hampir digunakan oleh orang di seluruh dunia. Sehingga celana jeans merupakan pengaruh globalisasi dalam perilaku berpakaiaan.
Suku cadang Telkom Indonesia diekspor ke negara …..
Jawab: Singapura
Pembahasan:
Singapura merupakan negara ekspor suku cadang Telkom Indonesia (lihat pada tabel).
Membeli produk dalam negeri berarti kita telah ikut memajukan …..
Jawab: Industri dalam negeri
Pembahasan:
Memebeli produk dalam negeri akan membuat produk dari luar kalah bersaing di pasar Indonesia, sehingga produk Indonesia akan terus berkembang dan maju.
Berkat kegiatan ekspor dan impor hubungan antarnegara menjadi …..
Jawab: Baik/akrab/langgeng
Pembahasan:
Dengan adanya ekspor-impor maka hubungan antarnegara akan menjadi baik karena saling bekerjasama dalam mencukupi kebutuhan negaranya.

C. Esai
Sebutkan empat samudra yang ada di dunia!
Jawab:
Samudra yang ada di dunia adalah Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik.
Sebutkan empat kenampakan buatan manusia yang terkenal di dunia!
Kenampakan buatan manusia yang terkenal di dunia adalah Menara Eiffel, Candi Borobudur, Menara Pisa, Taj Mahal, Tembok Besar China dan lain-lain.
Bagaimana cara menghadapi gempa bumi?
Jawab:
Saat terjadi gempa bumi secepatnya kalian keluar dari bangunan dan menuju ketempat yang terbuka. Jatuhnya jiwa pada saat terjadi gempa bumi diakibatkan karena bangunan yang runtuh dan benda-benda yang berjatuhan maka kalian disarankan segera keluar menuju tempat terbuka. Bila benar-benar tidak memungkinkan untuk keluar maka kalian berlindung di pojok suatu bangunan dan melindungi kepala kalian. Pojok bangunan bila memenuhi standar terbukti tidak mudah runtuh saat terjadi gempa. Mencari triangle of life atau segitiga kehidupan, segitiga kehidupan adalah almari yang kuat dan tidak ada barang yang berat didalamnya, kemudian jatuh dan tertahan meja/tempat tidur sehingga menciptakan ruang kosong yang aman dari jatuhnya reruntuhan.

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?
Jawab:
Globalisasi adalah proses di mana negara-negara di dunia menjadi terbuka satu sama lain, semakin dekat seperti batas-batas yang ada telah hilang (kebijaksanaan guru).
Apa faktor pendorong suatu negara melakukan ekspor?
Jawab:
Yang menjadi faktor pendorong suatu negara melakuakn ekspor adalah melimhnya sumber daya dan produksi barang/jasa suatu negara. Selain itu juga keinginan untuk meningkatkan devisa dan mengembangkan/memperluas pasar, sehngga Industri dalam negara tersebut dapat maju.

Latihan Ujian Akhir Sekolah
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar.

