Advertisement
loading...

SUKSES TANPA MODAL
Oleh : Arif Isnaini, SH, SE, MM
Pendahuluan
SUKSES TANPA MODAL
Orang sukses menjadi bahan pembicaraan dimana-mana, sementara orang gagal menjadi bahan pergunjingan dan cemoohan. Cara menilai kegagalan inilah yang menyebabkan orang takut gagal dan tidak berani memulai sesuatu. Bukankah banyak keberhasilan dan kesuksesan lahir dari kegagalan sebelumnya.
SUKSES PEMASARAN
Banyak cara bisa dilakukan orang untuk memulai menjadi entrepeneur, kesempatan terbesar yang pasti bisa dilakukan oleh siapa saja dengan tanpa modal adalah menjadi tenaga penjualan atau wiraniaga. Masalahnya sebagian besar orang tidak tertarik dengan profesi ini. Bahkan sekali, dua kali mencoba gagal, mereka langsung memvonis dirinya sendiri dengan predikat ”tidak bakat dagang”
MULAILAH SESUATU MESKIPUN DARI HAL KECIL
Banyak orang merasa memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan orang lain dan gengsi melakukan seperti yang orang lain lakukan, dan tetap saja bermimpi menjadi orang sukses tanpa memulai untuk ’action’ dengan melakukan apa saja, tetapi lebih memilih menunggu kesempatan datang dan mengubahnya seketika menjadi orang sukses karena mereka malu kalau harus memulai dengan bekerja rendahan apalagi menjadi sales atau semacamnya. Haruskah menunggu kesempatan atau modal baru ’action’ ?
MULAILAH MEMANFAATKAN WAKTU SECARA MAKSIMAL
Manusia memiliki kesempatan waktu yang sama antara satu dan lainnya, yaitu 24 jam sehari, yang membedakan orang sukses dan tidak hanyalah tentang bagaimana mereka memanfaatkan waktu itu.
BELAJARLAH KEPADA AHLINYA
Sukses tanpa modal memberikan pembelajaran lebih baik belajar kepada ahlinya daripada keluar modal tapi belum ketahuan hasilnya. Untuk belajar memang adakalanya tidak dibayar, namun apabila mau belajar sambil bekerja tentu lain ceritanya, sudah dapat ilmunya dapat pula duitnya, bahkan kalau dikumpulkan bisa menjadi modal.
JADILAH ”MAKELAR” YANG CERDAS
Memperjuangkan ide tanpa modal memerlukan kerja keras, tapi sejarah mencatat banyak orang sukses di dunia ini hanya dengan ”jualan ide”. Sedangkan modalnya diperoleh dari para investor. Modal tanpa ide tidak jalan, sedangkan ide tanpa modal bisa jalan. Orang-orang yang selalu memiliki ide cemerlang selalu dicari investor apalagi kalau orang yang bersangkutan sudah memiliki ”nilai jual” dan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari para investor.
BERANI BERMIMPI, BERANI GAGAL, DAN BERANI SUKSES
Jangan pernah takut bermimpi, karena untuk bermimpi tidak perlu modal atau biaya, gantungkan cita-cita setinggi-tingginya karena menggantungkan cita-cita juga gratis tanpa biaya. Kalau bercita-cita saja takut, maka kesuksesan masih jauh dari hadapan kita, karena untuk bercita-cita tidak diperlukan perjuangan dan pengorbanan sedangkan untuk meraihnya baru dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan, bahkan keberanian untuk berproses jatuh, gagal dan bangkit lagi hingga sukses.
MODAL JANGAN DIJADIKAN ALASAN
Manusia dilahirkan dalam keadaan yang sama, yaitu telanjang dan belum bisa apa-apa kecuali menangis. Menangis adalah upaya bayi untuk menghadapi krisis pertama kali yaitu krisis suplay makanan ketika tali pusarnya dipotong.
SELESAI
Ucapan Terima Kasih :
Terima kasih kepada Pedagang Asongan, Pengamen, serta orang-orang di sekitar saya yang telah memberikan banyak ilmu dan pembelajaran selama saya ”menggelandang” di Jakarta

Testimoni

Advertisement
Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog,