Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Contoh Soal Desain Grafis

Feb
04
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

Latihan Soal Design Grafis :

 

 

 

I. Berilah tanda (X) pada salah satu alternatif jawaban yang tepat!

  1. Secara garis besar, desain grafis terbagi menjadi dua jenis, yaitu ….

a.   garis dan kurva                                 d.   grafis vektor dan raster

b.   grafis bitmap dan gravis vektor       e.   grafis bitmap dan raster

c.   grafis rester dan resolution

  1. Apabila image bitmap diperbesar melebihi kemampuan maksimalnya, maka hasilnya adalah ….

a.   detail warna hilang                           d.   akan terlihat makin jelas

b.   gradasi akan berkurang                    e.   akan terlihat pecah atau kabur

c.   memiliki kemampuan untuk tidak pecah

  1. Berikut ini program aplikasi grafis yang cukup populer untuk membuat karya grafis kecuali ….

a.   Excel                                                d.   Photoshop

b.   Macromedia FreeHand                    e.   CorelDRAW

c.   Corel Photo Paint

  1. Untuk membuat kurve tool yang kita pergunakan adalah ….

a.   ellips                                                 d.   basic shape

b.   rectangle                                           e.   freehand

c.   polygon

  1. Untuk membesarkan dan mengecilkan tampilan tool yang dipergunakan adalah ….

a.   Tool ellips                                         d.   Tool pick

b.   Tool rectangle                                  e.   Tool zoom

c.   Tool polygon

  1. Spesial efek yang menjadikan garis tepi objek menjadi berlapis-lapis dengan beraneka warna lapisan adalah ….

a.   Interactif transparency tool              d.   Interactif Distortion

b.   Interactif blend tool                         e.   Interactif Contour

c.   Interactif Envelope

  1. Setiap pekerjaan yang telah kita buat tentu harus disimpan. Cara menyimpan hasil kerja dimulai dengan ….

a.   klik File pilih Open                          d.   klik Edit pilih Paste

b.   klik Edit pilih Properties                  e.   klik File pilih Save

c.   klik File pilih New

  1. Untuk memanggil bitmap yang berada di library yang tersedia, caranya adalah ….

a.   klik tool Interactif Envelope

b.   klik tool interactive distortion > lalu drag di dalam objek segi empat

c.   klik salah satu palet warna

d.   klik tool Interactif Contour, lalu drag bebas di dekat objek kurva tertutup

e.   klik Fill Dropdown > pilih Other

  1. Untuk mengubah ukuran sebuah objek terpilih menjadi kelipatan ukuran objek orisinil adalah ….

a.   tekan tombol F1 lalu seret salah satu pegangan seleksi

b.   tekan tombol Caps Lock lalu seret salah satu pegangan seleksi

  1. tekan tombol ALT lalu seret salah satu pegangan seleksi
  2. tekan CTLR lalu seret salah satu dari pegangan seleksi
  3. tekan tombol SHIFT lalu seret salah satu dari pegangan seleksi
  1. Objek Pre-defined ada yang memiliki titik berwarna merah yang dapat digeser-geser untuk mengubah bentuk objek itu sendiri. Objek tersebut ialah ….

a.   Perfect Shape                                   d.   Callout Shape

b.   Flowchart Shape                              e.   Basic Shape

c.   Glyphs

  1. Tool untuk pewarnaan disebut ….

a.   Shape Edit Flyout                            d.   Eyedrop flyout

b.   Fill Flyout                                        e.   Basic Shape

c.   Interactive Flyout

  1. Suatu jenis pengisian warna yang hanya memiliki satu macam warna penuh pada sebuah objek adalah ….

a.   Fountain Fill                                     d.   Patern Fill

b.   PostCrip Texture                              e.   Uniform Fill

c.   Two Color Bitmap Patern

  1. Anda dapat membuat kustom tekstur fill dengan menspesifikasi setting yang diinginkan di dalam ….

a.   Transform will with objek                d.   on – screen fill tiling vector

b.   Tiling                                                e.   Style Name area

c.   Texture library

  1. Anda dapat menset tile origin dari sebuah tekstur file dengan memasukkan sebuah nilai di dalam kotak X dan kotak Y pada ….

a.   Origin area                                       d.   Row or Column offset area

b.   Size area                                           e.   Mirror area

c.   Transform area

  1. Untuk memutar sebuah pengisian tekstur, Anda dapat memasukkan sebuah nilai putaran di dalam kotak ….

a.   Row                                                 d.   Rotate

b.   Y                                                      e.   Column

c.   X

  1. Anda dapat membuat offset pada pengisian tekstur yang dapat melihat setiap perubahan yang dibuat terhadap offset yang dilakukan dengan mengklik tombol ….

a.   Tiling                                                d.   Style Name

b.   Preview                                            e.   Option

c.   Texture Library

  1. Untuk mengimpor file image bitmap, dapat diawali dengan langkah berikut ini ….

a.   klik File > Acquire Image                d.   klik File > Open

b.   klik File > Revert                             e.   klik File > New From Template

c.   klik File > Import

  1. Sebuah perintah untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dari sebuah image bitmap ….

a.   Inflate Bitmap                                  d.   Cropping

b.   Fit Text To Path                               e.   Color Transform

c.   Sharpen

  1. Untuk membuat sebuah kotak dapat menggunakan tool berikut ini ….

a.   Star Shape                                        d.   Rectangle Tool

b.   3 Point Ellipse Tool                          e.   3 Point Rectangle Tool

c.   Ellipse Tool

 

