Advertisement
loading...

BAB I
DISKRIPSI OBYEK PENELITIAN
I. FAKULATAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET
A. Latar belakang berdirinya FISIP UNS surakarta.
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik berdiri bersamaan dengan resmi berdirinya UNS pada tahun 1976 di Surakarta, yang dikukuhkan dengan keputusan Presiden RI no 10 tahun 1976, FISIP merupakan salah satu dari delapan fakultas yang ada. Saat itu hanya ada dua jurusan yaitu jurusan Adsministrasi Negara dan jurusan Komunikasi. Pada tahun 1982 berdasarkan keputusan Presiden RI no 55 tahun 1982 tentang susunan organisasi Universitas Sebelas Maret, nama fakultas diubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret.
B. Lokasi FISIP UNS
Pada awal berdirinya Universitas Sebelas Maret, Fakulatas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret menempati lokasi dipagelaran keraton Surakarta. Kemudian mulai bulan Juli 1978, FISIP UNS dipindahkan ke kampus Pabelan Makam Haji Sukoharjo, dalam rangka pengembangan UNS pada tahun 1982 beberapa fakultas yaitu FISIP, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra dan sebagian jurusan FKIP dipindah ke daerah Kentingan.
Kampus kentingan beralamatkan di jalan Ir. Sutami no 36a di Kecamatan Jebres sebelah timur kota Solo berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar. Lokasinya strategis sebab berada dipinggir jalan utama antar profinsi, sehingga mudah dijangkau.
FISIP UNS bersebelahan dengan Institut Seni Indonesia (ISI) yang dulunya STSI. Menempati areal seluas yang terdiri dari gedung utama, gedung perkuliahan S1, gedung perkuliahan D3, gedung kegiatan mahasiswa, serta areal parkiran. Secara rinci dapat di gedung tersebut terdiri dari:
Gedung utama terdiri dari
a. Ruang Dekan dan Pembantu Dekan
b. Ruang Dosen (Juruan Komunikasi, Administrasi, Dan Sosiologi)
c. Ruang Administrasi dan pengajaran
d. Ruang Seminar
e. Ruang Aula
f. Ruang Laboratorium
g. Ruang Radio Fiesta FM
h. Ruang Kuliah S2
i. Ruang Penelitian
j. Ruang Redaksi majalah Visi
Gedung perkuliahan S 1 terdiri dari
a. Ruang Kuliah
b. Ruang Perpustakaan
c. Ruang Administrasi non reguler
d. Ruang Ukm ( Mahafisipa, Teater Sopo, Ffc, Kine Club, Kmf, Lki)
e. Mushola
Gedung D3 terdiri dari:
a. Ruang Kuliah
b. Ruang Dosen
c. Ruang Ujian
d. Ruang Laboratorium
e. Ruang Himpunan Mahasiswa DIII
Gedung kegiatan mahasiswa.
a. Ruang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
b. Ruang Himpunan Mahasiswa Jurusan ( HMJ KOMUNIKASI, HMJ ADMINSTRASI, HMJ SOSIOLOGI)
C. Struktur organisasi FISIP UNS
Fakultas dipimpin oleh Dekan yang bertanggung jawab kepada Rektor. Tugas Dekan adalah memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga pendidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan keadministrasian fakultas.
Dalam pelaksanaan tugasnya Dekan dibantu oleh Pembantu Dekan yang terdiri atas:
1. Pembantu Dekan Satu bidang akademik
Mempunyai fungsi
a. Perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan pendidikan
b. Pembinaan tenaga pengajar dan tenaga peneliti.
c. Persiapan dan penyusunan program pendidikan bagi usaha pengembangan dan penalaran mahasiswa.
d. Perencanaan dan dan pelaksanaan kerjasama pendidikan dan penelitian dengan semua unsur pelaksana dilingkungan UNS.
e. Pengolahan data yang menyangkut pendidikan, penelitian dan penegabdian kepada masyarakat.
f. Kerjasama dengan semua unsur pelaksana dilingkungan UNS dalam setiap usaha dibidang pengabdian pada masyarakat serta usaha penunjangnya.
