Advertisement
loading...

Pada tahun 1980 didirikanlah bursa mahasiswa yang menjual keperluan mahasiswa, berupa alat tulis, buku dan sebagainya. Bursa mahasiswa itu didirikan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) yang ingin mengembangkan bakat kewirausahaan. Semula kegiatan yang berprofit tersebut hanya diselenggarakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), akan tetapi setahun kemudian berdirilah bursa mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK). Setelah diadakan pertemuan yang insentif antara pengurus bursa mahasiswa FISIP dengan pengurus bursa mahasiswa FK, akhirnya pada tanggal 17 Februari 1983 disepakati berdirinya Koperasi Mahasiswa Sebelas Maret dengan ketua pertama mahasiswa kedokteran angkatan 1980. Sejak tahun 1986 sampai dengan tahun 1999, keanggotaan KOPMA UNS bersifat otomatis, artinya setiap mahasiswa baru UNS secara otomatis menjadi anggota KOPMA UNS. Akan tetapi, berdasarkan ketetapan RAT XVI, sesuai dengan prinsip koperasi yang pertama, yaitu sukarela dan terbuka, maka status keanggotaanyapun diubah dari otomatis menjadi terbuka.

KOPMA UNS merupakan unit kegiatan mahasiswa yang secara struktural berada dibawah Pembantu Rektor III, yaitu bidang kesejahteraan mahasiswa. Berbeda dengan unit kegiatan mahasiswa yang lain, KOPMA UNS tidak mendapatkan subsidi finansial seperti UKM yang lain dilingkungan UNS sejak tahun 2003. Selain itu KOPMA UNS dalam hal pembinaanya melibatkan instansi pemerintah lain yaitu Dinas Koperasi dan Dinas Tenaga Kerja.

Advertisement

B. Visi. Misi dan Tujuan

1. Visi

Dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari, tentunya ada sebuah konsep yang berguna untuk mempersatukan langkah bersama-sama. Maka disusunlah sebuah visi perusahaan untuk mempersatukan pandangan, yaitu :

“Terwujudnya kesejahteraan anggota, sumber daya anggota yang handal, mapan, baik dalam usaha maupun posisi”.

2. Misi

a. Meningkatkan kesejahteraan anggota dan selalu meningkatkan kualitas layanan pada anggota.

b. Meningkatkan pengetahuan anggota terhadap nilai-nilai perkoperasian pengembangan kemampuan keorganisasian serta kemampuan menejerial yang baik.

c. Selalu melakukan peningkatan dan perbaikan menejemen, peningkatan efisiensi, efektifitas dan produktifitas organisasi serta usaha.

d. Meningkatkan hubungan baik dalam rangka menumbuhkan image yang positif pada masyarakat kampus dan masyarakat luas.

3. Tujuan

Tujuan KOPMA UNS adalah :

a. Meningkatkan kesejahteraan anggota dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap anggota.

b. Mempersiapkan sumber daya anggota KOPMA UNS sebagai kader yang memiliki jiwa koperasi dan kepemimpinan yang sanggup memegahkan persoalan yang dihadapi dengan keterampilan menejerial serta siap melanjutkan estafet kepemimpinan dan terjun dalam masyarakat luas.

c. Memperbaiki infrastruktur organisasi dan unit usaha KOPMA UNS dalam memperkokoh pondasi sehingga siap untuk dikembangkan menjadi unit yang menghasilkan laba maksimal.

d. Meningkatkan partisiasi aktif masyarakat kampus dan masyarakat dalam luas dalam sebuah kerjasama yang saling menguntungkan.

C. Fungsi, Peran dan Prinsip

1. Fungsi dan Peran

Dalam menjalankan aktifitasnya ditengah dinamika masyarakat dan gerakan Koperasi Indonesia maka KOPMA UNS memiliki lima fungsi dan peran (pasal 5 anggaran dasar) sebagai berikut :

a. Sebagai wadah pengembangan potensi dan kemampuan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi

b. Berperan membina kader koperasi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Prinsip-prinsip

Disamping fungsi dan peran diatas KOPMA UNS juga harus mengedepankan prinsip-prinsip dalam menjalankan aktivitasnya (pasal 6 Anggaran Dasar) yaitu

a. Keanggotaan Koperasi adalah terbuka

b. Pengelolaan dikelola secara demokratis

c. Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil

d. Pemberian balas jasa yang terbatas pada modal

e. Kemandirian

f. Pendidikan Perkoperasian

g. Kerjasama antar Koperasi

D. Kedudukan dan Dasar Hukum

1. Kedudukan

KOPMA UNS berkedudukan di Jl. Ir. Sutami 36 A Surakarta Jawa Tengah 57126 Telepon/Fax (0271) 641213 Web Site www.kopma.uns.ac.id, email : kopmauns@uns.ac.id Kedudukan di kampus Universitas Sebelas Maret , Kentingan Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kodya Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Sedangkan untuk unit usaha tersebar di dua lokasi

- LPK/LPTK di Jl. Kol. Sutarto 150 Surakarta

- Unit Simpan Pinjam Syariah, Mini Market Sejahtera, Wartel dan Foto Copy di Jl. Ir. Sutami 36A

2. Dasar Hukum

Koperasi merupakan suatu badan usaha yang harus memiliki legalitas dokumen. Adapun dokumen legalitas yang dimiliki oleh KOPMA UNS adalah sebagai berikut :

1. Badan Hukum Nomor 9733/BH/VI/1983

2. Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) 1.245.867.5.526

3. SIUUP Nomor 16-134/11.15/PM/II/2001

4. Tanda Daftar Perusahaan : 11.16.26.00026

5. Tanda Keanggotaan Koperasi Pemuda Indonesia : 40

6. H.O nomor : 503/654/40/2001

E. Prestasi Koperasi

F. Struktur Organisasi dan Personalia

G. Unit Usaha

H. Struktur Personalia Unit Usaha

I. Kegiatan Personalia KOPMA UNS

J. Peraturan Perusahaan KOPMA UNS

Testimoni

Filed under : blog, tags: , ,
SLIDESERAGAMBATIK