Menu

Contoh Kontrak Kerja Sama

Mar
06
2014
by : 1. Posted in : blog

KONTRAK PEMBUATAN WEB-SITE (SITUS)

Nomor : CBN/LGL-SDV/76/VII/03

Tanggal : 11 Juli 2003

Pada hari Jum’at, tanggal sebelas, bulan Juli, tahun dua ribu tiga, yang bertanda-tangan di bawah ini:

Nama              :  Arif Fadillah

Jabatan          :  IT Coordinator Jakarta

Bertindak untuk dan atas nama :

PT. Freight Liner Indonesia

Jl, Kunir No.32 Blok A-1
Jakarta Barat – 11110

Indonesia

untuk selanjutnya disebut PELANGGAN,

Nama              : Imam H Pranoto

Jabatan          : Chief Information Officer

Bertindak untuk dan atas nama :

PT. CYBERINDO ADITAMA

Gedung Manggala Wanabakti IV, St. 618B

Jalan Gatot Subroto, Senayan
Jakarta 10270

untuk selanjutnya disebut CBN,

Kedua belah pihak dengan ini menyatakan SETUJU dan SEPAKAT untuk mematuhi, melaksanakan, dan mengikatkan diri secara hukum kepada ketentuan-ketentuan yang diatur sebagai berikut :

Pasal 1

PENYEDIAAN LAYANAN

1.1     Layanan ini hanya disediakan kepada PELANGGAN atau pihak lain yang telah diberikan wewenang oleh PELANGGAN yang terdaftar sebagaimana tercantum di atas, maka dengan demikian PELANGGAN bertanggung jawab sepenuhnya terhadap seluruh informasi dan data yang diberikan kepada CBN.

1.2     Segera setelah diterimanya uang muka dari PELANGGAN, CBN berkewajiban untuk menyediakan Layanan sebagaimana disebutkan dalam Lampiran (A).

Pasal 2

BIAYA DAN PEMBAYARAN

2.1     PELANGGAN sepakat untuk melunasi Biaya Layanan sesuai dengan jadwal pembayaran yang tercantum dalam Lampiran (B) yang telah disetujui bersama oleh kedua belah pihak.

2.2     Seluruh biaya Layanan yang telah ditetapkan sebagaimana tercantum dalam Lampiran (B), belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang akan dibebankan kepada PELANGGAN, termasuk jika ada pungutan lain yang dikenakan di luar biaya Layanan dengan melalui persetujuan tertulis dari PELANGGAN terlebih dahulu.

2.3     Pembayaran biaya-biaya yang dikenakan atas Layanan dapat dilakukan melalui transfer bank yang ditujukan kepada PT. CYBERINDO ADITAMA pada rekening Bank Central Asia (BCA) dengan nomor rekening 217.300249.1 BCA Cabang Kuningan, atau dengan membayar kontan langsung ke kantor CBN.

2.4     PELANGGAN sepakat bahwa terkecuali pembayaran langsung ke kantor CBN, setiap pembayaran melalui transfer bank yang telah dilakukan PELANGGAN, akan dilaporkan kepada CBN dengan mengirimkan bukti transfer pembayaran melalui faksimili ke nomor faksimili milik Web Department CBN 021-2510955 atau email ke alamat e-mail webdev@cbn.net.id

2.5     PELANGGAN sepakat untuk memberitahukan kepada CBN secara tertulis apabila PELANGGAN hendak melakukan Pemberhentian Layanan, paling lambat 2 (dua) minggu sebelum tanggal pemutusan, dan apabila PELANGGAN melakukan pembatalan Layanan yang disebabkan oleh bukan ketidak-mampuan CBN memenuhi kewajiban yang terdapat dalam kontrak ini, sebelum proses pengerjaan selesai, maka segala biaya layanan yang telah dibayarkan termasuk tapi tidak terbatas pada  uang muka tidak dapat dikembalikan.

2.6     Keterlambatan melunasi Biaya Layanan hingga 1 (satu) bulan setelah PELANGGAN menyetujui hasil Layanan (dengan diserahkannya acceptance letter dari PELANGGAN ke CBN) akan memberikan hak kepada CBN untuk menahan Web site (situs), atau menunda hosting Web site (situs).

Pasal 3

LAYANAN, HAK DAN TANGGUNG JAWAB

3.1     PELANGGAN berhak untuk menikmati dan memperoleh manfaat Layanan yang disediakan oleh CBN tercantum pada Lampiran (A).

3.2      CBN akan memberikan address website sementara yang hanya akan diberikan kepada PELANGGAN dan bukan untuk ditampilkan secara umum, agar PELANGGAN dapat melihat perkembangan pembuatan Web-Site (situs).

3.3     PELANGGAN dapat mengajukan perubahan besar terhadap rancangan pekerjaan yang telah disetujui, yang tidak mengakibatkan perubahan pada Lay-Out design atau Preliminary Design, sebanyak-banyaknya 2 (dua) kali perubahan pada setiap tahapan pembuatan Web site (situs).

3.4     Setiap perubahan informasi dan data yang dilakukan atas permintaan PELANGGAN akan dilakukan secara tertulis kepada CBN, dan CBN berkewajiban melakukan perubahan atas permintaan yang diajukan PELANGGAN sesuai dengan pasal 3.3.

3.5     CBN dapat menentukan tugas personilnya dalam pelaksanaan layanan, dan CBN dapat memberikan layanan yang sama kepada pelanggan lainnya, tanpa mengurangi sedikitpun kewajiban CBN memberikan Layanan kepada PELANGGAN.

3.6     Atas penyediaan Layanan yang disediakan CBN kepada PELANGGAN, maka CBN berhak untuk mendapatkan pembayaran Layanan sesuai dengan tarif dan prosedur pembayaran yang telah ditetapkan sebagaimana tercantum pada Lampiran (A).

3.7     CBN wajib memberikan jaminan kepada PELANGGAN atas hasil Layanan dengan pembatasan sebagaimana diuraikan dalam Lampiran (A).

Pasal 4

LARANGAN DAN SANKSI

4.1     Jika dikemudian hari CBN menerima keluhan dari pihak ketiga yang dapat membuktikan bahwa PELANGGAN telah melakukan tindakan yang merugikan pihak-pihak tertentu melalui Web site (situs) PELANGGAN yang telah dibuat oleh CBN, maka CBN dapat memberitahukan identitas PELANGGAN kepada pihak Kepolisian Republik Indonesia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Indonesia.

4.2     CBN dapat membekukan atau memutuskan Layanan dalam keadaan : (a) PELANGGAN lalai melunasi biaya-biaya yang dikenakan atas Layanan CBN menurut prosedur pembayaran yang telah ditentukan pada Pasal 2 kontrak ini, (b) PELANGGAN melakukan pelanggaran terhadap larangan-larangan penggunaan Layanan yang telah diatur dalam kontrak ini, (c) PELANGGAN telah menyatakan untuk membatalkan Layanan. (d) PELANGGAN tidak memberikan persetujuan atas hasil Layanan dari setiap tahapan layanan selambat-lambatnya 2 bulan sejak diselesaikannya setiap tahapan tersebut.

4.3     CBN tidak berkewajiban untuk mengembalikan seluruh pembayaran yang telah dilakukan PELANGGAN apabila PELANGGAN melakukan sebagaimana disebutkan pada ayat 4.2 huruf b dan d pasal ini.

4.4     CBN akan memberikan potongan kepada PELANGGAN sebesar 5% (lima persen) dari seluruh biaya pembuatan Web site (situs) untuk setiap 30 (tiga puluh) hari kerja keterlambatan dari rancangan pekerjaan yang telah disetujui (jadwal pembuatan Web site (situs) pada Lampiran A), yang tidak dikarenakan oleh perubahan rancangan pekerjaan oleh PELANGGAN, dan yang tidak dikarenakan oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar kemampuan CBN seperti yang tertera pada pasal 6 ayat 6.2. Maksimal pemberian potongan adalah 30% dari seluruh biaya pembuatan Web site (situs).

Pasal 5

KERAHASIAAN DAN KEPEMILIKAN DATA

5.1     Mengenai kerahasiaan data, maka :

5.1.1            CBN berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan seluruh data yang menyangkut usaha PELANGGAN yang secara jelas diberikan secara tertulis kepada CBN guna pelaksanaan Layanan, dan hanya dipergunakan sebatas pelaksanaan pembuatan Web site (situs) PELANGGAN, serta tidak dapat dipergunakan untuk hal lain.

5.1.2            CBN tidak berkewajiban untuk merahasiakan data yang sudah dapat diperoleh secara umum, data yang sudah menjadi milik CBN, data yang dibuat CBN diluar perjanjian ini, atau data yang secara sah didapat dari pihak lain di luar perjanjian ini.

