Menu

Contoh Kata Pengantar Untuk Kewirausahaan

Mar
01
2014
by : 1. Posted in : blog

 

 

 

  

                                                                             Sragen,        Mei  2006.

Nomor            :  524 /     / IV / 27 / 06                            Kepada

Sifat                :  –                                                   Yth.  Bapak  Bupati  Sragen

Lampiran        :  1 (Satu buku)

Perihal            :  Usulan  Permohonan                        Di  SRAGEN.

Dukungan Dana APBD.

 

 

Kami laporkan dengan hormat, bahwa dalam rangka menciptakan lingkungan agribisnis peternakan yang nyaman, aman, sehat, rapi dan indah (ASRI) di Kabupaten Sragen, maka Pemerintah Kabupaten Sragen dalam waktu dekat, berencana menggerakkan kegiatan pengolahan pupuk kompos kepada masyarakat luas.

Sehubungan dengan hal tersebut, sesuai arahan Bapak Bupati akan didirikan sebuah perusahaan pengolah pupuk kompos Pemerintah Kabupaten Sragen. Untuk maksud tersebut, kami mohon dengan hormat sudilah kiranya Bapak Bupati Sragen berkenan untuk memberikan dana Investasi sebesar Rp.1.600.000.000,00 (Satu milyar enam ratus  juta rupiah) dari  alokasi dana pembangunan pada Penetapan APBD Kabupaten Sragen tahun  2007.

Perlu kami laporkan pula bahwa pada lokasi Pusat Peternakan Terpadu (PPT) UPTD. Aneka Usaha Ternak Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sragen, masih tersedia lahan yang cukup luas sebagai salah satu alternatif penempatan perusahaan pengolah kompos tersebut. Selanjutnya sebagai bahan pertimbangan usulan kami, bersama ini disampaikan satu buku Corporate Planning pendirian perusahaan pengolah kompos terlampir.

Demikian untuk menjadikan periksa dan mohon petunjuk lebih lanjut.

KEPALA DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN

KABUPATEN SRAGEN

 

 

 

 

Ir.  SRI HARDIARTI

Pembina Tingkat  I

NIP. 010 152 510

KATA PENGANTAR

 

 

Pada saat ini, usaha agribisnis Peternakan di Kabupaten Sragen berkembang pesat, utamanya budidaya ternak penggemukan dan perbibitan Sapi Potong, Ternak Ayam Broiler, Ternak Kambing dan Domba. Selanjutnya dalam upaya pengembangan agribisnis peternakan  tersebut, Pemerintah Kabupaten Sragen selalu konsisten untuk senantiasa memacu pengembangannya guna menjadikan sebagai salah satu kegiatan agribisnis unggulan Daerah. Kebijaksanaan ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah yang didukung oleh partisipasi aktif masyarakat peternakan Sragen dalam rangka menjadikan daerah Sragen sebagai tujuan utama Investasi Agribisnis Peternakan yang utama di Propinsi Jawa Tengah.

Ditinjau dari aspek pembangunan ekonomi makro, kebijakan Pemerintah Kabupaten Sragen ini dinilai sangat strategis, karena selama ini usaha di bidang peternakan ternyata mampu memperluas kesempatan berusaha, menciptakan lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja setempat dan meningkatkan pendapatan masyarakat di satu sisi, menurunkan angka kemiskinan serta meningkatnya kontribusi terhadap pendapatan regional di sisi lain

Namun demikian, fakta di lapangan menghadapi suatu kendala yang harus segera diatasi dengan sebaik-baiknya. Meskipun sebenarnya kendala ini merupakan suatu peluang bisnis yang cukup menarik, yaitu Bagaimana produk kotoran ternak yang berlimpah dan mulai dirasakan mengganggu lingkungan, dapat ditingkatkan  pemanfaatannya sebagai bahan baku pupuk kompos dalam rangka mendukung optimalisasi pertanian organik di Daerah Sragen. Karena secara Nasional,  Kabupaten Sragen sudah dikenal mempunyai Bench mark sebagai pelopor terdepan dalam pengembangan Budidaya Pertanian tanaman Padi Organik di Indonesia.

Oleh karena itu, maka secara Pemerintah Kabupaten bersama dukungan seluruh masyarakat peternakan Sragen, bermaksud untuk melaksanakan kerjasama bisnis melalui peningkatan pemanfaatan kotoran ternak secara optimal, dengan gerakan pengolahan pupuk kompos yang berbahan baku kotoran ternak Ayam Broiler dan Kotoran Sapi Potong.

