Advertisement
loading...

COMPANY PROFILE
KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET

I. ALAMAT DAN KEDUDUKAN
Koperasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta beralamat di :
Jl. Ir. Sutami 36 A Surakarta Jawa Tengah 57126
Telepon/Fax (0271) 641213
Web Site : www.kopma.uns.ac.id ; email : kopmauns@uns.ac.id
Kedudukan di kampus Universitas Sebelas Maret , Kentingan Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kodya Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Advertisement

II. KEANGGOTAAN
Berdasarkan RAT XVII keanggotaan KOPMA UNS berubah dari Sistem Keanggotaan Otomatis menjadi Sukarela dan Terbuka. Perkembangan terakhir jumlah total anggota KOPMA UNS mencapai 19.676 orang.

III. UNIT KEGIATAN
1. Lembaga Intern
a. Visi dan misi KOPMA UNS sebagai kader koperasi dan koperasi kader menuntut KOPMA UNS untuk secara aktif mencetak kader-kader yang handal dan berkualitas.
Lembaga Semi Otonom terbagi menjadi 3 bidang :
a. FKSEK ( Forum Kajian Sosial Ekonomi dan Koperasi ), merupakan wadah bagi anggota untuk mengembangkan kreatifitas dalam pengkajian dan penelitian khususnya di bidang ekonomi dan koperasi.
b. KATERA ( Lembaga Penerbitan KOPMA UNS ), merupakan wadah bagi anggota untuk mengembangkan kemampuan dan inovasinya di bidang pers dan jurnalistik.
c. DETEKSI ( Lembaga Pelatihan dan Koordinator Fakultas ), merupakan lembaga yang berfungsi sebagai ‘ penyambung lidah ‘ KOPMA UNS di fakultas sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara pengurus dan anggota, pula bisa terjadi informasi dua arah sehingga keberadaan KOPMA benar-benar mampu menjadi kebanggan anggotanya.

2. PPWM ( Pusat Pengembangan Wirausaha Mahasiswa )
Sebagai wahana wujud nyata dari kerangka kebijakan pengembangan makro dalam membina mental kewirausahaan yang berorientasi pada kemandirian mahasiswa. Harapannya, setelah lulus dari jenjang studinya mahasiswa memiliki kemampuan tangguh dalam berwiraswasta, mengembangkan usaha mandiri dan menjadi pelopor wirausaha masyarakat.

IV. PRESTASI
Koperasi terbaik / koperasi teladan se-Jawa Tengah dalam rangka HUT koperasi ke- 46
Juara II dalam final Cerdas Cermat koperasi di Stasiun TVRI Yogyakarta
Juara I Lomba cerdas cermat kader koperasi kodya Surakarta
Juara II Lomba Cerdas Cermat tingkat propinsi di Kanwil Kep. Kop Semarang
Penghargaan sebagai koperasi terbaik tingkat nasional
Sebagai Koordinator Forum Komunikasi Mahasiswa se-Indonesia (FKKMI)
Sebagai Koordinator Wilayah Jawa Tengah FKKMI
Sebagai Ketua Pengawas FKKMI
Sebagai Koordinator FKKMI Wilayah Jawa Tengah
Sebagai agen pos terbaik Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta
Prestasi lain baik di bidang perkoperasian maupun non perkoperasian

V. KEGIATAN USAHA
Unit-unit usaha yang dikelola secara mandiri dan kerjasama oleh KOPMA UNS, antara lain :
1. Minimarket SEJAHTERA
Minimarket sebagai salah satu unit usaha yang representatif terhadap fungsi pelayanan kepada anggota.
2. Simpan Pinjam Syariah (Simpin Syariah)
Simpin Syariah merupakan unit usaha yang memberikan andil besar dalam upaya pemenuhan kebutuhan anggota, bagi mereka yang ingin memulai usaha baru, mengembangkan usaha atau memenuhi kebutuhan unit ini akan membantu panitia banyak membantu.
3. Foto copy MANDIRI
Kebutuhan mahasiswa akan foto copy diupayakan secara optimal oleh unit fotocopy KOPMA UNS. Sehingga diharapkan dapat menjadi KOPMA FOTO COPY CENTER.
4. Wartel/ Warpostel
Wartel/ Warparpostel merupakan salah satu unit usaha KOPMA UNS yang memberikan pelayanan baik kepada anggota maupun masyarakat umum. Jasa-jasa yang disediakan antara lain : SLJJ, SLI, PTD, Telegram, Telex, Facsimile, serta pelayanan pos dan benda-benda pos.
5. LPK/LPTK
LPK KOPMA UNS yang didirikan pada tahun 1991 dan operasionalnya Mei 1992. Dalam perkembangannya usaha LPK ini maju dnegan pesat.
6. Minimarket Hipotesa
Minimarket ini berlokasi di Fakultas MIPA UNS, sebagai salah satu unit usaha yang representatif terhadap fungsi pelayanan kepada anggota.
7. Minimarket Osteo
Minimarket ini berlokasi di Fakultas Kedokteran, sebagai salah satu unit usaha yang representatif terhadap fungsi pelayanan kepada anggota.

