Advertisement
loading...

BAB III
ANALISIS DATA

Dalam bab ini peneliti akan melakukan pengujian beberapa hubungan antar variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y). Selain itu juga untuk mengetahui hubungan antara variabel kontrol (Z) dengan variabel dependen (Y).
Adapun variabel-variabel tersebut:
1. Variable Independen : Aktivitas menonton acara News Dot Com
2. Variabel Dependen : Kesadaran politik mahasiswa
3. Variabel Kontrol : Terpaan media masa lain
Pengukuran ini dimaksud untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini, yaitu Ada hubungan yang lemah antara aktifitas menonton News Dot Com di Metro TV dengan kesadaran politik mahasiswa FISIP UNS dengan dipengaruhi oleh terpaan media masa lain.
Untuk menghitung hubungan hubungan dua variabel tersebut menggunakan rumus Correlation Rank Kendall. Rumus ini berguna untuk mencari nilai dua hubungan. Rumus Rank Kendall:

Dimana
, t adalah banyak observasi barangka sama dalam tiap kelompok angka sama pada variabel X
, t adalah banyak observasi barangka sama dalam tiap kelompok angka sama pada variabel Y
Keterangan:
= Koifisien korelasi tata Jenjang Kendall
S = Jumlah riil
N = Jumlah sampel
t = Jumlah pengamatan kembar dalam masing masing kelompok kembaran dalam variabel
A. Hubungan antara variabel aktivitas menonton News Dot Com (X) dengan kesadaran politik mahasiswa (Y)
Dari data yang masuk dalam penelitian ini diketahui banyak data yang bernilai kembar. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat jenjang kembar dari variabel independen (X) dan variabel (Y) hasil penjenjangan dapat dilihat pada tabel halaman lampiran. Sebelum dilakukan perhitungan untuk mencari , terlebih dahulu memberi ranking terhadap nilai dari setiap subyek dari kedua variabel yang diukur. Caranya dengan mengurutkannya dengan memperlakukan seolah-olah data tersebut tidak kembar, dimulai dari data yang mempunyai nilai tertinggi sampai nilai yang terendah. Tetapi karena ada yang kembar, maka harus menyesuaikan ranking, yaitu dengan mencari ranking yang sama untuk setiap subyek yang mempunyai nilai sama dengan rumus:

Keterangan:
Rs = raking yang disesuaikan
jumlah ranking yang disesuaikan
= jumlah subyek (n) dalam kelompok bernilai sama
Setelah ranking disesuaikan ditemukan, selanjutnya melakukan penyesuaian ranking dengan variabel menonton acara News Dot Com (X) dengan urutan ranking yang asli. Variabel kesadaran politik mahasiswa (Y) diurutkan rankingnya mengikuti ranking pada variabel (X). Hasilnya dapat dilihat pada tabel halaman lampiran. Penyesuaian terebut digunakan untuk mencari nilai S dari variabel minat menonton acara News Dot Com. Nilai Sxy yang diperoleh adalah sebesar 71. Perhitungan untuk mendapatkan nilai S dapat dilihat pada lampiran.
Setelah mencari nilai S, langkah selanjutnya adalah mencari Tx dan Ty dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Keterangan:
t Adalah jumlah pengamatan yang kembar dalam kelompok-kelompok variabel berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai Tx= 59 dan Ty =65
karena db = N-2, maka nilai db = 40-2 = 38 jika dikonsultasikan pada t untuk db=38 dan taraf signifikasi 0,05 maka t tabel adalah 1,69
dengan demikian nilai dapat diketahui dengan rumus Rank Kendall sebagai berikut:

Uji signifikasi
Untuk menguji tingkat signifikasi hubungan antara variabel independen dan dependen, nilai tersebut akan dikonsultasikan pada tabel:
A