5.1.3            CBN tidak berkewajiban untuk menyimpan segala ide, konsep, cara atau teknik yang berhubungan dengan data processing yang diserahkan oleh PELANGGAN atau yang dikembangkan selama proses pelaksanaan Layanan.

5.2     Mengenai hak kepemilikan data :

5.2.1            Seluruh materi asli, termasuk photo, teks, program, listings, dan dokumentasi program dalam bentuk dan dalam media apapun, yang diperoleh dari PELANGGAN, akan tetap menjadi milik PELANGGAN.

5.2.2            Untuk setiap penemuan dan pengembangan yang meliputi ide, konsep, cara atau teknik yang berhubungan dengan data processing yang dikerjakan dalam rangka pelaksanaan Layanan ini :

Jika dihasilkan oleh PELANGGAN, maka akan menjadi milik PELANGGAN
Jika dihasilkan oleh CBN, maka akan menjadi milik CBN dan CBN bersedia untuk bernegosiasi mengenai pemberian non-exclusive license kepada PELANGGAN.
Jika dihasilkan bersama, maka akan menjadi milik CBN dan PELANGGAN tanpa perhitungan lebih lanjut.

Pasal 6

PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

6.1     PELANGGAN bertanggung jawab atas program milik PELANGGAN yang diserahkan kepada CBN yang berkaitan dengan pelaksanaan Layanan.

6.2     CBN tidak bertanggung jawab atas kerugian, maupun terganggunya, tidak tercapainya dan tidak terpenuhinya penyediaan Layanan, sehubungan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar kemampuan CBN, termasuk tetapi tidak terbatas pada, bencana alam, kebakaran, sabotase, perang, huru-hara, perubahan keadaan yang disebabkan oleh peraturan atau hukum yang berlaku di wilayah yurisdiksi Republik Indonesia.

6.3     Keterlambatan penyelesaian Layanan yang dikarenakan perubahan rancangan pekerjaan diluar Pasal 3 ayat 3.3 oleh PELANGGAN bukan merupakan tanggung jawab CBN.

6.4     PELANGGAN bertanggung jawab atas pengiriman, penerimaan, dan penyebarluasan informasi, data maupun file melalui Web site (situs) milik PELANGGAN yang telah dibuat oleh CBN setelah ditanda-tanganinya Surat Persetujuan (Acceptance Letter) oleh PELANGGAN.

6.5     CBN tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan keuntungan, kerugian, kehilangan atau kerusakan file PELANGGAN yang terjadi sebagai akibat pelanggaran perjanjian atau jaminan, maupun kelalaian atau kesalahan PELANGGAN baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Pasal 7

JANGKA WAKTU

7.1     Kontrak ini tetap berlaku efektif hingga Pelaksanaan Layanan sesuai dengan rancangan pekerjaan selesai dan mendapat persetujuan tertulis dari PELANGGAN (acceptance letter), termasuk hingga berakhirnya masa jaminan (garansi) yang diberikan CBN kepada PELANGGAN sebagaimana disebutkan pada Lampiran (A).

7.2     Apabila pembayaran uang muka sebesar 25% (dua puluh lima persen) tidak dilakukan oleh PELANGGAN sebagai awal dimulainya pelaksanaan Layanan, maka masa berlaku kontrak ini akan berakhir selambatnya 2 (dua) bulan dari tanggal ditanda tanganinya kontrak ini.

7.3     Penyediaan Layanan akan berakhir pada saat Kontrak ini dibatalkan dan/atau diputuskan oleh CBN dan/atau PELANGGAN.

7.4     CBN dan PELANGGAN dapat mengajukan pembatalan secara tertulis paling lambat 2 (dua) minggu  sebelum tanggal pemutusan Kontrak yang diinginkan, dengan ketentuan sebagai berikut :

7.4.1            Dalam hal pembatalan Kontrak yang diajukan oleh PELANGGAN sebelum CBN menyelesaikan pekerjaannya, maka segala uang yang telah dibayarkan termasuk tapi tidak terbatas pada uang muka tidak dapat dikembalikan, kecuali pembatalan tersebut disebabkan oleh ketidak-mampuan CBN memenuhi kewajiban pembuatan materi Web site (situs) sesuai dengan cakupan layanan pada Lampiran (A).