Website 300000

COMPANY PROFILE 2006
KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA

I. PENDAHULUAN
Mahasiswa sebagai akademisi dan intelectual society akan selalu berorientasi ilmiah yang memiliki solidaritas sosial yang tinggi. Karena itu tuntutannya adalah pengembangan potensi diri secara maksimal dan terarah guna menggali potensi keunggulan pribadinya.
Kenyataan yang ada, badai krisis telah melumpuhkan sendi-sendi ekonomi. Salah satu dampaknya adalah terus membengkaknya jumlah pengangguran. Pertanyaan sederhana : “Akankah kita akan menambah panjangnya antrean pelamar pekerjaan setelah lulus nanti ?”. Kalau jawabnya tidak, mau tidak mau selagi masih ada kesempatan sebagai mahasiswa harus mempersiapkan diri berkompetisi. Kewirausahaan adalah suatu alternatif pembekalan diri yang sangat strategis untuk berkompetisi di era globalisasi.
Ke depan, ukuran seseorang terletak pada kemampuan dan prestasinya. Karenanya kita harus siap berpacu dalam prestasi dan pengembangan diri agar tidak tersisih oleh ketatnya kompetisi.
KOPERASI MAHASISWA UNS sebagai lembaga usaha, pendidikan dan sosial menjadi sangat strategis untuk mewujudkan cita-citanya sebagai koperasi kader dan kader koperasi dalam meningkatkan kualitas SDM di bidang perkoperasian dan kewirausahaan.Maka sebagai wadah pembelajaran serta keinginan menciptakan sumber daya manusia yang unggul, sepantasnya mahasiswa menjadikan KOPMA UNS sebagai pilihan terbaik untuk mengembangkan potensinya.
Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ), KOPMA UNS jelas berbeda dengan yang lain oleh karena tuntutan profesionalisme. KOPMA UNS mengelola usaha untuk mensejahterakan anggotanya, punya relasi bisnis yang kuat dan punya fenomena yang menarik, terkait sebagai lembaga bisnis yang juga memiliki karyawan.

