Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 25000 setahun dan dapatkan Trafik setiap harinya

Contoh Soal Semester Grafis

Feb
04
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

I. Berilah tanda (X) pada salah satu alternatif jawaban yang tepat!

  1. Secara garis besar, desain grafis terbagi menjadi dua jenis, yaitu ….

a.   garis dan kurva                                 d.   grafis vektor dan raster

b.   grafis bitmap dan gravis vektor       e.   grafis bitmap dan raster

c.   grafis rester dan resolution

 

  1. Gambar natural/alam umumnya merupakan jenis gambar  ….
    1. Digital
    2. Vektor
    3. Bitmap
    4. Sketsa
    5. Pixel

 

  1. Sebuah gambar dibangun dari garis-garis yang diformulasikan secara matematik, merupakan definisi dari gambar jenis….
    1. Digital
    2. Bitmap
    3. Skalar
    4. Vektor
    5. Pixel

 

  1. Sebuah gambar dibangun dari kumpulan titik-titik berwarna, merupakan definisi dari gambar  jenis….
    1. Digital
    2. Bitmap
    3. Skalar
    4. Vektor
    5. Pixel

 

  1. Apabila image bitmap diperbesar melebihi kemampuan maksimalnya, maka hasilnya adalah ….

a.   detail warna hilang                           d.   akan terlihat makin jelas

b.   gradasi akan berkurang                    e.   akan terlihat pecah atau kabur

c.   memiliki kemampuan untuk tidak pecah

  1. Berikut ini program aplikasi grafis yang cukup populer untuk membuat karya grafis kecuali ….

a.   Excel                                                d.   Photoshop

b.   Macromedia FreeHand                    e.   CorelDRAW

c.   Corel Photo Paint

  1. Untuk membuat kurve tool yang kita pergunakan adalah ….

a.   ellips                                                 d.   basic shape

b.   rectangle                                           e.   freehand

c.   polygon

  1. Untuk membesarkan dan mengecilkan tampilan tool yang dipergunakan adalah ….

a.   Tool ellips                                         d.   Tool pick

b.   Tool rectangle                                  e.   Tool zoom

c.   Tool polygon

 

  1. Kedalaman warna (bit depth) akan berpengaruh pada :
    1. Banyaknya warna yang ditampilkan pada sebuah gambar
    2. Tingkat kecerahan warna sebuah gambar
    3. Tingkat kekontrasan warna sebuah gambar
    4. Kemampuan membedakan warna gelap dan terang
    5. Banyaknya titik-titik berwarna pada sebuah gambar

 

  1. Salah satu extensi gambar jenis bitmap adalah ….
    1. .wmf
    2. .svg
    3. .ico
    4. .png
    5. .cdr

 

  1. Salah satu extensi gambar jenis vector adalah ….
    1. .jpeg
    2. .bmp
    3. .cdr
    4. .pdf
    5. .gif

 

  1. Pada program Aplikasi Corel Draw, untuk memunculkan deretan tombol fungsi di bagian atas atau disamping kiri layar utama,  dilakukan dengan cara ….
    1. View – toolbar
    2. Klik kanan menu bar
    3. Tool – options
    4. Menu – tool
    5. File – Tool

 

  1. Untuk memunculkan palet warna, kita gunakan menu ….
    1. File
    2. View
    3. Tools
    4. Windows
    5. Help

 

  1. Pada Corel, scrolling wheel pada mouse dapat digunakan untuk ….
    1. Browse objek
    2. Zoom in Zoom out
    3. Scroll objek
    4. Slide objek
    5. Memutar objek

 

  1. Pada program Aplikasi Corel Draw, deretan tombol fungsi di bagian atas layar pembuka yang selalu berganti-ganti tergantung pada apa yang kita kerjakan disebut ….

 

  1. Toolbox
  2. Property Bar
  3. Format Bar
  4. Status Bar
  5. Standard Bar

 

  1. Pada program Aplikasi Corel Draw, di samping kiri jedela edit terdapat bar yang berisi berbagai perintah tool, disebut ….
    1. Toolbox
    2. Property Bar
    3. Format Bar
    4. Status Bar
    5. Menu Bar

 

  1. Untuk memperoleh bentuk-bentuk jajaran genjang, hati, halilintar, bulan sabit, segitiga siku-siku dll, kita aktifkan modus
    1. Freehand tool
    2. Rectangle tool
    3. Ellipse tool
    4. Polygon tool
    5. Basic tool

 

  1. Untuk membuat segitiga sama sisi kita aktifkan modus …..
    1. Freehand tool
    2. Rectangle tool
    3. Ellipse tool
    4. Polygon tool
    5. Basic tool

 

  1. Untuk membuat lingkaran sempurna; sambil melakukan “dragging”; kita tekan tombol …
    1. Shift
    2. Alternate (Alt)
    3. Control (Ctrl)
    4. Ctrl + Shift
    5. Space

