Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 25000 setahun dan dapatkan Trafik setiap harinya

Desain Grafis / Adobe Photoshop

Jan
26
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

     
SEKOLAH : SMA WARGA SURAKARTA
MATA PELAJARAN : Teknologi Informasi dan Komunikasi
PROGRAM : IPA dan IPS
MATERI POKOK : Desain Grafis / Adobe Photoshop
KELAS / SEMESTER :

XII

/ 1 (satu)
ALOKASI WAKTU :

6

Jam Pelajaran
 
I. STANDAR KOMPETENSI : 1. Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafik
II. KOMPETENSI DASAR : 1.1 Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
III. INDIKATOR :
  • ·
Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
     
  • ·
Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
     
  • ·
Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
     
  • ·
Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
     
  • ·
Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
     
  • ·
Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN : Setelah pembelajaran siswa dapat :
     
  • ·
Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
     
  • ·
Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
     
  • ·
Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
     
  • ·
Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
     
  • ·
Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
     
  • ·
Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
V. MATERI PEMBELAJARAN
 
  • ·
Bahan Ajar : a. Grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
        b. Menu dan Ikon pada Adobe PhotoShop
 
  • ·
Metode Pembelajaran : Pembelajaran Langsung dan Praktek

 

 

 
  • ·
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
 
  Pertemuan Pertama
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Menggali pengetahuan siswa tentang desain grafis
    - Motivasi : Menunjukkan beberapa hasil desain Grafis dalam bentuk slide show Powerpoint melalui LCD Projector
 
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
        2. Guru membagikan masalah atau pokok permasalahan pada setiap kelompok
        3. Siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai

  1. Grafis berbasis Vektor
  2. Grafis Berbasis Bitmap
  3. Aplikasi untuk membuat grafis berbasis Vektor
  4. Aplikasi untuk membuat grafis berbasis Bitmap
        4. Guru memantau jalannya diskusi
        5. Setiap kelompok  maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusi
           
 
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Setelah diskusi selesai siswa dibimbing untuk menyelesaikan masalah yang belum terpecahkan
        2. Siswa diajakan untuk membuat kesimpulan pembelajaran pada saat itu
 
 
  Pertemuan Kedua
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Tanya jawab tentang grafis berbasis Vektor dan Bitmap
    - Motivasi : Memperkenalkan Adobe PhotoShop
         
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru mengenalkan visualisasi dari beberapa ikon dan menu utama pada Adobe PhotoShop
        2. Guru mendemontrasikan penggunaan beberapa Ikon dan menu utama pada Adobe PhotoShop
         
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Dibawah bimbingan guru, siswa mendeskripsikan tentang fungsi-fungsi beberapa Ikon dan Menu utama pada Adobe PhotoShop
           
           

 

 

  Pertemuan Ketiga
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Tanya jawab tentang beberapa Ikon dan menu utama yang terdapat pada Adobe PhotoShop
    - Motivasi : Memperkenalkan fungsi-fungsi Adobe PhotoShop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Lanjutan memperkenalkan dan mendemontrasikan ikon dan menu-menu lainnya yang terdapat pada Adobe Photoshop
        2. Dibawah bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung penggunaan beberapa Ikon dan Menu utama pada Adobe Photoshop
        3. Siswa mendeskripsikan fungsi ikon dan menu yang telah dipraktekkan
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru mengevaluasi tentang pencapaain Indikator
           
           
VI. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
 
  • ·
Alat : Laboratorium Komputer (Seperangkat Personal Komputer (PC) dan LCD Projektor ), Software Adobe Photoshop CS2 atau CS3
 
  • ·
Sumber Belajar : Buku Panduan /Modul Adobe PhotoShop, Buku Panduan dan Bahan dari Internet (Ilmu Komputer.com)
 
VII. PENILAIAN
 
  • ·
Teknik : Tugas individu, tugas kelompok dan ulangan
 
  • ·
Bentuk Instrument : a. Performans kerja dan sikap (Afektif)
        b. Tes Praktek Langsung (Psikomotorik)
        c. Tes Pengetahuan Konsep (Kognitif)
 
  • ·
Contoh Instrument
  a.

 

 

 

 

 

b.

c.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan :

- Title bar

- Menu bar

- Menu tool bar

- Pallete Bar

Jelaskan pengertian grafis berbasis vektor dan bitmap.