Selat yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Sumatra adalah selat ….
a. Makassar
b. Sunda
c. Malaka
d. Kariamata
Jawab: b
Pembahasan:
Selat adalah perairan sempit yang berada diantara dua pulau. Selat Sunda adalah selat yang berada dianatara pulau Jawa denagn Pulau Sumatra, selat Karimata adalah selat diantara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatra, selat Makasar adalah selat diantara pulau Kalimantan dengan Sulawesi dan selat Malaka adalah selat antara Pulau Sumatra dengan Malaysia.
Letak Indonesia secara astronomis adalah ….
a. 60 LU – 110 LS dan 950 BB – 1410 BB
b. 60 LU – 110 LS dan 950 BB – 1410 BT
c. 60 LS – 110 LU dan 950 BT– 1410 BT
d. 60 LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BT
Jawab: d
Pembahasan:
Letak Indonesia secara astronomis adalah 60 LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BT
Faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk adalah banyaknya jumlah ….
a. Imigrasi
b. Emigrasi
c. Kelahiran
d. Kematian
Jawab: c
Pembahasan:
Pertumbuhan penduduk alami sangat dipengaruhi oleh kelahiran dan kematian. Maka faktor yangn memengaruhi pertumbuhan penduduk adalah faktor banyaknya jumlah kelahiran.
Tsunami merupakan bencana alam yang disebabkan oleh gejala alam ….
a. gunung meletus
b. tanah longsor
c. hujan dan badai
d. gempa bumi
Jawab: d
Pembahasan:
Tsunami merupakan akibat dari gejala alam gempa bumi yang berpusat di laut dangkal (0-30 m), struktur bumi yang bergerak akibat gempa akan mendorong air laut dengan jumlah yang besar bergerak menuju daratan, gelombang besar tersebutlah yang disebut tsuanami.
Hutan yang berfungsi menjaga keberadaan air adalah hutan ….
a. Lindung
b. Rimba
c. Belantara
d. Bakau
Jawaban: a
Pembahasan:
Berdasarkan fungsinya hutan dibagi menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.
Hutan Lindung, yaitu hutan yang berfungsi untuk melindungi persediaan air (sumber air) dan mencegah banjir dan erosi.
Hutan suaka alam, yaitu hutan yang berfungsi untuk melestarikan flora dan fauna agar tidak punah.
Hutan wisata, yaitu hutan yang berfungsi untuk penegmbangan rekreasi yang mendukung industri pariwisata.
Organisasi PBB yang menagani pendidikan adalah ….
a. WHO
b. FAO
d. UNESCO
e. UNICEF
Jawab: d
Pembahasan:
Untuk mencapai tujuanya, PBB memiliki badan-badan khusus, seperti.
WHO (World Health Organization), Organisasi Kesehatan Dunia.
UNESCO (United Nation Educational, Scientifik, and Cultural Organization), organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya.
UNICF (United Nations Children’s Fund), dana pendidikan PBB untuk kesejahteraan anak-anak.
FAO (Food and Agricultural Organization), organisasi yang menangani pangan dan pertanian.
Ibu kota Amerika serikat adalah ….
a. Washington DC
b. New York
c. Seattle
d. Knoxville
Jawab: a
Pembahasan:
Amerika Serikat termasuk kedalam wilayah Amerika Utara, dengan Ibu kota di Washington DC.
Koperasi yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari adalah koperasi …
a. konsumsi
b. simpan pinjam
c. serba usaha
d. produksi
Jawab: a
Pembahasan:
Macam-macam koperasi adalah sebagai berikut ini.
Koperasi konsumsi, koperasi yang menyediakan barang-barang konsumsi kebutuhan.
Koperasi simpan pinjam, koperasi yang menyediakan/membantu anggotanya dalam memperoleh kredit atau pinjaman uang dengan bunga ringan.
Kopersi produksi, koperasi ini menampung dan menyalurkan barang-barang yang dihasilkan para anggotanya.
Koperasi serba usaha, koperasi yang kegiatanya melakukan berbagai macam usaha.
Mata pencaharian penduduk pedesaan pada umumnya adalah …..
a. pedagang
b. pengusaha
c. pegawai
d. petani
Jawab: d
Pembahasan:
Corak mata pencaharian penduduk suatu daerah adalah sebagai berikut.
Daerah perkotaan, mata pencahariannya sebagai pegawai, pedagang, buruh/karyawan.
Daerah pedesaan, mata pencaharianya sebagai petani.
Daerah pantai, mata pencahariannya sebagai nelayan.
Provinsi Jawa Tengah sebelah selatan berbatasan dengan ….
a. Jawa Barat
b. Jawa Timur
c. Laut Jawa
d. Samudra Hindia
Jawab: d
Pembahasan:
Batas-batas provinsi Jawa Tengah adalah sebelah utara adalah Laut Jawa, sebelah barat adalah provinsi Jawa Barat, sebelah timur adalah Jawa timur dan sebelah selatan adalah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Samudra Hindia.
Suku bangsa asli Australia adalah ….
a. Suku Aborigin
b. Suku Indian
c. Suku Negro
d. Suku Mongol
Jawab: a
Pembahasan:
Penduduk Australia terdiri dari bangsa Australia sebagai penduduk asli, dan bangsa Eropa sebagai penduduk pendatang. Penduduk Asli Australia adalah suku Aborigin yang termasuk kedalam ras Negroid.
Perpindahan penduduk dari satu daerah yang padat penduduk ke daerah yang jarang penduduknya disebut dengan ….
a. imigrasi
b. urbanisasi
c. transmigrasi
d. urbanisasi
Jawab: c
Pembahasan:
Macam-macam perpindahan penduduk (migrasi) adalah sebagai berikut.
Imigrasi, yaitu masuknya penduduk dari suatu negara ke negara lain.
Emigrasi, yaitu perpindahan penduduk yang meninggalkan suatu negara ke negara lain.
Transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya
Urbanisasi, uyaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota.
Industri yang menunjang usaha pertanian adalah pabrik ….
a. tekstil c. pupuk
b. plastik d. semen
Jawab: c
Pembahasan:
Pupuk merupakan zat yang dibutuhkan untuk menyuburkan tanah dan menambah hasil panen pertanian, sehingga pabrik pupuk merupakan penunajang usaha pertanian.
Berikut yang termasuk dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui, kecuali ….
a. Kelapa Sawit
b. Minyak Bumi
d. Beras
e. Ikan Mujair
Jawab: b
Pembahasan:
