Menu

Camera Angle Sebagai Salah Satu Kunci Sukses Broadcasting

Nov
08
2012
by : 1. Posted in : blog
Camera angle adalah sudut penempatan dimana kamera mengambil gambar suatu subjek, pemandangan atau adegan. Dengan sudut tertentu kita bisa menghasilkan suatu shot yang menarik, dengan perspektif yang unik dan menciptakan kesan tertentu pada adegan yang kita sajikan.
Normal Angle
Pada posisi normal angle, kamera ditempatkan kira-kira setinggi mata subjek. Tentu saja normal angle sangat tergantung pada tinggi subjek yang dishooting. Bila kita merekam sekelompok anak kecil yang sedang bermain, normal angle untuk orang dewasa tentu saja terlalu tinggi, maka kamera harus diturunkan hingga setinggi mata anak. Pada program wawancara, dimana semua pemain duduk dikursi, kita pasang level untuk menaikkan setting/kursi, sehingga juru kamera bisa menshoot adegan pada normal angle tanpa membungkukkan badan selama produksi berlangsung.
High Angle
Posisi kamera lebih tinggi diatas mata, sehingga kamera hrus menunduk untuk mengambil subjeknya. High angle sangat berguna untuk mempertunjukan keseluruhan set beserta objek-objeknya. Dengan high kamera angle bisa diciptakan kesan objek nampak kecil, rendah, hina, perasaan kesepian, kurang gairadll.
Low Angle
Posisi kamera dibawah ketinggian mata subjek, sehingga kamera harus mendongak untuk merekam subjek. Dengan low angle cenderung menambah ukuran tinggi objek, dan memberikan kesan kuat, dominasi dan dinamis.
Bird’s Eye View
Kamera mengambil subjeknya dari atas
Subjective Camera Angle
Kamera diletakkan ditampat seorang karakter (tokoh) yang tidak nampak dalam layer dan mempertunjukan pada penonton suatu pemandangan dari sudut pandang karakter tersebut.
Objective Camera Angle
Kamera merekam peristiwa atau adegan seperti apa adanya.

artikel lainnya Camera Angle Sebagai Salah Satu Kunci Sukses Broadcasting

Thursday 9 July 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT     MENYIAPKAN PROPOSAL TIK.CS01.001.01…

Tuesday 19 August 2014 | blog

1) Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. • Unsur-unsur tersebut…

Thursday 16 April 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI             MENJELASKAN…

Thursday 6 August 2015 | blog

MATERI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SEKTOR TELEMATIKA SUB SEKTOR COMPUTER TECHNICAL SUPPORT     MENGUJI KINERJA KOMPUTER…