II. SEJARAH SINGKAT
Pada awal berdirinya Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam era tahun 1981, mempunyai dua dimensi tujuan, yaitu :
 Dimensi ekonomi, yaitu memenuhi kebutuhan anggotanya.
 Dimensi pendidikan, yaitu membentuk sumber daya manusia yang berkualifikasi sebagai kader motivator, inovator dan profesional dalam bidang perkoperasian.
Koperasi Mahasiswa Sebelas Maret Surakarta (KOPMA UNS) mempunyai potensi dan merupakan aset nasional yang sangat berharga untuk didayagunakan secara efektif. Pembentukan dan pembinaan generasi muda dalam berkoperasi adalah langkah strategis yang tidak dapat ditunda-tunda lagi.
KOPMA UNS, sejalan dengan konsep awal pendiriannya maka berusaha keras untuk merealisasikan konsep tersebut untuk membentuk sumber daya manusia dalam hal ini civitas akademika UNS. Pada tahun 1976 diawali dengan bursa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Kedokteran UNS yang ternyata mempunyai prospek dan banyak dinikmati oleh para mahasiswa, maka kemudian beberapa orang mencoba menyatukan bursa tersebut dalam suatu wadah yang kemudian dinamakan Koperasi Mahasiswa, dengan rekomendasi pembentukan pada bulan Desember 1980.
Pada tahun 1983, KOPMA UNS berhasil mendapatkan status badan hukum tanggal 17 Februari 1983. Pada tahun 1985, berdasarkan SK REKTOR UNS, sistem keanggotaannya menjadi otomatis, dalam pengertian bahwa jika seseorang adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret, sehingga secara otomatis pula menjadi anggota koperasi mahasiswa. Sistem ini berlangsung hingga tahun 2000, dimana sistem keanggotaannya diubah menjadi sistem sukarela dan terbuka sesuai Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Artinya, sukarela bagi mahasiswa untuk menentukan pilihan antara : mendaftar atau tidak menjadi anggota KOPMA, sedangkan terbuka berarti bagi siapa saja yang berminat menjadi anggota dapat mendaftarkan diri menjadi anggota KOPMA, dengan memenuhi persyaratan administratif dan seleksi lainnya.
Selang waktu berjalan, KOPMA UNS mendapatkan musibah kebakaran pada hari Senin, 23 Oktober 2001. Kebakaran ini mengakibatkan kerugian baik secara spirit dan materi. Dari segi spirit, KOPMA mengalami kemunduran dalam pengkaderan. Hal ini terbukti dengan minimnya kuantitas kader pada periode awal 2001-2003. Alasan yang mendasarinya antara lain : beban studi yang harus segera diselesaikan, memiliki kecenderungan study oriented, melihat secara pesimistis terhadap KOPMA pasca kebakaran ini, dan memiliki kecenderungan ragu terhadap penyelesaian masalah KOPMA UNS. Sedangkan segi materi, KOPMA pada kondisi ini sangat besar kerugiannya. Berdasarkan hasil penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Appraissal Independent PT. DUTA WIRYA terhadap asset KOPMA UNS yang terbakar, ditaksir kerugian kebakaran yang ditanggung KOPMA UNS adalah sebesar Rp. 341.839.776,00 (Tiga Ratus Empat Puluh Satu Juta Delapan Ratus Tiga Puluh Sembilan Ribu Tujuh Ratus Tujuh Puluh Enam Rupiah). Penilaian tersebut menggunakan nilai wajar dari aktiva terbakar. Di satu pihak Auditor Independen Payamta & Rekan memberikan opini atas tingkat kewajaran Laporan Keuangan tersebut setelah dilakukan penilaian dan pengujian atas bukti-bukti, catatan-catatan historis yang diselenggarakan oleh manajemen koperasi. Berdasarkan perhitungan akuntansi, kerugian kebakaran yang ditanggung KOPMA UNS Surakarta adalah sebesar Rp. 134.893,35 (Seratus Tiga Puluh Empat Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Tiga Ribu Tiga Puluh Lima Sen).
Kemudian beberapa unit usaha KOPMA yang ikut terbakar adalah unit usaha Mandiri Copy Center (kerjasama dengan Pak Burhan), unit usaha Minimarket “Sejahtera” (investasi baru), unit usaha wartel “Anda” (investasi baru), dan unit usaha Simpin. Keseluruhannya habis terbakar hanya meninggalkan puing-puing berupa sisa dinding, serpihan kaca, tembok, seng dan filling cabinet yang hangus terbakar serta etalase toko yang berisi souvenir, barang suplier, dan lain-lain.
Berbagai upaya recovery telah dilakukan oleh kepengurusan baik periode 1999-2001 maupun oleh kepengurusan periode 2001-2003. Dan sedikit demi sedikit upaya tersebut telah membuahkan hasil antara lain : meningkatnya kuantitas kader dan anggota secara sukarela dan terbuka dalam ikut andil berpartisipasi, bersama-sama memajukan KOPMA UNS. Disamping itu keberlanjutan usaha mulai tampak dan semakin memberikan angin segar kepada kehidupan KOPMA UNS.

III. ALAMAT DAN KEDUDUKAN
Koperasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta beralamat di :
Jl. Ir. Sutami 36 A Surakarta Jawa Tengah 57126
Telepon/Fax (0271) 641213
Web Site : www.kopma.uns.ac.id ; email : kopmauns@uns.ac.id
Kedudukan di kampus Universitas Sebelas Maret , Kentingan Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kodya Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

IV. DOKUMEN LEGALITAS
1. Badan Hukum Nomor 9733/BH/VI/1983
2. Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) 1.245.867.5.526
3. SIUUP Nomor 134/11.16/P.M/X/1990
4. Tanda Daftar Perusahaan : 11.16.26.00026
5. Tanda Keanggotaan Koperasi Pemuda Indonesia : 40
6. H.O : 503/5387/I/V/90

V. KLASIFIKASI
1. Surat tanda Klasifisikasi A (sangat mantap) dari Departemen Koperasi Kodia Surakarta No. 39-A/KDK.11-032/5.2XII/90 tanggal 10 Desember 1990
2. Surat Tanda Klasifikasi A (sangat mantap)
No. 74-A/KDK.11-032/5.92XII/’2 tanggal 02 Desember 1992
3. Surat Tanda Klasifikasi A (sangat mantap)
No. 113-A/KDK.11-032/5.2/XII/91 tanggal 30 Desember 1991
4. Surat Tanda Klasifikasi B(mantap) No. 001 B/KDK.11-032/5.2/V/1986
Tanggal 1 Mei 1986
5. Surat Tanda Klasifikasi B (mantap) No. 54 B/KDK.11-032/5.2/I/1990
Tanggal 30 Januari 1990

VI. VISI DAN MISI

Visi KOPMA UNS adalah “Terwujudkan Sumber Daya Anggota yang Handal, Mantap,kokoh dan mapan dalam Posisi”

Misi KOPMA UNS :
1. Meningkatkan pengetahuan anggota (kader) terhadap nilai-nilai perkoperasian dan pengembangan kemampuan skiil keorganisasian serta kemampuan manajerial yang baik diukur dengan kesiapan menjadi penerus tongkat estafet kepemimpinan.
2. Selalu melakukan perbaikan manajemen, peningkatan efisiensi, efektifitas dan produktifitas organisasi serta usaha KOPMA UNS.
3. Selalu meningkatkan kualitas peleyanan terhadap anggota dengan tingkat kepuasan mencapai 25 % dari hasil survey terakhir.
4. Meningkatkan hubungan baik (good relationship) dalam menimbulkan image yang positif (positive image) dalam masyarakat kampus maupun masyarakat luas.