2. Pembantu Dekan Dua bidang Administrasi umum mempunyai fungsi:
a. Pengelolaan keuangan
b. Pengurusan kepegawaian
c. Pengolahan perlengkapan
d. Pengurusan rumah tangga dan pemeliharaan ketertiban.
e. Pengurusan ketatausahaan.
f. Penyelenggaraan hubungan masyarakat.
g. Pengolahan data yang menyangkut bidang administrasi umum.
3. Pembantu Dekan Tiga bidang kemahasiswaan
a. Pelaksanaan pembinaan mahasiswa oleh seluruh staf pengajar dalam pengembangan sikap dan orientasi serta kegiatan mahasiswa antara lain dalam seni budaya dan olahraga sebagai bagian pembinaan civitas akademika yang merupakan sebagian dari tugas pendidikan tinggi pada umumnya.
b. Pelaksanaan usaha kesejahteraan mahasiswa serta usaha bimbingan dan penyuluhan bagi mahasiswa.
c. Pelaksanaan usaha pengembangan daya penalaran mahasiswa yang diprogramkan oleh pembantu Dekan Satu.
d. Kerjasama dengan semua unsur pelaksana dilingkungan UNS dalam setiap usaha bidang kemahasiswaan
e. Pencipta iklim yang baik dikampus dan pelaksana program pembinaan pemeliharaan kesatuan dan persatuan bangsa berdasar UUD 1945.
2. Senat Fakultas
Senat fakultas adalah badan normatif dan perwakilan tertinggi dilingkungan fakultas yang memiliki kewenangan untuk menjabarkan kebijakan dan peraturan universitas. Senat Fakultas ISIP terdiri dari pimpinan fakultas dan wakil dosen.
Tugas pokok Senat fakultas adalah :
1. Merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan fakultas.
2. Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian civitas akademika.
3. Merumuskan kaidah dan tolok ukur pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan fakultas.
4. Menilai pertanggung jawaban pipmpinan fakultas atas pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan.
5. Memberikan pertimbangan kepada Rektor berkenaan dengan calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi dekan dan dosen yang diusulkan untuk mendapatkan kenaikan jabatan akademik.
6. Menegakkan kaidah-kaidah yang berlaku bagi civitas akademika.
3. Dosen
Dosen adalah tenaga pengajar dilingkungan fakultas dan bertanggung jawab langsung pada dekan, terdiri atas dosen biasa, dosen luar biasa, dan dosen tamu.
4 Unsur Penunjang
4.1 perpustakan
Perpustakan mempunyai tugas memberikan pelayanan pustaka dan kegiatan-kegiatan lain untuk keperluan pendidikan, pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa, karyawan, dosen dilingkungan FISIP UNS.
Bentuk pelayanannya adalah antara lain:
1. Menyediakan bahan pustaka untuk dibaca ditempat
2. Melayani pemimjaman bahan pustaka
3. Memberi informasi tentang pemanfaatan perpustakaan pada para pengunjung
4. Pengadaan koleksi pustaka
5. Mengumpulkan hasil karya ilmiah mahasiswa dan dosen
6. Membantu penelusuran literatur bagi mahasiswa dan dosen
7. Mengadakan tukar menukar buku dengan fakultas lain.
4. 2 Laboratorium
Terdapat 4 laboratorium di FISIP UNS yaitu laboratorium media audio visual, laboratorium radio, laboratorium foto dan laboratorium komputer. Setiap laboratorium dipimpin oleh kepala lab dan bertanggung jawab kepada ketua program studi.
5. Unsur Pelaksana Administrasi
Bagian tata usaha adalah pembantu pimpinan fakultas yang mempunyai tugas melaksanakan administrasi umum, perlengkapan, keuangan, kepegawaian, kemahasiswaan dan pendidikan di fakultas.