 

  1. Untuk membuat objek ini                                     tool yang digunakan adalah ….

a.   3 Point Curve Tool                           d.   Bezier Tool

b.   Pen Tool                                           e.   Freehand Tool

c.   Rectangle Tool

  1. Anda dapat menempatkan artistic teks sepanjang sebuah path dari sebuah objek garis, kurva terbuka, atau sebuah objek kurva tertutup seperti objek bujur sangkar, lingkaran, elips, dan lain-lain dengan menggunakan cara berikut ini ….

a.   klik Text > Straighten Text              d.   klik Text > Fit Text To path

b.   klik Text > Insert Character             e.   klik Text > Format Text

c.   klik Text > Edit Text

  1. Pilihan berikut ini digunakan untuk mengatur jarak teks terhadap path ….

a.   Distance From                                  d.   Vertikal Placement

b.   Text Orientation                               e.   Horizontal Offset

c.   Text Placement

  1. Untuk mengubah atribut font, langkahnya adalah sebagai berikut ….

a.   klik Text > Fit Text To path             d.   klik Text > Edit Text

b.   klik Text > Straighten Text              e.   klik Text > Format Text

c.   klik Text > Insert Character

  1. Untuk mengisi sebuah objek dengan warna texture digunakan tool ….

a.   Patern Fill dialog                              d.   Fountain Fill dialog

b.   Texture Fill dialog                            e.   Fill Color dialog

c.   Color Docker Window

  1. Untuk memudahkan Anda dalam memilih warna, Anda dapat menampilkan nama dari Fixed Color atau Custom Color dengan mengklik ….

a.   Type > Preset                                   d.   Options > Show Color Names

b.   Add to Pallet > Default                   e.   Color Blend > Two Color

c.   Options > Swap Color

  1. Untuk mengubah ukuran tekstur tile, langkah pertama yang harus dilakukan adalah sebagai ….

a.   klik Pallet pada kotak dialog Uniform Fill

b.   klik Mixer pada kotak dialog Uniform Fill

c.   klik Full Color pada kotak dialog Patern Fill

d.   klik tombol tiling pada kotak dialog Texture Fill

e.   klik Model pada kotak dialog Texture Fill

  1. Anda juga dapat menentukan persentase ukuran tile dengan menspesialisasikan nilai dalam kotak ….

a.   Mirror area                                       d.   Transform area

b.   Origin area                                       e.   % of tile Size

c.   Size area

  1. Untuk mengatur susunan objek Anda dapat menggunakan perintah berikut ini ….

a.   klik menu Bitmap > Resample

b.   klik menu Bitmap > Edit Bitmap

c.   klik menu Arrange > Align and distribute

d.   klik menu Arrange > Clear Transformation

e.   klik menu Arrange > Shaping

  1. Kita dapat membuat efek kertas menggulung dengan langkah ….
    1. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Cylinder
    2. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Page Curl
    3. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Emboss
    4. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Perpecstive
    5. klik menu Bitmaps > Convert To Bitmap > OK > klik menu Bitmaps > 3D Effect > Shepere
  2. Untuk memisahkan teks dari sebuah path dapat dilakukan dengan langkah berikut ini ….
    1. klik arrange > Shaping
    2. klik arrange > Convert to Curve
    3. klik arrange > break a part
    4. klik arrange > Align and Distribute
    5. klik arrange > Transformation

 

II. Jawablah dengan singkat dan tepat :

  1. Sebutkan 3 program aplikasi grafis !
  2. Jelaskan kapan sebaiknya menggunakan grafis Bitmap dan grafis Vektor !
  3. Bagaimana cara transformasi obyek atau memindah obyek !
  4. Jelaskan langkah membuat segi empat !
  5. Jelaskan langkah membuat obyek segi banyak !
  6. Sebutkan beberapa jenis pengisian warna fountain fill !
  7. Bagaimana  cara menggunakan  pengisian tekstur pada obyek !
  8. Jelaskan penggunaan Efek Transformasi warna !
  9. Bagaimana langkah penggunaan Efek Blur !
  10. Bagaimana cara mengubah ukuran tesktur tile !
  11. Gambarlah hasil A trim B !
  12. Gambarlah hasil B trim A !
  13. Gambarlah hasil A weld B !
  14. Gambarlah hasil simplify  A dan B !
  1. Jelaskan tentang grafis Bitmap dan grafis Vektor !

Testimoni

artikel lainnya Contoh Soal Desain Grafis



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Wednesday 19 August 2015 | blog

CAPTION LENSA BISNIS Caption 1 CITRA VISUAL : Mengantisipasi berkembangnya bisnis periklanan di Surakarta PT. Tecma…

Thursday 30 July 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT   MENGKONFIGURASI HARDDISK TIK.CS02.016.01  …

Tuesday 23 June 2015 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN     MENGIDENTIFIKASI DAN MENGANALISIS STANDAR KOMPETENSI…

Wednesday 4 March 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI         MENGKONFIGURASI DNS SERVER…