Sebutkan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor dan bitmap

 

No

Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik

Baik

Sedang

Kurang

1.

Kemampuan menggunakan Ikon dan menu pada adobe PhotoShop        

2.

Kemampuan mengidentifikasi menu dan Ikon pada adobe PhotoShop        

3.

Kemampuan menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon yang terdapat pada adobe photoshop        
Rata-rata        

 

Kriteria / Konversi nilai

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 66

Sangat baik >=90, Baik  90 -  80, Sedang 80 – 70, Kurang < 60

 

VIII. TINDAK LANJUT
 
  • ·
Remedial : bagi siswa dengan tingkat ketercapaian < KKM
 
  • ·
Pengayaan : bagi siswa dengan tingkat ketercapaian ≥ KKM

 

 

 

Mengetahui,   Surakarta,      Juli 2009
Kepala SMA WARGA   Guru Mata Pelajaran TIK,
 

 

 

 

   
Dra. Ch.Titik Purwanti   A. Budi Santoso
     

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

     
SEKOLAH : SMA WARGA SURAKARTA
MATA PELAJARAN : Teknologi Informasi dan Komunikasi
PROGRAM : IPA dan IPS
MATERI POKOK : Desain Grafis / Adobe Photoshop
KELAS / SEMESTER :

XII

/ 1 (satu)
ALOKASI WAKTU :

8

Jam Pelajaran
 
I. STANDAR KOMPETENSI : 1. Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafik
II. KOMPETENSI DASAR : 1.2 Menggunakan menu ikon  yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
III. INDIKATOR :
  • ·
Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
     
  • ·
Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
     
  • ·
Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
     
  • ·
Memodifikasi pembuatan garis dan bentuk
     
  • ·
Memodifikasi pewarnaan pada grafis
     
  • ·
Mendemonstrasikan pemberian efek khusus pada grafis
     
  • ·
Mendemonstrasikan pencetakan dan penampilan (publish) grafis
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN : Setelah pembelajaran siswa dapat :
     
  • ·
Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
     
  • ·
Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
     
  • ·
Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
     
  • ·
Memodifikasi pembuatan garis dan bentuk
     
  • ·
Memodifikasi pewarnaan pada grafis
     
  • ·
Mendemonstrasikan pemberian efek khusus pada grafis
     
  • ·
Mendemonstrasikan pencetakan dan penampilan (publish) grafis
V. MATERI PEMBELAJARAN
 
  • ·
Bahan Ajar : a. Fungsi menu dan ikon aplikasi pembuat grafis Adobe PhotoShop
 
  • ·
Metode Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan Praktek

 

 

 
  • ·
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
 
  Pertemuan Pertama
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Tanya jawab tentang fungsi Ikon dan Menu yang terdapat pada Adobe Photoshop
    - Motivasi : Memperkenalkan profesi-profesi yang bekerja menggunakan Adobe Photoshop
 
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Mempraktekkan cara membuka Adobe PhotoShop
        2. Siswa mempraktekkan membuat dokumen baru dengan ukuran dan pengaturan yang diberikan oleh guru
        3. Mempraktekkan cara penyimpanan dokumen adobe Photoshop dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
        4. Mempraktekkan cara menutup/mengakhiri Adobe PhotoShop
        5. Mempraktekkan cara membuka File Gambar menggunakan Adobe Photoshop
 
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan dan mengevaluasi kerja siswa.
 
 
  Pertemuan Kedua
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Tanya jawab tentang cara membuat dokuen baru dan cara menyimpan dokumen baru pada adobe Photoshop
    - Motivasi : Memperkenalkan format-format warna (RGB dan CMYK) yang dihasikan oleh Adobe Photoshop
         
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru memperkenalkan dan mendemontrasikan cara pengaturan dan penggunakan warna pada Adobe Photoshop (Background dan Foreground)
        2. Siswa mempraktekkan cara mempergunakan dan mengatur warna pada Adobe Photoshop
        3. Mengaplikasikan penggunaan dan pengaturan warna Background pada Dokumen
        4. Mengaplikasikan penggunaan dan pengaturan warna Foreground pada Dokumen
         
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan dan mengevaluasi kerja siswa.
           