 

  1. Untuk memperoleh bentuk berikut yang paling cepat

 

       
       
       

 

Kita aktifkan modus

  1. Freehand tool
  2. Rectangle tool
  3. Graph Paper tool
  4. Table Tool
  5. Basic tool

 

 

  1. Untuk memilih sebuah Objek kita aktifkan modus ….
    1. Pick tool
    2. Shape tool
    3. Zoom tool
    4. Hand tool
    5. Smudge tool

 

  1. Untuk memilih beberapa Objek secara acak kita lakukan dengan cara …..
    1. Blok gambar yang akan dipilih
    2. Klick + Shift
    3. Klick + Ctrl
    4. Block + Shift
    5. Block + Ctrl

 

  1. Untuk membuat bujur sangkar dengan titik pusat tertentu sambil melakukan “dragging” dari  satu titik kita tekan tombol
    1. Space
    2. Ctrl + Shift
    3. Ctrl
    4. Alt
    5. Shift

 

  1. Untuk mengedit bentuk tak beraturan kita aktifkan modus ….
    1. Pick tool
    2. Shape tool
    3. Zoom tool
    4. Hand tool
    5. Smudge tool

 

  1. Untuk mendapatkan bentuk berikut, kita peroleh pada modus ….

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Basic Shape – Brush
  2. Freehand Tool – Artistic
  3. Artistic media – Brush
  4. Multimedia – Artistic
  5. Smartmedia – Brush

 

  1. Untuk membuat bentuk disamping, kita gunakan fungsi ….

 

 

 

  1. Weld
  2. Trim
  3. Intersect
  4. Simplify
  5. Front minus back
  6. Untuk mendapatkan potongan dari lingkaran dan persegi panjang, pada gambar berikut

 

Kita gunakan fungsi ….

  1. Weld
  2. Trim
  3. Intersect
  4. Simplify
  5. Front minus back

 

  1. Agar sebuah objek text merekat dan mengikuti bentuk kurva, kita pilih menu dan sub menu ….
    1. Text – Fit text to path
    2. Text – Text align
    3. Tool – Text Path
    4. Tool – Text align
    5. Edit – Text align

 

  1. Agar sebuah objek dasar bisa diedit, langkah pertama yang kita lakukan ….
    1. Mengubah objek menjadi kurva
    2. Menduplikasi objek
    3. Meng-combine objek
    4. Meng-crop objek
    5. Mengubah objek menjadi pixel

 

  1. Efek gradasi warna pada Corel kita dapatkan pada ….
    1. Paint Bucket Tool
    2. Fountain Fill Dialog
    3. Gradient Tool
    4. Opacity Tool
    5. Fill Color Dialog

 

  1. Pada Corel Draw, untuk menyusun objek kita gunakan menu ….
    1. File
    2. Edit
    3. View
    4. Arrange
    5. Effect

 

  1. Spesial efek yang menjadikan garis tepi objek menjadi berlapis-lapis dengan beraneka warna lapisan adalah ….

a.   Interactif transparency tool              d.   Interactif Distortion

b.   Interactif blend tool                         e.   Interactif Contour

c.   Interactif Envelope

  1. Setiap pekerjaan yang telah kita buat tentu harus disimpan. Cara menyimpan hasil kerja dimulai dengan ….

a.   klik File pilih Open                          d.   klik Edit pilih Paste

b.   klik Edit pilih Properties                  e.   klik File pilih Save

c.   klik File pilih New

  1. Untuk mengubah ukuran sebuah objek terpilih menjadi kelipatan ukuran objek orisinil adalah ….

a.   tekan tombol F1 lalu seret salah satu pegangan seleksi

b.   tekan tombol Caps Lock lalu seret salah satu pegangan seleksi

  1. tekan tombol ALT lalu seret salah satu pegangan seleksi
  2. tekan CTLR lalu seret salah satu dari pegangan seleksi
  3. tekan tombol SHIFT lalu seret salah satu dari pegangan seleksi
  1. Tool untuk pewarnaan disebut ….

a.   Shape Edit Flyout                            d.   Eyedrop flyout

b.   Fill Flyout                                        e.   Basic Shape

c.   Interactive Flyout

  1. Suatu jenis pengisian warna yang hanya memiliki satu macam warna penuh pada sebuah objek adalah ….

a.   Fountain Fill                                     d.   Patern Fill

b.   PostCrip Texture                              e.   Uniform Fill

c.   Two Color Bitmap Patern

  1. Anda dapat membuat kustom tekstur fill dengan menspesifikasi setting yang diinginkan di dalam ….

a.   Transform will with objek                d.   on – screen fill tiling vector

b.   Tiling                                                e.   Style Name area

c.   Texture library

  1. Untuk memutar sebuah pengisian tekstur, Anda dapat memasukkan sebuah nilai putaran di dalam kotak ….

a.   Row                                                 d.   Rotate

b.   Y                                                      e.   Column

c.   X

  1. Anda dapat membuat offset pada pengisian tekstur yang dapat melihat setiap perubahan yang dibuat terhadap offset yang dilakukan dengan mengklik tombol ….

