Menu

foto prewedding efek melengkung

Feb
18
2012
by : 1. Posted in : blog

foto prewedding efek melengkung

Bab 8
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Standar kompetensi
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Kompetensi dasar
2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa yang dinanti-nanti oleh bangsa Indonesia. Dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan merupakan wujud dari pernyataan bahwa bangsa Indonesia telah merdeka. Meskipun sempat terjadi perbedaan pendapat antara tokoh-tokoh golongan tua dan tokoh-tokoh golongan muda, namun akhirnya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat dilaksanakan. Dibalik kejadian sepenting proklamasi kemerdekaan Indonesia tentu saja terdapat rentetan peristiwa penting. Bagaimanakah peristiwa-peristiwa yang terjadi selama Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? Pelajarilah materi yang ada pada bab berikut!
** pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno

A. Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi Kemerdekaan
Sebelum dilaksanakannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi beberapa peristiwa penting. Peristiwa penting yang terjadi adalah peristiwa Rengasdengklok, penyusunan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
1. Peristiwa Rengasdengklok
Sekutu berhasil mengembangkan senjata nuklir (atom) yang segera digunakan untuk melawan Jepang. Pada tanggal 6 Agustus 1945 kota Hirosima dijatuhi bom atom oleh Sekutu, kemudian pada tanggal 9 Agustus 1945 kota Nagasaki juga dijatuhi bom atom oleh Sekutu. Akibat ledakan bom tersebut, kota Nagasaki dan Hirosima hancur. Selain itu, ratusan korban meninggal dan luka-luka akibat ledakan bom tersebut.
Dengan hancurnya kota Hirosima dan Nagasaki tersebut membuat Jepang menyerah kepada Sekutu. Kaisar Jepang khawatir akan kerusakan yang lebih parah dan korban jiwa yang semakin bertamabah banyak. Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Dengan demikian, penjajahan Jepang di Indonesia berakhir.
** gb. Ledakan bom atom di Nagasaki
Penyerahan Jepang kepada Sekutu menghadapkan para pemimpin Indonesia pada masalah yang cukup berat. Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan (vacuum of power). Jepang masih tetap berkuasa atas Indonesia meskipun telah menyerah, sementara pasukan Sekutu yang akan menggantikan mereka belum datang. Gunseikan telah mendapat perintah-perintah khusus agar mempertahankan status quo sampai kedatangan pasukan Sekutu.
Berita kekalahan Jepang dirahasiakan kepada rakyat Indonesia. Namun, berita kekalahan Jepang didengar juga oleh tokoh bangsa Indonesia melalui siaran BBC, salah satunya Sutan Syahrir. Sutan Syahrir kemudian memberitahu berita ini kepada golongan muda. Golongan muda yang terdiri dari Chaerul Saleh, Wikana, Soebandrio, Adam Malik, Sayuti Melik dan kawan-kawan segera mengadakan rapat. Rapat diadakan di lembaga Bakteriologi di Jalan Pegangsaan Timur Jakarta. Rapat dipimpin oleh Chaerul Saleh.
Chaerul Saleh mengutus Wikana dan Darwis menemui Ir. Soekarno dan Moh. Hatta untuk menyampaikan hasil rapat. Hasil rapat tersebut adalah agar proklamasi segera dilaksanakan pada 16 Agustus 1945 dan proklamasi kemerdekaan dilaksanakan tanpa campur tangan bangsa asing karena merupakan hasil perjuangan bangsa Indonesia sendiri. Golongan tua ini tetap menghendaki agar proklamasi kemerdekaan dibahas dalam rapat PPKI dahulu. Terjadilah ketegangan akibat pertentangan pendapat antara golongan tua dan golongan pemuda.
Keinginan golongan pemuda yang ditolak oleh golongan tua mendorong pemuda kembali melakukan rapat. Rapat berlangsung di Lembaga Bakteorologi Jalan Cikini 71. Hasil keputusan rapat adalah akan membawa Ir. Soekarno dan Moh. Hatta dengan tujuan melindungi dari pengaruh Jepang dan meyakinkan Ir. Soekarno agar proklamasi segera dilaksanakan. Rencana tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 1945. Rapat tersebut dihadiri oleh Sukarni, Jusuf Kunto, Muwardi dari Barisan Pelopor, serta Syudanco Singgih dari Peta.
Tanggal 16 Agustus 1945, tiga tokoh pemuda terdiri atas Sukarni, Yusuf Kunto, dan Singgih membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok, Jawa Barat. Di Rengasdengklok terjadi dialog antara Singgih dan Ir. Soekarno tentang pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Ir. Soekarno akhrinya menyetujui untuk segera melaksanakan Proklamasi Kemerdekaaan.
Sementara di Jakarta terjadi dialog antara golongan pemuda dan Ahmad Soebardjo. Dalam pembicaraan tersebut disepakati bahwa proklamasi akan diadakan pada tanggal 17 Agustus 1945 sebelum pukul 12.00 WIB. Ahmad Soebardjo yang didampingi oleh Sudiro dan Yusuf Kunto berangkat ke Rengasdengklok untuk menjemput Soekarno-Hatta, serta meyakinkan kepada Soekarno-Hatta. Ahmad Soebardjo meyakinkan kepada golongan pemuda untuk melepaskan Soekarno-Hatta dengan jaminan kesepakatan perjanjian di Jakarta sebelumnya.