VII. TUJUAN
1. Memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat dalam peran sertanya ikut membangun tata perekonomian masyarakat yang demokratis.
2. Memajukan Sumber Daya Manusia KOPMA UNS dalam bidang perkoperasian dan kewirausahaan secara terpadu dan terarah.

VIII. KEANGGOTAAN
Berdasarkan RAT XVII keanggotaan KOPMA UNS berubah dari Sistem Keanggotaan Otomatis menjadi Sukarela dan Terbuka. Perkembangan terakhir jumlah total anggota KOPMA UNS mencapai 19.676 orang.

IX. UNIT KEGIATAN
1. Lembaga Intern
Visi dan misi KOPMA UNS sebagai kader koperasi dan koperasi kader menuntut KOPMA UNS untuk secara aktif mencetak kader-kader yang handal dan berkualitas. Salah satu upaya meningkatkan kualitas kader adalah membentuk lembaga semi otonom yang berfungsi sebagai :
a. Wahana pengkaderan.
b. Media sosialisasi dan komunikasi KOPMA kepada anggota.
Lembaga Semi Otonom terbagi menjadi 3 bidang :
a. FKSEK ( Forum Kajian Sosial Ekonomi dan Koperasi ), merupakan wadah bagi anggota untuk mengembangkan kreatifitas dalam pengkajian dan penelitian khususnya di bidang ekonomi dan koperasi.Dalam forum ini sangat dituntut untuk kritis dan tanggap terhadap berbagai permasalahan perekonomian yang sedang terjadi.
b. KATERA ( Lembaga Penerbitan KOPMA UNS ), merupakan wadah bagi anggota untuk mengembangkan kemampuan dan inovasinya di bidang pers dan jurnalistik. Posisinya sangat strategis bagi media sosialisasi dan komunikasi antara KOPMA UNS dan anggotanya.
c. DETEKSI ( Lembaga Pelatihan dan Koordinator Fakultas ), merupakan lembaga yang berfungsi sebagai ‘ penyambung lidah ‘ KOPMA UNS di fakultas sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara pengurus dan anggota, pula bisa terjadi informasi dua arah sehingga keberadaan KOPMA benar-benar mampu menjadi kebanggan anggotanya.

2. PPWM ( Pusat Pengembangan Wirausaha Mahasiswa )
Sebagai wahana wujud nyata dari kerangka kebijakan pengembangan makro dalam membina mental kewirausahaan yang berorientasi pada kemandirian mahasiswa. Harapannya, setelah lulus dari jenjang studinya mahasiswa memiliki kemampuan tangguh dalam berwiraswasta, mengembangkan usaha mandiri dan menjadi pelopor wirausaha masyarakat. Sebagai program pengembangan Sumber Daya Manusia, maka PPWM mempunyai kerangka dasar kegiatan sebagai berikut :

• Sosialisasi PPWM
• Seleksi keanggotaan
• Penyediaan sarana
• Pelatihan dan Training Praktis Manajemen
• Magang Usaha
• Pusat informasi bisnis
• Dukungan Permodalan dan Pinjaman Usaha
• Pembentukan Unit Usaha Mandiri
• Menjalin Mitra Kerjasama
• Monitoring dan Evaluasi

X. KEPENGURUSAN KOPMA UNS
a. Dewan Pembina
Pembina I : Drs. Joko Purwanto,MBA
Pembina II : Drs. Marsusi,MSi
Pembina III : Drs Trisno Martono

b. Susunan Pengurus
Ketua Umum : Sugimin
Ketua Bidang Pengembangan Organisasi : Denny Oktavina Radianto
Wakabid Pengembangan Organisasi : Yuliati
Ketua Bidang Adminkeu : Yuli Dwi Rinawati
Wakabid Adminkeu : Reistiana Sari Pratidyna
Ketua Bidang Keusahaan : Tuti Lestari
Wakabid Keusahaan : Rakhmi Adi Astuti
Kabid Personalia : Maryati

c. Susunan Pengawas
Ketua Pengawas : Wahyu Relisa Ningrum
Anggota I : Rohmad Nur Cahyo
Anggota II : Nurul Usmawati