Penyusunan buku corporate planning ini, bertujuan untuk menyampaikan masukan-masukan yang penting kepada Bapak Bupati Sragen dalam rangka persiapan rencana pendirian perusahaan pengolah kompos yang bermitra usaha dengan kelompok-kelompok tani ternak se Kabupaten Sragen.

Semoga buku Corporate Planning ini menjadi langkah awal dalam merealisasi kerjasama Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Peternakan Sragen dalam rangka menjalin hubungan bisnis antara Pemerintah dan dunia usaha (G2B) yang sekaligus untuk lebih merekatkan hubungan dua arah antara Pemerintah Kabupaten dan Masyarakat peternakan Sragen (G2C) guna meningkatkan pemanfaatan kotoran ternak sebagai bahan baku pupuk Kompos.

Sragen,        Mei 2006.

KEPALA DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN

KABUPATEN SRAGEN

 

 

 

 

 

Ir.  SRI HARDIARTI

Pembina Tingkat  I

NIP. 010 152 510

 

DAFTAR ISI

 

Halaman

SURAT PERMOHONAN…………………………………………

KATA PENGANTAR ………………………….……….…………

DAFTAR  ISI………………………………………………………..

DAFTAR  LAMPIRAN.……………………………………………

DAFTAR  ILUSTRASI……………………………………………

EXECUTIVE  SUMMARY……………………………………….

ii

iii

iv

v

vi

vii

BAB I.

 

 

 

 

 

BAB II.

 

 

 

BAB III.

 

 

BAB IV.

 

BAB V.

 

 

PENDAHULUAN………………………….…………

  1. Dasar Pemikiran ………………………………….
  2. Nama dan Alamat Perusahaan …………………
  3. Bidang Usaha …………………………………….
  4. Tujuan ……………………………………………..
  5. Sasaran ……………………………………………
  6. Dampak…………………………………………….
  7. Manfaat Bagi Daerah dan Nasional…………….
  8. Kegiatan Usaha Yang Utama …………………..

KEADAAN PERUSAHAAN PADA SAAT INI..

  1. Pusat Kegiatan Usaha dan Peralatan Kerja……
  2. Tenaga Kerja ………………………………………
  3. Omzet dan Daerah Pelayanan ………………….
  4. Prospek Usaha ……………………………………

MANAJEMEN PENDIRIAN PERUSAHAAN…

  1. Manajemen Pembangunan Proyek……………..
    1. Manajemen Operasional Perusahaan………….

ANALISIS EKONOMI USAHA ………………….

  1. Perkiraan Cashflow Budget ……………………..
    1. Perhitungan Indikator Kelayakan ……………….

KESIMPULAN ………………………………………

DAFTAR PUSTAKA ……………………………….

LAMPIRAN ………………………………………….

1

1

2

2

3

4

5

5

7

8

8

8

9

9

10

10

12

17

17

17

19

20

21

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran   :                                                                                  Halaman                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Halaman
 

1.

2.

3.

 

Cashflow Budgetting Perusahaan Pengolah Kompos Kabupaten Sragen untuk Perencanaan  5 Tahun Usaha (Tidak dengan Pra Proyek) Tahun 2005 – 2010..…………

Perhitungan Present Value (PV) Keuntungan Bersih Perusahaan Pengolah Kompos Kabupaten Sragen Berdasarkan suku Bunga Bank 18 %……………..……..…

Konsep Surat Keputusan Bupati Sragen Tentang Pendirian Perusahaan Pengolah Pupuk Kompos Pemerintah Kabupaten Sragen………………………………

 

 

22

23

24

DAFTAR ILUSTRASI

 

Ilustrasi   :                                                                                     Halaman                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Halaman
 

1.

2.

3.

 

Lay Out Hubungan Kemitraan Perusahaan Pengolah Pupuk Kompos Pemerintah Kabupaten Sragen dengan Kelompok Tani Ternak dan Konsumen Pengguna Pupuk Kompos…………………………………………………………

Hubungan antara Masa Kehidupan Produk (Product Life Cycle), Volume Penjualan dan Tingkat Perolehan Laba Perusahaan…………………………………………………….

