Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Contoh Pembuatan Faktur dan Invoice

Oct
24
2013
by : Bupeko. Posted in : blog

contoh Faktur

F   A   K   T   U   R

No. : ………………

Pesanan No  : 001 / SH / PEMB / IX / 2013

Tgl                   : 23 Agustus 2013

Jumlah Uang : Rp. 5.000.000,-

Terbilang       : Lima Juta RupiahKepada Yth.

PT. Usaha Tirta Jaya Jl. Soekarno Hatta No 11

Palembang

Untuk pembayaran barang-barang tersebut dibawah ini, dan dikirim dengan : Truk

No

Nama Barang

Qty

Satuan Harga Jumlah

1

Meja Besar

1

Pcs

2.000.0000

2.000.000

2

Kursi

8

Pcs

300.000

2.400.000

3

Meja Dispenser

1

Pcs

300.000

300.000

 

 

Sub total :   Rp. 4.700.000,-

Biaya Pengiriman :      Rp. 300.000,-

Pajak :                   Rp. 0,-

Lain – lain :                    Rp. 0,-

TOTAL :            5.000.000,-

 

 

 Perhatian:                                                                                                                                                     

 

Pembelian hanya dianggap syah apabila                                                                                                     Ditandatangani oleh kuasa atau wakilnya

Hormat kami,

 

CV. Ronggo Jati – Sragen

 

***

PENGERTIAN FAKTUR DAN INVOICE

Faktur, tagihan atau tab adalah dokumen berharga yang diterbitkan oleh penjual kepada pembeli, yang berkaitan dengan transaksi penjualan dan menunjukkan produk, jumlah, dan harga yang disepakati untuk produk atau jasa penjual telah memberikan pembeli. Faktur hanya dapat diterbitkan oleh badan hukum. Pembayaran istilah biasanya dinyatakan pada faktur. Ini mungkin menetapkan bahwa pembeli memiliki jumlah maksimum hari untuk membayar, dan kadang-kadang ditawarkan diskon jika dibayar sebelum tanggal jatuh tempo. Pembeli bisa telah membayar untuk produk atau jasa yang tercantum pada faktur. Dalam industri sewa, faktur harus mencakup referensi khusus untuk durasi waktu ditagih, sehingga selain kuantitas, harga dan diskon jumlah faktur juga didasarkan pada durasi. Umumnya setiap baris faktur sewa akan mengacu pada jam aktual, hari, minggu, bulan, dll, yang ditagih. Dari sudut pandang penjual, invoice adalah faktur penjualan. Dari sudut pandang pembeli, invoice adalah faktur pembelian. Dokumen ini menunjukkan pembeli dan penjual, tetapi istilah invoice menunjukkan uang berutang atau karena.

***

(Keiretsu) atau tuntutan kurang pengendalian persediaan (Kanban). Untuk menyimpan faktur kerja administrasi biasanya diproses secara bulanan. Kelanjutan atau Faktur Berulang adalah standar dalam industri penyewaan peralatan termasuk alat sewa. Faktur berulang adalah salah satu yang dihasilkan secara siklis selama masa kontrak sewa. Sebagai contoh jika Anda menyewa sebuah excavator dari 1 Januari-15 April pada kalender siklus bulanan penagihan tunggakan yang Anda harapkan untuk menerima faktur pada akhir Januari lain pada akhir Februari lain pada akhir Maret dan akhir Off-rent faktur akan dihasilkan pada titik ketika aset dikembalikan. Prinsip yang sama akan diadopsi jika Anda ditagihkan dimuka atau jika Anda ditagih pada hari tertentu dari bulan.

 

Faktur elektronik belum tentu sama dengan EDI faktur. Faktur elektronik dalam arti luas mencakup EDI serta pesan XML faktur serta format lain seperti pdf. Secara historis format lain seperti pdf tidak termasuk dalam definisi yang lebih luas dari faktur elektronik karena mereka tidak mesin yang dapat dibaca dan manfaat proses pesan elektronik tidak dapat dicapai. Namun sebagai teknik ekstraksi data telah berevolusi dan sebagai masalah lingkungan telah mulai mendominasi kasus bisnis untuk pelaksanaan elektronik faktur format lain kini dimasukkan ke dalam definisi yang lebih luas.

 

FAKTUR ELEKTRONIK

Beberapa faktur tidak lagi berbasis kertas melainkan ditransmisikan secara elektronik melalui Internet. Hal ini masih umum untuk pengiriman uang elektronik atau faktur yang akan dicetak dalam rangka mempertahankan catatan kertas. Standar untuk faktur elektronik bervariasi dari satu negara ke negara. Electronic Data Interchange (EDI) standar seperti standar EDIFACT PBB termasuk pedoman pengkodean pesan untuk faktur elektronik. EDIFACT ini ditindaklanjuti di PBB / CEFACT ebXML faktur sintaks lintas industri.

