Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

html5 dan css yang revolusioner

Apr
18
2012
by : Bupeko. Posted in : blog

html5 dan css yang revolusioner

Menurut Kern dan Heine Geldern, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan (Hindia Belakang). Penelitian mereka berdasarkan dari persebaran kapak persegi dan kapak lonjong. Yunan merupakan induk dari bangsa Austronesia yang meliputi ras Melayu Mongoloid dan ras Austromelanesoid. Persebarannya ke Indonesia pada tahun 1500 SM dan tahun 500 SM. Mereka kemudian sering disebut bangsa Austronesia.
Kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia terjadi dalam dua tahap (gelombang), yaitu gelombang pertama dilakukan oleh bangsa Proto Melayu dan gelombang dua dilakukan oleh bangsa Deutero Melayu.
1. Gelombang Pertama Tahun 1500 SM
Periode pertama ini juga disebut persebaran Proto Melayu (Melayu Tua). Mereka yang datang ke Indonesia melalui daerah Teluk Tonkin dan membawa kebudayaan Batu Muda yang disebarluaskan melalui dua jalur, berikut ini.
a. Jalur Barat/Selatan yang berawal dari Yunan melalui Melayu – Sumatra – Jawa – Kalimantan. Membawa kebudayaan Neolithikum berupa kapak lonjong.
b. Jalur Timur/Utara, berawal dari Yunan – Vietnam – Filipina – Sulawesi – Papua. Persebaran bangsa Proto Melayu ternyata membawa kebudayaan Batu Baru yang berpusat di Bachson-Hoabinh, Indo Cina. Hasil kebudayaannya, antara lain kapak persegi dan kapak lonjong. Bangsa Indonesia yang termasuk keturunan Proto Melayu, antara lain Suku Toraja dan Suku Dayak di Kalimantan.
2. Gelombang Kedua Tahun 500 SM
Disebut juga persebaran Deutero Melayu (Melayu Muda). Jalur penyebarannya melalui Daratan Asia – Semenanjung Melayu – Sumatra – Jawa. Periode Deutero Melayu membawa kebudayaan logam yang berpusat di Dong Son. Kebudayaan Dong Son telah mengenal penggunaan logam, seperti kapak corong, nekara, dan perhiasan dari perunggu. Penduduk Indonesia saat ini yang termasuk keturunan Deutero Melayu antara lain suku Jawa dan suku Bugis.
Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa persebaran bangsa-bangsa yang mendiami wilayah Indonesia berasal dari wilayah yang sama, yaitu Yunan. Setelah terjadinya perdagangan kuno maka terjadilah pertemuan dasar budaya Bachson-Hoabhin dan Dong Son, budaya India, dan budaya Nusantara. Budaya Bachson-Hoabinh dan Dong Son memiliki kemampuan teknologi yang kuat, sedangkan budaya India membawa pengaruh hinduisme dan buddhisme. Kedua budaya tersebut berinteraksi dan berasimilasi dengan budaya Indonesia sehingga menghasilkan budaya Nusantara yang bernilai tinggi dan mempunyai ciri khas. Dasar dan akar budaya tersebut, antara lain sebagai berikut.
1. Kehidupan Masyarakat
Nenek moyang bangsa Indonesia telah hidup secara menetap dan membentuk kelompok masyarakat yang teratur.
2. Mata Pencaharian
Nenek moyang bangsa Indonesia telah melakukan usaha pertanian serta beternak. Pada awalnya kegiatan pertanian mereka masih dalam tingkat sederhana, yaitu berladang, kemudian meningkat dengan bercocok tanam di persawahan yang membutuhkan teknologi dan pengetahuan yang tinggi. Sesuai dengan perkembangan pertanian tersebut maka berbagai peralatan pun diciptakan dalam upaya mempermudah kegiatan pertanian. Berbagai alat yang diciptakan untuk mendukung pertanian, antara lain kapak persegi, kapak lonjong, cangkul dan sabit. Selain itu, nenek moyang bangsa Indonesia juga sudah bisa mengolah logam untuk membuat berbagai peralatan kehidupan dan budaya.
3. Sistem Kepercayaan
Kepercayaan nenek moyang bangsa Indonesia, antara lain sebagai berikut.
a. Animisme, yaitu kepercayaan yang menganggap bahwa semua makhluk hidup dan benda tertentu mempunyai roh.
b. Dinamisme, yaitu kepercayaan bahwa benda-benda tertentu memiliki kekuatan gaib.
4. Hasil Seni dan Kerajinan
Nenek moyang bangsa Indonesia telah menghasilkan berbagai macam kerajinan yang bernilai seni, seperti perhiasan, barang pecah belah dan berbagai alat untuk kepentingan ritual.
Dapat dikatakan bahwa kehidupan manusia dalam zaman Prasejarah di Indonesia sudah maju. Mereka sudah hidup menetap dan pandai membuat rumah. Cara hidup mereka sudah teratur dan berencana, yakni bercocok tanam, beternak, dan berdagang. Peralatan mereka cukup banyak, misalnya cangkul, sabit, gerabah, barang perhiasan dan benda upacara. Bahkan jika kita pelajari secara saksama kehidupan masyarakat pada zaman Prasejarah itu sudah memiliki nilai yang sangat berharga, walaupun baru merupakan tahap permulaan.
Pitono (1996) pernah memaparkan bahwa zaman Pra-aksara sekurang-kurangnya mempunyai nilai-nilai sebagai berikut.
1. Nasionalnya, yaitu bahwa kajian mengenai praaksara menunjukkan rasa cinta terhadap desa atau tanah tumpah darahnya. Di samping itu juga rasa persatuan dan kesatuan yang kuat di antara sesama keluarga dan ini semua merupakan dasar yang kuat bagi tumbuh suburnya nasionalisme.
2. Demokrasi, yaitu adanya unsur-unsur semangat gotong royong dan musyawarah dalam menangani berbagai masalah kehidupan.
3. Religiusitas, yaitu kesadaran bahwa di luar kekuatan dirinya ada kekuatan supranatural, yakni Tuhan Yang Maha Esa. Dalam kehidupan sehari-hari mereka, banyak ditemukan praktik-praktik keagamaan yang sekaligus merupakan pengakuan adanya kekuatan Tuhan.
4. Kemanusiaan, yaitu pengakuan dan tindakan-tindakan tolong menolong di antara mereka. Sekaligus tersirat dan atau tersurat semangat gotong royong di antara sesama anggota keluarga.

Testimoni

artikel lainnya html5 dan css yang revolusioner



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Tuesday 4 December 2012 | blog

Tujuan Disini gw coba membuat thread tentang diskusi berbisnis di ebay, dan akan kita bahas secara…

Thursday 4 September 2014 | blog

Penilaian Unjuk Kerja (Praktik) Satuan Pendidikan : SMP Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : VII…

Tuesday 4 December 2012 | blog

Tingkah Joko Widodo memang tak pernah lepas dari perhatian publik. Di hari keduanya sebagai gubernur DKI…

Monday 4 May 2015 | blog

Jasa desain grafis terpercaya dengan hasil menarik dan creative dan harga ... Seni dan teknik membuat…