XI. PRESTASI
1. Koperasi terbaik / koperasi teladan se-Jawa Tengah dalam rangka HUT koperasi ke- 46
2. Juara II dalam final Cerdas Cermat koperasi di Stasiun TVRI Yogyakarta
3. Juara I Lomba cerdas cermat kader koperasi kodya Surakarta
4. Juara II Lomba Cerdas Cermat tingkat propinsi di Kanwil Kep. Kop Semarang
5. Penghargaan sebagai koperasi terbaik tingkat nasional
6. Sebagai Koordinator Forum Komunikasi Mahasiswa se-Indonesia (FKKMI)
7. Sebagai Koordinator Wilayah Jawa Tengah FKKMI
8. Sebagai Ketua Pengawas FKKMI
9. Sebagai Koordinator FKKMI Wilayah Jawa Tengah
10. Sebagai agen pos terbaik Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta
11. Prestasi lain baik di bidang perkoperasian maupun non perkoperasian
XII. KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN
1. Menyelenggarakan Pelatihan Pendidikan Manajemen Perkoperasian Se-Jawa Tengah
2. Mengadakan RAT KOPINDO dan WIDYATAMA Tingkat Nasional
3. Menyelenggarakan Workshop Pengkaderan FKKMI,Oktober 2000
4. Menyelenggarakan Pendidikan Menengah Perkoperasian secara rutin
5. Menyelenggarakan Pendidikan Dasar Dan Cooperative Basic Training secara rutin
6. Mengikuti Musyawarah Nasional FKKMI dan KOPINDO secara rutin
7. Mengadakan Stadium General secara rutin tiap tahun
8. Mengikuti Seminar Nasional AKOMAS diSemarang Tahun 2000
9. Mengikuti Pembekalan Tenaga Asiten Proyek Pengembangan dan Pembinaan Manajemen Usaha Pengusaha Lemah
10. Mengadakan Co-Fasilitator Training bekerjasama dengan KOPMA UMS,2001
11. Mengikuti Pelatihan Training For Trainer di UNSOED,25 – 26 Mei 2002
12. Mengikuti Seminar Perkoperasian Kosudgama Yogyakarta,25 Juli 2002
13. Mengadakan Training Desain Web,27 April 2002
14. Mengadakan Gladi Bersih SPMB secara rutin tiap tahun
15. Mengadakan Pentas Sinten Remen kerjasama dengan Idea Production,Nopember 2002
16. Mengadakan Seminar Kewirausahaan Enterpreneur College,24 Februari 2003
17. Mengadakan AMT karyawan dan Bulan Pelatihan KOPMA UNS
18. Mengadakan Pentas Musik Humor”Super Ngakak Total” bersama Idea Production
19. Menyelenggarakan Parade Band dan Origami Festival bintang Tamu Musik Humor Padat Karya
20. Memprakarsai berdirinya Hkms (Himpunan Koperasi Mahasiswa Surakarta)yaitu dari KOPMA UMS,KOPMA AUB,dan KOPMA STAIN 10 Nopember 2003
21. Mengadakan Seminar Bisnis dan Bedah Buku “Mencari Pengahasilan Tambahan Dan Kiat –Kiat Menjadi Enterpreneur Sukses”dari Biro Perencanaan dan Keuangan Jakarta
22. Mengadakan Pendidikan Menengah Perkoperasian Tingkat Nasional bekerjasama dengan FKKMI,November 2005
23. Mengikuti Seminar dan Muswil FKKMI di KOPMA UNNES,26 Maret 2005
24. Mengikuti DIKMEN Wilayah Jateng /Jatim 21-22 Mei 2005
25. Mengikuti jambore koperasi senusantara di Bandung,11-14 Juli 2005
26. Mengikuti Training For Succes Cofasilitator di KOPMA UIN,Maret 2006
27. Mengikuti Muswil FKKMI di KOPMA STAIN Kudus,Mei 2006
XIII. KEGIATAN USAHA
Unit-unit usaha yang dikelola secara mandiri dan kerjasama oleh KOPMA UNS, antara lain :
1. Minimarket SEJAHTERA
Minimarket sebagai salah satu unit usaha yang representatif terhadap fungsi pelayanan kepada anggota, sejak tanggal 18 Juli 2000 kepengelolaan minimarket beralih tangan, dari semula ditangani pihak kedua sekarang telah ditangani oleh KOPMA. Hal ini sesuai dengan rekomendasi RAT, yang menyatakan banyak kekurangan yang dilakukan oleh pihak kedua, antara lain : harga mahal, pembayaran terhadap supplier lambat, dan membawa nama KOPMA saat transaksi, yang pada akhirnya menumbuhkan image negatif KOPMA di luar.
Setelah kepengelolaan berpindah ternyata harus dibumihanguskan oleh musibah kebakaran dan mulai dari awal lagi,Februari 2001. Minimarket yang sedianya investasi baru mengakibatkan maka unit ini mengalami. Menyediakan berbagai keperluan mahasiswa seperti buku, alat tulis, majalah, souvenir dan makanan kecil. Di sisi lain unit toko juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berwirausaha sebagai suplier dan berperan dalam operasional usaha.

