Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

CONTOH PROPOSAL PROFIL YAYASAN AL FITHRAH SURAKARTA

Oct
15
2015
by : Bupeko. Posted in : blog

Yayasan Al Fithrah adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang agama/dakwah, pendidikan masyarakat serta peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat. Yayasan Al Fithrah didirikan pada tanggal 25 Agustus 2000 di tengah kondisi krisis yang sedang dialami bangsa dan masyarakat Indonesia Pendirian yayasan ini tidak lain sebagai bentuk keperdulian terhadap kondisi umat, yang sebelumnya berawal dari Taman Pendidikan Al Qur’an dan karena kebutuhan untuk lebih dapat berperan di masyarakat maka resmi berdiri yayasan Al Fithrah, dengan berkedudukan di Kandangsapi Rt. 01 /Rw. 35, kalurahan Jebres, kecamatan Jebres, Kodya Surakarta. Yang selanjutnya disahkan dengan akte notaris Sunarto, SH. No 118 tertanggal 31 Juli 2002. Kehadiran Yayasan Al Fithrah di tengah-tengah masyarakat dilatar belakangi oleh berbagai kondisi:
1. Sosial Ekonomi
Kondisi kesejahteraan masyarakat Kandangsapi sebagian besar masih minus, dalam artian masyarakat termasuk dalam golongan menengah ke bawah yang mata pencahariannya sebagai buruh dan pekerjaan serabutan. Penghasilan rata-rata perbulan berkisar antara Rp 200.000,00 hingga Rp 300.000,00 untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang rata-rata tiap kepala keluarga yang rata-rata tiap kepala kelurga terdiri dari 7 (tujuh) orang. Selain itu kondisi ligkungan dengan rumah penduduk yang sangat padat, sehingga masalah kebersihan dan kesehatan masyarakat kurang diperhatikan.
2. Moralitas/Kesadaran Beragama
Secara umum masyarakat Kandangsapi dan sekitarnya adalah masyarakat yang yang beragama dengan komposisi 50% muslim dan 50% non muslim. Dari golongan yang muslim sendiri sebagian besar masih jauh dari nilai-nilai agama (Islam Abangan) yang cenderung dekat dengan perjudian, mabuk-mabukan dan hura-hura baik dari orang tua, remaja maupun anak-anak. Jadi secara umum masyarakat masih berorientasi pada materi dan kesuksesan duniawi dan masih jauh dari kesadaran beribadah dan taat menjalankan perintah agama.
3. Pendidikan
Dibidang pendidikan rata-rata masyarakat berpendidikan SLTP dan SLTA dan sangat sedikit yang berpendidikan hingga jenjang perguruan tinggi. Sehingga dalam hal pengetahuan dan kefahaman akan arti penting pendidikan formal dimasyarakat masih kurang.
Yayasan Al Fithrah yang sebagian besar pengurusnya adalah mahasiswa yang peduli dengan keadaan masyarakat, dan berkemauan keras untuk membentuk masyarakat yang seajahtera dan cerdas, dan sebagian pengurus yang lain adalah orang yang prihatin dengan keadaan masyarakat dan ingin turut serta dalam pembangunan masyarakat Kandangsapi.
Dengan berbekal kemampuan yang ada dan bantuan, baik secara moril maupun materiil dari dermawan/donatur (aghniyah) Yayasan Al Fithrah berusaha menjadi salah satu jembatan/fasilisator untuk menyalurkan bantuan tersebut kepada fakir miskin (dhu’afa), anak yatim dan masyarakat yang kurang mampu. Sehingga semakin banyak dukungan dari masyarakat untuk membantu kerapuhan-kerapuhan/kekurangan sistem yang ada, maka semakin memperkokoh eksistensi Yayasan Al Fithrah dalam meningkatkan pembangunan moral dan kualitas hidup masyarakat. Karenanya kami yakin bahwa setiap muslim adalah bersaudara dan sebagai saudara berkewajiban untuk saling manyayangi dan saling membantu saudara yang lain.

LINGKUP KERJA YAYASAN
1. Dakwah
Yayasan Al Fithrah berkonsentrasi pada pembinaan dan pembimbingan agama dalam rangka syiar Islam dan penyebaran nilai-nilai Islam pada masyarakat melalui pengajian dan kegiatan keagamaan lainnya yang ditunjukan pada semua lapisan masyarakat baik remaja, Ibu-ibu, Bapak-bapak dan jamaah pengajian masjid di Surakarta.
2. Pendidikan
Yayasan Al Fithrah berkonsentrasi pada peningkatan keilmuan dan prestasi akademik melalui prtogram-program pendamping belajar/bimbingan belajar bagi siswa SD sampai SLTA sebagai pelajaran tambahan di luar sekolah. Juga program pendidikan agama melalui TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) bagi anak-anak untuk menanamkan nilai-nilai Islam semenjak dini agar menjadi anak yang sholeh dan berakhlak Islami. Disamping itu Yayasan Al Fithrah juga membantu keringanan biaya sekolah melalui penyediaan beasiswa bagi siswa-siswa berprestasi yang kurang mampu.
3. Pemberdayaan Ekonomi
Pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Yayasan Al Fithrah diarahkan dalam dua bagian yaitu internal dan eksternal. Secara internal, yayasan mengembangkan potensi ekonomi yang ada sebagai sumber pendapatan mandiri. Saat ini yayasan sedang merintis usaha Agribisnis Tanaman Hias. Secara eksternal Yayasan mendorong kegiatan ekonomi produktif bagi masyarakat baik melalui pelatihan-pelatihan maupun pendampingan pada kelompok-kelompok usaha berbasis ibu rumah tangga. Saat ini kegiatan eksternal yang sedang dijalankan yaitu pembuatan makanan kecil oleh ibu-ibu rumah tangga kandangsapi.

STRUKTUR YAYASAN AL FITHRAH
Adapun struktur Yayasan Al Fithrah sebagai berikut:
A. Badan Pendiri : Bisyir M. Nahdi, SH, MM.
Attaullah
Fitri Nugrahaningrum
B. Badan Penasehat : Dardji, SH
B.A.E Suwarno
Drs. Agus Hari Wibowo, MA
Slamet, SH
M Fajar S
C. Badan Pengurus :
Ketua : Budi Santosa
Sekretaris : M. Ilham Radiansyah
Doso Wulandari
Bendahara : Heru Triswianti
Anis Azizah
Humas : Bambang Pamungkas
Zahro Wahyudi
Topik Heck
Divisi Dakwah : Sofyan Sarifudin
Dian Anggraini
Retno Winarni
Divisi Ekonomi : Novi Saiful Hidayat
Fathcu Subchan

Testimoni

tags:

artikel lainnya CONTOH PROPOSAL PROFIL YAYASAN AL FITHRAH SURAKARTA



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Friday 30 October 2015 | blog

Sedia DIODA untuk board printer Epson, Canon, dan Hp. Penggantian dioda yg tidak compatible dapat memperparah…

Monday 4 May 2015 | blog

ReadMore >>Testimoni Related posts: BANNER WEBSITE UNTUK PROMOSI Banner Mengapa harus memilih bupeko.com sebagai jasa promosi…

Thursday 6 November 2014 | blog

Disetujui oleh Diperiksa Oleh Disahkan Oleh Waka Kurikulum Management Representative Kepala SMA Warga Ska MATA PELAJARAN…

Thursday 30 April 2015 | blog

Bisnis jual beli dan lelang domain murah untuk usaha Blogpreneurship dan paid Memanfaatkan sampah spanduk dari…