 

EDIFACT

Standar PBB untuk faktur elektronik (“INVOIC”) termasuk kode standar untuk transmisi informasi header (umum untuk seluruh faktur) dan kode untuk transmisi rincian untuk masing-masing item baris (produk atau jasa). The “INVOIC” standar juga dapat digunakan untuk mengirimkan kredit dan debit memo. The “IFTMCS” standar digunakan untuk mengirimkan faktur pengiriman. Dalam undang-undang Uni Eropa disahkan pada tahun 2010 dalam bentuk direktif 2010/45/EU untuk memfasilitasi pertumbuhan Elektronik Faktur di semua negara-negara anggotanya. Undang-undang ini melayani berbagai PPN dan persyaratan faktur antar-negara dalam Uni Eropa di samping aturan-aturan hukum untuk keaslian dan integritas faktur yang dikirim secara elektronik. Diperkirakan bahwa pada tahun 2011 saja sekitar 5 juta bisnis Uni Eropa akan telah mengirim Elektronik Faktur. Buka Application Kelompok Integrasi Spesifikasi (OAGIS) dari OAGi.  Format pesan XML untuk faktur elektronik telah digunakan sejak awal XML pada tahun 1998. Buka Aplikasi Kelompok Integrasi Spesifikasi (OAGIS) sudah termasuk faktur sejak tahun 2001. OAGi (Open Aplikasi Group) memiliki hubungan kerja dengan UN / CEFACT mana OAGi dan anggotanya berpartisipasi dalam mendefinisikan banyak Teknologi dan Metodologi spesifikasi. OAGi juga termasuk dukungan untuk Teknologi dan Metodologi ini spesifikasi dalam OAGIS.

UBL

Format pesan XML untuk faktur elektronik telah digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Ada dua standar saat ini sedang dikembangkan. Salah satunya adalah industri faktur lintas sedang dikembangkan oleh PBB standar badan PBB / CEFACT dan yang lainnya adalah UBL (Universal Bisnis Language) yang dikeluarkan oleh OASIS (Organisasi bagi Kemajuan Structured Informasi Standar). Implementasi faktur berdasarkan UBL yang umum paling penting di sektor publik di Denmark karena merupakan negara pertama di mana UBL diamanatkan oleh hukum untuk semua tagihan dari sektor publik. Implementasi lebih lanjut sedang berlangsung di negara-negara Skandinavia sebagai akibat dari NES (North European Subset) proyek. Implementasi juga berlangsung di Italia Spanyol Belanda (UBL 2.0) [13] dan dengan Komisi Eropa sendiri.

Pekerjaan NES telah dialihkan ke CEN (Komite Eropa untuk Standarisasi) (standar tubuh Uni Eropa) lokakarya CEN / BII untuk pengadaan publik di Eropa. Hasil kerja yang merupakan pra-kondisi bagi PEPPOL pan pilot Eropa untuk pengadaan publik dibiayai oleh komisi Eropa. Ada dokumen pengadaan UBL akan dilaksanakan dalam pilot lintas batas antar negara-negara Eropa.

Perjanjian telah dibuat antara UBL dan UN / CEFACT untuk konvergensi dari dua XML pesan standar dengan tujuan menggabungkan dua standar menjadi satu sebelum akhir tahun 2009 termasuk penyediaan jalur upgrade untuk implementasi dimulai baik standar.

ISDOC

ISDOC adalah standar yang dikembangkan di Republik Ceko sebagai format universal untuk faktur elektronik. Pada tanggal 16 Oktober 2008 14 perusahaan dan Republik pemerintah menandatangani deklarasi untuk menggunakan format ini dalam waktu satu tahun dalam produk mereka.

 

                               

 

Testimoni

tags: ,

artikel lainnya Contoh Pembuatan Faktur dan Invoice



bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
Tuesday 24 September 2013 | blog

Internet Download Manager atau biasa disingkat IDM , adalah perangkat lunak yang mampumengunduh data-data yang ada…

Saturday 21 March 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR MULTIMEDIA     MEMBUAT ARTWORK DENGAN ACUAN NYATA…

Thursday 18 December 2014 | blog

--   MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB BIDANG METODOLOGI PELATIHAN KERJA          …

Monday 19 January 2015 | blog

Judul, Analisis Manajemen Pemasaran Dan Penerapan Tingkat Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Swalayan Di Daerah Palur…