Sumber daya alam dapat digolongkan dalam dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya yang manfaat dan kegunannya dapat diusahakan oleh manusia, seperti hasil pertanian, perikanan, peternakan dan hasil hutan. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang proses pembnetukannya memerlukan proses juataan tahun dan tidak dapat diusahakan oleh manusia, contohnya adalah pertambanagan emas, minyak bumi, bijih besi dan lain-lain.
Banjir biasanya terjadi dalam beberapa tahapan, tahapan awal banjir adalah ….
a. adanya longsor
b. naiknya permukaan air sungai
c. hujan yang turun dengan deras
d. terjadi genangan air
Jawab: c
Pembahasan:
Tahapan terjadinya banjir yaitu, hujan deras yang turun terus menerus, naiknya permukaan air sungai akibat tidak dapat menampung air, air mulai masuk ke pemukiman, genangan air di pemukiman semakin bertambah tinggi.
Cairan panas yang dikeluarkan saat gunung meletus disebut ….
a. lava c.magma
b. lahar d. lapili
Jawaban: a
Pembahasan:
Lava adalah magma serta segala benda yang sudah mencair yang dimuntahkan oleh gunung api dan sampai di permukaan bumi. Sementara lahar adalah debu vulkanik yang bercampur dengan air, baik air dari hujan atau air danau kawah yang mengalir dari puncak gunung menuju lereng gunung.
DKI Jakarta termasuk kedalam zona waktu Indonesia bagian ….
a. Timur
b. Tengah
c. Barat
d. Utara
Jawab: c
Pembahasan:
Waktu Indonesia Barat (WIB) adalah wilayah waktu ini terletak pada 〖105〗^0 BT. Selisih waktu 7 jam lebih awal daripada waktu Greenwich (GMT). Wilayah meliputi seluruh Provinsi Sumatra, seluruh Provinsi Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Madura, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sehingga DKI Jakarta termasuk kedalam zona Waktu Indonesia Bagian Barat.
Rencong merupakan senjata tradisional dari daerah ….
a. Jawa
b. Sematera Selatan
c. Madura
d. Aceh
Jawab: d
Pembahasan:
Pada umumnya setiap daerah di Indonesia memiliki senjata tradisional. Salah satu contohnya adalah Rencong dari Aceh, Golok dari Jakarta, Kujang dari Jawa Barat, Keris dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY, badik dari Sulawesi Selatan, Trisula dari Sumatra Selatan dan, lain-lain.
Bapak Koperasi Indonesia adalah ….
a. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Ismail Marzuki
d. Sutan Tahrir
Jawab: b
Pembahasan:
Moh. Hatta pada saat menjadi wakil presiden yang pertama mendirikan koperasi sebagai badan usaha yang merupakan perwujudan pasal 33 ayat 1.
Munculnya globalisasi diawali dengan ….
a. panjajahan bangsa barat
b. munculnya bank dunia
c. adanya lembaga PBB yaitu IMF
d. berkembannya IPTEk
Jawab: d
Pembahasan:
Globalisasi diawali dengan berkembangnya IPTEK, perkembanagan teknologi Tranportasi, Kumunikasi dan Informasi telah membuat dunia seakan-akan tidak terpisahkan batas dan waktu.
Berikut ini peran aktif Indonesia dalam era globalisasi di bidang ekonomi, yaitu ….
a. melakukan pertukaran pelajar
b. latihan bersama dengan tentara negara lain
c. mengirimkan misi kebudayaan ke luar negeri
d. tergabung sebagai anggota OPEC
Jawab: d
Pembahasan:
OPEC (Oraganization of Petroleum Exporting Countries) adalah negara pengekspor minyak bumi. Indonesia yang menjadi OPEC berarti berperan dalam era globalisasi di bidang ekonomi.
Berikut ini contoh ekspor jasa oleh Indonesia, yaitu ….
a. mengirimkan TKI c. penerbangan ke Singapura
b. mengirimkan tenaga ahli d. pinjaman modal
Jawab: a
Pembahasan:
Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia ke luar negeri merupakan salah satu bentuk ekspor Indonesia di bidang jasa, yaitu jasa tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan keluarga pada suatu negara.
Berikut manfaat kegiatan ekspor dan impor, kecuali ….
a. mengurangi pengangguran
b. meningkatkan devisa negara
c. menambah utang luar negeri
d. memenuhi kebutuhan barang di dalam negeri
Jawab: c
Pembahasan:
Manfaat kegiatan ekspor impor antara lain:
a. mengurangi pengangguran;
b. meningkatkan devisa negara;
c. memenuhi kebutuhan barang di dalam negeri.
Jadi menambah hutang dalam luar negeri bukanlah manfaat dari ekspor dan impor
Berikut ini yang merupakan alat transportasi massal adalah ….
a. mobil
b. sepeda motor
c. truk
d. bus
Jawab: d
Pembahasan:
Alat transportasi massal adalah suatu alat yang digunakan sebagai angkutan umum yang dalam sekali jalan mampu mengangkut banyak penumpang, misalnya bus, kereta api, tremp, monorail, kapal, pesawat terbang dan subway.
Orang yang membeli atau mendatangkan barang dari luar negeri disebut ….
a. impor c. ekspor
b. importir d. eksportir
Jawab: b
Pembahasan:
Kegiatan membeli atau mendatangkan barang dari luar negeri disebut dengan impor, sedangkan pelaku kegiatan impor disebut dengan importir.
Pembentukan ASEAN dipelopori di kota ….
a. Jakarta
b. Bangkok
c. Manila
d. Kuala Lumpur
Jawab: b
Pembahasan:
ASEAN singkatan dari Assoiation of South East Asian Nations, artinya Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tengara. Pembentukan ASEAN dipelopori dengan pertemuan di Bangkok menghasilkan deklarasi Bangkok. ASEAN terbentuk pada tanggal 8 Agustus 1967. Pada saat berdiri, anggota ASEAN hanya terdiri atas lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.
Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang transportasi adalah ….
a. PLN
b. PDAM
c. DAMRI
d. PT Pos
Jawab: c
Pembahasan:
DAMRI adalah BUMN yang bergerak di bidang trasnportasi darat yang menggunakan bus.
Berikut ini termasuk barang migas, yaitu …
a. emas c. gas bumi
b. batu bara d. timah
Jawab: c
Pembahasan:
Barang migas adalah barang yang termasuk kedalam minyak dan gas bumi. Yang termasuk kedalam migas adalah gas bumi dan minyak bumi.
Indonesia mengimpor dari negara Jepang berupa ….
a. Suku cadang kendaraan
b. kayu
c. suku cadang pesawat
d. almunium
Jawab: a
Pembahasan:
Indonesia mengimpor Mobil, sepeda motor, suku cadang mesin, suku cadang kereta api, alat-alat elektronik, kapal laut, alat-alat berat, pipa besi, baja, dan bahan kimia dari negara Jepang.
Peninggalan sejarah yang membuktikan adanya Kerajaan Kutai berbentuk ….
a. yupa
b. naskah daun lontar
c. kitab
d. dwarapala
Jawab: a
Pembahasan:
Yupa adalah tiang batu pengikat korban untuk dipersembahkan bagi para dewa. Peninggalan sejarah yang membuktikan adanya Kerajaan Kutai adalah prasasti yang berbentuk Yupa.
Mahapatih Majapahit yang berhasil menyatukan seluruh wilayah nusantara bernama ….
a. Gajah Mada
b. Hayam Wuruk
c. Nambi
d. Anusapati
Jawab: a
Pembahasan:
Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaan pada masa pemeritahan raja Hayam Wuruk dengan mahapatih Gajah Mada. Hampir seluruh wilayah Nusantara dibawah kerajaan Majapahit. Hal tersebut sesuai dengan cita-cita Gajah Mada yang ada pada Sumpah Palapa.
Bangsa Eropa pertama kali datang ke Indonesia pada awalnya bertujuan untuk ….
a. mendirikan VOC
b. menyebarkan agama
c. mencari rempah-rempah
d. menemukan daerah baru
Jawab: c
Pembahasan:
Kedatanagan bangsa Eropa ke Indonesia adalah mencari rempah-rempah yang merupakan bahan yang sangat diperlukan Eropa untuk obat-obatan, penyedap dan penyedap makanan. Bangsa Eropa inginlangsung membeli dari sumber rempah-rempah karena Alexandria oleh Turki bagi pedagang Eropa, sehinggga orang Eropa kesulitan dalam mendapatkan rempah-rempah.
Salah satu penyebab terjadinya perang Jawa yang dipimpin Pangeran Diponegoro adalah ….
a. diserangnya benteng Belanda di Semarang
b. berkembangnya kebudayaan Barat di Keraton Mataram
c. digantinya Gubernur Jendral baru yang berbuat kejam
d. Belanda menyerang keraton Yogyakarta
Jawab: b
Pembahasan:
Penyebab terjadinya perang Jawa adalah sebagai berikut.
Belanda ikut campur dalam masalah keraton.
Kebudayaan Barat yang tidak sejalan dengan Islam berkembang di lingkungan Keraton.
Terpecah dan berkurangnya wilayah keraton akibat campur tangan Belanda.
Belanda membuat jalan Yogya-Magelang yang melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro di Tegalrejo tanpa ijin.
Rakyat yang semakin menderita akibat pajak dan kerja paksa.
Tanggal 20 Mei 1908 merupakan berdirinya organisasi ….
a. Indische Partij
b. Indonesia Muda
c. Budi Utomo
d. Sarekat Islam
Jawab: c
Pembahasan:
Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908 yang dipelopori oleh dr. Wahidin Sudirohusodo. Sebagai ketua pertamanya adalah Soetomo. Hari lahirnya Budi Utomo diperingati sebagai hari kebangkitan nasional.
Asas dasar negara kebangsaan Indonesia merupakan hasil dari rapat ….
a. BPUPKI
b. PPKI
c. Volksraad
d. KNIP
Jawab: a
Pembahasan:
Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dalam bahasa Jepangnya disebut Dokuritsu Junbi Cosakai diketuai oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat. Pada sidangnya yang pertama (29 Mei-1 Juni 1945) BPUPKI mengahsilkan dasar negara kebangsaan Indonesia, yang kemudian disempurnakan menjadi Pancasila.
Teks Proklamasi disusun di rumah seorang perwira Jepang bernama ….
a. Tadashi Maeda
b. Tojo
c. Imammura
d. Hirohito
Jawab: a
Pembahasan:
Laksamana Muda Tadashi Maeda adalah salah satu perwira Jepang yang bersimpati terhadap perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka. Di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda itulah naskah proklamasi dirumuskan oleh 3 orang pemimpin golongan tua, yaitu Ir. Soekarno, Drs. M. Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo.
Naskah Proklamasi Iemerdekaan Indonesia dibacakan oleh ….
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Mr. Achmad Soebardjo
d. Chaerul Saleh
Jawab: a
Pembahasan:
Naskah Proklamasi Iemerdekaan Indonesia dibacakan oleh ir. Soekarno pada hari Jum’at pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta (rumah Ir. Soekarno).
Perbuatan sehari-hari yang dapat menghargai perjuangan tokoh bangsa dalam memproklamasikan kemerdekaan adalah ….
a. mengajari teman kita yang belum paham terhadap pelajaran
b. membantu dengan mengerjakan PR teman
c. membersihkan lingkungan sekitar
d.tidak membuang sampah sembarangan
Jawab: a
Pembahasan:
Cita-cita kemerdekaan negara Indonesia sebagai berikut:
a. melindungi segenap tumpah darah Indonesia;
b. meningkatkan kesejahteraan umum;
c. mencerdaskan kehidupan bangsa;
d. turut serta di dalam menciptakan perdamaian dunia.
Jadi jika kita mengajari teman yang belum paham mengenai pelajaran sesuai dengan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa.
Saat pejuang Indonesia di Bandung terdesak oleh pasukan sekutu mereka mundur sambil melancarkan siasat bumi hangus. Peristiwa ini diskenal dengan ….
a. Persitiwa 10 November
b. Pertempuran lima hari
c. Palagan Ambarawa
d. Bandung Lautan Api
Jawab: d
Pembahasan:
Pada tanggal 24 Maret 1946, pejuang Indonesia membakar semua bangunan dan barang yang ada di Kota Bandung bagian selatan. Mereka tidak rela jika Bandung yang sangat mereka bela dan cintai diduduki dan dikuasai oleh Sekutu secara utuh, selain itu agar Infrastruktur dan fasilitas di Bandung tidak dapat digunakan oleh sekutu dalam memerangi bangsa Indonesia.
Serangan ke kota Yogyakarta yang diduduki Belanda dengan maksud menunjukkan pada dunia bahwa TNI masih memiliki kekuatan dikenal dengan ….
a. Serangan Umum 1 Maret
b. Serangan Umum 2 Maret
c. Serangan Umum 11 Maret
d. Serangan Umum 12 Maret
Jawab: a
Pembahasan:
Pada tanggal 1 Maret 1949, pasukan TNI dan rakyat melancarkan Serangan Umum 1 Maret. Mereka berhasil merebut dan menduduki kembali Kota Yogyakarta selama 6 jam. Keberhasilan ini mengagetkan banyak pihak, terutama di luar negeri. Ternyata, Republik Indonesia masih ada bahkan kembali menguasai ibu kotanya, yaitu Yogyakarta.