2. Penyusunan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Rombongan Soekarno-Hatta sampai di Jakarta sekitar pukul 23.00 WIB. Ahmad Soebardjo mengarahkan rombongan untuk menuju ke rumah Laksama Tadashi Maeda (Jalan Imam Bonjol No.1). dipilih rumah Laksamana Maeda karena dianggap aman dari Jepang selain itu Laksamana Maeda merupakan tokoh Jepang yang bersimpati terhadap perjuangan bangsa Indonesia. Selain rombongan ada beberapa tokoh PPKI yang diundang untuk melakukan rapat PPKI di rumah Laksamana Maeda.
Setelah berada di rumah Laksamana Maeda rombongan mengatakan maksud dan tujuan dari kedatangan mereka. Laksamana Maeda memberikan tanggapan agar Soekarno dan Hatta menemui Somabuco (kepala pemerintahan umum) Mayor Jenderal Nishimura untuk mengetahui sikapnya mengenai pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Nishimura bersikeras memelihara status quo di Indonesia sesuai dengan garis kebijakan Sekutu, sehingga melarang kegiatan dalam bentuk apapun termasuk rapat PPKI dan proklamasi kemerdekaan. Tidak adanya kesepahaman itu meyakinkan Soekarno dan Hatta untuk melaksanakan proklamasi kemerdekaan tanpa kaitan lagi dengan Jepang.
Di kediaman Maeda, Soekarno-Hatta dan tokoh-tokoh PPKI lainnya mulai merumuskan teks proklamasi. Teks itu dirumuskan di ruang makan oleh Soekarno, Muh. Hatta, dan Ahmad Soebardjo. Peristiwa itu disaksikan oleh Sukarni, B.M. Diah, dan Sudiro. Soekarno menuliskan konsep proklamasi kemerdekaan pada secarik kertas, sementara Moh.Hatta dan Ahmad Subardjo menyumbangkan pikiran secara lisan.
Konsep proklamasi kemerdekaan terdiri atas dua kalimat, yaitu sebagai berikut.
a. Kalimat pertama, merupakan pernyataan kemauan bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri. Isinya, Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Kalimat pertama ini merupakan saran Ahmad Soebardjo yang diambil dari rumusan BPUPKI.
b. Kalimat kedua, merupakan pernyataan mengenai pengalihan kekuasaan (transfer sovereignity). Bunyinya: Hal-2 mengenai pemindahan kekuasaan d.l.l. diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh yang sesingkat-singkatnja. Kalimat kedua merupakan buah pikiran Moh. Hatta.
** gb naskah proklamasi konsep
Setelah selesai, teks proklamasi tersebut dibacakan di hadapan tokoh-tokoh yang hadir. Pada waktu itu muncul persoalan tentang siapa yang akan menandatangani naskah proklamasi. Soekarno mengusulkan agar semua yang hadir menandatangani naskah proklamasi, namun usul Soekarno ditolak oleh golongan pemuda. Kemudian Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani naskah proklamasi cukup Soekarno-Hatta saja atas nama bangsa Indonesia. Usulan Sukarni ini disetujui oleh seluruh yang hadir.
Setelah mengalami beberapa perubahan, konsep teks proklamasi kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Perubahan-perubahan ini antara lain sebagai berikut.
a. Kata “tempoh” diganti menjadi tempo.
b. Djakarta 17-8-’05 diganti menjadi Djakarta, hari 17 boelan 8 tahun ’05.
c. “Wakil-wakil bangsa Indonesia” diganti menjadi “atas nama bangsa Indonesia”.
Naskah yang sudah diketik oleh Sayuti Melik kemudian ditandatangani oleh Soekarno dan Moh. Hatta. Di kemudian hari naskah ini dikenal sebagai teks proklamasi yang autentik.
**gb. Naskah Proklamasi Autentik
Musyawarah perumusan naskah proklamasi sampai dengan penandatangannya baru selesai pada pukul 04.00 dini hari tanggal 17 Agustus 1945. Saat itu juga dibahas masalah tempat dan waktu pelaksanaan proklamasi. Para pemuda mengusulkan agar upacara diadakan di Lapangan Ikada. Usulan pemuda disetujui oleh para hadirin.

3. Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Pelakasanaan proklamasi direncanakan di Lapangan Ikada. Karena pertimbangan akan menimbulkan bentrokan antara rakyat dan pasukan Jepang. Akhirnya disepakati bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta (sekarang Gedung Perintis Kemerdekaan di Jalan Proklamasi).
**pengibaran bendera setelah pembacaan proklamasi
Menjelang pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, rakyat telah memadati kediaman Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Keamanan di tempat tersebut dijaga oleh pasukan Peta di bawah pimpinan Syudanco Latif Hendraningrat dan Syudanco Arifin Abdurrachman. Sekitar pukul 09.55 WIB Drs. Moh. Hatta datang dan menemui Ir. Soekarno. Upacara pun dimulai tanpa memakai susunan acara. Selanjutnya, Ir. Soekarno menyampaikan pidato singkatnya. Inti pidato singkat dari Ir. Soekarno, antara lain sebagai berikut:
a. meskipun mengalami pasang surut, perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan tidak pernah berhenti;
b. dengan tenaga dan kekuatan sendiri, bangsa Indonesia bertekad bulat menentukan nasib dan tanah air.
Pada pukul 10.00 WIB Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Moh. Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Setelah selesai pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diteruskan dengan pengibaran Sang Merah Putih yang dilakukan oleh Suhud dan Latif Hendraningrat. Upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh para hadirin secara spontan. Dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia maka bangsa Indonesia telah berhasil mendapatkan kemerdekaannya.
4. Penyebarluasan Berita Proklamasi
Proklamasi kemerdekaan adalah suatu sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, berita kemerdekaan Indonesia segera disiarkan ke seluruh pelosok tanah air dan ke seluruh penjuru dunia.
a. Proses Penyebarluasan Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Proses penyebarluasan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan melalui berbagai cara. Adapun cara yang dilakukan untuk menyebarluaskan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah sebagai berikut.
1) Melalui pamflet (selebaran) yang ditempel di tempat-tempat strategis dan di gerbong kereta api jurusan Jakarta-Bandung-Surabaya.
2) Melalui Domei (Kantor Berita Antara) dan radio Hoso Kanri Kyoku (sekarang RRI Pusat Jakarta). Tokoh-tokoh yang menyiarkan lewat radio Kanri Kyoku, yaitu Maladi, Yusuf Romodipuro, Bachtiar Lubis, dan Suprapto. Adapun tokoh yang terkait dalam penyiaran kantor Domei, yaitu Adam Malik, Rinto Alwi, Asa Bafaqih, P. Lubis, dan Syahrudin.
3) Melalui surat kabar Tjahaya dari Bandung dan Soeara Asia dari Surabaya.
4) Melalui utusan ke berbagai daerah. Teuku Mohammad Hasan diutus ke Sumatra, Sam Ratulangi ke Sulawesi, Ketut Puja ke Nusa Tenggara Barat, dan A.A. Hamidah ke Kalimantan.
Selain di dalam negeri, berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia juga disebarluaskan ke luar negeri.
b. Sikap Rakyat terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Tersiarnya berita proklamasi kemerdekaan ke seluruh penjuru tanah air mendapat sambutan dari rakyat yang luar biasa. Peristiwa ini merupakan peristiwa yang sangat penting bagi bangsa Indonesia sekaligus sebagai momentum nasional bangsa Indonesia lepas dari belenggu penjajah. Berikut ini akan kita simak sikap rakyat di berbagai wilayah di Indonesia.
** Harian Soera Asia atau Tjahaya yang memuat berita proklamasi kemerdekaan Indonesia
1) Yogyakarta
Rakyat di kota ini menyambut berita proklamasi dengan bangga dan gembira. Harian “Matahari” yang terbit di kota ini memuat berita proklamasi pada tanggal 19 Agustus 1945 dan UUD yang telah ditetapkan.
2) Jawa Tengah
Berita proklamasi diterima melalui radio Domei, kemudian dibawa oleh Syarief Suratman dan Mr. Mintaryo ke Gedung Jawa Hokokai yang telah berlangsung sidang. Peserta sidang kemudian menyerukan “Hidup Bung Karno” dan “Hidup Bangsa Indonesia”.
3) Luar Pulau Jawa
Pada umumnya, masyarakat yang ada di luar pulau Jawa terlambat mendapat berita proklamasi kemerdekaan. Hal ini memang disengaja oleh Jepang dengan mempersulit jaringan komunikasi.
Meskipun terlambat menerima berita proklamasi, rakyat tetap menyambut kemerdekaan ini dengan rasa gembira, haru, dan bangga dengan semangat “Sekali Merdeka Tetap Merdeka”.
c. Arti Penting Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia sebagai berikut.
1) Bangsa Indonesia dengan tekad dan kekuatan sendiri menjadi bangsa merdeka bebas dari penjajahan asing. Bangsa Indonesia akan mengatur sendiri negara dan mempertahankannya terhadap gangguan dari luar.
2) Bangsa Indonesia menjadi pelopor bangsa Asia-Afrika karena merupakan bangsa pertama yang merdeka setelah Perang Dunia II.

Ayo Berlatih
I. Uji Pemahaman Materi (mandiri, tanggung jawab, gemar membaca)
Jawablah pertanyaan–pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan Sutan Syahrir ketika mendengar berita kekalahan Jepang?
Jawab:
Sutan Syahrir membertahu kepada golongan pemuda setelah mengetahui berita kekalahan Jepang. Golongan pemuda kemudian melakukan rapat yang menghasilkan keputusan bahwa proklamasi kemerdekaan harus dilakukan.
2. Siapa saja yang merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan?
Jawab;
Tokoh yang merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebardjo.
3. Mengapa golongan tua menolak hasil keputusan rapat pemuda untuk segera memproklamasikan kemerdekaan?
Jawab:
Karena golongan tua ingin membicarakan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan pada rapat PPKI agar proklamasi kemerdekaan terjadi tanpa pertumpahan darah.
4. Apa tujuan para pemuda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok?
Jawab:
Tujuan dari pemuda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok adalah menjauhkan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta dari pengaruh Jepang.
5. Apakah arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?
Jawab:
Arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, sebagai berikut.
a. Bangsa Indonesia dengan tekad dan kekuatan sendiri menjadi bangsa merdeka dan bebas dari penjajahan bangsa asing.
b. Bangsa Indonesia menjadi pelopor bangsa Asia Afrika, karena merupakan bangsa pertama yang merdeka setelah Perang Dunia II.

II. Uji Kretivitas Siswa (mandiri, cinta tanah air)
Lakukan kegiatan berikut!
Bacalah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, kemudian hafalkan. Guru akan memanggil satu persatu siswa secara bergantian untuk mengucapkan kembali teks tersebut di depan kelas tanpa membawa buku!

