Menu

Contoh sejarah dan dinamika organisasi subak di bali kajian berdasarkan sumber-sumber prasasti.

Jun
19
2014
by : 1. Posted in : blog

Etnografi, no 03 vol 4, mei 2003 hal 80-92.FSSR

I ketut Setiawan : sejarah dan dinamika organisasi subak di bali kajian berdasarkan sumber-sumber prasasti.

 

Abstrak: Organisasi petani yang mengelola air irigasi dapat ditemui di seluruh dunia. Beberapa yang terkenal dan mempunyai kekhasannya sendiri adalah Muang Fai di Thailand, Zangera di Filipina Utara dan Subak di Bali. Penelitian ini bertujuan memehami cara-cara petani mengelola air irigasi sehingga anggota memeperoleh air dengan cara seadil-adilnya. Melalui pemahaman dari hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat bermanfaat positif sebagi sumbagan data dan pemikiran tentang organisasi petani pengelola air yang semakin ramai dibicarakan.

Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari dokumen-dokumen tertulis, terutama yang berupa Prasast. Selanjutnya data itu diolah, Dianalisis, Ditafsirkan, Disintesiskan sampai tercapai hasil penyajian berupa laporan penelitian. Sejumlah pendekatan, misalnya pendektan Historis, sosiologis, antropologis, dan arkeologis digunakan untuk menajamkan analisis dan tafsiran-tafsiran yang dilakukan.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Subak sebagai organisasi pengelola air irigasi telah ada sejak lama. Berdasarkan data arkeologis, khusunya data epigrafi, organisasi ini stidak-tidaknya telah muncul di Bali pada abad XI Masehi, pada masa raja anak Wungsu, putra Raja Udayana Warmadewa. Dari hasil yang dilakkan dalam penelitian ini, munculnya organisasi subak tampaknya berkaitan erat dengan faktor Ekologi. Tantangan Ekologis yang berat dan ketersediaan air yang berat mrngharuskan petani bekerja keras untuk mendapatkan air Irigasi. Organisasi subak mengenal berbagai macam system pembagian air serta aturan-aturan dalam rangka mewujudkan keadilan dan ketentraman bagi seluruh wilayah dan anggotannya. Prasarana dan sarana fisik diberdayakan sedemikian rupa oleh organisasi ini, sehingga sumber air dapat dimanfaatkan untuk mengairi lahan persawahan. Sementara itu nilai-nilai spiritual juga cukup menonnjol. Bahwa apapun yang dikerjakannya selalu menghubungkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam nilai ini berfungsi sebagai Dewi tanaman padi (Dewi Sri).

 

Pendahuluan.

Pertanian sebagai mata pencaharian utama dalam kehidupan manusia telah mengalami suatu proses perkembangan yang cukup panjang. Penemuan kepandaian dalam  bercocok tanam atau pertanian merupakan suatuperistiwa besar dalam perkembangan kebudayaan manusia, bahkan sering kali peristiwa itu disebut sebagai suatu “Revolusi” dalam peradaban manusia (Gordon Childe,1953). Masa ini amat penting dalam sejarah perkembangan masyarakat, karena pada masa ini beberapa penemuan baru berupa penguasaan sumber-sumber alam bertambah cepat. Berbagai macam tumbuh-tumbuhan mulai dipelihara, cara-cara untuk memanfaatkan  hutan belukar dengan menebang dan membakar pohon-pohon serta pemanfaatan lahan pertanian mulai dikembangkan, sehingga tercipta lading-ladang dan persawahan yang memberi hasil pertanian (soejono, 1975:153).

Kelompok masyarakat yang menggatungkan kehidupannya dari bercocok tanam, biasanya tinggal di dalam lingkungan alam yang memiliki pola perkampungan yang bersifat menetap. Untuk kelangsungan hidupnya, mereka melakukan kegiatan bercocok tanam, yaitu menanam berbagai jenis tanaman-tanaman, dan salah satu diantaranya adalah padi.

Padi merupakan tanaman pertanian kuno yang sampai sekarang menjadi tanaman utama di Asia tenggara. Bukti-bukti Arkeolgis menunjukkan bahwa padi telah dibudidayakan sejak lama. Beberapa daerah yang diduga

Metode Penelitian.

Hasil Penelitian dan Pembahasan.

Munculnya Organisai Subak.

Subak Sebagai Organisai Pengelola Air Irigasi.

Gatra Fisik.

Kelembagaan.

Distribusi Air.

Kegiatan Ritual.

Kesimpulan.

Daftar Pustaka.

 

 

artikel lainnya Contoh sejarah dan dinamika organisasi subak di bali kajian berdasarkan sumber-sumber prasasti.

Wednesday 1 July 2015 | blog

  MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA       MEMFASILITASI PROSES PEMBELAJARAN…

Thursday 20 November 2014 | blog

            PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR JASA PERUSAHAAN BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN KLASTER…

Saturday 10 October 2015 | blog

LAPORAN KUNJUNGAN SEMARANG Tim : Arief , Winston , Doni Tanggal : 24 Agustus 2004 Agenda…

Thursday 9 July 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT     MENYIAPKAN PROPOSAL TIK.CS01.001.01…