Alternativ Struktur Organisasi Perusahaan Pengolah Pupuk Kompos Pemerintah Kabupaten Sragen……………

 

13

15

16

 
 
 
 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

EXECUTIVE SUMMARY

CORPORATE PLANNING  PENDIRIAN PERUSAHAAN PENGOLAH PUPUK KOMPOS KABUPATEN SRAGEN

Oleh   :

Ir. SRI HARDIARTI

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan

Kabupaten Sragen

 

Kabupaten Sragen yang mencakup wilayah seluas 94.155 hektar dengan jumlah penduduk sebesar 900.000 jiwa, memiliki potensi sumberdaya yang cukup untuk mendukung kesejahteraan kehidupan masyarakatnya. Potensi sumberdaya peternakan selama ini telah diketahui mampu memberikan kontribusi yang penting terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat Sragen.

Perkembangan agribisnis peternakan yang pesat, utamanya perbibitan ternak sapi dan penggemukan sapi potong, ternak kambing dan Domba serta budidaya ternak ayam potong. Peternakan ayam potong dengan jumlah kandang kemitraan 125 unit dan kapasitas kandang 1.300.000 ekor,  menghasilkan kotoran ayam potong sangat berlimpah. Produksi kotoran ayam kering dalam satu tahun usaha diperhitungkan mencapai kurang lebih 150.000 ton, mulai dirasakan mengganggu lingkungan. Keadaan ini secara nyata memerlukan adanya penanganan yang lebih baik dari berbagai pihak yang terkait. Meskipun Produksi kotoran ayam yang sebanyak itu, sudah berdampak kurang menguntungkan, sebenarnya sangat prospektif dan potensial sebagai bahan baku pupuk kompos dalam rangka mendukung optimalisasi keberhasilan program pertanian organik di daerah Sragen.

Seiring dengan itu, Kabupaten Sragen mempunyai luas areal panen pertanian padi mencapai sekitar 90.000 hektar per tahun, secara ideal memerlukan ketersediaan pupuk kompos sebesar  ± 630.000 ton / tahun. Kebutuhan pupuk kompos sebanyak 630.000 ton per tahun tersebut,  diharapkan dapat disediakan dari kompos kotoran sapi sebanyak  580.000 ton dan dari kompos kotoran ayam sebanyak 150.000 ton per tahun.

Apabila seekor sapi dewasa mampu menghasilkan 5 ton kotoran per tahun, maka kebutuhan pupuk kompos dari  kotoran ternak sapi di atas, seharusnya dapat dihasilkan  ternak sapi sebanyak  117.000  ekor. Menurut laporan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sragen, populasi ternak sapi pada tahun 2005 tercatat sebanyak 76.431 ekor, sehingga  Kabupaten Sragen masih  terdapat  kekurangan ternak sapi  sebanyak 40.569 ekor.

Visi yang ingin dicapai dari rencana pendirian perusahaan pengolah pupuk kompos pemerintah Kabupaten Sragen ini adalah menciptakan kondisi masyarakat Peternakan Kabupaten Sragen sebagai motor penggerak pengolahan  kompos  dari  kotoran  ternak dan  sampah  pekarangan  yang ada

untuk memacu perekonomian rakyat dalam rangka meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi daerah di satu sisi serta peningkatan kesejahteraan penghidupan rakyat, peningkatan penyerapan lebih banyak tenaga kerja setempat  dan mengurangi kemiskinan sebagian rakyat Sragen di sisi yang lain.

Sedangkan Misi yang dilaksanakan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternakan se Kabupaten Sragen melalui peningkatan kemampuan ekonomi, penguasaan teknologi peternakan untuk memperbaiki kualitas kinerjanya. Pendirian perusahaan pengolah kompos Pemerintah Kabupaten Sragen bertujuan  untuk  :

  1. Memproduksi pupuk kompos dan kompos granular dalam sekala besar dengan cara membangun kemitraan dengan kelompok – kelompok peternak sapi potong dan kelompok peternak ayam potong yang tersebar se Kabupaten Sragen.
  2. Meningkatkan pemanfaatan kotoran Ayam Broiler, Ternak Sapi Potong dan sampah-sampah pekarangan keluarga peternak dan masyarakat luas melalui gerakan pengolahan pupuk kompos dan kompos Granular.
  3. Mendorong partisipasi masyarakat peternakan Sragen untuk lebih peduli terhadap terciptanya lingkungan hidup yang nyaman, aman, sehat, rapi dan indah dalam nuansa agribisnis peternakan yang professional.
  4. Merciptakan iklim usaha dan investasi agribisnis peternakan di Kabupaten Sragen yang kondusif.

e.   Meningkatkan pemanfaatan potensi dana-dana tabungan yang dimiliki masyarakat dan Kelompok Tani Ternak se Kabupaten Sragen, sehingga mampu meningkatkan kinerja usahanya.