B. Menghargai Jasa Tokoh-Tokoh yang Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia
1. Tokoh-Tokoh Penting dalam Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Tokoh-tokoh yang berperan penting dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, antara lain sebagai berikut.
a. Ir. Soekarno
Ir. Soekarno sangat gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Menjelang kemerdekaan beliau ditunjuk sebagai Ketua PPKI. Peranan Ir. Soekarno dalam mempersiapkan proklamasi adalah ikut menyusun teks proklamasi, terutama yang menulis konsep teks proklamasi dan menandatangani bersama Moh. Hatta. Selain itu, Ir. Soekarno adalah tokoh yang membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kediamannya Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945. Ir. Soekarno meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta dan jenazahnya dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.
b. Moh. Hatta
Peranan Moh. Hatta dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah ikut menyusun naskah atau merumuskan naskah proklamasi dengan memberikan ide dan konsep dasarnya, khususnya pada pernyataan pengalihan kekuasaan. Moh. Hatta bersama Ir. Soekarno menandatangani naskah proklamasi tersebut atas nama bangsa Indonesia dan mendampingi Ir. Soekarno dalam upacara pembacaan teks proklamasi.
Pada tanggal 17 Agustus 1945, Moh. Hatta bersama Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Moh. Hatta adalah Wakil Presiden Republik Indonesia pertama. Moh. Hatta meninggal pada tanggal 14 Maret 1980 dan dimakamkan di pemakaman umum Tanah Kusir Jakarta.
c. Ahmad Subardjo
Ahmad Subardjo termasuk salah seorang tokoh yang ikut menyusun naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bersama Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Pada tanggal 16 Agustus 1945 Ahmad Subardjo datang ke Rengasdengklok ikut menengahi perbedaan pendapat antara para pemuda dengan Bung Karno dan Bung Hatta. Ahmad Subardjo ikut berperan dalam memberikan ide secara lisan pada penyusunan teks proklamasi, khususnya kemauan bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri.
d. Sajoeti Melik
Sayuti Melik merupakan salah satu perwakilan dari golongan pemuda yang mendesak untuk segera melaksanakan pernyataan kemerdekaan. Dalam perumusan teks proklamasi, Sajoeti Melik bersama B.M. Diah dan Sudiro menjadi saksi peristiwa tersebut. Setelah konsep teks proklamasi tersebut disetujui oleh para tokoh yang hadir, Sajoeti Melik bertugas mengetik naskah proklamasi.
e. Ibu Fatmawati Soekarno
Ibu Fatmawati adalah istri Ir. Soekarno. Ibu Fatmawati termasuk salah seorang tokoh penting dalam peristiwa proklamasi. Ibu Fatmawati bersama Guruh Soekarnoputra dengan setia mendampingi Ir. Soekarno yang diamankan ke Rengasdengklok bersama Bung Hatta. Menjelang proklamasi kemerdekaan, peranan Ibu Fatmawati juga sangat besar. Dengan kepandaian dan ketelatenannya, Ibu Fatmawati menjahit dengan tangan bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 saat upacara pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
**gb. Fatmawati Soekarnoputri

2. Menghargai Jasa Tokoh Proklamasi Kemerdekaan
Bangsa Indonesia merdeka dan bebas dari belenggu penjajahan sejak diproklamasikan kemerdekaan oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Bung Karno dan Bung Hatta dalam berjuang untuk kemerdekaan Indonesia tidak sendiri, tetapi juga dibantu oleh tokoh-tokoh pejuang yang lain.
Kemerdekaan Indonesia tidak datang begitu saja, tetapi melalui perjuangan yang sangat berat yang dilakukan oleh tokoh-tokoh kemerdekaan. Tokoh-tokoh kemerdekaan telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka berjuang tanpa pamrih. Mereka berjuang dan rela berkorban untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Mereka berkorban jiwa dan raga. Jasa mereka sangat besar bagi bangsa ini. Tanpa mereka barangkali kita belum merdeka.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa para pahlawannya. Kita sebagai anak bangsa dan sebagai generasi penerus, sudah selayaknya mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa para pahlawan yang sudah memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan ini. Sebagai generasi penerus kita wajib meneruskan perjuangan mereka. Ada beberapa cara untuk menghargai jasa para pejuang kemerdekaan, di antaranya sebagai berikut.
a. Sebagai pelajar, kita harus rajin belajar sehingga dapat menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan negara Indonesia.
b. Meniru tindakan para pejuang terdahulu yang rela berkorban dan pantang menyerah sebelum keinginannya tercapai.
c. Melanjutkan cita-cita luhur para pejuang dengan cara mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang.

Ayo Berlatih
III. Uji Pemahaman Materi (mandiri, tanggung jawab, gemar membaca)
Jawablah pertanyaan–pertanyaan berikut!
1. Oleh siapakan proklamasi kemerdekaan Indonesia diproklamirkan?
Jawab:
Proklamasi kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta.
2. Dengan cara apakah kemerdekaan Indonesia dapat dicapai?
Jawab:
Kemerdekaan Indonesia dapat dicapai dengan perjuangan yang sangat berat yang dilakukan oleh bangsa Indonesia.
3. Apa peran Ibu Fatmawati dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia?
Jawab:
Peran Ibu Fatmawati dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah membuat bendera Merah Putih yang dikibarkan ketika proklamasi kemerdekaan.
4. Dimanakah Bung. Hatta dimakamkan?
Jawab:
Bung Hatta dimakamkan di pemakaman umum Tanah Kusir Jakarta.
5. Siapakah yang mengibarkan bendera Merah Putih ketika Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?
Jawab:
Tokoh yang mengibarkan bendera Merah Putih ketika Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah Suhud dan Latif Hedraningrat.

IV. Uji Kretivitas Siswa (mandiri, cinta tanah air)
Lakukan kegiatan berikut!
Bagaimana sikapmu dalam mengisi kemerdekaan ini setelah mengetahui kegigihan perjuangan tokok-tokoh kemerdekaan Indonesia. Tulislah hasil pekerjaanmu dalam buku tugas kemudian kumpulkan pada gurumu!

Kosa Kata
BBC : British Broad Casting (stasiun radio milik Inggris)
Proklamasi : pernyataan kedaulatan suatu negara yang merdeka
Laksamana : pangkat kedua dalam golongan perwira tinggi di angkatan laut, sepadan dengan jenderal TNI dalam angkatan darat, atau marsekal dalam angkatan udara (tanda pangkatnya empat bintang emas)
Nasionalisme : adalah faham yang berkaitan dengan rasa cinta tanah air
Vacuum of power : kekosongan pemerintahan atau kekuasaan

Uji Kompetensi (jujur, disiplin, tanggung jawab)
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling benar!
1. Jepang menyerah pada Sekutu terjadi tanggal ….
a. 6 Agustus 1945
b. 10 Agustus 1945
c. 14 Agustus 1945
d. 15 Agustus 1945
Jawab: b
Pembahasan:
Dibomnya kedua kota besar di Jepang menyebabkan kekuatan Jepang menjadi lemah, akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.
2. Berikut merupakan tokoh pejuang kemerdekaan yang lahir di Bukittinggi adalah ….
a. Mr. Ahmad Subarjo
b. Drs. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Adam Malik
Jawab: c
Pembahasan:
Sutan Syahrir adalah tokoh politik, pejuang kemerdekaan yang mendengar berita menyerahnya Jepang.
3. Pada waktu Jepang menyerah kalah kepada Sekutu, para pejuang Indonesia memanfaatkan masa kosong untuk ….
a. mempersiapkan kemerdekaan RI
b. memproklamasikan kemerdekaan
c. membentuk negara boneka
d. melawan penjajah Jepang
Jawab: b
Pembahasan:
Para pejuang kemerdekaan memanfaatkan kekalahan Jepang untuk memproklamasikan kemerdekaan.
4. Karena keinginan pemuda yang ditolak oleh Ir. Soekarno, maka para pemuda membawa Ir. Soekarno ke ….
a. Rangkasbitung
b. Lubang Buaya
c. Rengasdengklok
d. rumah Laksamana Maeda
Jawab: c
Pembahasan:
Rengasdengklok merupakan tempat para pemuda mengasingkan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama dari gangguan pihak Jepang.
5. Proklamasi kemerdekaan dibahas dalam rapat PPKI merupakan kehendak dari golongan ….
a. bangsawan
b. proletariat
c. pemuda
d. tua
Jawab: d
Pembahasan:
Golongan tua tetap menghendaki agar proklamasi kemerdekaan dibahas dalam rapat PPKI terlebih dahulu. Akibatnya, terjadi perten-tangan pendapat antara golongan tua dan golongan pemuda.
6. Terjadinya peristiwa Rengasdengklok terjadi akibat ….
a. Jepang menyerah kepada Sekutu
b. Bung Karno dan Bung Hatta diperalat Jepang
c. keinginan para pemuda untuk segera memproklamasikan kemerdekaan
d. penolakan Bung Karno dan Bung Hatta untuk memprokla-masikan kemerdekaan
Jawab: d
Pembahasan:
Peristiwa Rengasdengklok terjadi sebagai akibat penolakan Bung Karno dan Bung Hatta untuk mem-proklamasikan kemerdekaan karena beliau berdua tidak mendengar berita kekalahan Jepang secara langsung dan ingin merapatkannya dalam sidang PPKI.
7. Tokoh yang memberikan jaminan akan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indoneisa adalah ….
a. B.M. Diah
b. Ir. Soekarno
c. Sayuti Melik
d. Mr. Ahmad Soebardjo
Jawab: d
Pembahasan:
Setelah ada jaminan dari Mr. Ahmad Soebardjo bahwa proklamasi kemer-dekaan akan dilaksanakan keesokan harinya maka Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dibawa kembali ke Jakarta.
8. Rumah yang digunakan untuk menyusun naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah rumah ….
a. Ichibangse
b. Ir. Soekarno
c. Laksamana Maeda
d. Jenderal Nishimura
Jawab: c
Pembahasan:
Laksamana Maeda adalah sahabat Mr. Ahmad Subarjo yang menjabat Kepala Perwakilan Angkatan Laut Jepang. Setelah dari Rengasdengklok, Mr. Ahmad Subarjo, Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta beserta golongan muda menuju ke rumah Laksamana Maeda untuk melakukan musyawarah penulisan naskah teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9. Berkut merupakan persoalan yang muncul ketika naskah proklamasi selesai dirumuskan adalah ….
a. pembaca naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
b. tempat pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
c. siapa yang menandatangani naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
d. waktu untuk membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Jawab: c
Pembahasan:
Setelah selesai, teks proklamasi dibacakan di hadapan tokoh-tokoh yang hadir. Pada waktu itu muncul persoalan tentang siapa yang akan menandatangani naskah proklamasi. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani naskah proklamasi cukup Soekarno-Hatta saja atas nama bangsa Indonesia. Usulan Sukarni ini disetujui oleh seluruh yang hadir.
10. Berikut merupakan tokoh yang dibawa oleh golongan muda ke Rengasdengklok adalah ….
a. Chaerul Saleh
b. Soebandrio
c. Adam Malik