Paket LUAS 2
Mata pencaharian penduduk perkotaan pada umumnya adalah …..
a. nelayan
b. peternak
c. karyawan
d. petani
Jawab: c
Pembahasan:
Bentuk kegiatan ekonomi di kota jauh lebih besar dan beragam. Pasar dan toko jauh lebih besar. Bahkan, terdapat pusat-pusat berbelanja yang lebih besar lagi berupa supermarket dan mal-mal dengan sistem swalayan (melayani sendiri). Beberapa pabrik, industri, perusahaan, dan badan-badan milik negara berada di kota. Pada umumnya masyarakat kota bermata pencaharian sebagai karyawan.
Koperasi yang memiliki kegiatan membuat kerajinan untuk dijual, termasuk kedalam koperasi ….
a. Konsumsi
b. Produksi
c. Simpan Pinjam
d. Serba Usaha
Jawab: b
Pembahasan:
Koperasi terbagi kedalam beberapa jenis berikut ini.
Koperasi konsumsi adalah koperasi yang menyediakan kebutuhan sehari-hari bagi anggotanya. Misalnya, bahan pangan, minyak goreng, kopi, gula dan teh.
Koperasi produksi adalah koperasi yang melakukan kegiatan di bidang produksi. Hasil produksi dari para anggota dikumpulkan dan koperasilah yang menjualnya. Misalnya berupa kerajinan tangan seperti anyam-anyaman.
Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang melakukan kegiatan mengumpulkan, menyimpan, dan meminjamkan uang. Uang yang di simpan dan dipinjamkan berasal dari iuran para anggota. Uang tersebut dipinjamkan kepada yang membutuhkan untuk mengembangkan usaha dengan jasa sesuai kesepakatan pengurus koperasi.
Koperasi serba usaha adalah koperasi yang melakukan berbagai macam usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota. Misalnya KUD dan Koperasi Mahasiswa.
Kapas dan padi pada lambang Koperasi memiliki arti ….
a. gotong royong
b. kebangsaan
c. keadilan
d. kemakmuran
Jawab: d
Pembahasan:
Lambang Koperasi memiliki arti sebagai berikut ini. Rantai, berarti persahabatan yang erat. Gigi roda, menggambarkan usaha yang terus maju. Kapas dan padi, berarti kemakmuran. Timbangan, menunjukkan keadilan. Bintang dan perisai, menyatakan bahwa koperasi berdasarkan Pancasila. Pohon beringin, melambangkan sifat gotong royong. Merah putih, lambang kebangsaan Indonesia.
Berikut merupakan teknologi masa kini dalam proses produksi di bidang pertanian adalah ….
a. cangkul
b. bajak
c. pupuk urea
d. sabit
Jawab: c
Pembahasan:
Pupuk urea merupakan teknologi masa kini karena dalam penciptaan dan penggunaan pupuk urea dilakukan penelitian yang panjang dan tknologi yang modern.
Alat komunikasi yang termasuk kedalam media cetak adalah ….
a. surat
b. radio
c. televis
d. telepon
Jawab: a
Pembahasan:
Orang yang tidak berada pada satu tempat pun dapat melakukan komunikasi. Mereka dapat menggunakan alat komunikasi. Mereka melakukan komunikasi secara tidak langsung. Alat-alat komunikasi itu adalah surat, telepon, telegraf, teleks, radio, televisi, dan surat kabar. Alat-alat komunikasi, meliputi media cetak (surat, surat kabar, majalah dan sebagainya), dan media elektronika (telepon, radio, televisi, dan sebagainya).
Perhubungan yang menghubungkan desa satu ke desa lain termasuk kedalam perhubungan ….
a. interlokal
b. lokal
c. antardaerah
d. antarpulau
Jawab: b
Pembahasan:
Perhubungan yang masih dalam suatu daereh disebut perhubungan lokal. Perhubungan antara suatu daerah dengan daerah lain, disebut perhubungan antardaerah atau interlokal. Perhubungan yang dilakukan antara suatu pulau dan pulau lainnya dalam satu negara, disebut perhubungan antarpulau atau interinsuler. Adapun perhubungan antara suatu negara dengan negara lain disebut perhubungan antarnegara atau internasional. Demi kelancaran, transportasi (perhubungan) tidak dapat dipisahkan dengan sarana, prasarana, dan jenis transportasi.
Angkutan laut di Indonesia ditangani oleh ….
a. Fery
b. Pelni
c. Damri
d. PT KAI
Jawab: b
Pembahasan:
Angkutan penumpang laut di negara kita ditangani oleh Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia). Di samping itu, ada pula beberapa perusahaan pelayaran swasta.
Berikut yang menyebabkan terjadinya permasalahan sosial di Indonesia adalah ….
a. penerapan teknologi modern
b. gender
c. Sumber Daya Manusia
d. bahasa
Jawab: c
Pembahasan:
Adanya permasalahan sosial di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, antara lain yaitu, keadaan geografi, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, masyarakat multikultural dan lain-lain.
Yang bukan termasuk masalah sosial yang dihadapi masyarakat kota adalah ….
a. kurangnya fasilitas pendidikan
b. meningkatnya tindak kejahatan
c. munculnya pemukiman kumuh
d. sulitnya mendapatkan tanah
Jawab: a
Pembahasan:
Kota memiliki fasilitas yang lebih lengkap didandingkan desa, sehingga fasilitas pendidikan di kota lebih memadai dan jarang kekurangan.
Perpidahan penduduk dari desa ke kota disebut dengan ….
a. emigrasi
b. transmigrasi
c. urbanisasi
d. imigrasi
Jawab: c
Pembahasan:
Macam-macam perpindahan penduduk (migrasi) adalah sebagai berikut.
Imigrasi, yaitu masuknya penduduk dari suatu negara ke negara lain.
Emigrasi, yaitu perpindahan penduduk yang meninggalkan suatu negara ke negara lain.
Transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya
Urbanisasi, uyaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota.
Candi Borobudur yang merupakan salah satu kenampakan buatan manusia yang terkenal di dunia dibangun pada masa kerajaan ….
a. Majapahit
b. Tarumenegara
c. Singasari
d. Mataram kuno
Jawab: d
Pembahasan:
Borobudur di bangun oleh Dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram Kuno yang beragama Buddha. Lokasi candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah.
Pendiri kerajaan Majapahit adalah ….
a. Hayam Wuruk
b. Ken Arok
c. Raden Wijaya
d. Gajah Mada
Jawab: c
Pembahasan:
Prasasti Butak (1294), isinya tentang keruntuhan Kerajaan Singasari yang dipimpin Jayakatwang dan perjuangan Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit. Raden Wijaya yang berhasil melarikan diri saat Kediri di serang oleh Singasari dia melarikan diri ke Madura. Dengan bantuan dari Aryawiraraja dia mendapat pengampunan dari jayakatwang dan mendapatkan tanah di Tarik dekat Mojokerto, didaerah tersebut dia mendirikan kerajaan Majapahit.
Pemimpin perlawanan rakyat Makassar dalam melawan Belanda adalah ….
a. Sultan Hamid