           

 

 

  Pertemuan Ketiga
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Tanya jawab tentang format-format warna (RGB dan CMYK) yang dihasikan oleh Adobe Photoshop
    - Motivasi : Menampilkan hasil desain grafis dalam Bentuk  Gambar Teks yang dihasikan oleh Adobe photoshop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru mendemontrasikan cara membuat karya Desain Grafis dalam bentuk Teks menggunakan adobe photoshop dengan warna dan efek (Filter) khusus
        2. Dibawah arahan guru, siswa mempraktekkan langsung cara membuat Desain Grafis dalam bentuk Teks menggunakan adobe photoshop
        3. Siswa menampilkan hasil Desain Grafisnya dan
        4. Siswa Mempraktekkan cara penyimpanan hasil Desain Grafisnya dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan membuat karya Desain Grafis dalam bentuk Teks menggunakan adobe photoshop dan mengevaluasi kerja siswa.
           
           
  Pertemuan Keempat
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Tanya jawab tentang pewarnaan dan efek-efek (Filter) khusus yang digunakan dalam membuat desain grafis dalam bentuk teks menggunakan adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan hasil desain grafis dalam bentuk Gambar Background Abstrak.
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru mendemontrasikan cara membuat karya Desain Grafis dalam bentuk bentuk Gambar Background Abstrak. menggunakan adobe photoshop dengan warna dan efek (Filter) khusus
        2. Dibawah arahan guru, siswa mempraktekkan langsung cara membuat Desain Grafis dalam bentuk Teks menggunakan adobe photoshop
        3. Siswa menampilkan hasil Desain Grafisnya dan
        4. Siswa Mempraktekkan cara penyimpanan hasil Desain Grafisnya dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan membuat karya Desain Grafis dalam bentuk Teks menggunakan adobe photoshop dan mengevaluasi kerja siswa.
           
 

 

 

VI. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
 
  • ·
Alat : Laboratorium Komputer (Seperangkat Personal Komputer (PC) dan LCD Projektor ), Software Adobe Photoshop CS2 atau CS3
 
  • ·
Sumber Belajar : Buku Panduan /Modul Adobe PhotoShop, Buku Panduan dan Bahan dari Internet, Bahan dari Majalah/Tabloid (PC Mild dan PC Media)
 
VII. PENILAIAN
 
  • ·
Teknik : Tugas individu, tugas kelompok dan ulangan
 
  • ·
Bentuk Instrument : a. Performans kerja dan sikap (Afektif)
        b. Tes Praktek Langsung (Psikomotorik)
        c. Tes Pengetahuan Konsep (Kognitif)
 
  • ·
Contoh Instrument
  1. Terlampir.
 

No

Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik

Baik

Sedang

Kurang

1.

Kemampuan membuat dokumen baru dan menyimpan hasil desain grafis        

2.

Kemampuan memodifikasi dan pengaturan warna serta penggunaan efek-efek khusus dalam membuat karya Desain Grafis dalam bentuk Teks        

3.

Kemampuan memodifikasi dan pengaturan warna serta penggunaan efek-efek khusus dalam membuat desain grafis dalam bentuk Gambar Background Abstrak        
Rata-rata        

 

Kriteria / Konversi nilai

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 66

Sangat baik >=90, Baik  90 –  80, Sedang 80 – 70, Kurang < 60

 

 

VIII. TINDAK LANJUT
 
  • ·
Remedial : bagi siswa dengan tingkat ketercapaian < KKM
 
  • ·
Pengayaan : bagi siswa dengan tingkat ketercapaian ≥ KKM

 

 

 

Mengetahui,   Surakarta,    Juli 2009
Kepala SMA WARGA   Guru Mata Pelajaran TIK,
 

 

 

 

   
Dra. Ch.Titik Purwanti   A. Budi Santoso
     

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

     
SEKOLAH : SMA WARGA SURAKARTA
MATA PELAJARAN : Teknologi Informasi dan Komunikasi
PROGRAM : IPA dan IPS
MATERI POKOK : Desain Grafis / Adobe Photoshop
KELAS / SEMESTER :

XII

/ 1 (satu)
ALOKASI WAKTU :