2. Simpan Pinjam Syariah (Simpin Syariah)
Simpin Syariah merupakan unit usaha yang memberikan andil besar dalam upaya pemenuhan kebutuhan anggota, bagi mereka yang ingin memulai usaha baru, mengembangkan usaha atau memenuhi kebutuhan unit ini akan membantu panitia banyak membantu.
Produk yang ada dalam unit ini adalah :
1. Tabungan Wadiah
adalah tabungan yang sewaktu-waktu bisa diambil, murni dana titipan (wadiah) yang diamanahkan kepada simpan pinjam KOPMA UNS untuk pmengelolanyadan tidak menutup kemungkinan bagi penabung akan mendapat bonus.
Persyaratan :
- Mengisi formulir aplikasi
- Photo copy identitas diri
- Setoran awal minimal Rp 20.000,00 dan selanjutnya Rp 10.000,00
- Nasabah dianggap mengundurkan diri jika saldo minimal Rp 10.000,00 selama 3 bulan berturut-turut.
c. Deposito Mudharobah
Adalah bentuk investasi berjangka yang sangat menguntungkan, terjamin, halal, dan bisa diambil sesuai kesepakatan dengan tingkat keuntungan bagi hasil yang disepakati di awal.
Jenis Deposito :
- 1 bulan : bagi hasil 50 % : 50 %
- 3 bulan : bagi hasil 55 % : 45 %
- 6 bulan : bagi hasil 60 % : 40 %
- 12 bulan : bagi hasil 60% ; 40 %
Persyaratan :
- Photokopi identitas diri
- Deposito minimal Rp 100.000,00
d. Pembiayaan Non Usaha
– Murobah (Pembiayaan Jual – Beli)
adalah pinjaman yang timbul karena terjadinya jual beli barang antara Simpin dengan nasabah pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati dimuka.
-Ar-Rahn (Pembiayaan dengan gadai)
adalah pinjaman yang diberikan dengan jaminan/gadai barang milik nasabah yang bernilai ekonomis. Nasabah dikenakan jasa./biaya penitipan, pemeliharaan, penjagaan serta penaksiran. Biaya Rahn hanya sekali dan ditetapkan dimuka.
- Qurdhul Hasan
- Adalah pinjaman khusus kepada nasabah yang terbukti loyal, kredibel dan kondite baik yang memerlukan dana segera untuk masa relatif pendek. Nasabah bersedia mengembalikan dengan infak/jasa.
e. Pembiayaan Usaha
- Mudharabah
Adalah akad kerjasama usaha antara dua pihak dimana pihak pertama (shohibul maal) menyediakan seluruh (100 %) modal sedangkan pihak lainnya menjadi pengelola. Keuntungan uasaha secara mudharabah dibagi menurut kesepakatan yang dituangkan dalam kontrak, sedangkan apabila rugi ditanggung oleh pemilik modal selama kerugian itu bukan akibat kelalaian si pengelola.
- Musyarakah
Adalah akad kerjasama antara dua pihak atau lebih dimana masing-masing memberikan kontribusi dana dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan resiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan.
- Persyaratan :
1. Anggota KOPMA UNS
2. Pembiayaan untuk tujuan legal/halal
3. Mengisi permohonan dilengkapi :
– Identitas pemohon dan photocopinya
– Identitas orang tua/wali, penjamin dam fotocopynya 1 lembar.
– Membayar biaya administrasi
4. Untuk pembiayaan usaha ditambah :
- Bersedia disurvei
- Membuat proposal usaha

3. Foto copy MANDIRI
Foto Copy pada awal mulanya dikelola secara mandiri oleh KOPMA. Foto copy ini masuk dalam satu unit usaha yakni Toko yang menyediakan alat tulis, foto copy, penjilidan secara lux, perlengkapan kebutuhan sehari-hari. Namun melihat tingkat perkembangan mahasiswa dan kemampuan managerial pelayanan maka foto copy ini berganti kepengelolaan kepada pihak kedua, dengan sistem kerjasama.
Kebutuhan mahasiswa akan foto copy diupayakan secara optimal oleh unit fotocopy KOPMA UNS. Sehingga diharapkan dapat menjadi KOPMA FOTO COPY CENTER.