Hasil perhitungan diatas diperoleh z hitung sebesar 0,898 setelah nilai Z hitung diketahui, maka nilai ini diuji ke tabel a. Karena n> 30 maka digunakan kurva normal (tabel a) untuk menentukan probabilitas kejadian dibawah Ho. Nilai z dihitung sebesar 0,898 dengan taraf signifikasi 0,05 setelah dikonsultasikan pada tabel S diperoleh z sebesar 0,898
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel aktivitas menonton acara News Dot Com (x) dengan variabel kesadaran politik mahasiswa (y) mempunyai hubungan tingkat signifikasi rendah. Sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa aktivitas menonton News Dot Com tidak mempengaruhi kesadaran politik mahasiswa.

b. Hubungan antar variabel dengan terpaan media masa lain (Z) dengan kesadaran politik mahasiswa (Y).
Untuk mengetahui hubungan antara variabel dengan terapaan media masa lain (Z) dengan variabel Kesadaran politik mahasiswa (Y) dapat diketahui dengan menggunakan rumus Rank Kendall. Langkah perhitunganya sama seperti pada hubungan variabel independen dengan variabel dependen. Langkah pertama yaitu membuat jenjang kembar dangan variabel kontrol (Z) dan variabel dependen (Y), hasil penjanjangan dapat dilihat dalam lampiran, berikutnya membuat ranking dari data – data yang selanjutnya mengurutkan terlebih dahulu ranking dari variabel (Z) dengan urutan yang asli, baru kemudian diurutkan rangking dari kesadaran poitik mahasiswa (Y) dimana urutannya mengikuti ranking pada variabel masing-masing vatriabel (Z) hasil perankingan yang disesuaikan dapat dilihat pada lampiran. Langkah selajutnya mencari nilai S dari variabel dependen yang telah disesuaikan dengan variabel kontrol.
Untuk mengetahui koifisien korelasi antara dua variabel Z dan variabel Y, terlebih dahulu mencari nilai Ty dan nilai Tz, dengan menerapkan rumus yang sama seperti sebelumnya. Dari perhitungan pada lampiran diketahui nilai Tz = 113 dan Ty = 65
Dengan diketahui nilai Syx 71, Ty 65 Tz 113 maka dapat dihitung koifisien korelasi antara variabel kontrol dengan variabel dependen (Y) menggunakan rumus sebagai berikut:

Dari hasil koifisien antara variabel terpaan media masa lain (Z) dengan kesadaran politik mahasiswa (Y) nilai tersebut akan dikonsultasikan pada tabel a (batas nilai kritis tabel Z) dengan mencari harga hitungnya dengan rumus:

Setelah nilai Z hitung diketahui, maka nilai diuji ke tabel a. Karena n> 30 maka menggunakan kurva normal (tabel A) untuk menentukan probabilitas kejadian dibawah Ho. Nilai Z hitung sebesar 1,16454 dengan taraf signifikan 0,05 setelah dikonsultasikan pada tabel a diperoleh z tabel sebesar 1,164 Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel terpaan media masa lain (Z) dengan kesadaran politik mahasiswa (Y) mempunyai hubungan dengan tingkat signifikasi rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terpaan media masa lain tidak mempengaruhi kesadaran politik mahasiswa.

c. Hubungan antar variabel dengan terpaan media masa lain (Z) dengan aktivitas menonton News Dot Com (X).
Untuk mengetahui hubungan antara variabel dengan terapaan media masa lain (Z) dengan variabel aktivitas menonton (X) dapat diketahui dengan mengunakan rumus Rank Kendall. Langkah perhitunganya sama seperti pada hubungan variabel independen dengan variabel dependen. Langkah pertama yaitu membuat jenjang kembar dengan variabel kontrol (Z) dan variabel dependen (X), hasil penjanjangan dapat dilihat dalam lampiran, berikutnya membuat ranking dari data – data yang selanjutnya mengurutkan terlebih dahulu ranking dari variabel (Z) dengan urutan yang asli, baru kemudian diurutkan rangking dari aktivitas menonton (X) dimana urutannya mengikuti ranking pada variabel masing-masing vatriabel (Z) hasil perankingan yang disesuaikan dapat dilihat pada lampiran. Langkah selajutnya mencari nilai S dari variabel dependen yang telah disesuaikan dengan variabel kontrol.
Untuk mengetahui koifisien korelasi antara dua variabel Zdan variabel X, terlebih dahulu mencari nilai Tx dan nilai Tz, dengan menerapkan rumus yang sama seperti sebelumnya. Dari perhitungan pada lampiran diketahui nilai Tz = 113 dan Tx = 59
Dengan diketahui nilai Syx = 71, Ty = 65 Tx = 59 maka dapat dihitung koifisien korelasi antara variabel kontrol dengan variabel dependen (X) menggunakan rumus sebagai berikut:

