Menu

Contoh Proposal Komunikasi Humas dengan Media SMS

Mar
08
2012
by : 1. Posted in : blog

 


PROPOSAL KERJASAMA

English SMS

(Guiding Program)

 

 

 

 

 

 

 

International Language Center (ILC)

Sragen Technopark

 

PENDAHULUAN

 

  • Penguasaan Bahasa Inggris dan Komputer sebagai keterampilan sekarang ini harus dikuasai oleh semua elemen di berbagai sektor, termasuk sektor pemerintahan, akademisi dan masyarakat luas di Kabupaten Sragen. Tidak bisa dipungkiri bahwa kedua keterampilan tersebut bisa menjadi variable tambahan yang sangat berharga bagi seseorang yang akan berkompetisi di era globalisasi ini. Kesempatan akan sangat terbuka lebar bagi mereka untuk mendapatkan penghidupan yang layak (lapangan pekerjaan). Semua informasi, perkembangan dan peluang yang tersebar secara international akan sangat mudah diserap dan dipahami oleh masyarakat. Dengan demikian, diharapkan masyarakat Sragen khususnya bisa mandiri dan berkarya sesuai bakat serta berani bersaing dalam era globalisasi.

 

  • Mayoritas masyarakat beranggapan bahwa bahasa Inggris sulit dikuasai hanya karena mereka kesulitan untuk bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari. Lebih parah lagi tidak adanya komunitas atau kegiatan yang bisa menjaga kemampuan bahasa inggris seseorang yang seiring bertambahnya waktu kemampuan tersebut menurun drastis.

 

  • Sragen Technopark yang berdiri sebagai pengawal menuju Sragen yang cerdas melalui salah satu divisinya membantu mewujudkan gagasan mulia kabupaten Sragen dalam  penyiapan SDM khususnya di bidang bahasa Inggris dan akan dikelola secara professional di Technopark dibawah koordinasi divisi International Language Center (ILC).

 

 

NAMA KEGIATAN

English SMS (Guiding Program)

 

DASAR KEGIATAN

  • Seiring kemajuan jaman, kebahasaan akan selalu berkembang dan meluas hampir di semua aspek kehidupan.  Dalam beberapa dekade lampau, Bahasa Inggris hanya dikuasai dan digunakan oleh mereka yang tinggal di kota besar atau mereka yang mempunyai wilayah pekerjaan bertaraf internasional. Tetapi dalam era globalisasi ini, hampir semua orang harus bisa menguasainya karena beberapa teknologi yang ada telah menggunakan Bahasa Inggris. Walaupun tidak semua orang akan aktif dan terjun langsung dalam penggunaan Bahasa Inggris tersebut, akan tetapi informasi dan perkembangan pengetahuan lebih banyak menggunakan Bahasa Inggris dan intensitas masyarakat untuk berinteraksi dengan orang asing semakin meningkat. Berbagai lapangan pekerjaan mengharuskan karyawannya untuk mampu berkomunikasi aktif dengan Bahasa Inggris, sebagai salah satu syarat untuk bergabung dalam perusahaan tertentu. Akhir-akhir ini, Bahasa Inggris mulai menjadi trend atau life style yang menunjukkan tingkat kehidupan, pendidikan dan prestis seseorang, apabila mereka menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

TUJUAN KEGIATAN

  • Tujuan dari program English SMS Program di International Language Center (ILC) Sragen Technopark adalah sebagai berikut:
  1. Memfasilitasi masyarakat umum sebagai suplemen dalam mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris melalui SMS yang dikirim langsung ke HP Pelanggan Secara Praktis.
  2. Memberikan bimbingan bagi mereka yang ingin meningkatkan kosakata Bahasa Inggris dimanapun dan kapanpun.
  3. Menciptakan atmosphere Bahasa Inggris melalui layanan SMS.

 

WAKTU PELAKSANAAN

  • Layanan ini akan dikirimkan ke peserta 1 kali dalam 1 hari dari  Senin – Sabtu setiap bulan. Total 26 hari. Operator akan mengirimkan konten English SMS pukul 09.00 WIB.

 

TEMPAT PELAKSANAAN

  • Tempat pelaksanaan pengiriman konten English SMS dilaksanakan di ruang Operator ILC kantor ILC Gedung Harjuna lt.2 Sragen Technopark. Ruang kantor ILC dilaksanakan registrasi dan administrasi program English SMS ini.