Bagian tata usaha FISIP mempunyai empat sub bagian yang meliputi:
1. Sub bagian pendidikan
2. Sub bagian umum dan perlengkapan
3. Sub bagian keuangan dan kepegawaian
4. Sub bagian kemahasiswaan
6. Mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan
Mahasiswa yang masih aktif pada Jurusan Komunikasi UNS sampai dengan semester genap tahun ajaran 2004-2005 sejumlah 226 mahasiswa. Untuk jelasnya maka dapat dilihat dalam tabel berikut;
II. Mahasiswa Komunikasi
Obyek penelitian selanjutnya adalah mahasiswa komunikasi angkatan 2003-2006. penelitian ini menggunakan obyek mahasiswa komunikai angkatan 2003-2006 disebabkan mahasiswa dianggap telah memiliki kematangan dan kedewaaan untuk mensikapi permaslahan utamanya politik, selain itu mahasiswa komunikasi FISIP telah dibekali materi-materi politik didalam bangku perkuliahan.
Tabel 1
Jumlah Mahasiswa Jurusan Komunikasi
FISIP UNS s/d semester genap tahun 2003-2006
No Tahun angkatan P L Jumlah
1 2003 66 34 100
2 2004 71 33 104
3 2005 68 54 122
4 2006 60 51 111
Total 139 87 437
Sumber: Pengajaran FISIP UNS
Mahasiswa Jurusan Komunikasi tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) dan sebagian dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FISIP UNS) serta organisasi intra maupun extra lainya.
III. METRO TV
A. Sekilas tentang METRO TV.
Metro TV merupakan salah satu dari 10 stasiun televisi swasta nasional di Indonesia. Yaitu RCTI, SCTV, INDOSIAR, TPI, ANTEVE, TRANS TV, TRANS 7, GLOBAL TV, METRO TV. Metro TV merupakan bagian dari media group media Indonesia.
PT. Media Televisi Indonesia mendapatkan lisensi penyiaran untuk Metro TV pada pada 25, Oktober 1999. Ini merupakan termasuk bagian cabang dari Media Group, Presiden Direktur perusahaan dipimpin oleh Surya Paloh, yang sejak dulu sangat banyak pengalaman di dalam industri media yang lokal dan penerbit surat kabar nasional paling besar ketiga Indonesia Media Indonesia. Perusahaan ini pada awalnya memperkerjakan 280 karyawan dan sekarang mempekerjakan lebih dari 900 orang-orang, yang kebanyakan sebagai wartawan dan area produksi.
Pada 25 November 2000. Metro TV mengudara untuk pertama kali di dalam suatu rangkaian percobaan siaran di tujuh kota besar. Pada mulanya hanya dua belas jam dalam satu hari sampai akhirnya pada 1 April 2001, jam mengudara menjadi 24 jam.
Barangkali tantangan yang terbesar untuk perusahaan pada awal langkah-langkah adalah pentingnya membangun infrastrukturnya, regu dan fasilitas, semua di dalam skala waktu yang singkat, sembilan bulan. Meskipun demikian ini adalah pekerjaan berat, pengalaman diperoleh yang tidak ternilai, di dalam tempaan suatu regu yang padat dengan para profesional berpengalaman yang telah diuji di bawah kondisi-kondisi menantang.
Keinginan perusahaan adalah sebagai pengarah yang terbaik dan memprogram multi-dimensionalnya mendekati kebutuhan. Memandang kedepan, visi perusahaan pada 2006 adalah menjadi nomor satu dalam mutu berita dan kesetiaan tingkat tinggi pada penonton dan pemasang iklan
Perusahaan juga mengambil tanggung jawabnya ke arah pemegang saham dan karyawan dengan serius. Meskipun konsisten didalam mencapai suatu tingkatan pertumbuhan laba dan peningkatan assetnya, kesejahteraan dan mutu hidup karyawan TV juga memiliki arti penting.
B. Visi Metro TV
Untuk menjadi suatu setasiun televisi Indonesia yang berbeda dengan menjadikan beritama nomor satu, menawarkan program pertunjukan yang bermutu dan lifestyle. Menyediakan peluang iklan unik dan kesetiaan menuju keberhasilan dengan pemasang iklan dan penontonnya.
C. Misi Misi Metro TV
Untuk merangsang dan mempromosikan kemajuan negeri dan bangsa ke arah suatu atmospir demokratis, dalam rangka melampaui di (dalam) kompetisi global, dengan penghargaan susila dan moral tinggi.
Untuk menambahkan suatu kehadiran berharga kepada industri televisi dengan menyediakan suatu perspektif baru, dengan jalan meningkatkan informasi dan dengan menawarkan alternatif mutu pertunjukan.
Untuk mencapai suatu tingkatan pertumbuhan yang penting dengan mengembangkan leveraging assetnya, untuk meningkatkan mutu hidup dan kesejahteraan karyawannya, dan untuk menghasilkan laba penting untuk pemegang sahamnya.
D. Sejarah News Dot Com
Pada mulanya Acara “Republik BBM” yang dilahirkan Indosiar, kemudian disambung “News Dot Com, kantor berita Republik Mimpi” di Metro-TV, termasuk dalam genre Parodi Politik yang sangat lazim dalam demokrasi. Di Amerika terdapat nama-nama pesohornya seperti Carson, Jay Leno, David Letterman sampai yang dekat ke arah berita, Jon Stewart’s Daily Show di CNN. Acara sejenis marak juga di Eropa Barat, bahkan beberapa negara Asia.
Di acara-acara tersebut orang bisa melihat presiden dan pejabat negaranya ditirukan, entah dengan memakai topeng, atau bagian mulutnya diubah sedemikian rupa untuk mengucapkan kalimat-kalimat lucu atau parodi. Acara “Republik BBM” di Indonesia sebetulnya sangat sopan. Gaya parodinya baru 10 persen dari apa yang ada di berbagai belahan dunia.
Bahkan oleh produsernya, ia digambarkan sebagai negara entah-berantah. Jadi tidak pernah seseorang dipanggil Bapak Presiden Susilo atau Wakil Presiden Jusuf Kalla! Karena posisi seperti inilah “Republik BBM” yang telah habis masa putarnya (26 episode) menjadi tayangan parodi politik yang beda betul dengan saudaranya satu genre di berbagai belahan dunia.
Inti parodi politik dalam buku-buku teks komunikasi politik ada dua hal. Satu, jabatan publik tidaklah sakral. Ia merupakan amanah yang dibangun dari kontrak sosial, dan sangat fungsional! Dua, setiap janji atau mimpi yang dijual dalam kampanye, harus kita catat dan mesti ditagih setiap hari.
Mungkin pejabat publik akan merasa kesal karena ia sudah merasa bekerja keras, tapi publik kok tidak merasakannya. Atau kenapa pengamat dan parodi politik terkesan lebih melihat sisi belum suksesnya! Pejabat publik lupa bahwa yang dibutuhkan bukan hanya WORK FOR THE PEOPLE, tapi lebih pada WORK WITH THE PEOPLE. Jadi intinya bagaimana membentuk persepsi publik bahwa para pemimpin memang bekerja sesuai dengan harapan dan persoalan yang rakyat hadapi serta tersampaikan lewat bahasa yang publik rasakan pas pula.
Parodi politik akan gagal dan dianggap konyol kalau komunikasi politik para pejabat negara berhasil dan diterima rakyat, demikian pula sebaliknya! Hal ini akan sejalan dengan indikator popularitas dan keyakinan publik terhadap pejabat negara sesuai riset-riset yang dilakukan secara serial.
Di sinilah peran parodi politik sebagai sendi demokrasi dalam konteks kebebasan berekspresi, mencatat dan menagih janji (mengutip data & fakta) serta menjadi indikator popularitas & keyakinan pejabat di mata rakyat.
Yang terpenting, semua yang terlibat dalam parodi politik umumnya independen, non partisan, dan tidak berniat meminta atau menerima tawaran posisi apa pun dalam pemerintahan yang sedang berjalan! Setelah “Republik BBM” istirahat, kita seyogyanya menyambut puluhan parodi politik lain, sejauh sopan dan elegan. Selamat datang “Republik Mimpi” dan aneka parodi politik di TV-TV lokal nantinya. Zaman memang telah menuntutnya!
