Menu

Contoh Proposal Untuk Bisnis Broadcasting

Feb
27
2012
by : 1. Posted in : blog

STRADA ACTING COURSE

“make you different”

Email : costeng_strada@yahoo.com

CREATED BY ANDREAS ALUSAN MS

LATIHAN 01- SI AKTOR DALAM DIRI

Selama dua hari ini, lakukan observasi terhadap diri anda sendiri. Di dalam menjalani hidup dari satu situasi ke situasi yang lain perhatikan bagaimana anda ”berperan” untuk penonton yang ebrbeda-beda.Perhatikan hal-hal yang spesifik seperti postur tubuh, kualitas suara dan bahasa yang anda pakai. Bagaimana anda bertindak memproyeksikan citra anda pada penonton-penonton tersebut.

Pada saat anda istirahat, catat hasil observasi yang sudah anda lakukan. Anda perlu melatih diri anda untuk memberi perhatian pada diri anda sendiri tanpa perlu berpartisifasi bahkan tanpa perasaan sama sekali. Malam harinya, ketika anda sendiri, beri penilaian pada pengalaman-pengalaman yang sudah anda catat itu,”Perankan” saat-saat paling dramatis yang berhasil anda selidiki, ingat jika ada saat-saat dimana anda berbeda dengan saat-saat yang dramatis tersewbut, ciptakan dan “Perankan” juga hasil observasi itu.

LATIHAN 02- BERPERAN DALAM HIDUP

Lakukan observasi pada orang lain untuk mempelajari bagaimana mereka memproyeksikan citra mereka. Apa kesamaan-kesamaan yang ada antara karakterisasi sosial ini dengan yang dilakukan di atas panggung? Apa perbedaannya? Perhatikan dan ingat tingkah lakuekspresif yang realitis terkecil sekalipun. Apakah anda mulai merasakan bahwa kehidupan realita sering “terpola/terbentuk/bergaya”? Apakah dapat disimpulkan kalau orang punya “gaya” d lam kehidupan relita? Bagaimana hal ini mungkin dihubungkan dengan prioses mengalami sendiri kualitas-kualitas yang unik dari seorang karakter di naskah, terutama yang sangat “bergaya”? Coba adopsikan tingkah laku orang sedang anda selidiki. Apakah cara ini menolong anda mengenal orang lain itu?Apakah ini memberi anda suatu pengalaman baru dan memperluas kepribadian anda sendiri? Bagaiman hal ini berhubungan dengan proses anda mengadopsi tingkah laku satu karakter yang dijabarkan oleh penulis?

 

LATIHAN 03- AKSI DAN KEPRIBADIAN

Coba ingat suatu saat dimana anda berada pada suasana “In Actiaon”. Apa tujuan anda pada saat itu? Apa kebutuhan yang diekspresikan melalui tujuan itu? Apa efek yang anda dapat dari situasi-situasi saat itu? Apa pilihan-pilihan anda untuk bertindak? Sekarang pertimbangkan bagaiman situasi ini sama dengan situasi di atas panggung atau di depan kamera?

LATIHAN 04- TUJUAN MENJADI AKSI

Bersama dengan seorang teman, pilih satu situasi sederhana dimana anda mau melakukan sesuatu ( meninggalkan ruangan) sementara teman anda menhalangi keinginan anda tersebut (menahan untuk tidak pergi)

  1. Tanpa direkayasa lebih dulu, kedua-duanya berusaha untuk mencapai tujuannnya, memnggunakan bahasa sederhana
  2. Ulangi latihan ini, tetapi di dasari oleh satu kebutuhan tertentu
  3. Ulangi latihan ini, sekarang dengan membayangkan situasi-situasi tertentu, misalnya anda berada di perpustakaan, di kamar anda pada larut malam, di lapangan sepak bola.