a.   Tiling                                                d.   Style Name

b.   Preview                                            e.   Option

c.   Texture Library

  1. Untuk mengimpor file image bitmap, dapat diawali dengan langkah berikut ini ….

a.   klik File > Acquire Image                d.   klik File > Open

b.   klik File > Revert                             e.   klik File > New From Template

c.   klik File > Import

  1. Sebuah perintah untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dari sebuah image bitmap ….

a.   Inflate Bitmap                                  d.   Cropping

b.   Fit Text To Path                               e.   Color Transform

c.   Sharpen

  1. Untuk membuat sebuah kotak dapat menggunakan tool berikut ini ….

a.   Star Shape                                        d.   Rectangle Tool

b.   3 Point Ellipse Tool                          e.   3 Point Rectangle Tool

c.   Ellipse Tool

 

 

  1. Untuk membuat objek ini                                     tool yang digunakan adalah ….

a.   3 Point Curve Tool                           d.   Bezier Tool

b.   Pen Tool                                           e.   Freehand Tool

c.   Rectangle Tool

  1. Anda dapat menempatkan artistic teks sepanjang sebuah path dari sebuah objek garis, kurva terbuka, atau sebuah objek kurva tertutup seperti objek bujur sangkar, lingkaran, elips, dan lain-lain dengan menggunakan cara berikut ini ….

a.   klik Text > Straighten Text              d.   klik Text > Fit Text To path

b.   klik Text > Insert Character             e.   klik Text > Format Text

c.   klik Text > Edit Text

  1. Pilihan berikut ini digunakan untuk mengatur jarak teks terhadap path ….

a.   Distance From                                  d.   Vertikal Placement

b.   Text Orientation                               e.   Horizontal Offset

c.   Text Placement

  1. Untuk mengubah atribut font, langkahnya adalah sebagai berikut ….

a.   klik Text > Fit Text To path             d.   klik Text > Edit Text

b.   klik Text > Straighten Text              e.   klik Text > Format Text

c.   klik Text > Insert Character

  1. Untuk mengisi sebuah objek dengan warna texture digunakan tool ….

a.   Patern Fill dialog                              d.   Fountain Fill dialog

b.   Texture Fill dialog                            e.   Fill Color dialog

c.   Color Docker Window

  1. Untuk mengatur susunan objek Anda dapat menggunakan perintah berikut ini ….

a.   klik menu Bitmap > Resample

b.   klik menu Bitmap > Edit Bitmap

c.   klik menu Arrange > Align and distribute

d.   klik menu Arrange > Clear Transformation

e.   klik menu Arrange > Shaping

  1. Kita dapat membuat efek kertas menggulung dengan langkah ….
    1. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Cylinder
    2. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Page Curl
    3. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Emboss
    4. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Perpecstive
    5. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Shepere
  2. Untuk memisahkan teks dari sebuah path dapat dilakukan dengan langkah berikut ini ….
    1. klik arrange > Shaping
    2. klik arrange > Convert to Curve
    3. klik arrange > break a part
    4. klik arrange > Align and Distribute
    5. klik arrange > Transformation

II. Jawablah uraian di bawah ini dengan singkat dan jelas !!

  1. Sebutkan unsur – unsur dan prinsip dalam desain grafis !
  2. Sebutkan 4 perbedaan desain grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap !
  3. Jelaskan nama dan fungsi dari tool di bawah ini

a.                  b.                     c.                           d.                           e.

 

 

 

  1. Gambarlah hasil yang terbentuk dari dua bangun di bawah ini sesuai perintah dengan catatan klik pertama kali kotak, klik kedua lingkaran !!
    1. Weld
    2. Trim
    3. Front minus back
    4. Back minus front

 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud bagian utama dalam interface corel draw  !
  1. Property bar
  2. Toolbox
  3. Status bar
  4. Color palette

 

 

Testimoni

artikel lainnya Contoh Soal Semester Grafis

Tuesday 19 May 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER     MEMBUAT PROGRAM APLIKASI WEB…

Thursday 2 July 2015 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB SEKTOR METODOLOGI PELATIHAN KERJA     MEMVALIDASI RANCANGAN PROGRAM PELATIHAN…

Thursday 6 August 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT     MENGINSTAL MODEM TIK.CS02.025.01…

Friday 12 September 2014 | blog

PENGEMBANGAN KAWASAN ZONA INDUSTRI MEBEL KALI JAM BE [IDR. 20.000.000.000! zona industri di Kalijambe tersebut diperkirakan…