d. Moh. Hatta
Jawab: d
Pembahasan:
Ir. Soekarno dan Moh. Hatta merupakan tokoh yang dibawa golongan pemuda ke Rengasdengklok.
11. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pada hari ….
a. Senin
b. Selasa
c. Kamis
d. Jum’at
Jawab: d
Pembahasan:
Proklamasi kemerdekaan dilaksanakan hari Jum’at tanggal 17 Agustus 1945.
12. Tokoh yang berperan mengetik naskah proklamasi kemerdekaan adalah ….
a. Laksamana Maeda
b. Drs. Moh. Hatta
c. Ir. Soekarno
d. Sayuti Melik
Jawab: c
Pembahasan:
Sayuti Melik adalah tokoh yang mengetik naskah proklamasi.
13. Tokoh pemuda yang memberikan saran agar naskah proklamasi ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia adalah ….
a. Sayuti Melik
b. B.M. Diah
c. Sukarni
d. Soediro
Jawab: c
Pembahasan:
Sudah jelas bahwa tokoh pemuda yang mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta adalah Sukarni.
14. Konsep proklamasi kemerdekaan ditulis oleh ….
a. Mr. Ahmad Subarjo
b. Drs. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Ir. Soekarno
Jawab: d
Pembahasan:
Ir. Soekarno merupakan tokoh yang menulis konsep proklamasi kemerdekaan Indonesia.
15. Tokoh yang berperan dalam menjahit bendera Merah Putih dan dikibarkan pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….
a. Hartini
b. Ibu Fatmawati
c. Yurike Sanger
d. Ratna Sari Dewi
Jawab: b
Pembahasan:
Ibu Fatmawati menjahit sendiri ben-dera Merah Putih yang dikibarkan setelah proklamasi dibacakan.
16. Surat kabar yang terbit di Bandung yang memuat berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah ….
a. Tjahaya
b. Antara
c. De Gids
d. Soeara Asia
Jawab: a
Pembahasan:
Kabar berita proklamasi juga dimuat dalam surat kabar Tjahaya dari Bandung.
17. Berikut merupakan penyebab keterlambatan rakyat Indonesia di luar Pulau Jawa terlambat menerima kabar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah ….
a. daerah tersebut cukup jauh
b. tidak ada sarana komunikasi
c. jaringan komunikasi dipersulit oleh Jepang
d. tidak ada utusan yang berangkat ke daerah luar Jawa
Jawab: c
Pembahasan:
Berita proklamasi kemerdekaan pada umumnya terlambat diterima oleh rakyat yang berada di luar Pulau Jawa. Hal ini memang disengaja oleh Jepang dengan cara mempersulit jaringan komunikasi.
18. Ketika proklamasi kemerdekaan terjadi pada saat itu gubernur Jakarta dijabat oleh ….
a. Wilopo
b. Sutiyoso
c. Soewiryo
d. Ali Sadikin
Jawab: c
Pembahasan:
Soewiryo adalah nama Walikota Jakarta pada saat peristiwa pem-bacaan teks proklamasi.
19. Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada ….
a. sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
b. sesudah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
c. bertepatan dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
d. ketika akan membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Jawab: a
Pembahasan:
Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada 16 Agustus 1945, yaitu sebelum proklamasi kemerdekaan.
20. Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang autentik adalah naskah ….
a. hasil ketikan
b. tulisan tangan Ir. Soekarno
c. tulisan tangan dan ditandatangani Soekarno
d. hasil ketikan dan ditandatangani Soekarno-Hatta
Jawab: d
Pembahasan:
Naskah proklamasi kemerdekaan yang diketik dan ditanda tangani oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta disebut dengan naskah autentik.
21. Pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan terjadi di ….
a. lapangan Ikada
b. kediaman Moh. Hatta
c. kediaman Ir. Soekarno
d. kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda
Jawab: c
Pembahasan:
Pembacaan proklamasi kemerdekaan sebelumnya direncanakan di Lapangan Maeda, tetapi karena pertimbangan keamanan dilakukan di rumah Ir. Soekarno.
22. Kantor berita Jepang yang dipakai para pemuda untuk menyebarluaskan berita proklamasi adalah ….
a. Antara
b. Domei
c. BBC
d. RRI
Jawab: b
Pembahasan:
Kantor berita Domei merupakan kantor berita yang digunakan pemuda untuk menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan.
23. Kabar berita proklamasi dimuat oleh surat kabar “Soeara Asia” di ….
a. Jakarta
b. Bandung
c. Surabaya
d. Semarang
Jawab: c
Pembahasan:
Surat kabar Soeara Asia terbit di kota Surabaya.
24. Tokoh yang mendapatkan tugas untuk menyampaikan berita proklamasi ke Sumatra adalah….
a. Sam Ratulangi
b. Ketut Puja
c. A. A. Hamidah
d. Teuku Mohammad Hasan
Jawab: d
Pembahasan:
Berita proklamasi juga disebarkan melalui utusan ke berbagai daerah. Teuku Mohammad Hasan diutus ke Sumatra, Sam Ratulangi ke Sulawesi, Ktut Puja ke Nusa Tenggara Barat, dan A.A. Hamidah ke Kalimantan.
25. Peran para pelajar dalam mengisi kemerdekaan yaitu dengan ….
a. giat belajar
b. ikut berperang
c. menjadi TNI-Polri
d. bekerja di pemerintahan
Jawab:
Pembahasan:
Peran pelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan giat belajar serta memberikan prestasi.