b. Imam Bonjol
c. Sultan Hasanuddin
d.Pattimura
Jawab: c
Pembahasan:
Sultan yang berhasil memajukan Kesultanan Makassar maju dengan pesat adalah Sultan Hasanuddin (1653-1669). Dia menggantikan ayahnya yang bernama Sultan Muhammad Said. Sultan Hasanuddin terkenal berani dan bersikap tegas. Beliau tidak senang melihat VOC bertindak sewenang-wenang. Beliau juga tidak mau tunduk terhadap peraturan Belanda, sehingga mendapat sebutan Ayam Jantan dari Timur.
Bapak pendidikan Indonesia adalah ….
a. Cipto Mangunkusumo
b. Suwardi Suryaningrat
c. Douwes Dekker
d. Samanhudi
Jawab: b
Pembahasan:
Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara lahir pada taggal 2 Mei 1889. Pada tahun 1922, beliau mendirikan Taman Siswa. Sekolah itu untuk mendidik penduduk supaya menjadi warga negara yang mempunyai derajat dan semangat kebangsaan. Semboyan dari Ki Hajar Dewantara adalah Ing Ngarso Sung Tulodo Ing Madya Mangun Karso Tut Wuri Handayani. Atas jasanya tersebut dia mendapat penghargaan sebagai bapak pendidikan nasional dan tanggal lahirnya diperingati sebagai hari pendidikan nasional.
Organisasi militer di Indonesia bentukan Jepang sering melakukan pemberontakan adalah ….
a. Heiho
b. Peta
c. Seinedan
d. Putera
Jawab: b
Organisasi militer bentukan Jepang di Indonesia yang melakukan pemberontakan adalah Peta. Pemberontakan Peta tersebut antara lain pemberontakan Peta di Blitar yang dipimpin Supriyadi. Hal tersebut terjadi karena kekecewaan anggota Peta kepada Jepang yang membuat rakyat Indonesia menderita.
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia diketuai oleh ….
a. Achmad Soebardjo
b. Ir. Soekarno
c. Prof. Dr. Soepomo
d. Muhammad Yamin
Jawab: b
Pembahasan:
BPUPKI dinyatakan telah selesai melaksanakan tugasnya, maka pada tanggal 7 Agustus 1945 dibubarkan. Untuk menggantikan lembaga tersebut dibentuklah PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa Jepang dinamakan Dokuritsu Junbi Iinkai pada tanggal 9 Agustus 1945. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno.
Naskah Proklamasi diketik oleh ….
a. M. Hatta
b. Ir. Soekarno
c. B.M. Diah
d. Sayuti Melik
Jawab: d
Pembahasan:
Setelah selesai ditulis oleh Ir. Soekarno, naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Kemudian, Ir. Soekarno dan Drs. M. Hatta menandatanganinya atas nama bangsa Indonesia.
Pertempuran di Surabaya yang menewaskan ribuan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan terkenal dengan ….
a. Peristiwa 10 November
b. Pertempuran Lima Hari
c. Serangan Umum 1 Maret
d. Palagan Ambarawa
Jawab: a
Pembahasan:
Pada tanggal 10 November 1945, pecahlah pertempuran besar di Surabaya, Sekutu mengerahkan pasukan darat yang berkekuatan puluhan ribu pasukan, Kapal perang dan Angkatan Udara Inggris. Sedangkan pejuang Indonesia di Surabaya dengan senjata apa adanya, bertempur dengan gagah berani hingga ribuan pejuang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya. Peristiwa ini dikenal dengan Peristiwa 10 November 1945, dan diperingati sebagai hari pahlawan.
Yogyakarta sebagai Ibukota Indonesia berhasil dikuasai Belanda pada peristiwa ….
a. Agresi Militer Belanda I
b. Agresi Militer Belanda II
c. Pertempuran Medan Area
d. Serangan Umum 1 Maret
Jawab: b
Pembahasan:
Indonesia yang sedang dalam keadaan konflik akibat adanya pemberontakan PKI membuat Belanda merasa memiliki peluang untuk kembali menguasai Indonesia. Setelah membatalkan Perjanjian Renville, pada tanggal 19 Desember 1948 belanda melancarkan serangan yang dikenal dengan Agresi Militer Belanda II. Dalam peristiwa tersebut Kota Yogyakarta dapat dikuasai Belanda dan Ir. Soekarno dan M. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden dapat ditawan Belanda.
Siapa yang ditugasi oleh Presiden Soekarno untuk mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Bukittinggi, Sumatra Barat ….
a. Amir Syarifuddin
b. Syarifuddin Prawiranegara
c. Achmad Soebardjo
d. Prof. Dr. Soepomo
Jawab: b
Pembahasan:
Pada saat terjadi penyerangan oleh Belanda (Agresi Militer Belanda II), pemerintah telah menugasi Menteri Kemakmuran, Mr. Sjarifuddin Prawiranegara untuk membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi Sumatra Barat. Hal terebut dimaksudkan agar Pemerintahan RI tetap berjalan.
Akibat adanya pemekaran daerah, maka pada tahun 2004 Indonesia memiliki berapa provinsi ….
a. 27 Provinsi
b. 30 Provinsi
c. 33 Provinsi
d. 34 provinsi
Jawab: c
Pembahasan:
Jumlah Provinsi di Indonesia adal 33 provinsi pada tahun 2004. Berikut adalah provinsi-provinsi di Indonesia, Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.
Bentuk negara Indonesia saat ini adalah ….
a. Perserikatan
b. Kerajaan
c. Persemakmuran
d. Negara Kesatuan Republik Indonesia
Jawab: d
Pembahasan:
Bentuk negara Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Negara yang menjadi negara kepulauan terbesar di dunia adalah ….
a. Filipina
b, Jepang
c. Inggris
d. Indonesia
Jawab: d
Pembahasan:
Indonesia merupakan negara yang terdiri atas ribuan pulau. Jumlah pulaunya sebanyak
13.669 pulau. Oleh karena itu, Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Wilayah Indonesia terdiri atas daratan dan perairan atau laut. Luas wilayah daratan Indonesia adalah 1.906.240 km2. Adapun luas wilayah perairan Indonesia adalah 3.287.010 km2.
Kenampakan alam wilayah Malaysia bagian timur berupa ….
a. pegunungan
b. padang pasir
c. kepulauan
d. Perbukitan
Jawab: a
Pembahasan:
Malaysia Timur berada di bagian utara Pulau Kalimantan. Malaysia Timur terdiri atas dua negara bagian, yaitu Serawak dan Sabah. Kenampakan alam Malaysia Timur berupa daerah pegunungan dan dataran tinggi. Pegunungan yang terkenal, yaitu Pegunungan Hose dan Dataran Tinggi Batu Laga.
Negara Brunei Darussalam dahulu merupakan bekas jajahan negara ….
a. Belanda
b. Portugis
c. Inggris
d. Spanyol
Jawab: c
Pembahasan:
Negara Brunei Darussalam pernah dijajah oleh bangsa Inggris. Negara ini merdeka pada tanggal 1 Januari 1984.
Pulau yang terbesar di Filipina adalah Pulau ….
a. Palawan
b. Luzon
c. Panay
d. Negros
Jawab: b
Pembahasan:
Filipina merupakan negara kepulauan. Pulau yang terbesar adalah Pulau Luzon dan Mindanao. Sebagian besar penduduk Filipina bertempat tinggal di Pulau Luzon.
