Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Contoh visi dan misi perusahaan dan manfaatnya

Jan
19
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

Misi perusahaan, Pengertian , Bagian dari perencanaan strategik yang diketahui masyarakat banyak dan bahkan menjadi milik mereka. Atau jawaban terhadap pertanyaan what is our business untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Berusaha menggambarkan kejelasan tentang ciri pokok produk yang ditawarkan dan teknologi yang digunakan. Kebutuhan konsumen yang hendak dipenuhi dan konsumen yang dituju. Karakter gambaran kejati-dirian dan citra perusahaan. Misi perusahaan pada dasarnya hanyalah sekedar usaha formal untuk memperjelas apa yang dikehendaki ketika pertama kali mendirikan perusahaan.

KOMPONEN DAN MANFAAT MISI PERUSAHAAN
KOMPONEN
Komponen pokok misi perusahaan ada 3 :
Spesisifikasi kebutuhan konsumen yang hendak dipuaskan oleh perusahaan yang dalam bentuk riilnya berupa barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Spesifikasi segmen pasar yang dituju sebagai kelompok sasaran dan wilayah pemasaran yang hendak dijangkau. Spesifikasi teknologi dan funsi manajerial yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang telah dipilih. Komponen pelengkap misi perusahaan : Komitmen untuk bertahan hidup, pertumbuhan dan laba. Perumusan falsafah perusahaan. Konsep kejati- dirian. Citra perusahaan yang diinginkan

MANFAAT

  • Terjaminnya kesatuan dan kebutuhan tujuan perusahaan
  • Tersedianya dasar alokasi sumber daya dan dana
  • Tersedianya dasar pengembangan iklim organisasi dan motivasi kerja
  • Tersedianya identifikasi diri dan evaluasi bagi karyawan
  • Terfasilitasinya proses penterjemahan tujuan kedalam struktur organisasi
  • Tersedianya dasar evaluasi kinerja perusahaan

PRODUK, PASAR, DAN TEKNOLOGI
Komponen diatas merupakan komponen pokok yang sering dijumpai dalam setiap misi perusahaan. Komponen produk dan pasar memiliki keterkaitan yang sangat erat. Untuk kejelasan tujuan perusahaan, pilihan produk harus berdimensi sempit agar arena bisnis terlihat dengan jelas.

BERTAHAN HIDUP , PERTUMBUHAN DAN LABA
Ketiga komponen diatas bukan termasuk kedalam komponen pokok misi perusahaan , akan tetapi misi perusahaan berusaha merefleksikan ketiga komponen diatas untuk tujuan perusahaan yaitu : bertahan hidup , pertumbuhan dan laba. Bertahan hidup merupakan tujuan primer dan berjangka pendek (bagi perusahaan yang baru berdiri). Untuk menghindari perusahaan yang mempunyai tujuan demikian agar tidak sampai mati , maka dalam hal ini manajemen mempunyai perhatian yang seimbang antara tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Manajemen secara dini perlu merumuskan berbagai ukuran yang digunakan : Volume penjualan, Laba yang diperoleh, Kekayaan yang dimiliki, Tenaga kerja, Jenis produk, Harga saham dipasar, Keunggulan teknologi. Setelah perusahaan mampu bertahan hidup maka diharapkan memiliki kesempatan memperoleh laba dalam jangka panjang. Secara teknis tujuan tersebut dapat diterjemahkan lebih detail kedalam ukuran yang lebih berdimensi keuangan dan bersifat strategik yang keduanya seyogyanya memiliki sifat kwantitatif dan terukur. Ukuran Keuangan dan Strategik.

 

TABLE

FILOSOFI PERUSAHAAN
Pada dasarnya berisi tentang : Keyakinan dasar. Nilai- nilai. Aspirasi pemilik dan manajemen. Akan tetapi dalam prakteknya , amat jarang dijumpai ada perbedaan yang berarti. Sun Company merumukan filosofi perusahaan dengan menyatakan keyakinan pentingnya pengembangan SDM sebagai bagian terpokok dari tujuan usahanya. Mary Kay (perusahaan kosmetik) menyatakan pentingnya “caring and sharing “

JATI DIRI PERUSAHAAN
Pada dasarnya jati diri yang tercantum dalam misi perusahaan adalah pernyataan yang paling ringkas tentang keunggulan perusahaan yang siap digunakan sebagi strategi pokok dalam bersaing. Persepsi manjemen terhadap perusahaan sekaligus apa yang diharapakan dari perusahaan lain disebut jati diri perusahaan.