B. Jodohkan lajur sebelah kiri dengan lajur sebelah kanan!
1. Tokoh yang menyumbangkan pemikiran secara lisan mengenai naskah proklamasi
2. Tokoh yang memimpin rapat pemuda di gedung Bakteriologi di Jalan Pegangsaan Timur Jakarta
3. Tokoh yang menyampaikan hasil rapat pemuda ke Ir. Soekarno
4. Tokoh yang menjadi saksi dalam penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan
5. Tokoh yang berperan menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan

a. Wikana
b. Sukarni
c. Rinto Alwi
d. Achmad Soebardjo
e. Chaerul Saleh
1. Jawab: d
Pembahasan:
Achmad Soebrdjo adalah tokoh yang menyampaikan secara lisan kalimat pertama proklamasi kemerdekaan
2. Jawab: e
Pembahasan:
Golongan muda yang terdiri dari Chaerul Saleh, Wikana, Soebandrio, Adam Malik, Sayuti Melik dan kawan-kawan segera mengadakan rapat. Rapat diadakan di lembaga Bakteriologi di Jalan Pegangsaan Timur Jakarta. Rapat dipimpin oleh Chaerul Saleh.
3. Jawab: a
Pembahasan:
Chaerul Saleh mengutus Wikana dan Darwis menemui Ir. Soekarno dan Moh. Hatta untuk menyampaikan hasil rapat.
4. Jawab: b
Pembahasan:
Peristiwa penyusunan naskah proklamasi disaksikan oleh Sukarni, B.M. Diah, dan Sudiro.
5. Jawab: c
Pembahasan:
Tokoh-tokoh yang menyiarkan lewat radio Kanri Kyoku, yaitu Maladi, Yusuf Romodipuro, Bachtiar Lubis, dan Suprapto. Adapun tokoh yang terkait dalam penyiaran kantor Domei, yaitu Adam Malik, Rinto Alwi, Asa Bafaqih, P. Lubis, dan Syahrudin.
C. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Kota Jepang yang dibom atom oleh Sekutu adalah ……. dan ….
Jawab: Nagasaki dan Hiroshima
Pembahasan:
Dua kota di Jepang, yaitu Hirosima dan Nagasaki pernah dijatuhi bom oleh Sekutu. Kota Hirosima dijatuhi bom oleh Sekutu pada tanggal 6 Agustus 1945, sedangkan kota Nagasaki dijatuhi bom pada oleh Sekutu pada tanggal 9 Agustus 1945.
2. Naskah proklamasi dibacakan oleh….
Jawab: Ir. Soekarno
Pembahasan:
Naskah proklamasi dibcakan oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh Moh. Hatta.
3. Kata “tempoh” dalam teks proklamsi diganti menjadi
Jawab: tempo
pembahasan:
Teks proklamasi mengalami beberapa perubahan diantaranya Kata “tempoh” diganti menjadi tempo.
4. Nama harian di Yogyakarta yang memuat berita proklamasi adalah harian …
Jawab: Matahari
Pembahasan:
Harian Matahari yang terbit di kota Yogyakarta memuat berita proklamasi pada tanggal 19 Agustus 1945 dan UUD yang telah ditetapkan.
5. Tokoh yang mendampingi Ir. Soekarno ketika membacakan naskah proklamasi adalah …
Jawab: Moh. Hatta
Pembahasan:
Tokoh yang mendampingi Ir. Soekarno pada saat membacakan teks proklamasi adalah Moh. Hatta.
6. Kantor berita Antara dahulu bernama ….
Jawab: Domei
Pembahasan:
Kantor berita Antara dahulu bernama Domei.
7. Ir. Soekarno lahir di Kota …
Jawab; Blitar
Pembahasan:
Ir. Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur.
8. Seorang perwira Jepang yang mendukung gerakan kemerdekaan Indonesia bernama ….
Jawab: Laksamana Tadashi Maeda
Pembahasan:
Laksamana Maeda adalah seorang perwira penghubung Jepang dan pendukung gerakan kemerdekaan Indonesia.
9. Penyebarluasan berita proklamasi ke luar negeri bertujuan untuk ….
Jawab: menunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah merdeka
Pembahasan:
Penyebarluasan berita proklamasi ke luar negeri bertujuan untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah bebas dari kekuasaan Jepang, maka diperlukan penyebarluasan berita proklamasi ke luar negeri karena proklamasi merupakan pernyataan kedaulatan suatu negara.
10. Siswa sekarang ini dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara …
Jawab: belajar dengan giat
Pembahasan:
Seorang siswa dapat meneruskan perjuangan pahlawan dengan cara belajar yang giat supaya tercapai cita-citanya.

D. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan dua kelompok yang saling bertentangan dalam pelaksanaan proklamasi!
Jawab:
Dua kelompok yang saling bertentangan dalam pelaksanaan proklamasi adalah golongan tua dan golongan muda.
2. Sebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia!
Jawab:
Proklamasi kemerdekaan Indonesia mempunyai arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia yaitu sebagai berikut.
a. Merupakan saat pencetusan revolusi bangsa Indonesia yang terus bergolak.
b. Lahirnya negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. Dasar dan dorongan revolusi yang membawa kebenaran asas dan tujuan.
d. Puncak perjuangan bangsa.
e. Titik tolak dari pelaksanaan amanat penderitaan rakyat.
3. Bagimana sikap dari golongan muda dalam membahas mengenai proklamasi?
Jawab:
Bagi golongan muda, proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah hak dan masalah rakyat Indonesia sendiri. Oleh karena itu, proklamasi kemerdekaan harus dilaksanakan di luar PPKI.
4. Bagaimanakah konsep kalimat pertama naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?
Jawab:
Kalimat pertama merupkan penyataan kemauan bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri. Isinya, Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
5. Bagaimana cara menghormati perjuangan para pahlawan?
Jawab:
Cara menghormati dan menghargai perjuangan para pahlawan dapat dilakukan dengan menjaga, mewarisi, dan melestarikan kemerdekaan dalam wujud kegiatan sehari-hari, salah satunya dengan melaksanakan pembangunan.

Perbaikan
PERBAIKAN (mandiri, kerja keras)
A. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Kota di Jepang yang bom oleh sekutu pada tanggal 9 Agustus 1945 adalah …
Jawab: Nagasaki
Pembahasan:
Kota Hirosima dijatuhi bom oleh sekutu pada tanggal 6 Agustus 1945, sedangkan kota Nagasaki dijatuhi bom pada oleh sekutu pada tanggal 9 Agustus 1945.
2. Golongan muda yang memimpin untuk membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok adalah …
Jawab: Singgih
Pembahasan:
Syodanco Singgih mendapat kepercayaan sebagai pemimpin dalam pelaksanaan membwa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok
3. Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan akhirnya Jalan …
Jawab: Pegangsaan No. 56 Jakarta
Pembahasan:
Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan akhirnya dilakukan di kediaman Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan No. 56 Jakarta
4. Alasan para pemuda mendesak agar segera memproklamasikan kemerdekaan adalah …
Jawab: Jepang menyerah pada Sekutu
Pembahasan:
Pemuda mendesak agar segera memproklamasikan kemerdekaan karena Jepang menyerah pada Sekutu dan di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan.
5. Berita menyerahnya Jepang kepada Sekutu didapat Sutan Syahrir dari …
Jawab: BBC (Bristish Boardcasting)
Pembahasan:
Sutan Syahrir mendengar berita menyerahnya Jepang dari siaran BBC.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Bagaimana keinginan golongan tua dalam pelaksanaan proklamasi?
Jawab:
Keinginan golongan tua mengenai proklamasi cenderung menyesuaikan diri dengan ketentuan pemerintah militer Jepang yaitu tanggal 24 Agustus 1945. Mereka tidak berani melanggar ketentuan itu karena khawatir akan adanya pertumpa han darah.
2. Apa maksud dari naskah proklamsi konsep?
Jawab:
Naskah proklamasi konsep adalah naskah proklamasi yang berupa tulisan tangan dari Ir. Soekarno.
3. Sebutkan cara-cara yang ditempuh dalam menyebarluaskan berita proklamasi!
Jawab:
Cara-cara yang ditempuh dalam menyebarluaskan berita proklamasi, yaitu dengan memancarkan lewat stasiun radio, surat kabar, pamphlet, mulut lewat mulut, mencoret-coret dinding dan gerbong kereta api.
4. Sebutkan tokoh-tokoh yang menyebarkan berita proklamasi melalui kantor-kantor Domei!
Jawab:
Tokoh-tokoh yang menyebarkan berita proklamasi melalui kantor-kantor Domei Adam Malik, Rinto Alwi, Asa Bafaqih, P. Lubis, dan Syahrudin.

5. Bagaimana sikap rakyat Indonesia dalam menanggapi proklamasi kemerdekaan saat itu?
Jawab:
Setelah tersiarnya berita proklamasi kemerdekaan, sambutan rakyat luar biasa. Rakyat sangat gembira, haru, bangga dengan kemerdekaan yang telah mereka raih.

Pengayaan (bersahabat/komunikatif, kreatif)
Lakukan kegiatan berikut ini!
Bersama teman sebangkumu buatlah kliping mengenai proses pemberitaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! Susun berdasarkan waktu historisnya dan berilah sedikit komentar! Sumber bisa dari majalah, koran, buku, maupun internet!

Karakter Bangsaku
Perjuangan mendapatkan kemerdekaan memerlukan banyak pengorbanan. Pengorbanan tersebut tidak sia-sia jika kemerdekaan dapat memberikan manfaat bagi seluruh bangsa Indonesia. Untuk itu kita harus mempertahankan kemerdekaan dengan segenap tenaga.

artikel lainnya foto prewedding efek melengkung

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Saturday 24 January 2015 | blog

YAYASAN PENDIDIKAN WARGA SURAKARTA SMA WARGA SKA JL. MONGINSIDI No. 21 TELP. 638873 SURAKARTA 57128 RENCANA…

Tuesday 26 May 2015 | blog

  PENJUAL PEMBELI                          …

Tuesday 9 June 2015 | blog

*inquiry letter* Dear  Sir or Madam   Subject :  Request of Catalogue   Related to the…

Saturday 14 March 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR MULTIMEDIA     MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN MULTIMEDIA TIK.MM01.005.01  …