4. Wartel/ Warpostel
Wartel/ Warparpostel merupakan salah satu unit usaha KOPMA UNS yang memberikan pelayanan baik kepada anggota maupun masyarakat umum. Diresmikan oleh Menparpostel, Bapak Soesilo Soedarman (alm.) pada tanggal 30 Desember 1989. dan mulai beroperasi pada tanggal 14 Juli 1990. dengan investasi sebesar Rp. 60 juta diharapkan keberadaannya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada anggota, masyarakat serta bidang pertelekomunikasian pada umumnya. Jasa-jasa yang disediakan antara lain : SLJJ, SLI, PTD, Telegram, Telex, Facsimile, serta pelayanan pos dan benda-benda pos. pada perkembangan selanjutnya sampai dengan pertengahan 1996 Warparpostel KOPMA UNS mempunyai 7 KBU, dari awalnya 3 KBU.
Kemudian perkembangan wartel/ warpostel ini dicobakan ke dalam kampus UNS Kentingan agar nilai kemanfaatannya semakin dirasakan oleh anggota. Pra kebakaran Oktober 2001 berhasil didirikan wartel “Anda“ dan diproses lanjut pasca kebakaran.
5. LPK/LPTK
LPK KOPMA UNS yang didirikan pada tahun 1991 dan operasionalnya Mei 1992 semula hanya mempunyai 10 unit komputer. Dalam perkembangannya usaha LPK ini maju dnegan pesat. Tingkat pemakaian kelas efektif komputer sekarang ini mencapai 85 %, hal ini memang disebabkan kebutuhan akan pengetahuan komputer sangat bear di dalam era teknologi dan informasi sekarang ini. Dalam jangka waktu yang relatif singka, unit ini telah mempunyai 16 unit komputer. Penambahan 2 unit berasal dari modal sendiri dan 4 unit berasal dari pinjaman lunak tahap I Perum Angkasa Pura I (PAP I).
Semua unit komputer yang ada, digunakan untuk kegiatan kursus komputer. Dilihat dari prospek unit ini sangat cerah. Dilihat dari rata-rata pendapatan keuntungan per bulan yang mencapai  Rp. 900.000,- tingkat pemakaian 85 %, program paket kursus yang ditawarkan menyangkut paket yang menunjang kuliah/ kerja.
Dengan SK REKTOR UNS No.115/ P.41/ H/ 0/ 1992, unit usaha ini diresmikan bulan Mei 1992, dan mulai beroperasi 1 Juni 1992. Unit usaha ini dari mulai berdirinya hingga sekarang membuka berbagai macam jurusan dan program, diantaranya :
a. 1992-1997 : operator dan journal programmer
b. 1998 : mulai tahun ini dibuka program setara D1 akuntansi
komputer dan manajemen informatika
c. 1999 : tahun ini dibuka jurusan baru, yaitu teknik elektro
d. 2000 : dibuka jurusan baru, yaitu sekretaris
e. 2001 : rencana akan dibuka program teknik otomotif
Jumlah siswa berdasarkan jurusannya di LPTK KOPMA UNS adalah sebagai berikut (mulai tahun 1998 – 2001program setara D1) :
1 Tahun 1998 : Manajemen Informatika : 14 orang
Akuntansi Komputer : 20 orang
2 Tahun 1999 : Manajemen Informatika : 30 orang
Akuntansi Komputer : 30 orang
Teknik Elektro : 7 orang
3 Tahun 2000 : Manajemen Informatika : 41 orang
Akuntansi Komputer : 51 orang
Teknik Elektronika : 26 orang
Sekretaris : 8 orang
Lokasi LPTK KOPMA UNS mempunyai 2 gedung perkuliahan, yaitu:
• Jl. Kol. Sutarto No. 150 Surakarta, gedung ini digunakan sebagai ruang praktek komputer, elektronika dan otomotif.
• Jl. Hos Cokroaminoto No. 50 Surakarta, gedung ini digunakan sebagai ruang teori perkuliahan.

XIV. STRUKTUR ORGANISASI

XV. PENUTUP

XVI. KEGIATAN LEVEL REGIONAL DAN NASIONAL
Berikut ini kami sajikan kegiatan-kegiatan yang pernah diikuti oleh KOPMA UNS dalam level regional dan nasional.

XVII. PENUTUP
Upaya mencapai cita-cita awal berdirinya Koperasi mahasiswa tentu saja terasa sangat mungkin dengan kapasitas KOPMA UNS yang demikian besar. Namun tentu saja KOPMA UNS membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk mengembangkan, melahirkan inovasi baru untuk lebih berkreasi dan bahkan memberikan kontribusi yang berharga bagi masyarakat, bangsa dan negara. Karena bagaimanapun juga, dualisme Koperasi Mahasiswa sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan sebagai laboratorium bisnis mahasiswa yang juga berorientasi profit, tentunya membutuhkan networking guna memajukan kualitas dan kapabilitas dalam menghadapi era pasar bebas dan desentralisasi ekonomi. Meskipun dalam kapasitasnya koperasi mahasiswa
memiliki market share yang jelas, tetapi harus terus menerus berupaya meningkatkan kemampuannya berkompetisi merebut pasar.
Demikian Company Profile KOPERASI MAHASISWA UNS ini disusun dan disajikan, dengan harapan memberikan gambaran yang konkrit dan menyeluruh terhadap KOPMA UNS.
Akhir kata, “ sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai ” yang merupakan komitmen Kepengurusan KOPMA UNS periode 2001-2003 sangat memerlukan dukungan dan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan bersama. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi usaha kita dan mengabulkan cita-cita kita yang mulia. Amiien.