 

KONSEP PELAKSANAAN

  • Program English SMS ini dilaksanakan dengan poin poin berikut:
  1. Penawaran Program kepada konsumen dilakukan dengan cara pemasangan Spanduk, Baliho serta iklan radio. Selain itu diambil langkah dengan mengirimkan surat penawaran produk kepada konsumen.
  2. Registrasi pelanggan bisa melalui cash langsung ke kantor ILC – Sragen Technopark atau dengan kolektif.
  3. Cash back sebesar 10% dari total pembayaran bagi pengurus pembayaran kolektif.
  4. Tim materi terdiri dari 3 orang instruktur ILC
  5. Tim software dan desain terdiri dari 1 programer dan 1 desainer dari ICT
  6. Operator bertugas melakukan pengaturan dan penjadwalan pengiriman konten English SMS kepada konsumen setiap harinya.
  7. Administrator bertugas penerimaan registrasi dan pelaporan keuangan
  8. Operator dan Administrator dilaksanakan oleh 1 orang (Admin ILC)
  9. Konten English SMS tebagi menjadi beberapa target pasar (siswa SD, SMP dan SMA/SMK), Mahasiswa, dan Umum.

10. Pengiriman dilaksanakan setiap hari kerja pada pukul 9.00 WIB sebanyak 1 kali. Hari minggu tidak dilakukan pengiriman.

11. Setiap paket berjenjang selama 1 bulan dan akan dilanjutkan ke fase paket selanjutnya apabila konsumen menghendaki perpanjangan registrasi setiap  bulannya.

12. Pengiriman konten pertama setiap jenjang paket dilakukan pada tanggal 1 dan 16 setiap bulannya.

13. Pengiriman perdana tanggal 1 akan habis pada tanggal 30 dan pengiriman perdana tanggal 16 akan habis pada tanggal 15 bulan berikutnya.

14. Pelanggan akan diberikan peringatan bahwa masa paketnya akan habis 2 hari sebelum tenggat untuk memberikan waktu pelanggan melakukan registrasi ulang perpanjangan.

15. Tampilan Identifikasi nomor yang akan diterima oleh pelanggan berupa nomor GSM AXIS 083866883330.

16. Setelah melakukan registrasi pelanggan tidak bisa melakukan pembatalan kecuali permintaan stop pengiriman konten English SMS dan tidak dilakukan cash back.

 

  • Instruktur Pemateri ILC:
  1. Desi Kristina, S.S
  2. Indah Puspitasari, S.Pd
  3. Archi Julianto, S.S
  • Team Programer dan Desainer ICT
  1. Qomari Sigit Purnomosidi
  2. Yosep Ardy
  • Operator

Ambarsari Kusumaningrum, S.E

  • Team Terlibat
  1. Direktursi Sragen Technopark
  2. Bagian Administrasi dan Keuangan
  3. Bagian Produksi
  4. Bagian Marketing
  5. Divisi ILC

 

BIAYA

Biaya Produk English SMS ini adalah Rp.15.000,- per paket selama 1 bulan.

Cashback 10% bagi pengurus pembayaran kolektif.

 

Fasilitas

Pengiriman konten English SMS setiap hari kerja pukul 09.00 WIB.

Buku panduan ukuran saku.

 

Rencana Anggaran Belanja terlampir

 

PENUTUP

  • Panduan sederhana ini dimaksudkan sebagai tuntunan global pelaksanaan kegiatan dan dapat diperinci sesuai kondisi dan situasi. Semoga dapat memberikan gambaran pelaksanaan secara utuh kepada pihak yang terlibat dalam kegitan ini. Terimakasih atas dukungan serta kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kemajuan pendidikan Sragen khususnya dan Indonesia pada umumnya melalui Technopark Ganesha Sukowati Sragen.


 

Mengetahui,

Kasi Administrasi dan Keuangan

Wahyudo Tora Hananto, SH., MH.AD

NIP. 19840704201001 1 023

Sragen, 8 Februari 2011

Hormat kami,

Divisi ILC

Archi Julianto, SS.

NIP. 198507162010011022

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

DIAGRAM PELAKSANAAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

artikel lainnya Contoh Proposal Komunikasi Humas dengan Media SMS

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Thursday 6 March 2014 | blog

KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI   NO. UNIT KOMPETENSI KODE UNIT KOMPETENSI JAM PEL. JML. JAM T P…

Saturday 19 July 2014 | blog

Sebagai posting penjelas dari posting sebelumnya, disini BUPEKO akan menjelaskan secara gamblang mengani tugas pokok dan…

Thursday 13 November 2014 | blog

    MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR JASA ADMINISTRASI BIDANG JASA ADAMINISRASI PERKANTORAN      …

Monday 11 May 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER     MENERAPKAN DATA WAREHOUSING TIK.PR03.003.01…