Acara News Dot Com ini dipandu oleh oleh dua orang moderator. Mereka adalah Olga Lidya dan Anya Dwi Nov. Acara ini ditayangkan setiap hari minggu pukul 21.30-11.00 dan ditayangkan ulang kembali senin pukul 13.30-15.00 wib.
Dalam penelitian ini peneliti hanya akan membatasi dalam satu bulan penayangan acara News Dot Com yaitu:
1. Edisi minggu 29 April 2007 atau 30 April 2007
2. Edisi minggu 6 Mei 2007 atau 7 Mei 2007
3. Edisi minggu 13 Mei 2007 atau 14 Mei 2007
4. Edisi minggu 20 Mei 2007 atau 21 Mei 2007
Tokoh tokoh yang menjadi aktor dalam republik mimpi ”News Dot Com” ini adalah:
Anya Dwinov
Sekretaris Presiden Republik Mimpi
Anya Dwi Novita Pahlawati, demikian nama lengkap artis sekaligus presenter yang kerap dipanggil Anya Dwinov. Anya lahir di Jakarta 10 November 1982. Selain sibuk beraktivitas di dunia hiburan tanah air, gadis yang suka mengoleksi tas kulit ini dipercaya sebagai Sekretaris Presiden Republik Mimpi. Itulah peran yang dilakoninya dalam acara parodi politik News Dot Com yang ditayangkan Metro TV. Wanita berwajah renyah ini mengawali karirnya sebagai bintang iklan pada tahun 1997. Tidak berhenti sampai disitu, Anya semakin mengorbit di dunia hiburan setelah sukses membintangi beberapa sinetron. Saat ini, Anya lebih banyak tampil sebagai presenter sejumlah acara stasiun televisi. Dengan peran yang disandangnya sebagai Sekretaris Presiden Republik Mimpi, kesibukannya bertambah. Setiap saat dia harus siap membantu Presiden Si Butet Yogya untuk mengurusi kesejahteraan rakyat Republik Mimpi.
dr. Handoyo alias Gus Pur
Guru Bangsa
“Kalau saya sih gampang aja! Mbak Mega itu ngapain bingung-bingung. Gitu aja kok repot!” (sembari menggerak-gerakan jari tangan kirinya dan sedikit menggerakkan hidungnya)
Celotehan Gus Pur memang selalu kocak di acara ini. Kalimat-kalimat yang dilontarkan pun menjadi ciri khas. Di balik keseriusannya memerankan tokoh Gus Pur. Profesi Handoyo atau Gus Pur ini adalah seorang dokter. Alumnus Universitas Indonesia 1981 dan hingga saat ini masih aktif bekerja di Departement Kesehatan (Depkes). Handoyo yang lahir di Sukomoro, Ngajuk, Jawa Timur, 12 Agustus 1956 ini sangat menganggumi sosok Gus Dur sebelum Gus Dur naik menjadi presiden RI. Bukan hanya itu Handoyo juga sudah membaca dan menyimpan sejumlah buku yang di tulis Gus Dur. Ia juga punya koleksi Gus Dur di Koran sejak tahun 1996. Semua itu dilakukan sebagai bentuk ke kaguman Handoyo terhadap kualitas intelektual Gus Dur.
Handoyo atau Gus Pur sempat bertugas di Jambi. Tujuh tahun kemudian, tepatnya 1988, dia bekerja sebagai staf Dirjen Pelayanan Medik Departement Kesehatan, hingga saat ini. Seiap seminggu sekali Handoyo bertugas di RS Harum, kalimalang, jakarta Timur. Berkat kemahirannya dalam memerankan tokoh Gus Dur, ketika praktek, Handoyo sering dimintai pasiennya berlakon layaknya Gus Dur. Bahkan pernah ada pasien yang mengigil karena malaria sempat-sempatnya meminta dr. Handoyo berlakon menjadi Gus Dur. Dan kini Handoyo pun sedang mempersiapkan diri untuk mengambil S-3 di Hawaii. Ia ingin menjadi pakar epidemiologi.