7.4.2            Dalam hal pembatalan kontrak yang diajukan oleh CBN sebelum CBN menyelesaikan pekerjaannya, CBN akan mengembalikan seluruh uang muka dan pembayaran lainnya yang telah disetujui bersama bila ada, kecuali pemutusan disebabkan oleh ketentuan sebagaimana diatur pada pasal 4 ayat 4.2 huruf b dan d dari perjanjian ini.

7.5     PELANGGAN dapat mengajukan penundaan pelaksanaan Layanan dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan dan atau mengisi formulir penundaan web development CBN dengan menyebutkan jangka waktu penundaan dan dasar alas an yang jelas.

Pasal 8

FORCE MAJEURE

8.1     Yang dimaksud dengan Force Majeure adalah peristiwa yang terjadi di luar kemampuan para pihak dan mengakibatkan tidak dapat terlaksananya seluruh atau sebagaian ketentuan dalam Kontrak ini.

8.2     Yang dianggap peristiwa Force Majeure dalam Kontrak ini adalah :

Gempa bumi, banjir, badai, kebakaran, peristiwa yang disebabkan oleh bencana alam lainnya.
Kegagalan sarana telekomunikasi umum, kegagalan Backbone.
Sabotase, kerusuhan massa.
Perubahan keadaan yang disebabkan oleh peraturan atau kebijaksanaan pemerintah maupun Badan Pengelola Gedung Manggala Wanabakti.

8.3     Force Majeure harus diberitahukan secara tertulis oleh pihak yang mengalaminya, paling lambat 7 (tujuh) hari setelah peristiwa tersebut berakhir.

Pasal 9

PENYELESAIAN SENGKETA DAN PENERAPAN HUKUM

9.1     Isi dan pelaksanaan ketentuan kontrak pembuatan Web site (situs) ini tunduk kepada hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah yurisdiksi Republik Indonesia.

9.2     PELANGGAN bertanggung jawab atas kebenaran keterangan yang diberikan kepada CBN seperti tersebut dalam Kontrak ini atau formulir lainnya, dan segala akibat yang timbul karena tidak ditaatinya peraturan perundang-undangan yang berlaku dan ketentuan CBN, menjadi tanggung jawab PELANGGAN.

9.3     Setiap perselisihan yang timbul sehubungan pelaksanaan isi kontrak ini, akan diselesaikan secara kekeluargaan (musyawarah).

9.4     Apabila PELANGGAN dan CBN tidak dapat menyelesaikan perselisihan secara musyawarah, maka PELANGGAN dan CBN sepakat untuk menyelesaikan perselisihan melalui suatu Lembaga Arbitrase menurut ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Pasal 10

LAIN-LAIN

10.1 Seluruh korespondensi dari PELANGGAN wajib ditujukan kepada PT. Cyberindo Aditama, Gd. Manggala Wanabakti IV Lt. 6, Jl. Jend. Gatot Subroto Senayan, Jakarta, 10270 dengan alamat e-mail webdev@cbn.net.id, CBN tidak bertanggung jawab terhadap korespondensi di luar alamat tersebut.

Pasal 11

LAMPIRAN

Hal-hal lain mengenai rincian atas Web site (situs) dimuat pada Lampiran (A) serta Biaya Layanan pada Lampiran (B) tidak terpisahkan dan merupakan satu kesatuan serta mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan ketentuan dalam Kontrak ini.

Pasal 12

PERUBAHAN

12.1 CBN akan memberitahukan informasi penting kepada PELANGGAN tertentu melalui default email yang bersangkutan atau dengan mengirimkan surat ke alamat yang terdapat dalam Surat Persetujuan PELANGGAN. Sedangkan dalam terhadap hal-hal yang bersifat umum, CBN akan mengumumkan kepada seluruh PELANGGAN melalui situs web CBN pada alamat situs http://www.cbn.net.id

12.2 Apabila PELANGGAN tidak setuju dengan isi atau ketentuan yang baru, maka PELANGGAN berhak untuk menolak serta menyatakan menghentikan Layanan pada saat itu juga. Dalam hal ini pemutusan dapat dilakukan setiap saat setelah CBN menerima pernyataan dan konfirmasi dari PELANGGAN yang bersangkutan. Pemutusan tersebut tidak menghilangkan kewajiban PELANGGAN untuk melunasi seluruh kewajibannya yang terhutang.

Pasal 13

PENUTUP

Kontrak ini dibuat 2 (dua) rangkap dan bermaterai cukup yang masing-masing disimpan oleh CBN dan PELANGGAN serta mempunyai kekuatan hukum yang sama setelah ditanda tangani oleh CBN dan PELANGGAN.