LATIHAN LIMA 05- MENJADI KUCING

Pilih satu posisi yang nyaman dengan sekitar yang tidak begitu mengganggu. Tidur telentang dengan tangan disamping. Tempatkan diri anda pada posisi rileks dengan merentangkan otot-otot lalu menguap. Untuk dapat melihat rentangan dan uapan yang terbaik, perhatikan kucing yang baru saja bangun dari tidurnya. Dia melengkungkan punggungnya, merentangkan kaki, telapak bahkan jempolnya sejauh mungkin, mengapa sambil membuat dirinya mengambang di udara. Setelah dia membiarkan dirinya mengembung mengisi ruang sebesar-besarnya, dia biarkan dirinya roboh, lalu siap untuk bekerja.Lakukan proses rileks seperti kucing di atas. Merentang, melengkungkan punggung, rentangkan seluruh anggota badan sejauh mungkin, menganga, goyangkan tangan, dan tarik nafas dalam-dalam (tidak sekali saja,tetapi berkali-kali). Setaiap saat ambillah nafas sebanyak mingkin.Jika keinginan untuk menguap terasa, dorong keinginan itu sehingga benar-benar mnenguap dan biarkan bunyi uapan yang alamiah keluar. Lalu kembali terlentang dengan lutut terangkat sehingga punggung teras menempel di lantai. Letakkan jempol kaki, tumit, pinggul dan bahu pada dua garis yang paralel ( Lihat Gambar 1). Sekarang,ketika berbaring dalam keaadaan siap siaga ini, tunjukkan perhatian anda pada areal-areal di tubuh yang gagal mengikuti proses menjadi kucing di atas. Mungkin tangan kanan anda, atau jempol kaki kiri, atau lengkungan punggung atau leher bagian belakang. Dimanapun tekanan it  berada, fokuskan konsentrasi anda ke bagian tersebut sampai tekanannya terlepas. Semakin anda rileks, rasakan diri anda melebur ke dalam lantai.

 

LATIHAN 06- DISINI DAN SEKARANG

Buatlah diri anda rileks (Lihat gambar 1). Sambil bernafas dengan nyaman, katakan pada diri anda kalimat-kalimat yang menyatakan kepekaan anda pada situasi anda sekarang, misalnya: “sekarang aku terbaring di lantai, aku seadang melakukan latihan no.6, aku sedang mengarang kata-kata. Apa yang pertama-tama harus kulakukan? Tangan kananku dingin sekali, “dan seterusnya”. Lakukan latihan ini selama anda mampu. Seberapa jauh anda dapat bertahan? Kenapa anda berhenti dimana anda berhenti? Apakah ada yang anda tidak acuhkan atau anda hindari? Lakukan latihan ini terus, semakin sering semakin lama waktunya. Selidiki respon anda. Seberapa jauh anda dapat memusatkan perhatian pada saat sekarang ini? Apakah respon-respon yang anda berikan berbentuk fisik atau mental? Apa saja hal-hal yan anda hindari? Tujuan latihan ini tercapai jika godaan untuk melantur ke masa lalu atau masa datang sudah dikuasai penuh sehingga aktor dapat tetap berada dengan nyaman dan tidak perlu berusaha keras untuk berada di masa sekarang. Tetapi tidak sampai di situ saja, sambil terus melatih latihan ini, biarkan kalimat-kalimat yang menggambarkan masa sekarang menhilang perlahan-lahan, sehingga yang tinggal hanya “kesiapsiagaan yang tenang”. Pikiran anada akan terasa sebuah kolam air yang tenang, siap untuk mereflesikan apapun, seperti sentuhan terkecil daun yang gugur di atasnya yang akan mengirim gelombang ke dalam alam sadar anda yang terjauh.

LATIHAN 07- RELAKSASI DAN KEPEKAAN

  1. Lihat gambar 2 satu menit lamanya. Soroti dan hitung beberapa kali gambar itu berubah dari wajah ke vas bunga atau kembali ke wajah selama satu menit itu.
  2. Sekarang, lepaskan semua kekangan yang ada paa diri dan jernihkan pikiran anda, biarkan kepekaan anda bertumpuk pada gambar selama satu menit lagi, memberi kesempatan pada latar .depan untuk berganti menurut keinginannya sendiri. Rasakan perbedaan kedua latihan ini