20

Jam Pelajaran
 
I. STANDAR KOMPETENSI : 1. Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafik
II. KOMPETENSI DASAR : 1.3 Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran
III. INDIKATOR :
  • ·
Membuat beberapa kreasi grafis
     
  • ·
Melakukan editing foto
     
  • ·
Memodifikasi Foto
     
  • ·
Membuat kartu ucapan/undangan
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN : Setelah pembelajaran siswa dapat :
     
  • ·
Membuat beberapa kreasi grafis
     
  • ·
Melakukan editing foto
     
  • ·
Memodifikasi Foto
     
  • ·
Membuat kartu ucapan/undangan
V. MATERI PEMBELAJARAN
 
  • ·
Bahan Ajar : a. Kreasi Grafis Adobe PhotoShop
 
  • ·
Metode Pembelajaran : Pembelajaran Langsung dan Praktek
 
  • ·
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
 
  Pertemuan Pertama
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Tanya jawab tentang efek-efek (Filter) yang digunakan dalam membuat desain grafis dalam bentuk gambar Background Abstrak
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
 
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru memperkenalkan kepada siswa tentang teknik Seleksi Gambar menggunakan beberapa Tool yang terdapat pada Adobe Photoshop (Magic Wand Tool, Rectangular Marquee Tool, Elliptical Marque Tool, Polygonal Lasso Tool, Pen Tool dan lain-lain
        2. Guru mendemontrasikan cara menggunakan Tool-Tool untuk seleksi gambar pada adobe photoshop
        3. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung menggunakan Tool-Tool untuk seleksi gambar pada adobe photoshop
 
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang menseleksi gambar pada adobe photoshop dan mengevaluasi kerja siswa.
 
  Pertemuan Kedua
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Tanya jawab tentang Tool-Tool yang digunakan untuk seleksi gambar pada adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
         
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru memperkenalkan kepada siswa tentang teknik Crooping (Cara untuk mengambil atau memotong sebagian image untuk digunakan sebagai image atau gambar yang berdiri sendiri)
        2. Guru mendemontrasikan cara menggunakan teknik Crooping gambar pada adobe photoshop
        3. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung menggunakan teknik Crooping gambar pada adobe photoshop
         
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang menggunakan teknik Crooping gambar pada adobe photoshop dan mengevaluasi kerja siswa.
           
  Pertemuan Ketiga
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Apersepsi : Tanya jawab tentang teknik Crooping gambar pada adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru memperkenalkan kepada siswa tentang teknik menggabungkan gambar dan edit transform (Cara untuk merubah ukuran dan bentuk image)
        2. Guru mendemontrasikan cara menggunakan teknik menggabungkan gambar dan edit transform gambar pada adobe photoshop
        3. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung menggunakan teknik menggabungkan gambar dan edit transform gambar pada adobe photoshop
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang menggunakan teknik menggabungkan gambar dan edit transform gambar pada adobe photoshop dan mengevaluasi kerja siswa.

 

  Pertemuan Keempat
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Aperspsi : Tanya jawab tentang teknik menggabungkan gambar dan edit transform gambar pada adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru menampilkan Tutorial memperbaiki kualitas foto menggunakan adobe photoshop dalam bentuk slide Power point
        2. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung cara memperbaiki kualitas foto menggunakan adobe photoshop
        3. Siswa menampilkan hasil Desain Grafisnya
        4. Siswa Mempraktekkan cara penyimpanan hasil Desain Grafisnya dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang teknik memperbaiki kualitas foto dan mengevaluasi kerja siswa.
        2. Guru memberikan bahan tutorial untuk pertemuan selanjutnya
           
  Pertemuan Kelima
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Aperspsi : Tanya jawab tentang teknik Memperbaiki kualitas foto pada adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru menampilkan Tutorial Teknik Menghaluskan Kulit wajah pada foto menggunakan adobe photoshop dalam bentuk slide Power point
        2. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung Teknik Menghaluskan Kulit wajah pada foto menggunakan adobe photoshop
        3. Siswa menampilkan hasil Desain Grafisnya
        4. Siswa Mempraktekkan cara penyimpanan hasil Desain Grafisnya dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang Teknik Menghaluskan Kulit wajah pada foto dan mengevaluasi kerja siswa.
        2. Guru memberikan bahan tutorial untuk pertemuan selanjutnya
           