Dari hasil koifisien antara variable terpaan media masa lain (Z) dengan aktifitas menonton (X) nilai tersebut akan dikonsultasikan pada tabel a (batas nilai kritis tabel Z) dengan mencari harga hitungnya dengan rumus:

Setelah nilai z hitung diketahui, maka nilai diuji ke tabel a. Karena n> 30 maka menggunakan kurva normal (tabel a) untuk menentukan probabilitas kejadian dibawah Ho. Nilai Z hitung sebesar 0,1 dengan taraf signifikan 0,05 setelah dikonsultasikan pada tabel a diperoleh z tabel sebesar 0,89
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel terpaan media masa lain (Z) dengan kesadaran politik mahasiswa (Y) mempunyai hubungan dengan tingkat signifikasi rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terpaan media masa lain tidak mempengaruhi kesadaran politik mahasiswa.

D. Hubungan antar variabel aktivitas menonton acara News Dot Com (X) terhadap kesadaran poitik mahasiswa (Y) yang dikontrol dengan terpaan media massa lain (Z)
Penelitian ini ingin mengetahui hubungan aktivitas menonton acara News Dot Com terhadap kesadaran politik mahasiswa juga ingin mengetahui apakah ada pengaruh dari variabel ketiga yang dalam hal ini adalah terpaan media masa yang lain.
Diasumsikan bahwa variabel aktivitas menonton News Dot Com berhubungan dengan kesadaran politik mahasiswa dan peneliti ingin mengetahui apakah hubungan diantara keduanya benar-benar dan bukan karena pengaruh dari variabel kontrol yaitu terpaan media masa lain.
Hal ini ada demungkinan terpaan media masa lain mempengaruhi aktivitas menonton News Dot Com terhadap kesadaran politik mahasiswa. Untuk menguji hubungan ketiga variabel ini dapat menggunakan korelasi parsial antara aktivitas menonton News Dot Com dengan politik mahasiswa. Rumus yang digunakan untuk menghitung korelasi parsial antara variabel x,y,z adalah parsial Rank Kendall sebagai berikut:

Guna menghitung korelasi parsialnya terlebih dahulu diketahui nilai . Dari perhitungan pada lampiran dietahui nilai = 0,09886, =0,1281, dan =0,011
Dengan menggunakan rumus parsial rank kendall perhitungannya adalah sebagai berikut:

Sebelumnya kita telah mengetahui hubungan antara aktivitas menonton News Dot Com dengan kesadaran poitik mahasiswa yaitu = 0,09886
dimana pengaruh dari variabel dari variabel terpaan media masa lain dianggap konstan. Setelah variabel terpaan media massa lain (Z) dimasukkan untuk mengontrol hubungan antara aktivitas menonton News Dot Com (X) terhadap kesadaran politik mahasiswa (Y) diperoleh = sebesar 0,09832 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Z dalam hal ini terpaan media masa lain mengontrol atau mempengaruhi hubungan antara variabel X dan variabel Y yang begitu lemah dan kemudian cenderung berkurang atau melemah dengan adanya terpaan media masa lain (variabel Z) yang juga lemah berperan dalam pembentukan kesadaran politik.

Testimoni

Filed under : blog, tags: , ,