Segala perubahan ketentuan Kontrak yang disetujui oleh PELANGGAN dan CBN, akan dimuat dalam Addendum yang merupakan bagian yang tidak terpisah dari Kontrak ini dan mempunyai kekuatan hukum yang sama.

PELANGGAN,                                                                                                      CBN,

Arif Fadillah                                                                                                  Imam H Pranoto

IT Coordinator Jakarta                                                                              Chief Information Officer

LAMPIRAN (A)

Cakupan Layanan

Untuk mendesign dan mengembangkan Web site (situs) dari PT. Freight Liner Indonesia berdasarkan materi dan bahan-bahan yang  diberikan oleh PT. Freight Liner Indonesia  untuk produk PT. Freight Liner Indonesia.

Tahap-tahap dari pengembangan Web site (situs) adalah berdasarkan sebagai berikut:

Preliminary Design
Editorial Development
Site Architecture
Mock-up Design
Graphic Production
Conversion Format
Site Review and Testing
Server Upload

Cakupan layanan dari pengembangan Web site (situs) adalah sebagai berikut:

1. Home

2. Profile

2.1 Vision & Mission

2.2 Overview/background/history

2.3 Structure Organization

2.4 Company Profile

3. Services

3.1 International Freight Forwarding

3.2 NVOCC

3.3 Cargo/Group age/Consolidation

3.4 Shipping Agencies

3.5 Shipping Chatering

4. Schedule (database)

5. Contact Us

5.1 Company Address

5.2 Feedback form (inquiry form)

Facilities:

1. One language (English)

2. Hit Counter

3. Date/time/day

4. Banner

5. Banner (main page/home)

6. Map

Jaminan

Jangka waktu jaminan atas Web site (situs) adalah 2 (dua) minggu terhitung dari tanggal diterimanya kembali acceptance letter oleh CBN dari PELANGGAN, atau dimulai setelah 2 (dua) minggu dari tanggal dikirimnya acceptance letter apabila acceptance letter tersebut tidak diterima kembali oleh CBN dari PELANGGAN.
Cakupan jaminan: Jaminan mencakup tidak berjalannya dengan baik atau seharusnya unsur-unsur dalam tampilan Web site (situs) PELANGGAN secara on-line yang telah dibuat oleh CBN, termasuk tetapi tidak terbatas pada error link, tampilan gambar yang tidak baik, tidak berjalannya design flash atau animasi.

Perkiraan Jadwal Pembuatan Web site (situs)

Description

Time Schedule

(Week)

1

2

3

Development Phase

Preliminary Design

Editorial Development

Site Architecture

Mock-up Design & Graphic Production

Conversion Format

Site Review and Testing

Note: Jadwal di atas merupakan Development Time Only dan dapat berubah sewaktu-waktu dikarenakan oleh perubahan rancangan pekerjaan oleh PELANGGAN.

LAMPIRAN (B)

Jadwal Pembayaran

DESCRIPTION

AMOUNT

25% of Web Development charge

50% of Web Development charge

25% of Web development charge

Rp  3.750.000,-

Rp  7.500.000,-

Rp  3.750.000,-

Segera setelah kontrak ini ditandatangani oleh kedua belah pihak,PT. Freight Liner Indonesia,wajib membayar uang muka sebesar 25% sebelum tahap Preliminary Design dimulai, dan 50% sebelum tahap Editorial Development phase, serta sisa 25% dari biaya web development wajib dibayarkan sebelum proses penanyangan design.

Total Web Development Charge

Rp  15.000.000,-

Biaya Features Tambahan diluar perjanjian kontrak pembuatan website ini :

Per graphic @ Rp 100.000,-
Per halaman (A4 size)  @ 250.000, -

artikel lainnya Contoh Kontrak Kerja Sama

Friday 27 March 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI         MEMBUAT ANIMASI DIGITAL…

Monday 3 November 2014 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR GARMEN SUB SEKTOR CUSTOM-MADE WANITA MENGIKUTI PROSEDUR KESEHATAN, KESELAMATAN KERJA (K3)…

Sunday 11 October 2015 | blog

NASKAH SOAL UTS SMA WARGA SURAKARTA TAHUN 2012 Mata Pelajaran : TIK Hari/tgl : Jumat, 28…

Wednesday 18 February 2015 | blog

  MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI         MELAKSANAKAN DAN…