 

 

  Pertemuan Keenam
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Aperspsi : Tanya jawab tentang Teknik Menghaluskan Kulit wajah pada foto pada adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru menampilkan Tutorial Teknik Menganti warna Rambut pada foto menggunakan adobe photoshop dalam bentuk slide Power point
        2. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung Teknik Menganti warna Rambut pada foto menggunakan adobe photoshop
        3. Siswa menampilkan hasil Desain Grafisnya
        4. Siswa Mempraktekkan cara penyimpanan hasil Desain Grafisnya dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang Teknik Menganti warna Rambut pada foto dan mengevaluasi kerja siswa.
        2. Guru memberikan bahan tutorial untuk pertemuan selanjutnya
           
  Pertemuan Ketujuh
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Aperspsi : Tanya jawab tentang Teknik Menganti warna Rambut pada foto pada adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru menampilkan Tutorial Teknik dasar memperindah wajah Layaknya Foto Model menggunakan adobe photoshop dalam bentuk slide Power point
        2. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung Teknik dasar memperindah wajah Layaknya Foto Model menggunakan adobe photoshop
        3. Siswa menampilkan hasil Desain Grafisnya
        4. Siswa Mempraktekkan cara penyimpanan hasil Desain Grafisnya dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang Teknik dasar memperindah wajah Layaknya Foto Model dan mengevaluasi kerja siswa.
        2. Guru memberikan bahan tutorial untuk pertemuan selanjutnya
           

 

 

  Pertemuan Kedelapan
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Aperspsi : Tanya jawab Teknik dasar memperindah wajah Layaknya Foto Model pada adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru menampilkan Tutorial Teknik Menganti Latar belakang Foto dan Membuat Bingkai Foto pada adobe photoshop dalam bentuk slide Power point
        2. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung cara Teknik Menganti Latar belakang Foto dan Membuat Bingkai Foto menggunakan adobe photoshop
        3. Siswa menampilkan hasil Desain Grafisnya
        4. Siswa Mempraktekkan cara penyimpanan hasil Desain Grafisnya dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang Teknik Menganti Latar belakang Foto dan Membuat Bingkai Foto dan mengevaluasi kerja siswa.
        2. Guru memberikan bahan tutorial untuk pertemuan selanjutnya
           
  Pertemuan Kesembilan
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Aperspsi : Tanya jawab tentang Teknik Menganti Latar belakang Foto dan Membuat Bingkai Foto pada adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru menampilkan Tutorial Teknik Memodifikasi dan memanipulasi foto dengan efek-efek khusus menggunakan adobe photoshop dalam bentuk slide Power point
        2. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung Teknik Memodifikasi dan memanipulasi foto dengan efek-efek khusus menggunakan adobe photoshop
        3. Siswa menampilkan hasil Desain Grafisnya
        4. Siswa Mempraktekkan cara penyimpanan hasil Desain Grafisnya dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang Teknik Memodifikasi dan memanipulasi foto dengan efek-efek khusus dan mengevaluasi kerja siswa.
        2. Guru memberikan bahan tutorial untuk pertemuan selanjutnya
           
  Pertemuan Kesepuluh
 
  • ·
Pendahuluan  (10 Menit)
    - Aperspsi : Tanya jawab tentang Teknik Memodifikasi dan memanipulasi foto dengan efek-efek khusus pada adobe photoshop
    - Motivasi : Guru menampilkan beberapa hasil kreasi desain grafis berupa contoh kartu ucapan/undangan yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop
           
 
  • ·
Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Guru menampilkan Tutorial teknik membuat desain grafis berupa kartu ucapan/undangan menggunakan adobe photoshop dalam bentuk slide Power point
        2. Dibawah arahan dan bimbingan guru, siswa mempraktekkan langsung teknik membuat desain grafis berupa kartu ucapan/undangan menggunakan adobe photoshop
        3. Siswa menampilkan hasil Desain Grafisnya
        4. Siswa Mempraktekkan cara penyimpanan hasil Desain Grafisnya dalam beberapa Format (PSD, JPG, BMP)
           
 
  • ·
Penutup (15 Menit) : 1. Guru memberikan latihan tentang teknik membuat desain grafis berupa kartu ucapan/undangan dan mengevaluasi kerja siswa.
        2. Guru memberikan tugas akhir kepada siswa untuk membuat karya desain grafis bebas dengan kreatifitas masing-masing menggunakan Adobe Photoshop yang akan dikumpulkan sebelum ujian blok nanti.
           