CITRA PERUSAHAAN
Nguyen dan Leblanc mengungkapkan bahwa citra perusahaan sebagai : “Corporate image is described as overall impression made on the minds of the public about organization. It is related to business name, architecture, variety of product/services, tradition, ideology, an to the impression of quality commuicated by each employee interacting with the organization’s clients“. Artiya citra perusahaan merupakan keseluruhan kesan yang terbentuk dibenak masyarakat tentang perusahaan. Dimana citra tersebut berhubungan dengan nama bisnis, arsitektur, variasi dari produk, tradisi, ideologi dan kesan pada kualitas komunikasi yang dilakukan oleh setiap karyawan yang berinteraksi dengan klien organisasi.

Menurut Shirley Harrison ( 1995 : 71) informasi lengkap mengenai citra perusahaan meliputi 4 elemen : Personality : perusahaan dapat dipercaya & mempunyai tanggung jawab sosial. Reputation : hal yang telah dilakukan perusahaan. Value : nilai-nilai yang dimiliki perusahaan. Corporate identity : komponen – komponen yang mempermudah pengenalan publik. Pentingnya citra perusahaan dikemukakan oleh Gronroos ( Sutrisna, 2001 : 332) sebagai berikut : Menceritakan harapan bersama kampanye pemasaran eksternal. Citra positif memberikan kemudahan perusahaan untuk berkomunikasi dan mencapai tujuan secara efektif sedangkan negatif sebaliknya.
Sebagai penyaring yang mempengaruhui presepsi pada kegiatan perusahaan. Citra positif menjadi pelindung terhadap kesalahan kecil, kualitas teknis atau fungsional, sedangkan citra negatif dapat memperbesar kesalahan tersebut. Sebagai fungsi dari pengalaman dan harapan konsumen atas kualitas pelayanan perusahaan. Mempunyai pengaruh penting terhadap menajemen atau dampak internal. Citra perusahaan yang kurang jelas dan nyata mempengaruhi sikap karyawan terhadap perusahaan.

KOMPONEN LAIN
Perusahaan mulai memberikan komitmen besar pada karyawan. Perusahaan dituntut memiliki tanggung jawab sosial. Karyawan wanita memiliki tuntutan berkembang sama seperti karyawan pria

PENDEKATAN PERUMUSAN
Tahapan I: Sejak awal perumusan misi perusahaan bukanlah proses yang sekali jadi dan final. Berproses dalam waktu dan selalu membuka peluang adnya perbaikan. Paling tidak , pemilik mempunyai gambaran sederhan tentang produk yang hendak dihasilkan, pasar yang hendak dituju, dan tujuan ekonomis yang hendak dicapai. Tahapan II : identifikasi siapa saja pihak –pihak yang yang berkepentingan terhadap perusahaan. Kepentingan pemilik seringkali ada perbedaan dengan kepentingan masyarakat banyak. kepentingan masyarakat banyak tidak harus selalu dengan kepentingan pemerintah. Kepentingan pemilik seringkali berbeda debgan kepentinngan pemasok dan sebagainya. Tahapan III : rekonsiliasi terhadap kepentingan tersebut. Perusahaan berusaha menyusun skala prioritas. Tahapan IV : mengkoordinasikan berbagai kepentingan yang telah diakomodir dalam langkah sebelunya dengan komponen misiperusahaan yang lain. Tahapan terakhir : mengkomunikasikan hasil akhir perumusan misi perusahaan dengan lingkungan internal maupun eksternal perusahaan .

Testimoni

artikel lainnya Contoh visi dan misi perusahaan dan manfaatnya



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Thursday 19 June 2014 | blog

OUTLINE SKRIPSI SUBAK : PELESTARIAN BUDAYA DAN AKTUALISASI SISTEM PERSAWAHAN DI BALI     Disusun Oleh…

Sunday 11 October 2015 | blog

Memulai Power Point Pada versi berapapun yang anda gunakan tampilan awal akan sama, dan pada tampilan…

Saturday 8 November 2014 | blog

    MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR JASA PERUSAHAAN BIDANG JASA ADMINISTRASI PERKANTORAN     MENGGUNAKAN…

Saturday 2 May 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI             MEMBUAT…