LATIHAN 08- RELAKSASI OTOT DENGAN NAFAS

Fokus utama latihan ini adalah nafas dan dimulai dengan tidur telentang di lantai Bayangkan setiap tarikan nafas adalah aliran energi yang hangat dan menyegarkan yang mengalir dan mengisi tubuh anda dan setaip buangan nafas membawa pergi stres dan kekangan, seperti gelombang yang menyegarkan. Tarik nafas yang dalam dengan ritme yang tenang, lambat, natural, dan reguler. Setiap tarikan nafas dikirim kesetiap bagian tubuh, untuk menyegarkan bagian tubuh tersebut. Ketika nafas mengalir ke salah satu bagian di tubuh, biarkan energinya membuat otot-otot di bagian tersebut terkontraksi. Lalu, ketika nafas mengalir keluar, otot-otot dibagian tersebut rileks (nafas yang membawa semua stres dan kekangan pergi), yang tinggal hanya kenyamanan di bagian tersebut. Nafas anda akan menjelajahi tubuh dari atas sampai bawah. Pernafasan yang ritmenya reguler akan membuat kontraksi dan relaksasi otot mengalir dari atas ke bawah seperti gelombang yang lambat. Izinkan hanya satu abgian saja yang ikut campur. Kepekaan anda mengikuti pernapasan yang terjadi di:

Dahi dan rongga kepala, mwengangkat kening dan alis mata, lalu lepaskan.

Mata pada posisi istirahat, tutup dan turunkan sedikit ke bawah (bola mata)

Rahang, gertakkan gigi, lalu biarkan jatuh kebawah sampai gigi terpisah sejauh 3 sentimeter.

Lidah, julurkan, lalu biarkan terjatuh di mulut.

Leher bagian depan, dengan dagu ditarik ke bawah menyentuh dada, merentangkan leher bagian belakang lalu kepala perlahan-lahan kemmbali ke tempat semula (turun ke lantai).

Leher bagian belakang, gulingkan bagian atas kepala melengkung ke bawah menyentuh lantai, sehingga merentangkan leher bagian depan, lalu gulingkan kepala perlahan-lahan kembali ke atas dengan maksud memanjangkan leher.

Dada bagian atas, bengkokkan keluar ke setiap jurusan sehingga bahu melebar, lalu perlahan-lahan mengkerut, sehingga tulang belakang menyebar dan melebur di lantai, lebuh lebar dari sebelumnya.

Tangan dan lengan, menjadi tegang dan lurus membaja, telapak tangan dikepal lalu perlahan-plahan melebur ke lantai, seperti gulungan yang terlepas.

Perut, mengerut, menjadi bola kecil yang keras, lalu lepaskan dengan erangan nafas.

Bokong,  mengerut, lalu dilepas dan melebar sehingga pinggul lebih lebar dari sebelumya.

Lutut, menjadi kaku ketika kaki menegang, telapak terdorong ke bawah, lalu lepas sambil merasakan kaki melebur ke lantai.

Jari kaki, meraih ke atas (tetapi tumit tetap menyentuh lantai), lalu lepas ke posisi semula.

Tumit dan tulang belikat, mendorong turun ke lantai bersamaan sehingga seluruh tubuh terangkat berbentuk lengkungan yang panjang, lalu, dengan erangan, perlahan-lahan jatuh, sambil tubuh teras memanjang, melebur ke lantai ke dalam.

Lakukan latihan ini dengan mengambil nafas yang dalam, perlahan-lahan,dan regular sebanyak sepuluh kali. Setiap nafas membuat anda semakin rileks, tetapi tetap siapsiaga dan tetap segar. Aliran nafas adalah perputaran energi yang terus-menerus, yang tersimpan di bagian bawah tubuh. dengan setiap nafas, energi yang tersimpan bertambah jumlahnya. Nikmati setiap uapan yang timbul, beri bunyi pada saat menguap dan biarkan bunyi itu keluar dengan bebas.

 

 

artikel lainnya Contoh Proposal Untuk Bisnis Broadcasting

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Tuesday 28 April 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER     MENULIS PROGRAM LANJUT…

Monday 18 May 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER       MEMBUAT PROGRAM…

Monday 27 April 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER       MEMBUAT STRUKTUR…

Thursday 19 February 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI         MENGELOLA PEKERJAAN…