Beberapa kegiatan utama yang dilaksanakan Perusahaan Pengolah Pupuk Kompos Pemerintah Kabupaten Sragen adalah   :

  1. Pengolahan pupuk kompos dari bahan baku kotoran ternak ayam Broiler dan kotoran ternak Sapi Potong dalam sekala besar, dengan mengimplementasikan Bioteknologi Peternakan secara  terpadu.
  2. Pengolahan pupuk kompos granular dengan Formula tertentu, guna memanfaatkan kompos kotoran ternak ayam Broiler, kompos kotoran ternak Sapi Potong dan sampah pekarangan keluarga peternak.
  3. Pengadaan bahan – bahan pelengkap untuk proses pengolahan pupuk kompos Granular.
  4. Membangun Jaringan keagenan pemasaran pupuk kompos granular ke berbagai segmen pasar  dan PT. Pupuk Sriwijaya Palembang.
  5. Pendistribusian pupuk kompos dan pupuk kompos granular sesuai dengan order yang diterima perusahaan dengan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

Prospek perusahaan pengolah pupuk kompos Pemerintah Kabupaten Sragen ke depan cukup bagus, mengingat bahwa Daerah Sragen merupakan salah  satu  daerah  Pusat  Produksi  Beras  terbesar  di  Jawa Tengah maupun

Nasional.  Pertimbangan   yang   lain   adalah   bahwa   terdapat  banyak usaha

Peternakan Kecil yang cukup pesat perkembangannya, sehingga diharapkan mampu memasok bahan baku pupuk kompos dari kotoran ternak untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani Sragen dan sekitarnya, kebutuhan pupuk kompos antar daerah di Jawa maupun ke luar pulau Jawa.

Selanjutnya, sebagai bahan pertimbangan Bapak Bupati, berdasarkan hasil perhitungan proyeksi finansiel analisis kelayakan Ekonomi Usaha, dapat disampaikan bahwa dengan investasi sebesar  Rp. 1.600.000.000,0 dengan suku bunga Bank yang dipersyaratkan sebesar 18 %, dapat disampaikan resume sebagai berikut   :

  1. Present Value of Proceed (PV)           :  2.248.102.950,00
  2. Net Present Value (NPV)                     :  648.102.950,00
  3. Benefit Cost Ratio (B / C)                     :  1,41
  4. Pay Back Periode (PB)                         :  3,56  Tahun.
  5. Internal Rate of Return (IRR)               :  34,84 %
  6. Average Rate of Return (ARR)            :  28,57  %
  7. Profitability Index (P I)                          :  1,41

Dengan memperhatikan indikator kelayakan usaha tersebut, dapat disimpulkan bahwa Corporate Planning pendirian perusahaan pengolah pupuk kompos  Pemerintah Kabupaten Sragen, layak mendapatkan  persetujuan  Investasi sebesar Rp. 1.600.000.000,00 atau lebih.

Dampak ekonomi dari adanya realisasi investasi Perusahaan Pengolah Pupuk Kompos Pemerintah Kabupaten Sragen ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan ekonomi dan penguasaan teknologi peternakan. Dampak lain yang akan diperoleh, adalah semakin meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap kegiatan pembangunan daerah Sragen yang disertai dengan eliminasi faktor negativ agribisnis peternakan sebagai salah satu pemicu kemunculan Impending Disaster  (demo masa yang anarkhis, liar dan penuh kebrutalan) di tengah-tengah masyarakat Sragen.

artikel lainnya Contoh Kata Pengantar Untuk Kewirausahaan

Monday 4 May 2015 | blog

Kami menerima pembuatan vector dari foto anda foto berbentuk jpg atau png akan Kami sebagai penyedia…

Tuesday 12 May 2015 | blog

    MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR PROGRAMMER KOMPUTER       MEMBUAT…

Tuesday 25 November 2014 | blog

            PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR JASA PERUSAHAAN BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN LEVEL…

Wednesday 18 June 2014 | blog

        PROPOSAL PENAWARAN SOLUSI EFISIENSI &  INOVASI TEPAT GUNA   KANTOR : Perumnas…