 

VI. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
 
  • ·
Alat : Laboratorium Komputer (Seperangkat Personal Komputer (PC) dan LCD Projektor ), Software Adobe Photoshop CS2 atau CS3, Kamera digital, Scanner
 
  • ·
Sumber Belajar : Buku Panduan /Modul Adobe PhotoShop, Buku Panduan dan Bahan dari Internet , Bahan dari Majalah/Tabloid (PC Mild dan PC Media), Buku Tutorial membuat aneka kartu ucapan dengan Photoshop (Budi setiawan, karya kita)
 
VII. PENILAIAN
 
  • ·
Teknik : Tugas individu, tugas kelompok dan ulangan
 
  • ·
Bentuk Instrument : a. Performans kerja dan sikap (Afektif)
        b. Tes Praktek Langsung (Psikomotorik)
        c. Tes Pengetahuan Konsep (Kognitif)
 
  • ·
Contoh Instrument
  1. Tutorial-tutorial (terlampir)
 

No

Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik

Baik

Sedang

Kurang

1.

Kemampuan dalam menggunakan teknik Seleksi Gambar menggunakan beberapa Tool yang terdapat pada Adobe Photoshop        

2.

Kemampuan menggunakan teknik Crooping dalam membuat karya Desain Grafis pada Adobe Photoshop        

3.

Kemampuan  menggunakan teknik menggabungkan gambar dan edit transform dalam membuat karya Desain Grafis pada Adobe Photoshop        

4.

Kemampuan  menggunakan teknik memperbaiki kualitas foto dalam membuat karya Desain Grafis pada Adobe Photoshop        

5.

Kemampuan  menggunakan teknik Menghaluskan Kulit wajah pada foto dalam membuat karya Desain Grafis pada Adobe Photoshop        

6.

Kemampuan  menggunakan teknik Menganti warna Rambut pada foto dalam membuat karya Desain Grafis pada Adobe Photoshop        

7.

Kemampuan  menggunakan teknik dasar memperindah wajah Layaknya Foto Model

dalam membuat karya Desain Grafis pada Adobe Photoshop

       

8.

Kemampuan  menggunakan teknik Menganti Latar belakang Foto dan Membuat Bingkai Foto dalam membuat karya Desain Grafis pada Adobe Photoshop        

 

 

 

 

No

Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik

Baik

Sedang

Kurang

9.

Kemampuan  menggunakan teknik Memodifikasi dan memanipulasi foto dengan efek-efek khusus dalam membuat karya Desain Grafis pada Adobe Photoshop        

10.

Kemampuan  menggunakan teknik membuat desain grafis berupa kartu ucapan/undangan

dalam membuat karya Desain Grafis pada Adobe Photoshop

       
Rata-rata        

 

Kriteria / Konversi nilai

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 66

Sangat baik >=90, Baik  90 –  80, Sedang 80 – 70, Kurang < 60

   
VIII. TINDAK LANJUT
 
  • ·
Remedial : bagi siswa dengan tingkat ketercapaian < KKM
 
  • ·
Pengayaan : bagi siswa dengan tingkat ketercapaian ≥ KKM

 

 

 

Mengetahui,   Surakarta,    Juli 2009
Kepala SMA WARGA   Guru Mata Pelajaran TIK,
 

 

 

 

   
Dra. Ch.Titik Purwanti   A. Budi Santoso
     

 

 

Testimoni

artikel lainnya Desain Grafis / Adobe Photoshop

Monday 4 May 2015 | blog

Analisis hasil pkg untuk perencanaan p k b guru. No dimensi tugas utama/indikator nilai pkg evaluasi…

Friday 10 July 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT       MENYIAPKAN…

Friday 2 January 2015 | blog

SOAL  PRAKTEK MENGELOLA KAS KECIL  A5.2.11.1   Pada Tanggal  1 Juni 2005 Direktur  PT. Sinar Harapan…

Wednesday 27 May 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI           MEMPERBAIK,…