Negara terpadat penduduknya di dunia adalah ….
a. Amerika
b. Cina
c. India
d. Indonesia
Jawab:c
Pembahasan:
Berdasarkan sensus tahun 2005, penduduk India berjumlah 1.080.264.388 jiwa. Kepadatan penduduk sekitar 329 jiwa/km2. India merupakan negara terpadat peduduknya di dunia. Menyusul kemudian Amerika, Cina dan Indonesia.
Gurun Pasir terluas di dunia adalah gurun ….
a. Gobi
b. Sahara
c. Victoria
d. Gibson
Jawab: b
Pembahasan:
Gurun terluas di dunia adalah Gurun Sahara. Gurun Sahara berada di benua Afrika dengan luas sekitar 8.400.000 km2. Adapun gurun terluas kedua di dunia adalah Gurun Gobi di Benua Asia dengan luas sekitar 1.300.000 km2.
Ibu kota negara Cina adalah ….
a. Tianjin
b. Guangzhou
c. Beijing
d. Shanghai
Jawab: c
Pembahasan:
Ibu Kota negara Cina adalah Beijing. Bentuk negara Republik. Kepala negara Presiden.
Menara Eiffel berada di negara ….
a. Inggris
b. Perancis
c. Jerman
d. Belanda
Jawab: b
Pembahasan:
Kenampakan buatan adalah kenampakan yang sengaja dibuat oleh manusia. Kenampakan buatan yang terkenal di dunia, antara lain
a. Candi Borobudur, di Indonesia.
b. Menara Pisa, di Italia.
c. Menara Eiffel, di Perancis.
d. Piramida, di Mesir.
e. Tembok Besar Cina, di Republik Rakyat Cina (RRC).
f. Patung Liberty, di Amerika.
g. Taj Mahal, di India.
Indonesia sering terjadi gejala alam gunung meletus karena ….
a. Indonesia merupakan negara kepulauan
b. Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng tektonik
c. Indonesia berada di deretan pegunungan sirkum Pasifik
d. Indonesia berada di deratan pegunungan api sirkum atlantik
Jawab: c
Pembahasan:
Indonesia sering terjadi letusan gunung berapi disebabkan Indonesia terletak di persilangan deretan pegunungan sirkum Pasifik dan Mediterania yang menyebabkan Indonesia memilki banyak sekali gunung berapi. Sirkum Pasifik merupakan pegunungan muda yang masih sangat aktif.
Berikut ini peristiwa alam yang muncul karena pengaruh alam itu sendiri, kecuali ….
a. banjir bandang
b. angin topan
c. gelombang tsunami
d. letusan gunung api
Jawab: a
Pembahasan:
Banjir bandang adalah banjir yang terjadi secara cepat dan besar. Hal tersebut terjadi jika hutan banyak yang gundul akibat ulah manusia atau tanggul yang jebol akibat kurangnya perawatan.
Salah satu cara menghadapi bencana gunung meletus adalah ….
a. melakukan pemantauan aktivitas gunung berapi
b. menutup lubang api gunung berapi
c. mematikan panas api
d. menebang hutan di sekitar gunung berapi
Jawab: a
Pemabahasan:
Salah satu cara menhadapi bencana gunung meletus adalah dengan melakukan pemantaun aktivitas gunung berapi. Jika aktivitas naik segera mengungsi ke tempat yang aman. Kita bisa bertanya dengan BMKG mengenai informasi aktivitas gunung berapi.
Berikut merupakan salah satu tanda alam akan terjadinya gempa bumi adalah ….
a. bau garam yang menyengat
b. turunya hewan-hewan dari pegunungan
c. permukaan air tanah yang tiba-tiba surut
d. bau belerang yang menyengat
Jawab: c
Pembahasan:
Berikut beberapa tanda alam yang harus diperhatikan bila akan terjadinya gempa bumi.
a. Menguji medan elektromagnetis di dalam rumah dengan cara berikut.
1) Cek siaran televisi, apakah tiba-tiba salurannya terganggu tanpa sebab apa pun.
2) Coba kamu minta orang lain mengirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang diterima berantakan atau tidak.
3) Matikan aliran listrik dan cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang walaupun tak ada arus listrik
b. Perhatikan perilaku hewan-hewan yang ada di sekitarmu, apakah hewan-hewan tersebut bertingkah laku aneh atau tidak. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis.
c. Perhatikan apakah air tanah tiba-tiba menjadi surut atau tidak seperti biasanya surut dengan cepat.
Proses globalisasi yang terjadi menimbulkan perubahan dalam .…
a. struktur perekonomian dunia
b. peradaban masyarakat suatu bangsa
c. masyarakat internasional
d. hubungan dengan negara lain
Jawab: d
Pembahasan:
Proses globalisasi yang terjadi menimbulkan perubahan dalam hubungan denga negara lain. Rasa ketergantungan setiap negara pada negara lain semakin meningkat.
Berikut yang bukan termasuk kedalam barang yang diimpor oleh negara Indonesia adalah ….
a. beras
b. mesin
c. karet
d. gandum
Jawab: c
Pembahasan:
Indonesia termasuk kedalam tiga besar negara penghasil karet, sehingga Indonesia melakukan ekspor karet, bukanya melakukan impor karet.
Berikut merupakan salah satu manfaat kegiatan ekspor- impor adalah ….
a. mempererat hubungan persahabatan antara negara-negara
b. memicu ketegangan antar negara
c. menciptakan ketergantungan salah satu negara
d. menciptakan aliansi militer
Jawab: a
Pembahasan:
Beberapa manfaat yang diperoleh dari kegiatan ekspor dan impor, antara lain
1. barang produksi negara kita akan dikenal oleh negara lain,
2. membantu mencukupi kebutuhan negara lain,
3. meningkatkan devisa negara,
4. barang dari luar negeri dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri,
5. mempererat hubungan ekonomi dan persahabatan antara negara-negara di dunia, dan
6. meningkatkan produksi kedua negara.
Berikut ini termasuk barang migas, yaitu ….
a. teh c. emas
b. minyak sawit d. minyak bumi
Jawab: d
Pembahasan:
Migas adalah minyak bumi dan gas bumi. Sehingga the, minyak sawit dan emas bukan termasuk barang migas.
Berikut ini perubahan perilaku terhadap nilai-nilai budaya akibat globalisasi, yaitu ….
a. masyarakat lebih suka menonton film-film barat
b. masyarakat lebih suka menonton wayang
c. pesta pernikahan menggunakan adat jawa
d. hidup bergotong royong
Jawab: a
Pembahasan:
Film barat masuk ke Indonesia merupakan hasil dari globalisasi, wayang, adat istiadata Jawa dan gotong royong merupakan budaya Indonesia.
Berikut ini yang tidak termasuk dampak negatif arus globalisasi yang melanda kehidupan masyarakat adalah ….
a. tindak kriminal
b. pemakaian obat terlarang
c. kebiasaan minum-minuman keras
d. pemakaian obat generik
Jawab: d
Pembahasan:
Munculnya tindak kriminal, kebiasaan minum-minuman keras, masuknya obat-obat terlarang adalah beberapa contoh dari dampak negatif dari globalisasi, sedangkan pemakaian obat generik adalah salah satu dampak positif, karena digunkan untuk menyembuhkan penyakit.