Surakarta, Mei 2006
PENGURUS KOPERASI MAHASISWA
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Website 300000

COMPANY PROFILE SIMPAN PINJAM SYARIAH KOPMA UNS
Sejarah Singkat
Unit usaha simpan pinjam syariah yang ada di KOPMA UNS merupakan unit usaha yang telah ada sejak berdirinya KOPMA UNS. Pergantian sistem dari konvensional ke syariah didasarkan pada rekomendasi RAT tahun 2003. Dalam tahap awal setelah RAT, unit simpinkop masih menggunakan dua sistem secara bersamaan yaitu sistem konvensional dan sistem syariah.
Sistem konvensional diberlakukan untuk pinjaman dan tabungan pasca kebakaran (KOPMA UNS mengalami kebakaran pada tahun 2000), pinjaman kembali diberlakukan namun untuk sementara hanya bagi karyawan dengan sistem potong gaji langsung. Sedangkan sistem syariah diberlakukan dalam rangka uji coba sistem syariah dengan modal awal berasal dari KOPMA sebesar Rp. 5.000.000,00 pinjaman ini diprioritaskan untuk usaha, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk pinjaman konsumtif.
Pergantian sistem dari konvensional ke syariah ini tentunya juga memerlukan perijinan, dalam hal ini KOPMA UNS telah memperoleh ijin…………….

Produk – Produk
1. Tabungan Syariah
Jumlah penabung 147 orang dengan nominal Rp 54.399.506,00
2 Deposito Mudharabah
Jumlah deposan 20 orang dengan nominal Rp 20.650.000,00
3.Pembiayaan Non Usaha (tidak menggunakan system bagi hasil namun menggunakan system balas jasa terhadap Kopma)
Jenisnya : Ba’i Bitsaman ajil, Ar-Rahn, Qordhul Hasan, Pembiayaan Pendidikan
4. Pembiayaan Usaha
Jenisnya:
Murabahah :
Mudharabah :
Musyarakah :
Jumlah peminjam keseluruhan 153 orang dengan nominal Rp 156.054.300,00
Ket : data per tanggal 20 Juli 2005
Dalam memilih produk yang akan digunakan oleh nasabah biasanya karyawan simpinkop akan mengarahkan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Pendanaan
Berasal dari modal awal kopma sebesar Rp 5.000.000,00 kemudian berkembang dari tahun ke tahun dan sampai saat ini belum mendapatkan investor dari luar. Namun mengenai keuangan simpinkop telah dipisahkan dengan keuangan untuk operasional unit-unit usaha yang lain. Keuangan unit simpinkop berada di Bank Muamalat Indonesia sedangkan keuangan untuk unit-unit yang lain berada di BNI.

Sistem Pinjaman dan Angsuran
Persyaratan Pengajuan Pembiayaan Kopma UNS
1. Mempunyai rekening tabungan di Kopma
2. Fotokopi kartu mahasiswa dan KTP pemohon
3. Fotokopi KTP orang tua/suami/istri/penjamin
4. Fotokopi KK
5. Proposal usaha (usaha berjalan minimal satu tahun)
6. Menyerahkan jaminan dan fotokopinya :

a. BPKB
• Minimal tahun 1995
• Fotokopi STNK
• Fotokopi identitas pemilik
• Surat kuasa (jika A.n orang lain)
• Cek fisik
• Kuitansi kosong 3 lembar ditandatangani pemilik (salah satu bermaterai Rp 6.000,00)
b. Sertifikat Tanah
• Sertifikat Solo dan sekitarnya
• Fotokopi identitas pemilik
• Surat kuasa (jika A.n orang lain)
• Surat keterangan Persil desa
Kendala yang dihadapi
Kendala yang dihadapi dalam pengembangan unit simpinkop ini adalah masih terbatasnya modal yang dimiliki Kopma dan kurangnya promosi ke luar. Namun mengenai kendala nasabah sampai saat ini tidak menjadikan kendala yang berarti, kendala dari nasabah justru dialami pada saat-saat awal karena ada beberapa nasabah yang “ngemplang” dan tidak adanya bukti yang valid untuk mengurusnya, karena bukti-bukti yang ada telah terbakar pada musibah kebakaran Kopma tahun 2000.

Website 300000

Testimoni

Advertisement
  1. Toko Kain Batik Cap Terbaik di Solo
  2. Toko Baju Batik Terbaik di Solo
  3. Aneka Kain Batik dengan Harga Murah
  4. Baju Batik Sarimbit Terbaik
  5. Dapatkan Kain Batik Berkualitas dengan Diskon 25%
  6. Aneka Baju Batik Seragam Kantor
  7. Pembuatan Seragam Batik Berlogo
slideseragambatik