Effendi Gazali alias dek ′Pendi
Penasihat Komunikasi Politik
Bagi pemirsa penggemar News dot Com. Parodi politik di “Republik mimpi” Tentu sudah tidak asing lagi dengan Effendi Gazali. Yaah…Tokoh yang berperan sebagai aktor intelektual dengan memerankan sosok sebagai penasihat Komunikasi Politik di Republik Mimpi ini, bisa dibilang kepercayaan Wapres Republik Mimpi. Bapak JK (Jarwo Kwat).
Selain sibuk menyiapkan content tayangan News dot Com. Beliau juga sebagai pengajar Pascasarjana Fisip UI (Universitas Indonesia). Pria lajang yang lahir di Padang, 5 Desember ini pernah mengambil jenjang Ph.D dalam bidang Komunikasi Politik di Radbound Nijmegen University Belanda (2004), dengan disertai “Communication of Politics & Politics of Communication in Indonesia: A Study on Media Performance, Responsibility, and Accountability” (diterbitkan oleh : Radboud University Press, Belanda; 2004)
Kegiatan organisasi yang masih ia tekuni saat ini adalah :
* Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia (Wacana UI) 1998; kemudian Anggota Presidium
* Deputi Ketua Umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
* Anggota International Communication Association (ICA)
Effendi juga aktif mengisi artikel-artikel politik-nya. Terutama tersebar di Harian Kompas, Tempo, Media Indonesia, dll. Serta sebagai Dewan juri Anugerah Adi Warta Wartawan Indonesia 2006 & 2007.
Iwel Wel
Orang Dalam Istana
Seperti di negara tetangga, selalu saja ada orang orang yang suka mengaku-aku sebagai entah ininya menteri A atau itunya wapres. Dari situ biasanya mereka merasa paling tahu dan paling dekat dengan para pejabat tersebut. Demikian pula dengan di Republik mimpi, ada orang yang merasa dekat dengan kalangan istana (Mengaku Orang Dalam Istana). Tidak jarang orang itu sering melemparkan informasi yang entah bener entah tidak tapi ia klaim sebagai info A1. Orang itu adalah Iwel Wel. Tokoh yang sering menggantikan peran Effendy dalam menyampaikan updating berita-berita ini, dilahirkan dengan nama asli Welnaldi. Sebelum publik mengenalnya di Newsdotcom, Iwel merupakan Stand up comedian televisi pertama di Indonesia. Meski kuliah dan lulus dari fakultas hukum, tapi sejak kecil Iwel sudah merasa mantap menggeluti dunia lawak. Beberapa kali ia berhasil menjuarai lomba lawak tingkat nasional. Aktifitasnya di dunia televisi bukan hanya sebatas sebagai pemeran, dia juga turut menjadi penggagas beberapa acara TV. Di Newsdotcom sendiri, selain membawakan peran sebagai orang dalam istana, Iwel juga merupakan manajer dari manajemen Republik Mimpi. Tidak mengherankan bila hari harinya banyak disibukkan oleh segala hal berkaitan dengan Newsdotcom. Namun begitu untuk keperluan refreshing, dia tidak pernah lupa untuk meluangkan waktunya dengan bermain golf.
Sujarwo alias JK (Jarwo Kuat)
Wakil Presiden
“That’s right Brother, Ini adalah masalah yang relevan dan signifikan !” Sepenggal kalimat yang selalu dilontarkan JK atau Jarwo kuat yang menjabat sebagai wakil presiden di Republik Mimpi.
Pria kelahiran Duri (Riau) 23, Agustus 1967 ini berawal karir menjadi penyiar radio di radio SK sejak 1993. Ia hijrah ke Jakarta sejak 1983 untuk melanjutkan pendidikan SMA. Lulus SMA, Jarwo sempat melanjutkan studi ke Universitas Gunadarma dan mengambil jurusan Manajemen Informatika. “Tapi sayang tidak selesai lantaran kesibukannya menggembangkan bakat ngelawaknya.”