Daftar Pustaka
Arif Julianto Sri Nugroho, dkk. 2008. IPS untuk Kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (BSE)
Asy’ari, dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial SD untuk Kelas VI. Jakarta: Erlangga.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Atlas Indonesia, Dunia, dan Budayanya. Jakarta: Depdikbud.
Fatah, Sanusi dkk. 2008. Terampil dan Cerdas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (BSE)
Herlan Firmansyah, dkk. 2010. Ilmu Pengatahuan Sosial 6. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasioanl (BSE).
Irawan SS dan Shendy A. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas 6. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (BSE).
Indrastuti dan Penny Rahmawati. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas 6. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (BSE).
Ratna dan Sundasa. 2010. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/Mi Kelas 6. Jakarta: PUsat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasioanal (BSE).
Rusmawan dan Sri Wahyuni. 2010. Ilmu Pengetahuan Sosial 6. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (BSE).
Sadiman, Irawan Sadad dan Shendy Amalia. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas 6 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (BSE)
Sunarso dan Anis Kusuma. 2007. Pengetahuan Sosial untuk SD kelas VI. Surakarta: Grahadi.
Sugeng HR. 2001. Rangkuman Ilmu Pengetahuan Lengkap. Semarang: Aneka Ilmu.
Suranto , Tri Jaya dan A. Dakir. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 6 untuk Kelas 6 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (BSE).
Suryanto, Agus. 2007. Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap SD. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Tambunan, Tulus T.H. 2004. Globalisasi dan Perdagangan Internasional. Jakarta: Grafika Indonesia.
Widodo, SW, dan Mulyadi HP. 2008. Ayo Belajar Sambil Bermain Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. (BSE)

artikel lainnya kacamata berkamera berbasis android ala

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Saturday 1 March 2014 | blog

Sragen Technopark Training of Teachers “HIGH QUALITY TEACHERS”     BASIC MODULE- ALL LEVEL Topic Duration…

Wednesday 13 August 2014 | blog

MODUL 3 EXCEL 2003 By helloweencomputer Mengubah Baris menjadi Kolom Anda bisa mengubah baris menjadi kolom…

Monday 18 August 2014 | blog

Kriteria penilaian perilaku kerja, Selalu dapat menyelesaikan tugas pelayanan sebaik-baiknya dengan sikap sopan dan sangat memuaskan…

Wednesday 15 July 2015 | blog

HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL Perangkat Lunak Konsep HaKI ”Hak atas Kekayaan Intelektual” (HaKI) merupakan terjemahan atas…