Setelah memerankan sebagai penjaga masjid di sinetron Lorong Waktu, Sujarwo ayah dari dua anak ini sama sekali tidak menyangka bahwa karirnya langsung “melesat” menjadi “Wapres” tentunya hanya di Republik Mimpi pada program kantor berita News dot Com. Mungkin anda pernah bahkan sering mendengar acara “Sketsa, Senyum Ketawa Sampai Habis” Di radio SK (Sentra Komedi), setiap hari Selasa, Kamis, da Sabtu, dari pukul 5 sampai 6 sore.
Itulah aktivitas sehari-hari pemeran JK (Jawo Kuat) ini. Selain sebagai penyiar Sujarwo juga menjabat sebagai ketua bidang usaha dan Organisasi PAKSI (Persatuan Seniman Komedi Indonesia) DKI jakarta periode 2006-2011.
Si Butet Yogya alias SBY
Presiden
Si Butet Yogya atau SBY dalam program News dot com ini menjabat sebagai presiden Republik Mimpi. Butet lahir yang lahir di Yogyakarta, 21 November 1961 ini, lebih dikenal sebagai seorang seniman di negeri kita. Beliau menekuni dunia teater, musik, tari dan kesenian lainnya.
Kemampuannya dalam memerankan tokoh memang tidak diragukan lagi. Terbukti ia mampu memerankan tokoh presiden di Republik Mimpi. Kalimat pada naskah. Mampu ia visualisasikan pada mimiknya.
Butet anak ke lima dari tujuh bersaudara ini adalah anak dari seorang seniman tari terkenal di Indonesia. Yaitu Bagong Kussudiardja. Butet yang telah dikaruniai tiga anak ini juga dikenal sebagai aktor monolog atau Raja Monolog (ngomong dengan diri sendiri).
Butet memang ahli dalam menirukan suara dan gaya para pejabat di Indonesia. Memang wajahnya tidak mirip oleh pejabat yang ditirunya, tapi suara dan gayanya benar-benar mampu membuat penonton terpana akan aksinya. Terlepas dari itu semua tenyata Butet yang tidak suka akan kesepian ini, punya kebiasaan merokok 3 bungkus dalam sehari. Namun cita-cita yang di ingini saat ini adalah mati secara indah, tanpa merepotkan orang lain.
Suharta
Mantan Penguasa Republik Mimpi
Burhanuddin Moeloek, itulah nama asli dari tokoh Suharta mantan penguasa Republik Mimpi. Kemunculannya yang pertama kali di Newsdotcom telah membuat masyarakat Indonesia terkesima. Sosoknya yang tinggi besar dengan tahi lalat di sebagian wajah dan kulit putih serta uban yang sudah seluruhnya menutupi kepalanya, membuat kita langsung teringat dengan sosok mantan penguasa orde baru, Soeharto.
Pria kelahiran Malang pada 6 Agustus 1934 ini mengaku waswas menirukan karakter Pak Harto dalam tayangan Newsdotcom. Hal itu dikarenakan rasa hormatnya terhadap Pak Harto, sehingga dirinya tidak mau menyinggung perasaan mantan Presiden kedua Republik Indonesia itu. Sebelum tampil di Newsdotcom kesibukan Burhan relatif tidak terlalu banyak. Dia menghabiskan waktunya dengan 18 cucu dari 10 orang anaknya. Selama ini pekerjaan Burhanudin Moeloek adalah wiraswasta dalam usaha kayu dan minyak di Balikpapan. Suatu ketika, seorang teman mengajaknya untuk ikut casting mirip tokoh Pak Harto di acara Republik Mimpi dan akhirnya dirinya terpilih untuk memainkan karakter Suharta. Sejak saat itu, kesibukannya bertambah karena harus bolak-balik Samarinda – Jakarta, untuk shooting Newsdotcom di Metro TV.
Selain memerankan karakter Suharta dalam News Dot Com, impian lain yang ingin dicapai pria yang mempunyai hoby main bola dan badminton adalah bermain film untuk memerankan tokoh Pak Harto.

Testimoni

Advertisement
Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik
Filed under : blog, tags: , ,